Kesehatan

KESEHATAN
21 Juli 2020

Susah Tidur Saat Haid, Ini 3 Cara Mengatasinya

Moms, sering susah tidur saat haid? Berikut ini cara untuk mengatasinya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat memasuki masa menstruasi atau haid, wanita akan mengalami banyak perubahan dalam tubuh.

Terkadang, nyeri juga bisa terjadi yang kemudian disebut dismenore. Salah satu hal yang juga dapat terjadi saat menstruasi adalah susah tidur.

Hal ini bukan terjadi tanpa alasan, ya, Moms.

Susah tidur saat menstruasi sering dikaitkan dengan perubahan hormon pada siklus menstruasi, yaitu serotonin, progesteron, dan estrogen.

Hal ini juga yang menimbulkan keringat malam, hot flashes, dan mimpi buruk sehingga akhirnya gangguan tidur tidak dapat dihindari.

Lantas, bagaimana cara mengatasi susah tidur saat haid? Ini ulasannya.

Baca Juga: Nyeri Saat Menstruasi? Konsumsi 5 Makanan yang Bisa Menenangkan Perut Ini!

Cara Atasi Susah Tidur saat Haid

Susah tidur hanya menjadi sebagian kecil yang Moms alami saat haid. Women’s Health Concern menyatakan, setidaknya 40 persen wanita akan mengalami nyeri haid seperti perut kembung, payudara terasa melunak, cepat merasa lelah, sakit pinggang, perubahan suasana hati yang begitu cepat, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Namun, tenang saja karena hal tersebut akan berkurang seiring berakhirnya masa menstruasi Moms.

Jika Moms merasa kesulitan tidur saat haid dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka lakukan beberapa hal berikut ini:

Baca Juga: 7 Penyebab Anak Susah Tidur di Malam Hari, Jangan Dianggap Sepele!

1. Ciptakan Kamar yang Nyaman

Susah Tidur saat Haid, Ini Cara Mengatasinya-1.jpg

foto: freepik.com

Tentunya saat menginginkan kualitas tidur yang baik, maka Moms harus menyiapkan suasana kamar yang nyaman.

Menurut National Sleep Foundation, suhu tubuh akan naik setelah proses ovulasi. Hal ini yang membuat kesusahan tidur di malam hari.

Sebaiknya atur suhu di kamar agar lebih rendah dari suhu tubuh. Kamar tidur yang lebih dingin akan membuat suhu tubuh menurun dan membantu menimbulkan rasa kantuk.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Insomnia pada Balita, Agar Si Kecil Bisa Tidur Nyenyak

2. Hindari Makan Camilan Menjelang Waktu Tidur

Susah Tidur saat Haid, Ini Cara Mengatasinya-2.jpg

foto: freepik.com

Saat haid sedang berlangsung, Moms diharuskan untuk tetap mencukupi nutrisi di dalam tubuh dan minum air yang cukup setiap harinya.

Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

Namun, hindari mengemil menjelang waktu tidur. Pasalnya, gangguan pencernaan sering terjadi saat haid yang akhirnya membuat susah tidur.

“Hindari makanan berat sebelum tidur. Hindari juga makan makanan manis, seperti es krim atau cokelat karena nantinya dapat mengganggu pencernaan sehingga sulit tidur. Ganti menu makanan malam yang lebih sehat,” ungkap Dr. Karen Duncan, ginekolog asal New York.

Menurut Dr. Duncan, hindari juga mengonsumsi kafein selama beberapa jam sebelum tidur karena dapat semakin membuat susah tidur dan bisa membuat terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Baca Juga: Nyeri Saat Haid, Kenali Tipe Dismenore

3. Relaksasi

Susah Tidur saat Haid, Ini Cara Mengatasinya-3.jpg

foto: freepik.com

Masa haid identik dengan rasa cemas dan khawatir yang berlebihan.

Lagi-lagi, perihal fluktuasi hormon berperan di dalamnya sehingga Moms tidak mampu mengontrol perubahan suasana hati. Hal ini yang kemudian bisa menyebabkan susah tidur saat haid.

Menurut National Sleep Foundation, coba lakukan teknik-teknik relaksasi sederhana sebelum tidur, seperti pernapasan dalam atau yoga untuk melatih ketenangan diri.

Moms juga bisa mendengarkan lagu-lagu lembut yang membantu menenangkan pikiran. Terpenting, selalu aktif di siang hari agar tubuh lebih produktif dan malam harinya lebih mudah untuk tidur.

Selain itu, menurut Women’s Health Concern, cara relaksasi sederhana yang bisa Moms lakukan adalah mandi dengan air hangat dan minyak aromaterapi, melakukan pijatan, dan kenakan pakaian yang longgar saat tidur.

Itulah beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengatasi susah tidur saat haid. Alternatif sederhana lainnya, seminggu sebelum menstruasi cobalah tidur 30 menit sebelum jam tidur biasanya.

Moms juga dapat membuat jadwal tidur untuk mengatur waktu tidur tetap teratur. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Cara Meringankan Gejala Nyeri Haid yang Tak Tertahankan

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait