Fashion & Beauty

28 September 2021

10 Cara Menebalkan Rambut Pria, Jangan Terlalu Sering Keramas

Penipisan rambut merupakan masalah yang sering dialami para pria
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Penipisan rambut merupakan masalah yang sering dialami para pria. Walaupun tidak ada jawaban yang tepat, tetapi beberapa cara menebalkan rambut pria berikut ini bisa dicoba lho Dads.

Masalah penipisan rambut merupakan hal yang paling banyak dialami pria. Hal ini biasanya disebabkan oleh pertambahan usia.

Melansir Healthline, sekitar 50 juta pria di Amerika Serikat mengalami kerontokan rambut akibat androgenetic alopecia, atau pola kebotakan pria. Hal ini dapat menyebabkan garis rambut surut, atau munculnya kebotakan di bagian atas kepala.

Baca juga: Ketahui Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Jangan Sampai Salah!

Cara Menebalkan Rambut Pria

Ada dua faktor yang mempengaruhi ketebalan rambut, yaitu eksternal dan internal. Jadi, tidak ada salahnya untuk bekonsultasi dengan dokter untuk mencari cara menebalkan rambut pria.

Nantinya dokter atau ahli gizi akan mencari tahu lebih dahulu mengenai kesehatan rambut sebelum memberikan saran.

Selain meminta saran dari dokter atau ahli, Dads juga bisa mencoba 10 cara menebalkan rambut pria berikut ini di rumah lho. Yuk simak.

1. Cuci Rambut dengan Hati-hati dan Tidak Terlalu Sering

Cara Menebalkan Rambut Pria

Foto: Orami Photo Stock

Rawat rambut yang menipis dengan hati-hati saat mencucinya. Dads tidak perlu mencucinya setiap kari. Karena ini dapat menyebabkan kerontokan semakin parah.

Saat mencucinya, pastikan untuk menggunakan sampo yang lembut di kulit kepala dan tidak membuat rambut kering.

Dads juga harus selalu mengkondisikan rambut setelah keramas. Kondisioner memberikan penghalang pelindung pada rambut yang mencegahnya pecah atau pecah.

Meskipun mencuci rambut dengan sendirinya tidak menyebabkan kerontokan rambut, cara membersihkan dan merawat rambut dapat membantu memperkuat dan melindunginya.

2. Tata Rambut dengan Lembut

Cara menebakan rambut pada pria lainnya adalah menata dengan lembut. Dads bisa mengikut langkah berikut jika tidak ingin mengalami rambut rontok lebih cepat,

  • Pastikan untuk tidak menarik atau menarik rambut, terutama saat basah.
  • Hindari mengeringkan rambut terlalu lama, dan pertahankan panas hair dryer agar tidak terlalu tinggi
  • Cobalah menata rambut dengan sisir yang lebih lebar yang tidak akan mencabut rambut saat menggunakannya.
  • Pertimbangkan untuk mencoba gaya rambut baru jika ketebalan rambut telah berubah. Seorang stylist dapat merekomendasikan potongan yang bagus.

Gaya rambut tertentu, seperti menguncir, mengepang atau menggimbalkan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut dalam jangka panjang.

Dads memang tidak harus menghindari gaya-gaya ini sama sekali, tetapi cukup istirahat dan bersikap lembut dengan rambut di antaranya.

3. Hindari Penggunaan Bahan Kimia untuk Menata Rambut

Hindari Penggunaan Bahan Kimia untuk Menata Rambut

Foto: Orami Photo Stock

Lupakan perawatan rambut di rumah seperti mewarnai, mengoleskan minyak panas, atau meluruskan rambut dengan bahan kimia

Jika Anda perawatan rambut di rumah seperti pewarna rambut, minyak panas, atau pelurus rambut kimia, pikirkan lagi. Perawatan ini dapat menyebabkan penipisan rambut atau membuat rambut Dads lebih rapuh.

Jika merasa gaya rambut Dads terlihat paling baik dengan prosedur ini, mintalah saran dari penata rambut profesional. Mereka dapat merekomendasikan perawatan penataan rambut yang cocok untuk rambut yang menipis.

Baca juga: Agar Rambut Tak Rusak, Cari Tahu Tata Cara Keramas yang Baik Berikut Ini!

4. Konsumsi Makanan Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketebalan rambut dipengaruhi faktor eksternal dan juga internal. Untuk faktor internal Dads bisa mencoba untuk konsumsi makanan sehat yang kaya akan zinc dan zat besi, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Penulis Little Book of Game-Changers: 50 Healthy Habits for Managing Stress & Anxiety, Jessica Cording, R.D. menjelaskan bahwa tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung rambut yang sehat.

Dads juga sebaiknya mulai mengganti jenis makanan yang dikonsumsi saat mengalami kerontokan rambut. Hal ini dianggap sangat ampuh seabagai cara menebalkan rambut pria ya Dads.

5. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu penyebab rambut rapuh adalah paparansinar matahari langsung. Jadi, penting untuk Dads selalu melindungi rambut dari panas sinar matahari.

Karena saat terpapar sinar matahari langsung, rambut menjadi rapuh dan menyebabkan kulit kepala menghasilkan senyawa yang disebut superoksida. Senyawa ini memicu folikel rambut untuk beralih dari fase pertumbuhan ke fase penumpahan.

6. Konsultasi dengan Dokter

Dokter mungkin dapat mendiagnosis penyebab penipisan rambut dan merekomendasikan cara menebalkan rambut pria yang paling efektif.

Jangan ragu untuk bertemu dengan dokter spesialis kulit jika Dads mengalami masalah kerontokan rambut ya.

Dokter spesialis kulit dapat merawat kulit, rambut, dan kuku. Nantinya, dokter akan membantu mendiagnosis dan mengobati penyebab kerontokan rambut pada pria dan wanita.

Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan produk tertentu untuk digunakan pada rambut yang menipis atau menyarankan obat untuk mencegah kerontokan rambut lebih lanjut atau mendorong pertumbuhan kembali.

Baca juga: 28 Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami

7. Transplantasi Rambut

Transplantasi Rambut

Foto: Orami Photo Stock

Operasi penggantian atau transplantasi merupakan salah satu cara menebalkan rambut pria yang bisa dicoba. Nantinya, dokter akan memindahkan rambut dari satu titik tubuh ke area yang menipis di kulit kepala.

Indian Journal of Plastic Surgery menjelaskan teknik transplantasi rambut telah berkembang baru-baru ini yang membuat hasilnya terlihat lebih alami.

Prosedur operasi ini biasanya dilakukan dengan rawat jalan dan juga anastesi local. Namun, setelah melakukan operasi ini kulit kepala mungkin terasa sakit. Dads mungkin juga memerlukan lebih dari satu prosedur untuk mencapai ketebalan rambut yang diinginkan.

Perlu diingat bahwa operasi penggantian rambut tidak akan menghentikan kebotakan pola pria berkembang dalam jangka panjang.

8. Berhenti Merokok

Selain berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, merokok juga dikaitkan dengan kerontokan rambut. Jadi berhenti merokok merupakan cara menebalkan rambut pria yang efektif ya Dads.

Jurnal Dermatology menjelaskan asap rokok dapat menyebabkan kerusakan DNA folikel rambut, menyebabkan peradangan dan jaringan parut, dan akhirnya alopecia androgenetik.

Hubungan antara rambut rontok dan merokok memberikan alasan lain untuk mempertimbangkan berhenti. Saat ini, ada banyak alat bantu dan program berhenti merokok yang dapat dicoba.

9. Kurangi Stress

Kurangi Stress

Foto: Orami Photo Stock

Stres dapat memiliki sejumlah efek pada kesehatan, termasuk rambut rontok. Stresor utama dapat menyebabkan kondisi yang disebut telogen effluvium atau kondisi kerontokan rambut sementara.

Menurut jejak pendapat Gallop 2020, sebanyak 60 persen orang dewasa Amerika mengalami stress setiap hari. Hal ini tentu dapat menyebankan kerontokan rambut.

Baca juga: 11 Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami yang Patut Dicoba

10. Konsumsi Mulivitamin

Konsumsi multivitamin secara rutin juga bisa menjadi cara menebalkan rambut pria. Namun, saat akan mengkonsumsinya jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter ya. Karena jika tidak dibawah pengawasan dokter, Dads mungkin akan mengalami keracunan atau egek samping.

Beberapa penelitian menautkan biotin dengan pertumbuhan kembali rambut pada mereka yang kekurangan vitamin ini, tetapi kebanyakan orang sudah memiliki kadar yang sehat. Biotin berada di bawah payung vitamin B.

Suplemen tidak dikontrol atau disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), jadi tidak ada pedoman yang jelas tentang dosis terbaik. Berbagai merek yang tersedia juga tidak semuanya terbukti secara komersial aman.

Moms mungkin juga ingin mempertimbangkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak vitamin sebenarnya dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jadi, perlu diperhatikan dosisnya ya Dads.

Baca juga: 5+ Rekomendasi Warna Rambut Ombre Terfavorit, Tertarik Coba?

Nah, sudah tahu kan cara menebalkan rambut pria. Jangan ragu untuk mencoba ya Dads!

  • https://www.menshealth.com/style/a19518186/thicken-your-hair/
  • https://www.ipsy.com/blog/how-to-get-thicker-hair
  • https://www.mindbodygreen.com/articles/how-to-get-thicker-hair-naturally
  • https://www.healthline.com/health/how-to-thicken-hair-men#supplements
  • https://www.harpersbazaar.com/beauty/hair/advice/a574/hair-tips-1010/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait