Pernikahan & Seks

Cara Mengatasi Suami yang Cemburuan

Apa yang harus Moms lakukan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa pun pasti pernah memiliki rasa cemburu, baik itu kita ataupun suami. Namun ketika kita hidup dengan pasangan yang pencemburu, hidup bisa terasa menjengkelkan dan sedikit menimbulkan frustasi.

Moms mungkin merasa bahwa kecemburuan suami pada suatu titik akan mengganggu aktivitas yang kita lakukan. Meeting sebentar saja dengan kolega kerja, pasti akan diinterogasi dari A-Z, tidak mengangkat telepon sebentar saja akan dicurigai.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi suami yang penuh dengan kecemburuan?

Tips Mengatasi Suami yang Cemburuan

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi suami yang cemburuan:

1. Bicarakan Mengenai Ketakutan Suami

mengatasi suami cemburu

Foto: Orami Photo Stock

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghadapi suami yang cembutu adalah, mencari tahu apa yang menyebabkan suami seperti itu.

Mengapa ketakutan? Karena menurut Social Psychology Quarterly Journal, cemburu adalah reaksi yang ditunjukkan jika kita merasa ada ancaman terhadap hubungan yang sedang dijalani.

Cari tahu apa yang menyebabkan suami begitu cemburu dan mungkin merasa tidak nyaman. Daripada memarahi dan manyalahinya, cobalah memahami perasaannya. Dengan begitu, Moms dan Dads bisa menemukan jalan keluarnya.

2. Jangan Terlalu Defensif

mengatasi suami cemburu

Foto: Orami Photo Stock

Jika suami menyalahkan kita atas sesuatu hal yang tidak benar, jangan memperpanas situasi dengan beradu mulut. Jangan buru-buru membela diri, evaluasi dulu situasinya.

Jika langsung bersikap defensif, suami kita bisa jadi salah mengartikan sikap kita dan malah membuatnya semakin marah.

Dalam mengatasi suami yang cemburuan, ada baiknya Moms coba menenangkannya terlebih dahulu, menjelaskan situasi yang sebenarnya dan mencari penyelesaiiannya bersama. Cobalah untuk menciptakan ikatan kembali.

3. Jadilah Pasangan yang Responsif

mengatasi suami cemburu

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun ini telrihat suatu keadaan yang harus suami kita selesaikan sendiri dengan sikap cemburuan tingkat tingginya, Moms bisa membantunya dengan menjadi pasangan yang responsif dan selalu ada saat dibutuhkan.

Jika Moms selalu menemaninya saat dibutuhkan, ini bisa menenangkan kebiasan cemburunya. Tanpa diragukan lagi, kepercayaan antara Moms dan suami akan terbentuk kembali seiring waktu.

4. Bicarakan Kembali Masalah Ini dan Bersabar

mengatasi suami cemburu

Foto: Orami Photo Stock

Masalah ini tidak bisa selesai hanya dengan satu kali pembicaraan saja. Cobalah bersabar dengan sikap cemburuan suami dan tunjukkan bahwa Moms ingin permasalahan ini bisa cepat terselesaikan bersama dengan terus mendukung suami dan membicarakan kekhawatirannya.

Mungkin akan ada sedikit perdebatan, atau perselisihan, tapi jangan jadikan hal ini membuat kita berhenti mencari penyelesaiian.

Itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menghadapi sikap cemburuan suami.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait