Kesehatan

10 Maret 2021

Perut Buncit? Simak 13 Cara Mengecilkan Perut Berikut Ini!

Perut buncit tidak hanya mengganggu, tetapi juga indikator adanya masalah kesehatan, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Adeline Wahyu

Perut buncit adalah salah satu masalah yang sulit diatasi oleh sebagian besar Moms dan Dads.

Selain menimbulkan kesan tidak sehat, perut buncit juga dirasa tidak enak dilihat.

Bagi Moms dan Dads yang ingin mengetahui cara mengecilkan perut, inilah beberapa caranya.

Cara Mengecilkan Perut

Lemak perut atau visceral fat adalah jenis lemak yang terletak jauh di dalam tubuh. Letaknya berada di usus, hati dan perut.

Penumpukan lemak di perut dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dari berbagai hal, baik itu kesehatan sampai dengan penampilan.

Penumpukan lemak di perut jika dibiarkan dapat berkembang menjadi masalah kesehatan. Lemak di perut merupakan salah satu penyebab utama penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan lainnya.

Banyak organisasi kesehatan mengacu pada indeks massa tubuh (BMI) untuk mengklasifikasikan berat badan dan memprediksi risiko penyakit metabolik. Namun, ternyata hal ini kurang tepat.

Mengutip dari jurnal yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, menyebutkan bahwa orang dengan lemak perut berlebih juga berisiko tinggi bahkan walau mereka terlihat kurus.

Moms dan Dads dapat mengetahui berapa banyak lemak perut yang dimiliki dengan cara melakukan pengukuran pada pinggang. Jika melebihi ukuran pinggang yang dianjurkan, ada baiknya Moms dan Dads mengecilkan ukuran perut ini.

Gunakan pita pengukur badan untuk mengukur lingkaran perut Moms dan Dads. Batas ukuran pinggang dan perut yang sehat untuk Moms adalah tidak melebihi 88,9 cm, dan ukuran pinggang Dads tidak melebihi 101,6 cm.

Jika Moms dan Dads merasa ukuran perut melebihi ukuran normal dan ingin mencoba cara mengecilkan perut, berikut ini tips yang bisa Moms dan Dads lakukan di rumah.

Baca Juga: Siapa Sangka, 5 Kebiasaan Pagi Ini Bisa Membantu Mengecilkan Perut Buncit Lho

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Bagi sebagian orang perut buncit dapat menimbulkan ketidaknyamanan, mulai dari celana terasa sempit dan badan terasa berat.

Selain itu, perut buncit juga dapat menjadi salah satu indikator ada masalah dengan gaya hidup atau kesehatan.

Berikut ini cara mengecilkan perut buncit agar Moms dan Dads dapat selalu terlihat prima.

1. Mengonsumsi Banyak Serat Larut

Konsumsi serat larut mengecilkan perut

Foto: Unsplash.com

Salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah dengan banyak mengonsumsi serat larut.

Serat larut dapat menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan.

Sebuah studi menunjukkan bahwa jenis serat ini dapat mendorong penurunan berat badan secara alami dengan membantu menahan rasa lapar dan membuat merasa kenyang lebih lama.

Dalam studi lainnya, ditemukan dari lebih dari 1.100 orang dewasa bahwa setiap 10 gram peningkatan asupan serat larut, dapat menurunkan lemak perut sebesar 3,7% selama periode 5 tahun.

Beberapa sumber serat larut yang dapat dikonsumsi untuk cara mengecilkan perut adalah oats, wortel, brokoli, buah pir, alpukat, jambu, kacang merah, dan ubi jalar.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Cara mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak trans.

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak jenuh yang ditemukan pada daging sapi atau kambing, yoghurt, susu, margarin, selai, dan beberapa produk turunan susu lainnya.

Lemak trans merupakan lemak yang diduga kuat sebagai faktor penyebab penyakit jantung, peradangan, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut berdasarkan penelitian pada hewan.

Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatan Moms dan Dads, ada baiknya untuk membaca label bahan makanan dengan hati-hati sebelum mengonsumsinya. Hindari produk yang mengandung lemak trans.

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein

Makan protein membantu mengecilkan perut

Foto: Unsplash.com

Jika Moms dan Dads ingin mencoba cara mengecilkan perut buncit, konsumsilah makanan yang tinggi akan protein.

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan dalam pengelolaan berat badan karena asupan protein tinggi dapat membantu menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Protein juga membantu meningkatkan laju metabolisme dan membantu mempertahankan massa otot selama masa penurunan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi protein cenderung memiliki lemak perut yang sedikit dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan rendah protein.

Makanan-makanan yang tinggi protein adalah daging, ikan, telur, serta produk yang mengandung susu.

Baca Juga: Perut Terasa Keras, Tanda Hamil atau Sekadar Buncit?

4. Mengonsumsi Ikan Setiap Minggu

Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan lemak omega-3 berkualitas tinggi dapat melindungi badan dari berbagai penyakit dan digunakan sebagai cara mengecilkan perut. Banyak bukti juga bahwa lemak omega-3 dapat membantu mengurangi lemak perut.

Sebaiknya konsumsi ikan yang mengandung lemak omega 3 paling tidak 2-3 kali seminggu.

Beberapa jenis ikan yang mengandung lemak omega-3 adalah ikan salmon, sarden, dan ikan kembung.

5. Minum Teh Hijau

Minum teh hijau membantu mengecilkan perut

Foto: Unsplash.com

Jika ingin mencobat cara mengecilkan perut buncit, selanjutnya adalah dengan minum teh hijau secara teratur. Teh hijau adalah minuman yang sangat menyehatkan.

Teh hijau mengandung kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. EGCG adalah sejenis antioksidan alami yang menurut beberapa penelitian dapat membantu menghilangkan lemak perut.

Efeknya akan semakin terasa jika mengonsumsi teh hijau dibarengi dengan olahraga secara teratur.

Baca Juga: 7 Penyebab Perut Buncit Pria yang Sering Diabaikan

Cara Mengecilkan Perut Dengan Olahraga

Selain mengatur pola makan dan memilih mana yang harus dikonsumsi sebagai cara mengecilkan perut, olahraga tentu menjadi hal yang tidak boleh terlewat.

Dengan menambahkan olahraga ke dalam rutinitas harian Moms dan Dads, dijamin usaha Moms dan Dads untuk mengecilkan perut akan berhasil.

Berikut ini cara mengecilkan perut dengan olahraga yang bisa dipraktekkan di rumah.

6. Melakukan Aerobik

Rutin aerobik membantu mengecilkan perut

Foto: Freepik.com

Cara mengecilkan perut dengan olahraga yang telah terbukti efektif oleh beberapa penelitian adalah dengan melakukan aerobik. Aerobik juga efektif untuk meningkatkan kesehatan dan membakar kalori.

Frekuensi dan durasi aerobik Moms dan Dads sangatlah penting dibandingkan dengan intensitasnya.

Studi lain membuktikan bahwa wanita pasca menopause kehilangan banyak lemak dari semua area saat mereka melakukan latihan aerobik selama 300 menit per minggu dibandingkan dengan mereka yang berolahraga selama 150 menit per minggu.

7. Melakukan Olahraga Angkat Beban

Cara mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga angkat beban. Olahraga ini penting untuk menjaga dan menambah massa otot.

Latihan ketahanan, juga dikenal sebagai angkat beban atau latihan kekuatan, penting untuk menjaga dan menambah massa otot.

Faktanya, penelitian yang melibatkan remaja dengan kelebihan berat badan menunjukan bahwa kombinasi antara olahraga angkat beban dengan latihan aerobik dapat menurunkan lemak perut.

Jika Moms dan Dads ingin memulai olahraga angkat beban, sebaiknya Moms dan Dads konsultasikan dulu dengan ahlinya untuk menghindari cedera.

8. Melakukan Latihan Kardio

Kardio membantu menurunkan berat badan

Foto: Freepik.com

Jika Moms dan Dads masih belum terbiasa melakukan latihan berat, maka melakukan olahraga kardio adalah jalan yang tepat salah satu cara mengecilkan perut.

Beberapa pilihan olahraga kardio yang efektif untuk mengecilkan perut antara lain adalah jogging dan berenang.

Memulai olahraga dengan ringan seperti jogging dan berenang dapat membantu menurunkan lemak perut. Alasannya, pembakaran lemak perut dimulai dengan membakar lapisan lemak yang mengelilingi perut dalam terlebih dahulu.

Jika Moms dan Dads langsung memulai dengan olahraga berat seperti angkat beban, otot perut memang akan terbentuk, tetapi sayangnya tidak akan terlihat karena terhalangi oleh lapisan lemak yang ada di perut.

9. Bersepeda

Bersepeda tidak hanya untuk tren saja, banyak manfaat yang bisa diambil jika bersepeda dilakukan dengan benar.

Salah satu manfaat bersepeda adalah dapat digunakan sebagai cara mengecilkan perut dan menghilangkan lemak perut.

Bersepeda adalah salah satu latihan kardio yang dapat mengecilkan perut. Tergantung pada kecepatan dan intensitas, rata-rata orang dapat membakar antara 250 hingga 500 kalori selama 30 menit bersepeda.

Baca Juga: Perut Balita Buncit, Apakah Itu Masalah Serius?

Cara Mengecilkan Perut Dengan Cepat

Perut buncit tidak kunjung mengecil padahal Moms dan Dads memiliki target khusus?

Tenang saja, coba beberapa tips berikut agar Moms dan Dads dapat mengecilkan perut dengan cepat. Simak caranya, ya!

10. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Kurangi asupan karbohidrat

Foto: Freepik.com

Cara mengecilkan perut dengan cepat yang pertama adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline, melakukan diet rendah karbohidrat adalah salah satu cara mengecilkan perut dengan cepat. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian. Ketika orang mengurangi karbohidrat, nafsu makan mereka turun sehingga berefek pada penurunan berat badan.

Lebih dari 20 studi terkontrol secara acak telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan penurunan berat badan 2-3 kali lebih banyak daripada diet rendah lemak.

Dalam studi lain yang membandingkan diet rendah karbohidrat dan rendah lemak, menunjukkan diet rendah karbohidrat secara khusus mengurangi lemak di perut dan di sekitar organ dan hati.

Artinya, sebagian lemak yang hilang pada diet rendah karbohidrat merupakan lemak perut yang berbahaya. Beberapa karbohidrat olahan yang perlu dikurangi antara lain adalah gula dan roti.

11. Hindari Minuman dan Makanan Manis

Mengonsumsi makanan dan minuman manis yang mengandung fruktosa cair dapat membuat perut membuncit.

Studi menunjukkan bahwa minuman manis menyebabkan peningkatan lemak di hati, dan studi lainnya menemukan adanya peningkatan lemak perut yang signifikan pada orang yang mengonsumsi makanan dan minuman dengan fruktosa tinggi.

Sebagai salah satu cara mengecilkan perut dengan cepat, konsumsilah buah-buahan sebagai sumber gula alami dan batasi asupan gula tambahan yang biasanya datang dari makan dan minuman cepat saji.

12. Istirahat Yang Cukup

Tidur cukup agar perut mengecil

Foto: Unsplash.com

Mengatur waktu istirahat yang cukup juga menjadi cara mengecilkan perut dengan cepat. Tidur sangat penting dalam berbagai aspek kesehatan, termasuk berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak cukup tidur cenderung mengalami kenaikan berat badan, termasuk penumpukan lemak perut.

13. Meminum Cuka Apel

Meminum cuka apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk cara mengecilkan perut dengan cepat.

Menurut penelitian yang dikutip dari Harvard Health Publishing, meneliti 175 orang yang mengonsumsi minuman yang mengandung 0, 1, atau 2 sendok makan cuka apel setiap hari. Setelah 3 bulan, mereka yang mengonsumsi cuka mengalami penurunan berat badan sedang (1-2 kg) dengan kadar trigliserida lebih rendah daripada mereka yang tidak minum cuka apel.

Asam asetat yang terkandung pada cuka apel juga telah terbukti mengurangi penyimpanan lemak perut dalam beberapa penelitian pada hewan.

Mengonsumsi 1–2 sendok makan (15–30 ml) cuka apel per hari cukup aman secara umum dan dapat membantu penurunan lemak.

Namun, sebaiknya Moms dan Dads tidak meminum cuka apel secara langsung, karena asam yang terkandung pada cuka apel dapat merusak enamel gigi.

Moms dan Dads dapat mencampur cuka apel dengan air hangat atau menambahkannya dalam teh untuk diminum secara rutin.

Baca Juga: 8 Kiat Menghilangkan Perut Buncit Pada Wanita

Pada dasarnya gaya hidup sehat dengan pola makan yang baik akan menghindari Moms dan Dads dari perut buncit dan berat badan berlebih. Coba pelan-pelan, yuk!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait