Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
22 November 2020

6 Cara Mengecilkan Bibir Secara Instan. Ternyata Mudah!

Ternyata tak harus selalu lewat bedah plastik, lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Bibir tebal dan plumpy bak Kendall Jenner sempat jadi tren di kalangan para wanita. Banyak yang menganggap bibir tebal punya image seksi dan eksotis.

Namun, ternyata tak semua wanita pede dengan bentuk bibir yang tebal karena dianggap tak proporsional. Sehingga banyak dari mereka ingin mengupayakan agar bibir mereka terlihat lebih kecil.

Lalu, bagi Moms yang memiliki bibir tebal, mungkin ingin mencari tahu seperti apa cara mengecilkan bibir yang bisa dilakukan. Yuk, simak lebih lanjut berikut ini.

Baca Juga: 5 Resep DIY Scrub Bibir Alami untuk Cegah Bibir Kering, Ampuh!

Cara Mengecilkan Bibir Secara Permanen

Jangan Menjilat Bibir Kering! Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Foto: Orami Photo Stock

Sayangnya, cara mengecilkan bibir secara permanen mustahil dilakukan selain dengan prosedur bedah. Prosedur ini dikenal sebagai lip reduction surgery.

Operasi ini ditujukan untuk mengurangi volume bibir dengan mengangkat jaringan kulit dari bibir bawah, atas, atau keduanya. Tindakan tersebut dilakukan untuk mencapai bentuk yang proporsional pada keseluruhan area bibir.

Selayaknya operasi pada umumnya, prosedur bedah pada bibir juga memiliki risiko seperti infeksi, pendarahan, pembengkakan, maupun terbentuknya jaringan parut pada area bekas operasi.

Meski begitu, menurut jurnal Plastic and Reconstructive Surgery Global Open, cara mengecilkan bibir lewat operasi cenderung aman dilakukan.

Biasanya lip reduction surgery menggunakan bius total meski pada beberapa penanganan yang lebih ringan menggunakan bius lokal. Setelah pengaruh anastesi bekerja, barulah dokter akan membuat sayatan horizontal pada bagian dalam bibir.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir jaringan parut. Dokter kemudian akan menghilangkan lemak dan jaringan berlebih dari bibir agar volume bibir secara keseluruhan berkurang.

Terakhir, bekas sayatan pada bibir akan dijahit kembali. Proses ini tak memakan waktu lama, hanya sekitar 15-40 menit tergantung tingkat kesulitannya. Jahitan pun akan lepas dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Jika Moms berniat melakukan tindakan lip reduction, pastikan berkonsultasi pada penyedia layananan yang terpercaya dan memiliki izin praktik jelas. Dengan demikian, kejadian malpraktik dapat diminimalisir.

Baca Juga: Ini 5 Penyebab Bibir Hitam, Yuk Rawat Bibir Tetap Sehat!

Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami

Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meski tak ada cara mengecilkan bibir secara permanen tanpa operasi, namun cara mengecilkan bibir secara alami tetap dapat diupayakan meski efeknya tak akan berlangsung lama. Beberapa cara di bawah ini mungkin dapat Moms terapkan agar bibir nampak lebih kecil.

1. Ukuran Bibir Dapat Mengecil Seiring Proses Penuaan

Pada dasarnya, ukuran, bentuk, dan kekenyalan bibir sangat ditentukan oleh faktor genetik. Namun seiring berjalannya waktu ternyata bentuk bibir manusia dapat berubah dengan sendirinya walau tak drastis.

"Ukuran dan bentuk bibir ditentukan secara genetik, tetapi bibir kita semua cenderung semakin menipis seiring waktu," kata Dr. Jessica Wu, seorang dokter kulit dan asisten profesor klinis dermatologi di University of Southern California di Los Angeles, kepada Byrdie.

Selaras dengan Wu, Dr. Paul Jarrod Frank, dokter kulit dan Pendiri PFRANKMD & Skin Salon, setuju bahwa genetika memainkan peran terbesar dalam mengecilkan ukuran bibir.

Namun saat usia kita bertambah, produksi kolagen mulai mengalami penurunan dan berpotensi mengurangi kekenyalan bibir. Hal ini dapat membuat bibir kelihatan lebih tipis.

"Jika bibir Anda secara alami berukuran lebih kecil, Anda mungkin mulai memperhatikan perubahan ini di usia akhir 20-an dan 30-an. Saat itulah produksi kolagen dan asam hialuronat mulai melambat," lanjutnya.

2. Memilih dan Mengaplikasikan Lipstik dengan Tepat

Tampil Cantik saat Lebaran, Gunakan 4 Warna Lipstik Ini

Foto: Orami Photo Stock

Lipstik sepertinya menjadi salah satu produk makeup yang wajib dikenakan ketika berdandan. Karena riasan pada bibir bisa sangat memainkan peran dalam membentuk nuansa pada penampilan kita.

Seseorang bisa kelihatan seksi, glamour, segar, nampak lebih muda, hingga nampak dewasa hanya karena pemilihan lipstik. Cara aplikasinya pun bisa menentukan kesan pada bibir, termasuk cara mengecilkan bibir agar nampak lebih tipis dengan beberapa tips berikut ini:

  • Pilih warna lipstik yang sesuai

Ini merupakan cara mengecilkan bibir secara alami yang sangat berpengaruh. Baiknya gunakan warna lisptik yang lebih gelap untuk memunculkan kesan lebih kecil pada bibir.

Namun hindari warna-warna mencolok untuk digunakan sehari-hari. Pilih warna-warna natural seperti coral dengan shade yang sedikit lebih gelap. Hindari juga warna yang terlalu terang atau warna-warna nude yang akan membuat bibir nampak lebih penuh.

  • Pilih lipstik berjenis matte daripada glossy

Kesan berkilau yang dimiliki lisptik bertipe glossy dapat menyerap dan memantulkan cahaya sehingga membuat bibir terlihat seolah lebih besar. Karena itulah penggunaan matte lipstick atau lipcream lebih disarankan sebagai salah satu caa mengecilkan bibir.

  • Hindari memakai lip gloss

Seperti di poin sebelumnya, efek ilusi yang ditimbulkan lip gloss akan membuat bibir terlihat lebih besar. Namun jika Moms tetap ingin mengenakannya, aplikasikan lip gloss pada bagian tengah bibir saja.

  • Aplikasikan teknik gradient lips

Gradient lips atau ombre lips sempat menjadi tren makeup terutama di Korea Selatan, yakni menggunakan teknik gradasi warna pada bibir. Sehingga bagian tengah bibir berwarna lebih gelap dan nampak bertahap lebih terang ke area tepi bibir.

Ada beberapa cara untuk membuat ombre lips. Di antaranya menggunakan dua warna lipstik yang berbeda, menggunakan concealer dan lipstik, menggunakan lipstik dan lip tint, hingga menggunakan lip liner dan lipstik.

Moms hanya perlu mencari tahu mana teknik yang sesuai dengan warna dan bentuk bibir Moms.

Baca Juga: 3 Warna Lipstik yang Tepat untuk Kulit Sawo Matang

3. Mengaplikasikan Teknik Makeup Khusus di Bagian Bibir

Trik makeup juga dapat merupakan salah satu cara mengecilkan bibir secara instan. Caranya pun cukup sederhana, Moms bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Gunakan primer

Mengaplikasikan primer pada bibir tidak hanya membantu lip liner dan lipstik Moms bertahan lebih lama. Hal ini juga akan membuat riasan bibir nampak lebih merata.

  • Samarkan garis bibir dengan concealer

Karena tujuan kita adalah mencipatakan garis bibir yang baru, maka garis bbir asli harus terlebih dahulu disamarkan. Gunakan concealer yang sesuai dengan warna kulit. Oleskan pada tepian bibir lalu ratakan menggunakan kuas atau beauty blender.

  • Aplikasikan lip liner

Lip liner berfungsi menentukan seberapa besar atau kecil kesan bibir yang kita inginkan. Namun jangan terlalu banyak mereduksi volume bibir, karena hasilnya akan terlihat tidak natural.

Cukup aplikasikan lip liner tepat di dalam garis bibir. Pilih lip liner yang senada dengan warna lipstik atau senada dengan warna kulit.

  • Gunakan lipstik

Langkah terakhir, gunakan lipstik untuk memenuhi "bingkai" yang sudah Moms buat menggunakan lip liner. Jangan lupa perhatikn tips memilih lipstik yang tepat agar bibir kelihatan lebih kecil.

4. Melakukan Scrub Bibir

5 Lip Scrub dari Bahan Alami untuk Cegah Bibir Kering Saat Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Meski cara mengecilkan bibir dengan makeup bisa dilakukan, namun menjaga kesehatan alami bibir merupakan prioritas paling utama. Bibir yang kotor akibat tumpukan kulit mati yang jarang dibersihkan akan membuat bbir terlihat semakin tebal.

Kerutan pada kulit bibir juga dapat mengurangi keindahan alami bibir sekalipun telah tertutup makeup. Untuk itu, Moms perlu setidaknya satu kali seminggu melakukan scrub bibir agar terjaga kelembapannya.

Moms bisa menggunakan produk scrubbing khusus bibir atau dapat juga membuatnya sendiri dengan bahan sederhana. Yakni dengan campuran gula pasir dan madu, air lemon, atau lip butter. Moms bisa pilih salah satunya sesuai dengan apa yang tersedia di rumah.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Hamil

5. Minum Air yang Cukup Agar Kulit Terhidrasi dengan Baik

Selain scrubbing, cara mengecilkan bibir lainnya yang bisa diupayakan adalah memastikan asupan cairan yang cukup karena ini juga memengaruhi kesehatan kulit. Kondisi kurangnya cairan atau dehidrasi dapat memicu kulit kering, termasuk juga bibir pecah-pecah.

Bibir pecah-pecah juga menyebabkan makeup tidak dapat menempel dengan baik dan hasilnya justru nampak tak natural. Karena itu, pastikan Moms mengonsumsi cukup air, setidaknya dua liter sehari.

Selain itu, Moms bisa juga mengenakan lip balm berbahan dasar minyak untuk mengurangi risiko iritasi pada area bibir sekaligus menambah kelembapan bibir. Contohnya seperti lip balm yang terbuat dari minyak zaitun atau shea butter.

6. Melakukan Senam Bibir

Manfaat Tersenyum untuk Kesehatan-6.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa gerakan sederhana pada bibir atau yang dikenal dengan senam bibir banyak dipercaya mampu menipiskan bibir secara alami. Haslinya akan mulai nampak jika dilakukan secara teratur.

Sejumlah orang yang mencoba melakukan senam bibir selama lebih dari dua bulan mengaku melihat perubahan ukuran pada bibir mereka walaupun tak signifikan.

Beberapa teori mengatakan jika senam bibir dapat melatih otot di sekitar bibir sehingga bentuk bibir dapat berubah secara natural.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikan efektifitas cara mengecilkan bibir dengan senam bibir. Namun tak ada ruginya juga bila dicoba.

Itu dia Moms, ragam cara mengecilkan bibir yang permanen dan alami yang bisa dilakukan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait