Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
23 April 2020

3 Cara Mengatasi Kolesterol pada Anak, Hindari Penyakit Berbahaya!

Kolesterol yang tidak ditangani sejak dini dapat menyebakan stroke di kemudian hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kolesterol merupakan penyakit umum yang sering kali menyerang orang dewasa. Namun, tahukah Moms jika kolesterol juga dapat dialami oleh anak-anak? Dijelaskan pada situs Kids Health, kolesterol dalam tubuh diproduksi dari ginjal. Namun, kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan seperti daging, ikan, telur, mentega, keju, dan susu.

Kolesterol diperlukan tubuh untuk membantu otak, kulit, dan organ tubuh lainnya agar dapat bekerja secara maksimal. Namun, mengonsumsi makanan dengan kadar lemak berlebih juga tidak baik untuk kesehatan.

Banyak faktor yang menjadi sebab anak mengalami penyakit kolesterol, dari faktor keturunan hingga gaya dan pola makan anak yang kurang sehat.

Baca Juga: Penyakit Paru Interstisial pada Anak, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Kolesterol pada Anak

Kolesterol pada anak yang tidak ditangani sejak dini dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke di kemudian hari. Lalu apa yang dapat dilakukan Moms untuk mengatasi kolesterol pada anak? Simak artikelnya di bawah ini.

1. Membatasi Makanan yang Berlemak Tinggi

Atasi Kolesterol Pada Anak untuk Kurangi Risiko Terjangkit Penyakit Berbahaya 3.jpg

Foto: amazonaws.com

Kolesterol pada anak masih dapat ditangani dengan cara mengontrol konsumsi lemak harian pada anak. Moms dapat mengurangi dan membatasi asupan lemak harian anak.

Pastikan anak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dengan takaran maksimal 300mg/hari. Moms dapat menghitung terlebih dahulu jenis makanan yang akan dimasak sebelum dikonsumsi anak.

2. Mengubah Pola Makan Anak

Atasi Kolesterol Pada Anak untuk Kurangi Risiko Terjangkit Penyakit Berbahaya 2.jpg

Foto: thefashionablebambino.com

Cara lainnya dalam mengatasi kolesterol pada anak adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat terhadap anak.

Moms bisa mulai mengenalkan makanan sehat pada anak secara perlahan-lahan, seperti mengganti jenis sarapan anak menjadi buah, roti gandum, yogurt rendah lemak, atau sereal tanpa kandungan gula.

Baca Juga: Penyakit Kawasaki pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Kurangi makanan dengan teknik menggoreng dengan minyak yang banyak. Selingi juga dengan konsumsi buah dan sayur-sayuran setiap hari pada anak. Ini akan membantu mengatasi kolesterol pada anak.

Hindari memberikan jus buah dengan tambahan gula di dalamnya. Agar lebih mudah, berikan anak buah yang mudah dikonsumsi tanpa perlu di blender.

3. Ajak Anak Berolahraga

Atasi Kolesterol Pada Anak untuk Kurangi Risiko Terjangkit Penyakit Berbahaya 1.jpg

Foto: jooinn.com

Selain membatasi asupan lemak harian anak dan mengganti pola makan anak menjadi sehat, anak juga perlu diimbangi dengan olahraga.

“Penyebab kolesterol paling umum adalah buruknya pola makan, kegemukan, dan kurangnya berolahraga,” jelas Julie Brothers, MD, Direktur Lipid Heart Clinic pada Children’s Hospital of Philadelphia, seperti yang dikutip pada laman Children’s Hospital of Philadelphia.

Seperti dikutip pada situs WebMD, anak dianjurkan berolahraga setiap hari untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Olahraga dapat dilakukan dengan cara berenang, bersepeda, berlari, hingga berjalan.

Kegiatan ini dapat menaikkan level kolesterol baik dalam tubuh dan menghindarkan anak dari risiko penyakit jantung di kemudian hari.  

Baca Juga: Penyakit Batten pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Itulah beberapa cara mengatasi kolesterol pada anak yang dapat Moms terapkan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait