Kesehatan

KESEHATAN
27 Desember 2020

4 Cara Efektif Mengatasi Overthinking Agar Pikiran Lebih Tenang

Jaga kesehatan mental dengan mengetahui cara mengatasi overthinking berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Mempertimbangkan banyak hal sebenarnya wajar dilakukan seseorang. Namun, bagaimana jadinya ketika terlalu banyak yang dipikirkan sehingga sulit untuk menentukan pilihan?

Hati-hati, Moms, itu menjadi salah satu tanda overthinking, lho. Dilansir dari Psychology Today, overthinking atau terlalu banyak berpikir bisa menyebabkan tekanan emosional yang serius.

Jika dibiarkan terus-menerus, maka hal tersebut bisa berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.

Seseorang yang overthinking juga cenderung mengabaikan intuisi dan terlalu memikirkan berbagai kemungkinan yang belum tentu akan benar-benar terjadi.

“Jika Anda cenderung mengabaikan insting dan membuat daftar pro dan kontra yang panjang, maka itu bisa menjadi tanda overthinking. Seseorang yang overthinking juga cenderung sulit untuk membuat keputusan,” ungkap psikolog Dr. Helen Odessky.

Baca Juga: Mengenal Eustress, Stres Positif yang Diperlukan oleh Tubuh

Hati-hati, overthinking bisa membuat aktivitas Moms terganggu hingga kualitas tidur yang kurang. Sebaiknya, ketahui cara mengatasi overthinking berikut ini, yaitu:

1. Cara Mengatasi Overthinking yang Berlebihan

Cara Mengatasi Overthinking yang Berlebihan.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Langkah pertama sebagai cara mengatasi overthinking yang berlebihan adalah mengetahui pemicunya.

Mungkin ada pemikiran atau masalah tertentu yang lebih cenderung menjadi pemicu overthinking.

Misalkan, Moms mungkin sering merasa cemas dan berpikir tentang masa depan anak yang akhirnya menjadi pemikiran berlebihan.

Ketika Moms sudah mengetahui pemicunya, maka akan lebih mudah mengatasinya.

Moms akan sadar pemicu overthinking dan pikiran teralihkan untuk bisa menanggulanginya. Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri pemikiran berlebihan.

Saat Moms menyadari diri mengulang peristiwa dalam pikiran berulang kali, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat dikendalikan, akui bahwa pikiran menjadi tidak produktif.

Setelah mengetahui pemicunya, Moms bisa fokus pada solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang menjadi pikiran. Sebab, memikirkan masalah tidak akan membantu, namun mencari solusinya sangat membantu.

Tanyakan pada diri sendiri langkah apa yang dapat diambil untuk belajar dari kesalahan atau menghindari masalah di masa depan.

Tentunya untuk berpikir fokus, baik tubuh dan pikiran Moms harus benar-benar rileks. Jangan paksakan diri untuk menyelesaikan masalah atau membuat keputusan dalam waktu yang singkat.

Moms membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran. Lebih baik lagi, Moms bisa berdiskusi dengan pasangan atau orang-orang terdekat apabila memungkinkan.

Baca Juga: 5 Tanda Harus ke Psikolog, Cegah Depresi Berkepanjangan!

Jika cara menghilangkan overthinking yang berlebihan di atas sudah dicoba dan Moms masih belum menemukan ‘kedamaian’ dalam pikiran, sebaiknya berhati-hati. Ada baiknya Moms segera menemui psikolog untuk mendapatkan saran yang lebih tepat.

2. Cara Mengatasi Overthinking Sebelum Tidur

Cara Mengatasi Overthinking sebelum Tidur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada cara mengatasi overthinking yang bisa dilakukan secara rutin sebelum tidur. Moms bisa mempraktekkan mindfulness sebelum tidur.

Waktu ini untuk merefleksikan kembali hal apa saja yang sudah Moms lakukan dan segala hal yang sudah dilalui dalam satu hari.

Kemudian, Moms bisa melakukan beberapa cara ini:

  • Dilansir dari laman Psych Central, coba tuliskan kekhawatiran Moms pada hari ini dalam sebuah jurnal harian. Tanyakan pada diri sendiri, hal-hal apa saja yang muncul di benak saat berbaring di tempat tidur pada malam hari. Cara ini efektif untuk menemukan sumber kekhawatiran yang membuat overthinking.
  • Kemudian, tulis juga hal-hal positif apa yang akan Moms lakukan esok hari. Tujuannya untuk menumbuhkan semangat dan mengalihkan pikiran Moms ke arah yang lebih baik. Waktu yang diperlukan untuk menulis ini hanya sekitar 10 menit saja.
  • Ciptakan lingkungan yang tepat untuk tidur. Artinya, jaga pencahayaan kamar tetap redup, usahakan kamar tetap tenang, dengan suhu yang nyaman. Kondisi ini akan membantu Moms untuk rileks dan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Ikuti cara-cara di atas untuk mengatasi overthinking sebelum tidur. Selain itu, ada baiknya Moms mempunyai waktu tidur dan bangun tidur yang sama setiap harinya. Hindari juga menggunakan gadget saat mau tidur.

Baca Juga: 4 Penyebab Insomnia karena Faktor Psikologis dan Cara Mengatasinya

3. Cara Mengatasi Overthinking dalam Islam

1Cara Mengatasi Overthinking dalam Islam.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setiap manusia sudah dibekali dengan akal pikirannya masing-masing.

Namun, tantangan hidup memang terkadang tidak bisa menghindari Moms dari stres. Hati-hati, tingkat stres yang tinggi dan tidak mampu dikelola dengan baik bisa membuat overthinking.

Jika Moms mengalami overthinking, ingatlah bahwa masih ada Allah yang begitu dekat dengan kita dan tidak akan membiarkan hamba-Nya menderita. Mungkin ini menjadi waktu terbaik untuk Moms semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Cara mengatasi overthinking dalam Islam bisa dengan menjalani salat dengan teratur dan tepat pada waktunya. Sebab, salat ini sebenarnya bukan kebutuhan bagi Allah, melainkan manusia yang membutuhkannya.

Kita akan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT, termasuk segala pemicu overthinking.

Selanjutnya, Moms dapat berdoa kepada Allah agar diberikan ketenangan pikiran dan dihindarkan dari pemicu overthinking.

Moms juga dapat memohon agar diberikan kemampuan untuk melihat hikmah di balik segala sesuatu yang terjadi. Dengan begitu, hati akan lebih lega dan pikiran juga lebih terbuka.

Doa yang bisa Moms panjatkan untuk diberikan ketenangan pikiran, yaitu:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqa-ika wa tardha bi qadha-ika wataqna’u bi ‘atha-ika

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan kecukupan-Mu, dan merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Cara mengatasi overthinking dalam Islam juga bisa dengan membantu memberikan sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Ternyata, meringankan penderitaan seseorang secara tidak langsung akan mengurangi tingkat kecemasan yang Moms alami.

Moms juga akan lebih bersyukur dengan apa yang sudah dipunya. Sebab, masih banyak orang-orang yang lebih susah dan membutuhkan pertolongan di luar sana.

Baca Juga: Cara Marah pada Suami Sesuai Tuntunan Islam

4. Cara Mengatasi Overthinking dengan Perubahan Pola Hidup

Cara Mengatasi Overthinking dengan Perubahan Pola Hidup.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ketika pola hidup Moms masih berantakan dan tidak sehat, maka sebenarnya akan lebih mudah untuk mengalami overthinking.

Misalnya, setiap harinya Moms tidak makan makanan bergizi, terus-menerus bermain gadget, dan kurang tidur, tentunya akan lebih mudah untuk stres.

Maka dari itu, cara mengatasi overthinking bisa dengan melakukan perubahan pola hidup. Lantas, pola hidup yang seperti apa? Sederhananya, mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Jika Moms suka makanan bergaram tinggi, coba mulai untuk dikurangi. Atau apabila Moms suka makan junk food, cobalah untuk menghentikan beberapa waktu. Ganti makanan yang lebih bernutrisi dan jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap harinya.

Selain itu, mulai sempatkan waktu untuk berolahraga. Moms tidak perlu melakukan olahraga yang berat setiap harinya.

Cukup luangkan waktu 15-30 menit setiap harinya untuk jogging di pagi hari, melakukan yoga di kamar, atau pilih olahraga yang Moms sukai.

Mengapa olahraga menjadi penting untuk mengatasi overthinking? Sebab, ketika kita berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif dalam tubuh.

Terakhir, miliki kualitas tidur yang cukup setiap harinya. Hindari kebiasaan begadang yang hanya akan membuat Moms terlihat lemas keesokan harinya. Kualitas tidur yang cukup ternyata juga baik untuk kesehatan mental, lho!

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Membantu Relaksasi

Nah, itu beberapa cara mengatasi overthinking yang bisa dilakukan. Ingat, Moms, overthinking hanya akan membuat Moms tidak mampu menemukan jalan keluar dalam setiap masalah yang ada.

Artikel Terkait