Newborn

7 Juni 2021

5 Cara Menenangkan Bayi Menangis, Moms Wajib Tahu!

Ketahui juga apa saja yang jadi penyebab bayi menangis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms mungkin sangat kebingungan saat menghadapi Si Kecil tidak berhenti menangis dan mencari cara menenangkan bayi yang cepat.

Bahkan Moms juga mungkin khawatir ada sesuatu yang salah dengan si kecil, mungkin berhubungan dengan kesehatannya atau justru kesalahan pola asuh Moms.

Mengutip Raising Children, merupakan hal normal bagi bayi baru lahir biasanya menghabiskan 2 hingga 3 jam sehari untuk menangis. Walaupun mungkin normal, bayi yang menangis bisa membuat sedih bayi dan orang tua.

Tenang, Moms sebenarnya bisa mengatasinya. Caranya tentu dengan mempelajari teknik yang tepat dan ampuh dalam membantu cara menenangkan bayi menangis.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi Rewel, Ini Penjelasannya

Penyebab Bayi Menangis

Crying-Toddler.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bayi menangis karena berbagai alasan, seperti lapar, merasa tidak nyaman karena popoknya basah atau kotor, mengantuk, dan masih banyak lagi.

Beberapa bayi mungkin menangis dan tampak gelisah saat menyusu. Jika Moms sedang dalam proses menyusui, ada baiknya untuk memperbaiki posisi dan pelekatan bayi ke tubuh untuk membantu mereka agar tenang. Karena bisa saja mereka merasa tidak nyaman saat ASI masuk ke dalam mulut, akibat posisi yang salah.

Selain itu, bisa saja itu tanda bayi mengalami alergi. Melansir WebMd, ibu menyusui dapat menularkan apa yang mereka makan melalui ASI. Hal tersebut mungkin dapat mengganggu perut bayi. Jika sering terjadi, itu menunjukkan bahwa Si Kecil mungkin alergi atau sensitif terhadap susu sapi, kacang-kacangan, gandum, atau makanan lain. Sebaiknya segera periksakan ya, Moms.

Selain itu, menangis adalah cara utama bayi dalam berkomunikasi. Itulah cara bayi menangkap perhatian Moms dan mengekspresikan kebutuhan mereka.

Pada awalnya, mungkin sulit untuk bisa memahami tangisan bayi yang berbeda, tetapi saat Moms menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendengarkannya, Moms akan menjadi lebih baik dalam mengenali dan memenuhi kebutuhan khusus Si Kecil.

Selain beberapa penyebab di atas bayi menangis dilansir melalui National Health Service, bisa jadi karena kolik. Semua orang setuju bahwa kolik itu ada, tetapi tidak ada yang tahu apa penyebab pastinya.

Beberapa dokter mengira, kondisi tersebut adalah semacam kram perut. Biasanya tangisan bayi akan terdengar keras dan tertekan, terkadang berhenti sejenak, lalu mulai lagi. Itu menunjukkan bahwa hal tersebut bisa disebabkan oleh gelombang sakit perut.

Baca Juga: Stop Bilang "Jangan Menangis" Kepada Anak

Cara Menenangkan Bayi Menangis yang Ampuh

Ada beberapa cara menenangkan bayi menangis yang bisa Moms lakukan di rumah. Berikut ulasannya.

1. Teknik “The Hold” oleh Dr. Robert Hamilton

the hold

Foto: youtube.com

Dr. Robert Hamilton, yang berpraktik di Pediatric Ocean Pediatrics di Santa Monica, California, pernah menggunggah teknik menenangkan bayi menangis melalui channel Youtube miliknya.

Dalam teknik yang diberi nama “The Hold” tersebut, berikut ini merupakan cara menenangkan bayi menangis:

  • Angkat bayi dan lipat lengannya secara perlahan ke atas dadanya.
  • Amankan lengan bayi dengan tangan Moms, setelah dilipat. Tangan itu juga berfungsi untuk mendukung dagu bayi.
  • Pegang bagian bawah tubuh bayi dengan tangan dominan Moms dengan lebut. Gunakan bagian tangan Moms yang berdaging, bukan jari, untuk memastikan pegangan benar-benar aman.
  • Posisikan bayi pada sudut 45 derajat dan goyangkan dengan lembut. Gerakannya bisa naik turun, atau cukup dengan mengguncang pantat bayi. Kuncinya adalah membuat urutan halus dan menghindari gerakan yang menyentak. Sudut ini penting karena membantu Moms tetap mudah mengontrol si kecil.

Nah, cara ini dianjurkan oleh Dr. Hamilton untuk menenangkan bayi hingga usia 2 atau 3 bulan.

Setelah itu, tentunya bayi terlalu berat untuk bisa ditahan dengan posisi ini, sehingga dibutuhkan cara menenangkan yang lainnya.

Baca Juga: Sudah Besar Kok Masih Minta Digendong?

2. Mendengarkan Musik

baby crying

Foto: thebabylover.com

Seperti halnya gerakan, musik memiliki kemampuan untuk menenangkan sistem saraf, mengurangi detak jantung dan pernapasan bayi. Nah Moms, inilah cara menenangkan bayi dengan cepat yang kedua.

Moms bisa memberikan sesuatu untuk bayi dengarkan, misalnya radio, pemutar lagu, bahkan ponsel di atas ranjang bayi. Jangan berikan langsung pada bayi ya, Moms. Pastikan masih dalam pengawasan dan berikan jarak.

Tidak hanya menggunakan musik, bahkan suara Moms saat menyanyikan lagu untuk Si Kecil juga bisa membantu menenangkan bayi yang sedang menangis. Hal tersebut karena suara Moms yang familiar dan iramanya menenangkan.

Mengutip UNICEF, mengenalkan anak pada musik dapat menstimulasi semua area perkembangan anak. Dengan melakukan ini sejak dini, dapat membantu memastikan bahwa bayi tumbuh dengan sehat. Ini juga disebut dengan music therapy, karena dapat meneangkan bayi dengan musik bahkan mengantarkannya untuk tidur.

3. Mendengarkan Suara Tangisannya Sendiri

verywell family

Foto: verywellfamily.com

Bayi terkadang menjadi begitu tertekan dan sulit untuk menenangkan diri, bahkan ketika sesuatu yang membuatnya tidak nyaman, seperti popok kotor, sudah Moms tangani.

Dalam hal ini Dr. Kristie Rivers, M.D., dokter anak di Fort Lauderdale, mengungkapkan cara menenangkan bayi yang sangat mengejutkan, yakni memperdengarkan rekaman suara si kecil saat menangis.

Rupanya cara ini mampu membuat bayi tersentak dari apa yang membuatnya kesal lho Moms.

Baca Juga: Bukan Cengeng, Menangis Ternyata Punya Banyak Manfaat Menyehatkan

4. Matikan Lampu

baby sleeping in the night

Foto: veronicascamera.com

Bayi bisa dengan mudah menjadi terlalu bersemangat dengan semua kebisingan di sepanjang hari.

Dr. Rivers mengatakan bahwa bayi baru lahir sebenarnya masih terbiasa dengan rahim yang tenang dan gelap.

Oleh karena itu, cara menenangkan bayi selanjutnya adalah dengan memblokir semua rangsangan yang berhubungan dengan kebisingan dan cahaya juga mampu membantu menenangkan bayi.

Saat bayi sudah tenang di keadaan yang gelap, Moms bisa memijat perut bayi dengan baby oil atau cream yang biasa digunakan. Tidak hanya menenangkan, memijat perut ini juga membantu pencernaan bayi.

5. Ciptakan Kebisingan

24776672360 1130b9606e b

Foto: flickr.com

Cara menenangkan bayi yang terakhir adalah menciptakan white noise, seperti suara kipas, penyedot debu, atau aplikasi white noise juga bermanfaat untuk menenangkan bayi.

Melansir Baby Centre, suara-suara yang dihasilkan dari sumber white noise ini mirip dengan apa yang didengarkan bayi di dalam rahim, saat darah Moms melewati plasenta.

Selain itu, suara-suara tersebut juga mirip detak jantung ibu ketika di dalam kandungan. Maka saat mendengarkannya, Si Kecil akan merasa berada dekat dengan Moms.

White noise ini menutupi suara-suara lain, seperti aktivitas bising anggota keluarga Moms. Tetapi, jaga volumenya tetap rendah ya Moms.

Karena penelitian menunjukkan bahwa white noise yang terlalu keras atau terlalu dekat dalam waktu yang lama dengan bayi berkontribusi terhadap gangguan pendengaran.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Balita Rewel Karena Tumbuh Gigi

Tidak peduli seberapa lama bayi menangis, Moms tidak dianjurkan untuk menggoyahkan tubuh Si Kecil. Menggelengkan kepala dengan keras, dapat menyebabkan kerusakan otak.

Demikianlah 5 teknik ampuh yang bisa Moms gunakan saat menenangkan Si Kecil yang tidak berhenti menangis. Selama ini sudah ada yang pernah Moms praktikkan?

  • https://www.unicef.org/parenting/child-development/how-music-affects-your-babys-brain-class
  • https://raisingchildren.net.au/newborns/behaviour/understanding-behaviour/newborn-behaviour#:~:text=Although%20your%20baby%20might%20give,cry%20for%20no%20obvious%20reason.
  • https://www.babycentre.co.uk/a536698/seven-reasons-babies-cry-and-how-to-soothe-them
  • https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/soothing-a-crying-baby/
  • https://www.webmd.com/parenting/baby/why-baby-cries#1
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait