Fashion & Beauty

16 Desember 2021

Ini 7 Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran yang Bisa Moms Coba

Daripada tidak dipakai, sebaiknya sepatu kebesaran disiasati dengan cara ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Apakah Moms pernah membeli sepatu tapi kebesaran? Sayangnya saat sudah dewasa, ukuran kaki Moms sudah tidak akan bertambah lagi. Oleh karena itu, Moms perlu tahu cara mengatasi sepatu kebesaran.

Sepatu kebesaran biasanya terjadi saat Moms membelinya di toko online atau sepatu tersebut merupakan hadiah dari seseorang.

Beberapa orang juga menganggap bahwa memakai sepatu satu ukuran lebih besar juga akan mencegah perkembangan kondisi seperti bunion (benjolan di jari kaki) dan hammertoes (jari palu). Namun, ini bukan ide yang masuk akal.

Saat mengenakan alas kaki yang pas, Moms akan mencapai platform yang stabil bagi kaki untuk menopang tubuh.

Moms akan menciptakan keselarasan optimal dari kaki ke lutut, yang meminimalkan keausan pada sendi dan tendon. Namun, ketika sepatu tidak pas, terlalu besar atau kecil, Moms akan membawa masalah.

Baca Juga: Ini 13 Jenis Sepatu Pria yang Dads Wajib Punya agar Makin Stylish

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran

Saat mengenakan sepatu yang terlalu besar, kaki tidak menerima bantalan yang tepat, artinya mereka harus bekerja terlalu keras untuk menopang tubuh.

Hal ini akan menyebabkan kita berjalan dengan cara yang tidak wajar dan seringkali mengarah pada gangguan yang berhubungan dengan kaki.

Inilah sebabnya, demi alasan kenyamanan, sangat penting untuk mengukur kaki sebelum membeli sepatu baru. Ukuran sering berbeda antara merek dan jenis, jadi ikuti rekomendasi merek.

Namun jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sepatu kebesaran yang bisa coba Moms lakukan di rumah.

1. Pakai Kaos Kaki Tebal

cara mengatasi sepatu kebesaran

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi sepatu kebesaran pertama adalah dengan memasangkannya dengan kaus kaki yang lebih tebal. Ini adalah salah satu cara termudah untuk memakai sepatu kebesaran.

Moms bisa menukarkan sepasang kaos kaki tipis yang biasa Moms gunakan dengan kaus kaki tebal.

Jika musim dingin, Moms bahkan dapat memasangkan dua atau tiga kaus kaki untuk membantu menghangatkan kaki.

Cara mengatasi sepatu kebesaran yang satu ini bekerja paling baik jika Moms menggunakan sepatu bot.

Jika Moms menggunakan dress shoes atau sepatu formal, maka ini cenderung menjadi terlalu pas.

Selain itu, jika kaki Moms cenderung berkeringat, atau cuaca sedang sangat panas, hindari menggunakan trik ini sebab Moms akan merasa sangat tidak nyaman.

Baca Juga: 5 Cara Mengikat Tali Sepatu Agar Penampilan Semakin Keren, Catat!

2. Gunakan Insole atau Sol Dalam

Insole adalah sisipan empuk lembut yang bisa Moms tempatkan di dalam sepatu. Ia tersedia berbagai jenis, tergantung kebutuhan Moms, seperti bantalan atau penyangga tambahan.

Ini adalah cara mengatasi sepatu kebesaran yang cukup praktis dan tidak membuat efek samping seperti halnya penggunaan kaos kaki.

Orang-orang biasanya menggunakan sol tambahan untuk mengatasi ketidaknyamanan dan masalah postur.

Namun, sol ini cukup berguna saat menangani masalah ukuran. Menariknya, harganya relatif terjangkau, sehingga bisa dibilang ini adalah cara mengatasi sepatu kebesaran yang cukup praktis.

3. Gunakan Stuffing

Jika Moms ingin tahu cara mengatasi sepatu kebesaran yang merupakan solusi cepat dan murah, cobalah pengisi sepatu atau stuffing.

Moms dapat menggunakan hampir semua bahan, termasuk bola kapas, kertas toilet, kain tipis atau kertas tisu. Remukkan bersama-sama dan letakkan di bagian ujung sepatu.

Cara mengatasi sepatu kebesaran ini akan mencegah kaki berpindah ke belakang atau ke depan saat berjalan.

Cara ini mudah dilakukan tetapi tidak akan memenuhi lebar sepatu, kecuali Moms juga memasukan bahan lain di sepanjang sisinya.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Dicuci

4. Gunakan Heel Strip

cara mengatasi sepatu kebesaran

Foto: idntimes.com

Heel strip adalah bantalan perekat yang bisa Moms tempelkan pada tumit atau sepatu untuk memperbaiki alas kaki yang tidak nyaman.

Mereka dapat menambahkan bantalan parsial, mirip dengan sol dalam. Namun, desainnya yang seperti strip memungkinkan Moms menempatkannya hampir di mana saja di sepatu untuk mengisi ruang ekstra.

Ini adalah cara mengatasi sepatu kebesaran yang pantas untuk dicoba.

5. Bantalan Bola Kaki

Kebanyakan orang juga menggunakan bantalan bola kaki untuk membuat sepatu lebih nyaman dipakai, dan itu cocok sebagai cara mengatasi sepatu kebesaran. Mereka bekerja mirip dengan sol tetapi lebih nyaman dan juga murah serta mudah didapat.

Bantalan ini bekerja dengan baik dengan tumit dan sepatu datar. Alasnya pun tersedia dalam berbagai warna, jadi sebaiknya pilih yang mirip warna sepatu Moms.

Baca Juga: Supaya Selalu Terlihat Baru, Ketahui Cara Merawat Sepatu Kulit Berikut Ini!

6. Buat Sepatu Menyusut dengan Semprotan Air

cara mengatasi sepatu kebesaran

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi sepatu kebesaran lainnya adalah dengan menggunakan percikan air untuk membuat sepatu menyusut.

Jika dilakukan dengan benar, ini dapat memberikan hasil yang bagus, tetapi penting untuk menyadari bahwa ada risiko sepatu jadi rusak.

Oleh karena itu, pastikan Moms sudah memeriksa label perawatan dan jika sepatu tidak boleh dibersihkan menggunakan air, cara ini tidak bisa dilakukan.

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Botol semprot atau ember.
  • Air.
  • Pengering rambut (opsional).
  • Kaus kaki (opsional).

Caranya:

  1. Mulailah dengan membasahi sepatu. Jika terbuat dari kulit, gunakan botol semprot, untuk kanvas atau sepatu atletik, biarkan terendam dalam ember.
  2. Setelah basah, jemur di bawah terik matahari. Jika tidak cerah, Moms dapat menggunakan pengering rambut pada pengaturan terendah. Jaga jarak agar tidak merusak sepatu.
  3. Saat sudah kering, coba dan rasakan perbedaannya. Jika perlu, ulangi prosesnya sampai Moms merasa cocok dengan ukuran sepatu yang menyusut tersebut.

Untuk sepatu kulit, Moms perlu mengoleskan kondisioner kulit setelahnya.

Selain itu, jika Moms menggunakan sepatu kulit, cobalah untuk mengeringkannya di kaki. Setelah menyemprotkannya, kenakan sepasang kaus kaki basah dan masukkan kaki ke dalam sepatu.

Pakailah sampai kering (mungkin butuh waktu seharian), dan bahannya akan membentuk sesuai dengan kaki Moms.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Sepatu Sesuai Bahannya Agar Tidak Mudah Rusak

7. Pasang Karet Elastis

Jika Moms memiliki pengalaman menjahit, Moms dapat memasang karet gelang untuk mengencangkan sepatu.

Jahitan karet gelang di bagian belakang akan menyatukan bahan, membuatnya lebih pas di kaki. Moms juga dapat menempelkannya ke samping, tetapi gunakan elastik yang kuat.

Caranya:

  1. Temukan tempat di dalam sepatu dan regangkan pita di sepanjang area tersebut sebanyak mungkin.
  2. Jahit karet gelang dengan hati-hati di tempatnya sambil menjaganya tetap kencang. Cara yang bagus adalah memasang peniti ke ujung yang longgar.
  3. Setelah Moms memasang kedua sisi dan melepaskannya, pita harus menarik bahan ke dalam, membuatnya lebih pas.

Moms dapat menggabungkan metode ini dengan cara menyusutkan sepatu sebelumnya, Kecilkan sepatu terlebih dahulu, lalu pasang pita setelahnya jika perlu.

  • https://www.wikihow.com/Wear-Shoes-That-Are-Too-Big
  • https://bootmoodfoot.com/how-to-wear-shoes-that-are-too-big/
  • https://www.toufie.com/blogs/blog/how-to-wear-shoes-that-are-too-big-8-life-saving-hacks
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait