Kehamilan

KEHAMILAN
13 Mei 2020

4 Cara Mengatasi Lightning Crotch saat Hamil, Bye Nyeri Selangkangan!

Tetap aktif saat hamil juga jadi salah satu caranya lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan dapat menyebabkan beberapa hal yang tidak nyaman. Beberapa Moms mungkin menyadari mual di pagi hari, kontraksi palsu tapi bisa jadi tidak mengetahui tentang lightning crotch atau nyeri selangkangan saat hamil.

Disebut sebagai lightning crotch karena rasa sakit yang biasanya datang entah dari mana terasa mirip seperti sambaran petir atau perasaan kesemutan di sekitar vagina atau panggul saat hamil.

Meskipun istilah itu bukanlah sebutan medis. Tapi, rasa sakit ini menimpa beberapa ibu hamil.

Baca Juga: Mengenal Lightning Crotch, Fenomena Nyeri Selangkangan saat Hamil

Cara Mengatasi Lightning Crotch Saat Hamil

5 Cara Alami Mencerahkan Selangkangan Hitam

Lightning crotch atau nyeri selangkangan biasanya disebabkan oleh tekanan dan posisi Si Kecil dalam kandungan saat mereka turun ke jalan lahir untuk siap-siap hadir ke dunia.

Hal ini berarti Si Kecil semakin dekat dengan waktu persalinan. Sedangkan, keadaan ini pun bisa terjadi berminggu-minggu sebelum persalinan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi lightning crotch saat hamil? Berikut ulasannya.

1. Tetap Aktif

Ini mungkin terdengar kontraproduktif, tetapi tetap aktif akan banyak membantu selama kehamilan termasuk salah satu bentuk dari cara mengatasi lightning crotch saat hamil.

Selain mencegah kelebihan berat badan, tetap aktif pun dapat membantu Moms menjaga persendian terbuka serta fleksibel. Fokus pada campuran kardio, latihan beban, dan banyak dan banyak peregangan, terutama di daerah pinggul.

2. Ambil Istirahat Berkala

Meskipun tetap aktif sangat membantu, tubuh Moms pun perlu istirahat tambahan dalam kehamilan. Berdiri tegak untuk jangka waktu yang lama meningkatkatkan tekanan panggul ke bawah.

Menurut Cleveland Clinic, ada baiknya Moms menghindari menggunakan kaki terlalu lama bila tidak maka lightning crocth saat hamil bertambah buruk.

Baca Juga: 5 Penyebab Nyeri Perut Saat Hamil yang Tak Boleh Diremehkan

3. Kenakan Sabuk Dukungan Kehamilan

Cara mengatasi lightning crotch saat hamil yaitu menggunakan sabuk dukungan kehamilan. Lantaran, tekanan ke bawah perut berkontribusi terhadap kondisi tersebut.

Nah, alat pendukung seperti sabuk kehamilan membantu mengurangi tekanan itu.

4. Pijat Prenatal

Moms, walaupun pijat prenatal tidak menghilangkan lightning crotch. Namun cara mengatasi lightning crotch saat hamil ini bisa jadi solusi untuk relaksasi otot serta rasa sakit dan nyeri selama kehamilan.

Sangat penting untuk mengunjungi terapis pijat berpengalaman dan bersertifikasi yang berspesialisasi dalam pijat prenatal.

Tanda Bahaya Lighning Crotch saat Hamil

Mengenal Lightning Crotch, Fenomena Nyeri Selangkangan saat Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun begitu lightning crotch saat hamil tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun tiba-tiba dan terkadang sangat tidak nyaman, keadaan ini merupakan gejala normal kehamilan.

Namun, bila Moms mengalami salah satu dari gejala berikut berdasarkan artikel Standfordchildren, bersama dengan tekanan panggul, dan rasa sakit seperti tersengat listrik, hubungi dokter kandungan atau bidan.

  • Pendarahan vagina
  • Cairan apa pun yang keluar dari vagina
  • Pusing, penglihatan kabur
  • Pembengkakan yang tidak biasa
  • Nyeri perut ekstrem
  • Sakit kepala parah
  • Kontraksi reguler sebelum 37 minggu
  • Demam
  • Muntah dan diare
  • Gerakan bayi menurun

Baca Juga: Nyeri di Bagian Dada Saat Hamil, Ini 8 Penyebabnya

Beberapa nyeri dan nyeri sering terjadi selama kehamilan, sehingga sulit mengetahui kapan harus pergi ke dokter.

Akan tetapi, menurut Womenshealth, Sangat penting untuk mengunjungi dokter jika rasa sakit yang tajam dan menusuk terjadi di selangkangan bersamaan dengan gejala lainnya, seperti pendarahan vagina atau demam. Dokter perlu memeriksa infeksi atau komplikasi lain.

Yang terbaik adalah berbicara dengan dokter atau bidan jika gejala lightning crotch terjadi dengan tanda-tanda persalinan lainnya.

Biasanya, lightning crotch itu singkat. Jika rasa sakit seseorang menjadi parah atau tidak hilang, mereka harus mencari bantuan tenaga medis sesegera mungkin.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait