Rupa-rupa

12 September 2021

Tak Perlu Bingung, Begini Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan!

Bisa menggunakan aplikasi WhatsApp juga, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms dan Dads tentu tak asing dengan layanan kesehatan yang diberikan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Ketika menjadi anggota BPJS Kesehatan, kalian tentu akan diwajibkan membayar sejumlah iuran setiap bulannya. Jumlah ini juga tergantung pada jenis layanan yang digunakan.

Dilansir dari website BPJS Kesehatan, besaran iuran BPJS Kesehatan tiup bulannya mengacu Perpres 64 tahun 2020, yaitu kelas 1 Rp 150.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas 1, kelas 2 Rp 100.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas II, dan kelas 3 Rp 42.000 per orang per bulan tapi pemerintah tetap memberikan bantan iuran sebesar Rp 7.000, sehingga per 1 Januari 2021, iuran BPJS Kesehatan kelas III yaitu sebesar Rp 35.000.

Baca Juga: Cara Cek NISN untuk Daftar Sekolah Anak, Catat Ya!

Lalu, Moms dan Dads juga membutuhkan cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Dikarenakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan paling lambat yaitu tanggal 10 setiap bulannya.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan

Mengecek BPJS kesehatan

Foto: seputarpangandaran.com

Nah, Moms dan Dads berikut ini beberapa cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa kalian pilih tergantung kebisaaan:

1. Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Website

Moms dan Dads tentu akan memilih mengecek tagihan BPJS Kesehatan lewat website apabila aktif menggunakan internet. Caranya, cukup masuk website resmi bpjs dan lakukan pengecekan tagihan pembayaran mulai dari:

  • Pertama, Moms dan Dads akan diminta untuk mengisi beberapa data yang terdiri dari nomor kartu dan tanggal lahir sebagai pemegang kartu BPJS Kesehatan tersebut.
  • Setelah mengisi kedua kolom tersebut, Moms juga Dads harus mengetikkan angka validasi yang tertera di sana. Kemudian, klik cek dan rincian pembayaran kalian akan muncul pada layar.

Rincian ini meliputi pembayaran yang telah dilakukan dan juga tagihan yang belum dibayarkan.

Tentu cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan ini sesuai untuk Moms dan Dads yang terbiasa di depan layar monitor.

Baca Juga: 5 Jenis Asuransi yang Wajib Anda Miliki

2. Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Via SMS

Selain melalui website, ada satu cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan yaitu lewat SMS.

Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan via SMS ini juga tentu memudahkan Moms dan Dads serta pengguna bpjs lainnya yang tidak atau jarang menggunakan layanan internet dalam keseharian.

Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan ini dapat diakses melalui nomor 08777-5500-400.

Untuk mengakses informasi mengenai data pribadi peserta dan fasilitas kesehatan terdaftar dapat dilakukan berdasarkan Nomor Induk Kepegawaian (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai (NIP) melalui pengiriman pesan dengan format :

  • NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN

Contoh : NIK 3534346346

Kirim ke : 087775500400

  • NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh : NOKA 0006234623764

Kirim ke : 087775500400

  • NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI

Contoh : NIP 1962061574585889

Kirim ke : 087775500400

Sedangkan untuk tagihan iuran dapat dilakukan melalui pengiriman pesan dengan format :

  • TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh : TAGIHAN 0001260979209

Kirim ke : 087775500400

Untuk mengetahui format penulisan pesan pada layanan SMS BPJS Kesehatan, cukup dengan mengetik HELP lalu dikirim ke nomor 08777-5500-400. Apabila ada informasi yang keluar selain dari nomor tersebut, BPJS Kesehatan tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Asuransi Pendidikan untuk Anak, Penting atau Tidak?

3. Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi JKN

Ada kemudahan lainnya jika ingin mengecek tagihan BPJS Kesehatan yaitu lewat aplikasi yang bernama JKN. Tentunya, Moms dan Dads harus mengunduh aplikasi mobile JKN terlebih dulu di playstore bila pengguna android dan appstore bila pengguna apple.

Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan lewat aplikasi JKN yaitu pertama masuk ke akun mobile jkn yang Moms dan Dads. Jika belum memiliki akun maka registrasi dulu membuat akun.

Bila sudah berhasil, cara mengecek tagihan BPJS yaitu log in lalu klik menu Premi. Kemudian, rincian tagihan BPJS yang perlu dibayarkan pun akan muncul pada layar ponsel Moms atau Dads.

4. Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan melalui mitra perbankan

Cara mengecek tagihan bpjs kesehatan juga bisa melalui mitra perbankan BPJS Kesehatan yaitu bank BRI, BNI, dan Mandiri. Moms dan Dads dapat mengecek sekaligus membayar tagihan melalui ATM.

Jika Moms dan Dads dalam perjalanan dan menemukan atm terdekat, tentu cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan menjadi hal mudah dilakukan. Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan melalui mitra perbankan yaitu:

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin dan tekan tombol PIN sebanyak 6 digit
  2. Pilih menu 'Transaksi Lain', kemudian klik menu 'Pembayaran' dan lanjutkan pilih 'Lainnya'
  3. Pilih 'BPJS' dan klik menu 'BPJS Kesehatan'
  4. Setelah itu, input nomor peserta BPJS Kesehatan atau nomor virtual account yang diberikan saat melakukan registrasi akun.
  5. Validasi dengan pilih menu 'Benar' dan lakukan konfirmasi pembayaran jika besaran iuran yang tertera pada mesin ATM benar dengan pilih menu 'Ya'.

Tak hanya mengecek besaran tagihan, pengguna juga dapat menggunakan ATM sebagai media pembayaran iuran BPJS per bulannya.

Baca Juga: Begini Cara Cek dan Download Sertifikat Vaksin yang Jadi Syarat Perjalanan Selama PPKM Darurat, Catat!

5. Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan melalui channel lain

Moms dan Dads juga bisa mendapat informasi seputar jumlah tagihan iuran bpjs dengan datang langsong ke kantor bpjs atau melalui call center BPJS di nomor telepon 1500 400.

Selain itu, cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan juga bisa menggunakan layanan jemput bola BPJS Kesehatan yaitu mobile customer service, di mall pelayanan publik di beberapa wilayah tertentu.

Baca Juga: Begini Langkah Mengurus BPJS Kesehatan Bayi yang Belum Lahir, Sudah Tahu?

6. Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Chika dan Pandawa

BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan peserta di masa pandemi, di antaranya melalui pelayanan non tatap muka yang memanfaatkan media online seperti Whatsapp, Telegram dan Facebook.

Pelayanan non tatap muka yang saat ini bisa diakses oleh Moms dan Dads yaitu CHIKA dan PANDAWA, melalui dua layanan ini peserta bisa mendapatkan informasi seputar kepesertaan dan mendapat pelayanan administrasi.

CHIKA merupakan pelayanan informasi melalui obrolan (chatting) yang akan direspon oleh Artificial Intelligence. Lewat CHIKA, Moms dan Dads dapat memperoleh informasi kepesertaan dan tagihan iuran, prosedur pendaftaran peserta program JKN-KIS, dan perubahan data peserta JKN-KIS.

Sementara Pandawa adalah Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp yang merupakan inovasi yang dibuat sejak Oktober 2020, yakni Sebagai informasi, Pandawa telah diuji coba pada Juni 2020. Layanan ini resmi beroperasi pada Juli 2020 dan berjalan sampai saat ini.

Bagi Moms dan Dads yang ingin mendapatkan pelayanan administrasi melalui PANDAWA, peserta bisa mendapatkan pelayanan PANDAWA melalui CHIKA, dengan alur sebagai berikut:

Moms dan Dads dapat mengakses Layanan CHIKA melalui Chatting Whatsapp ke nomor 08118750400, Facebook Massenger BPJS Kesehatan, atau melalui Telegram ke (https://t.me/BPJSKes_bot).

Setelah CHIKA merespon, CHIKA akan menampilkan jenis pelayanan CHIKA dan kalian dapat memilih jenis layanan administrasi

Kemudian CHIKA akan menampilkan Jenis Layanan PANDAWA dan peserta dapat memilih 1 jenis layanan.

Setelah memilih 1 jenis layanan yang dibutuhkan, selanjutnya peserta memilih domisili provinsi dan kantor cabang sesuai dengan tempat tinggal peserta

Langkah terakhir, CHIKA akan memberikan form pelaporan yang wajib di isi oleh peserta dan mengirimkan form pelaporan ke nomor Whatsapp Kantor Cabang sesuai dengan wilayah daerah peserta tinggal (No Whatsapp sesuai dengan informasi yang diberikan CHIKA).

Moms dan Dads akan di hubungi oleh Petugas Admin PANDAWA Kantor Cabang untuk membantu proses administrasi sesuai kebutuhan peserta. Informasi lebih lanjut hubungi Care Center BPJS Kesehatan 1500 400.

Baca Juga: 9 Asuransi Ini Tawarkan Program Perlindungan COVID-19, Banyak Manfaatnya!

Sebagai informasi tidak ada denda keterlambatan pembayaran iuran terhitung mulai tanggal 1 Juli 2016. Denda dikenakan apabila dalam waktu 45 (empat puluh lima) hari sejak status kepesertaan diaktifkan kembali, peserta yang bersangkutan memperoleh pelayanan kesehatan rawat inap.

Berdasarkan Perpres No. 64 Tahun 2020, besaran denda pelayanan sebesar 5% (lima persen) dari biaya diagnosa awal pelayanan kesehatan rawat inap dikalikan dengan jumlah bulan tertunggak dengan ketentuan seperti jumlah bulan tertunggak paling banyak 12 bulan, besaran denda paling tinggi Rp30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah) dan bagi peserta dengan kategori pekerja penerima upah pembayaran denda pelayanan ditanggung oleh pemberi kerja.

Nah, Moms dan Dads mau pakai cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan yang mana?

  • https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait