Kehamilan

KEHAMILAN
15 Juli 2020

5 Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor Saat Hamil, Moms Perlu Tahu!

Salah satu rasa tidak nyaman yang hampir semua ibu hamil alami.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Dina Vionetta

Masa-masa sebagai ibu merupakan pengalaman yang akan terus disertai dengan suka maupun duka secara adil.

Merawat kehidupan yang tumbuh di dalam diri hingga bisa berada di pelukan pun seperti mimpi.

Namun, tak berarti hal ini pun bisa berjalan mulus karena kehamilan rentan dengan serangan sakit serta ketidaknyamanan.

Salah satu rasa tidak nyaman dan sakit yang hampir dialami oleh semua calon ibu adalah sakit tulang ekor saat hamil, yang biasanya disebabkan karena tekanan berlebih atau tidak teratur.

Menurut The Ochsner Journal, tulang ekor adalah struktur tulang segitiga kecil yang terletak di antara bokong bagian atas.

Tulang ini menstabilkan postur duduk, dan sebagian besar otot, tendon, dan ligament melewati tulang ekor.

Beberapa wanita hamil mungkin mengalami rasa sakit ini karena berbagai alasan.

Namun, jika rasa sakitnya menetap selama beberapa hari atau jika semakin parah, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Baca Juga: Penyebab serta Pengobatan Nyeri Bokong Saat Hamil, Simak di Sini!

Pengobatan Rumahan Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Meskipun tidak ada obat untuk rasa sakit ini, beberapa latihan peregangan sederhana dapat membantu mengurangi rasa sakit sampai batas tertentu.

Tetapi, disarankan untuk berbicara dengan dokter kandungan sebelum melakukan olahraga apapun selama kehamilan.

Sebelumnya, Moms membutuhkan matras yoga untuk melakukan rutinitas peregangan ini dengan nyaman:

1. Cat-Cow Pose

Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Peregangan ini dengan lembut menguatkan punggung bagian bawah dan panggul. Ini juga meningkatkan mobilitas tulang belakang dan menghilangkan tekanan dari tulang ekor Moms.

Otot berfungsi: Kemiringan panggul ini menggerakkan tulang belakang dengan menggunakan otot lengan, perut, dan punggung. Caranya:

  • Mulailah merangkak, dengan telapak kaki rata (jari kaki tidak terselip). Jaga bahu langsung di pergelangan tangan dan pinggul langsung di atas lutut Moms.
  • Saat Moms menarik napas, jatuhkan perut, biarkan lengkungan punggung tetapi tetap pundak berguling ke belakang dan ke bawah. Ini Cow.
  • Saat mengeluarkan napas, tekan ke dan putar punggung bagian atas. Ini Cat.
  • Terus bergerak menghirup dan menghembuskan napas. Ulangi 10 kali.

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga untuk Meredakan Nyeri Kehamilan, Coba Yuk!

2. Renang

Ibu Hamil Ingin Berenang

Foto: Orami Photo Stocks

Berenang di punggung dengan gerakan paha minimal mengurangi ketegangan punggung. Ini bisa menjadi latihan yang baik untuk melawan nyeri tulang ekor selama kehamilan.

Namun, ikuti saran dokter kandungan sebelum memilih untuk berenang, dan pastikan Moms masuk ke kolam yang bersih dan higienis.

3. Cat-Cow Standing

Pengobatan Rumahan Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Foto: 8fit.com

Ini pada dasarnya adalah peregangan di atas, tetapi sudah selesai berdiri. Ini menggerakkan tulang belakang secara berbeda dan memberi Moms sedikit lebih banyak mobilitas dalam peregangan itu sendiri. Ini benar-benar dapat membantu menemukan apa yang Moms butuhkan untuk tubuh.

Peralatan yang dibutuhkan: dinding kokoh

Otot bekerja: semua otot sama seperti Cat-Cow, ditambah otot glutes dan kaki

  • Mulailah berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari lebar pinggul, sekitar 2 kaki dari dinding.
  • Tekan tangan ke dinding setinggi bahu, dan saat mulai menurunkan tangan, turunkan kaki Moms ke belakang. Moms ingin membuat "L" dengan tubuh. Jika merasa lebih baik tetap sedikit lebih tinggi, tidak apa-apa untuk tetap di sana, selama Moms merasa stabil.
  • Saat menarik napas, jatuhkan perut. Biarkan punggung melengkung, seperti pada Cow.
  • Saat mengeluarkan napas, tekan dinding dan putar punggung bagian atas .
  • Bergantian melengkung dan membulatkan punggung Anda 10 kali.

Baca Juga:Apa Penyebab Rasa Sakit di Tulang Rusuk Belakang?

4. Berjalan

jalan kaki untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stocks

Berjalan mungkin melepaskan tekanan dari tulang ekor dan juga membantu mencegah kenaikan berat badan. Dipercayai bahwa ibu hamil berjalan teratur selama setidaknya 30 menit akan meringankan otot-otot tegang di daerah panggul juga.

5. Downward Dog Pose

Pengobatan Rumahan Sakit Tulang Ekor Saat Hamil

Foto: healthyfamiliesbc.ra

Pose ini akan membantu meregangkan dan menguatkan punggung bagian bawah, punggung kaki, dan membantu memperpanjang tulang belakang.

Otot bekerja: otot kaki, trisep, paha depan

  • Mulai dengan merangkak di matras, selipkan jari-jari kaki ke bawah. Tarik napas dan angkat pinggul dengan lembut saat mendorong ke tangan.
  • Menghembuskan. Moms bisa sedikit menggerakkan tangan atau kaki jika terasa lebih nyaman. Saat dalam posisi yang nyaman, tekan secara merata ke 10 jari.
  • Pedalilah kaki di sini jika Moms suka, atau cukup rentangkan tumit ke tanah.
  • Pertahankan bahu Moms terhubung ke sendi mereka, punggung bagian atas melebar, dan tulang belakang memanjang. Jaga kesadaran di sini agar tidak membiarkan punggung membungkuk.

Catatan: Ini adalah pose inversi. Hindari di akhir trimester ketiga (setelah minggu ke 33) kecuali Moms berbicara dengan dokter dan melakukan latihan yoga aktif sebelum hamil.

Baca Juga:Sakit Tulang Rusuk Saat Hamil, Ini 5 Penyebabnya!

Biasanya, dokter mungkin meresepkan fisioterapi untuk mengurangi nyeri tulang. Namun, dilansir dari Medline Plus, dalam beberapa kasus, acetaminophen bisa menjadi pereda nyeri yang efektif. Tapi ingat untuk terus berkonsultasi sebelum meminumnya.

Bila sakit berlanjut, dokter akan menyuntikan anestesi local atau pereda rasa sakit. Tetapi, minta saran dokter sebelum memulai opsi perawatan.

Walaupun memiliki rasa sakit ini mungkin terasa luar biasa, seseorang dapat dengan mudah mengelola rasa sakit melalui olahraga teratur dan dengan mempertahankan gaya hidup sehat. Berita baiknya adalah bahwa rasa sakit pada akhirnya akan mereda setelah kehamilan.

Kehamilan adalah waktu yang diberkati dalam kehidupan wanita dan dia harus lebih berhati-hati agar dia tetap sehat dan nyaman.

Perubahan kecil dalam diet dan rutinitas sehari-hari, mengadopsi postur tidur yang benar dan mempertahankan waktu olahraga dapat mengubah jalurnya sama sekali.

Dokter selalu merekomendasikan bahwa wanita hamil tetap pada gaya hidup sehat yang disadari.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait