Fashion & Beauty

8 April 2021

9 Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah, Coba Yuk Moms!

Begini cara merawat wajah agar lebih cerah, bebas flek hitam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Cara mengatasi flek hitam perlu diketahui oleh Moms. Jangan sampai flek hitam malah bisa membuat Moms malu untuk bertemu banyak orang.

Flek hitam bisa muncul di bagian tubuh mana pun. Dari punggung tangan, wajah, punggung, hingga bahu. Nah, flek hitam yang muncul di wajah mungkin jadi yang paling mengganggu dan bikin Moms tidak percaya diri.

Untungnya, ada berbagai perawatan sederhana yang bisa jadi cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Namun, sebelum mencari tahu bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah, ada baiknya Moms mempelajari dulu apa saja penyebab flek hitam.

Flek hitam bisa muncul akibat paparan sinar matahari, perubahan hormon (misalnya ketika Moms sedang hamil), efek samping pengobatan tertentu, peradangan seperti eksim dan jerawat, iritasi akibat tidak cocok dengan produk kecantikan atau perawatan kulit, hingga karena adanya luka pada kulit.

Dilansir dari jurnal yang berjudul Postinflammatory Hyperpigmentation, dark spots atau flek hitam sendiri dikenal sebagai bintik penuaan, lentigin matahari, atau liver spots.

Penamaan tersebut bergantung penyebab flek hitam tersebut muncul. Bintik-bintik hitam dengan kondisi kulit tertentu pun bisa terjadi karena efek obat.

Flek hitam memang pada umumnya tidak berbahaya.

Namun, menurut penelitian yang berjudul Genetics of pigmentation in skin cancer, flek hitam bisa menjadi tanda kanker dan flek tersebut pun bisa diangkat atau dibersihkan jika Moms ingin.

Menurut seorang pakar dermatologi dari Amerika Serikat, dr. Carl R. Thornfeldt, semua pemicu tersebut memaksa kulit memproduksi lebih banyak pigmen untuk melindungi diri.

Pigmen inilah yang membuat area kulit tertentu jadi lebih gelap dan tampak sebagai flek hitam.

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah

Untuk menghilangkan flek hitam di wajah, Moms harus memastikan dulu apa penyebabnya, dan hindari penyebab tersebut.

Selain menghindari penyebab, ini dia berbagai perawatan dan cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa Moms coba.

Baca Juga: Jangan sampai Terkecoh, Yuk Kenali 6 Gejala Penyakit DBD pada Anak

1. Krim Hidrokortison

perawatan kulit.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi flek hitam yang pertama adalah dengan krim hidrokortison. Ketika muncul peradangan pada kulit, entah itu karena jerawat, eksim, atau psoriasis, segera atasi dengan krim hidrokortison.

Krim hidrokortison dapat melawan peradangan, sehingga bisa mengurangi flek hitam, kemerahan, atau pembengkakan pada kulit.

Moms bisa mengoleskan krim hidrokortison langsung pada area yang bermasalah. Ulangi dua kali atau beberapa kali sehari sampai peradangannya mereda.

2. Serum untuk Mencerahkan Kulit

serum wajah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Serum bisa menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah yang cukup ampuh. Sebaiknya Moms pilih serum yang memiliki manfaat mencerahkan kulit. Salah satunya yaitu serum dengan kandungan retinol atau vitamin C.

Retinol menawarkan khasiat yaitu mempercepat proses pengangkatan sel kulit mati sekaligus mendukung pertumbuhan sel kulit baru. Dengan begitu, flek hitam pun lebih cepat terangkat dan digantikan dengan kulit yang lebih cerah dan sehat.

Sementara itu, berbagai penelitian, salah satunya dalam jurnal Nutrients tahun 2017, membuktikan bahwa vitamin C dapat membantu mencerahkan kulit dan membantu atasi hiperpigmentasi.

Namun, Moms harus menggunakan serum wajah secara rutin bila ingin mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

3. Gel Lidah Buaya

lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi flek hitam dengan bahan alami adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Moms mungkin sudah sering dengar betapa berkhasiatnya produk perawatan kulit yang satu ini.

Ya, selain bisa melembapkan dan menjaga kesehatan kulit, gel lidah buaya juga bisa jadi pilihan cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Sebuah penelitian dalam Journal of Cosmetic and Laser Therapy tahun 2017 menguak bahwa penggunaan gel lidah buaya secara rutin selama 5 minggu dapat mengurangi flek hitam khususnya pada ibu hamil.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aktivitas di Jakarta yang Baik untuk Perkembangan Bayi

4. Sunscreen (Tabir Surya) dengan SPF Tinggi

sunscreen spray

Foto: Orami Photo Stock

Sunscreen bisa dijadikan salah satu cara mengatasi flek hitam. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari. Terutama bila Moms akan banyak beraktivitas di bawah sinar matahari.

Pilih tabir surya dengan SPF tinggi, yaitu setidaknya SPF 30. Moms juga sebaiknya memilih tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB).

Gunakan tabir surya sekitar 30 menit sebelum keluar rumah. Ulangi lagi penggunaannya setelah beberapa jam terpapar sinar matahari. Apalagi bila Moms banyak berkeringat, bisa saja tabir surya yang Moms pakai jadi lebih cepat luntur.

Baca Juga: Menggunakan Sunscreen Saat Hamil, Ini Aturannya

5. Perawatan ke Dokter

kenali bermacam pengobatan dengan sinar laser 2 via reader s digest

Foto: Orami Photo Stock

Bila semua cara di atas sudah Moms coba tapi tidak ada yang berhasil, sudah saatnya Moms mencoba ke dokter kulit.

Dokter kulit mungkin merekomendasikan perawatan seperti terapi laser, mikrodermabrasi, atau peeling. Ini tergantung dari kondisi kulit Moms sendiri.

6. Menggunakan Khasiat Madu

cara mengatasi flek hitam

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi flek hitam ternyata bisa menggunakan madu, Moms! Dengan memanfaatkan antioksidan yang berasal dari madu, bahan ini sangat baik untuk kulit sehingga mampu membuatnya terlihat cerah.

Moms bisa mengaplikasikan madu di tempat flek hitam atau tempat yang terdapat noda jerawat.

Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan madu tipis-tipis ke permukaan kulit. Jangan langsung dibilas, Moms biarkan terlebih dahulu selama 5 hingga 10 menit.

Membilasnya pun harap menggunakan air hangat ya, Moms. Kandungan pada madu bisa membantu mengatasi masalah pigmentasi pada kulit.

Agar lebih ampuh dan juga optimal. Moms bisa membuat scrub dari campuran madu dan juga garam atau gula. Hal ini ampuh dilakukan sebagai cara mengatasi flek hitam di wajah yang bikin nggak percaya diri.

Scrub wajah ini pun sangat baik digunakan untuk mengangkat sel kulit mati.

7. Cuka Apel

Cara mengatasi flek hitam juga bisa menggunakan cuka apel, lho Moms! Bahan dapur ini bisa membantu Moms untuk mengembalikan rasa percaya diri karena timbulnya flek hitam.

Cuka apel mengandung asam asetat yang dianggap mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Moms jadi bisa kembali beraktivitas tanpa harus malu karena hadirnya flek hitam di kulit wajah.

Cara pengaplikasiannya adalah, oleskan campuran tersebut pada area kulit yang terdapat flek hitam atau noda bekas jerawat, Lalu diamkanlah selama 2-3 menit.

Selanjutnya, Moms bisa membilas wajah dengan menggunakan air hangat. Lakukan dengan rutin yakni dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara mengatasi flek wajah yang satu ini mudah bukan, Moms?

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

8. Memanfaatkan Khasiat Yogurt

cara mengatasi flek hitam

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya enak disantap dan baik untuk pencernaan, siapa sangka yogurt bisa menjadi salah satu cara mengatasi flek hitam yang ampuh, Moms!

Moms bisa memanfaatkan yogurt sebagai salah satu cara mengatasi flek hitam karena makanan ini memiliki asam laktat yang dipercaya bisa membantu membasmi flek hitam di kulit.

Untuk hasil yang optimal, Moms bisa memilih yogurt tanpa rasa untuk dioleskan ke kulit.

Cobalah untuk mengoleskan yogurt tanpa rasa di kulit yang ada flek hitam secara tipis. Moms juga bisa menggunakan ini untuk menghilangkan bekas noda jerawat yang menghitam di kulit lho!

Diamkan yogurt selama 5 hingga 10 menit untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

Baca Juga: Apa Penyebab Jerawat pada Bayi dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

9. Manfaatkan Khasiat Teh Hijau

Cara mengatasi flek hitam yang mudah lainnya adalah dengan memanfaatkan kantong teh hijau. Ini adalah cara alami untuk bisa mengembalikan rona kulit Moms seperti sedia kala.

Untuk itu, Moms perlu menyeduh kantong teh hijau dalam air panas selama kurang lebih 3 hingga 3 menit. Angkatlah teh dari air mendidih dan diamkan hingga kantong teh hijau tersebut dingin dengan sendirinya.

Gosokan kantong teh hijau di area wajah atau kulit yang terdapat bintik hitam. Moms bisa melakukan cara mengatasi flek hitam dengan teh hijau ini sebanyak dua kali sehari agar hasilnya optimal.

Itulah beberapa cara yang bisa Moms gunakan untuk membantu menghilangkan flek hitam. Terdapat berbagai cara mengatasi flek hitam yang bisa Moms lakukan di rumah dengan memakai bahan dapur.

Nah, jangan lupa untuk sering mengaplikasikannya agar hasilnya optimal ya, Moms! Selamat mencoba!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait