2-3 tahun

2-3 TAHUN
13 Januari 2021

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Pastikan anak terhidrasi ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Ada banyak hal yang menyebabkan hidung tersumbat pada anak. Namun, satu hal yang pasti adalah kondisi ini membuat rasa tidak nyaman pada anak.

Seringnya pula, kondisi hidung tersumbat pada anak membuat Si Kecil menjadi rewel, kesulitan tidur, dan uring-uringan.

Baca Juga: 4 Gejala Polip Hidung pada Anak, Kenali Sejak Dini!

Nah, Moms sebaiknya memahami cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. Cara yang tepat membantu meringankan gejala yang tidak nyaman pada tubuhnya.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Tidak perlu bingung, sebenarnya ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak dengan tepat. Simak ulasan berikut ini.

1. Pastikan Anak Mendapatkan Cairan yang Cukup

Pastikan Anak Mendapatkan Cairan yang Cukup

Foto: Orami Photo Stock

Pada dasarnya, hidung tersumbat dapat terjadi ketika jaringan di rongga hidung membengkak. Stanford Children's Health menjelaskan, hidung tersumbat memengaruhi pendengaran anak.

Hal ini bisa mengganggu anak untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup sehingga bisa berdampak pada perkembangan tubuhnya.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak bisa dengan mendorongnya untuk minum cairan ekstra bebas gula. Tujuannya untuk menjaga hidrasi tubuh anak dengan baik.

Sebab, dehidrasi atau tubuh yang mengalami kekurangan cairan bisa terjadi karena jumlah yang keluar lebih besar dari yang masuk ke dalam tubuh.

Moms bisa memberikan anak beberapa sumber cairan, seperti air mineral, air kelapa, es krim, makanan berkuah, potongan buah, atau susu untuk mencegahnya dari dehidrasi. Ada beberapa buah yang mengandung banyak air untuk tubuh.

Diketahui timun mengandung 96% air, sedangkan tomat memiliki 94% air, semangka memiliki kandungan air sebanyak 92%, belimbing dan strawberry sebanyak 91%, sedangkan nanas dan juga jeruk mengandung air sebanyak 87%. Pilihlah buah yang sesuai dengan selera Si Kecil, ya, Moms!

2. Gunakan Obat Tetes Hidung

Gunakan Obat Tetes Hidung

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak berikutnya dengan menggunakan obat tetes hidung.

Moms bisa menemukan produk ini di toko obat atau membuatnya sendiri dengan bahan rumah tangga yang umum seperti air, garam, dan soda kue.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak ini bisa dilakukan untuk balita yang belum belajar cara membuang ingus.

Tujuannya untuk membantu membersihkan rongga hidung anak. Coba lakukan penanganan ini pada malam hari.

Moms juga bisa mengombinasikan dengan saline, atau air asin, tetes untuk efektivitas maksimum.

Alat ini tersedia tanpa resep, dan dapat dibuat di rumah dengan mencampurkan 1/2 sendok teh garam dengan 250 ml air hangat.

Moms dapat meletakkan larutan garam yang sudah siap ke dalam alat semprotan atau pipet.

Setelah itu, teteskan larutan garam ke anak sebanyak dua kali dengan menggunakan alat semprotan atau pipet. Lakukan cara ini minimal 3 kali sehari.

Larutan garam dijadikan resep untuk meredakan hidung tersumbat sudah sejak lama.

Manfaat larutan garam untuk bayi yang mengalami hidung tersumbat untuk mencairkan lendir pada hidung bayi dan mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung.

Baca Juga: 8 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan Anak

3. Menggunakan Uap Air Hangat

Menggunakan Uap Air Hangat

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak berikutnya bisa dengan menggunakan uap air hangat atau humidifier.

Sebab, udara kering bisa menjadi salah satu penyebab hidung menjadi tersumbat dan sulit bernapas. Moms perlu meningkatkan kelembapan udara untuk membantu meredakan hidung tersumbat pada anak

Pemakaian humidifier mampu meringankan hidung tersumbat, karena alat tersebut dapat meningkatkan kelembapan udara di sekitar.

Jika Moms tidak mempunyainya, bukan menjadi masalah. Moms yang memiliki fasilitas air panas di kamar mandi, maka hal ini bisa dimanfaatkan.

Atau cara lainnya, Moms dapatkan menyiapkan sebaskom air hangat. Dekatkan anak pada air hangat agar Si Kecil dapat menghirup udara di sekitar baskom. Nah, jadi intinya adalah memberikan kelembapan untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak.

4. Coba Berikan Madu

Coba Berikan Madu

Foto: Orami Photo Stock

Biasanya, anak yang mengalami hidung tersumbat akan menjadi rewel karena merasa tidak nyaman. Nah, Moms bisa memberikan madu untuk membantu ketenangan pada dirinya.

Namun, madu hanya bisa diberikan pada anak yang sudah berusia di atas 1 tahun. Madu tidak aman untuk anak di bawah usia 1 tahun karena risiko botulisme.

Nah, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari madu? Madu membantu menenangkan tenggorokan dan batuk anak yang lebih besar dan bisa mengatasi hidung tersumbat pada anak di malam hari.

Dalam sebuah penelitian tahun 2007, memberikan setengah sendok teh madu kepada anak-anak usia 2 sampai 5 tahun tampaknya dapat menekan batuk, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.

Cara lainnya, Moms bisa mencampurkan madu dengan air hangat untuk memberikan kelembapan pada hidung anak yang tersumbat.

Baca Juga: 4 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

5. Perhatikan Posisi Tidur Anak

Perhatikan Posisi Tidur Anak.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak berikutnya adalah memerhatikan posisi tidurnya.

Coba Moms letakkan bantal di bawah kepala anak atau cara lainnya agar kepala anak terangkat saat tidur.

Cara ini untuk membantu meredakan hidung tersumbat yang dialami anak. Moms juga harus memerhatikan anak memiliki kualitas tidur yang cukup.

Selain itu, dilansir dari laman WebMD, Moms bisa tidur berdekatan dengan anak. Ternyata, memeluk dan menggendong anak akan memberikan perasaan nyaman pada mereka sehingga menjadi lebih rileks.

Ingatkan juga pada anak bahwa istirahat membantu mereka merasa lebih baik lebih cepat.

Baca Juga: Manfaat Skin to Skin Contact untuk Bayi dan Ibu

Jika anak masih menyusu, Moms bisa menyusui lebih sering agar anak tetap merasa nyaman.

Cobalah juga menopang anak dalam posisi lebih tegak saat menyusui agar membantunya bernapas lebih mudah.

6. Pakaikan Minyak Kayu Putih dan Minum Jahe

Pakaikan Minyak Kayu Putih dan Minum Jahe

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak berikutnya juga bisa Moms coba, yaitu mengoleskan minyak kayu putih atau balsem beraroma mentol ke sekitar hidung.

Setelah mencium aroma yang pedas-pedas, hidung tersumbat pada anak akan perlahan hilang.

Berikutnya, Moms bisa memberikan anak segelas air jahe hangat. Mengonsumsi air jahe juga dipercaya mampu menghilangkan hidung tersumbat.

Caranya mudah, cukup kupas kulit jahe dan iris-iris kurang lebih 4 cm, kemudian rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, Moms bisa menambahkan gula atau madu sesuai dengan selera.

7. Atasi Demam pada Anak

Atasi Demam pada Anak.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jika anak mengalami demam yang dibarengi dengan hidung tersumbat, sebaiknya Moms coba untuk mengatasi demamnya terlebih dulu. Demam tentunya membuat tubuh anak merasa tidak nyaman.

Coba berikan anak obat yang hanya mengandung satu bahan, yaitu asetaminofen atau ibuprofen.

Namun, Moms harus menghubungi dokter anak sebelum memberikan obat kepada anak di bawah usia 2 tahun. Selain itu, segera hubungi dokter jika anak berusia di bawah 3 bulan dan mengalami demam.

"Gunakan produk dan dosis yang direkomendasikan untuk usia anak Anda. Jangan pernah memberi anak aspirin karena terkait dengan sindrom Reye," kata dr. Peter Cardiello, dokter anak di New Jersey.

Baca Juga: Demam Anak Naik Turun, Kapan Mama Perlu Waspada?

Itulah cara-cara yang bisa dicoba untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak. Penting untuk melihat perubahan setelah mencoba penanganan di atas, ya!

Jika anak tidak menunjukkan perkembangan berarti, sebaiknya segera bawa ke klinik atau rumah sakit terdekat.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait