Kesehatan

7 September 2021

3+ Cara Mengeluarkan Kapas dari Telinga, Berbahaya Jika Dilakukan Sembarangan!

Lakukan dengan tenang dan jangan terburu-buru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat telinga gatal langkah yang sering ditempuh Moms dan Dads adalah mencari kapas. Tapi, terjadi hal yang tak diinginkan yaitu kapas tertinggal di dalam telinga. Lalu, bagaimana cara mengeluarkan kapas dari telinga?

Telinga sebenarnya memiliki sistem pembersihan sendiri. Dilansir dari UNC Health, banyak orang yang memiliki kesalahpahaman bahwa kotoran telinga adalah masalah kebersihan, tetapi kotoran telinga itu ajaib.

“Kotoran telinga dikeluarkan dari kelenjar di kulit, melumasi telinga, dan seperti ban berjalan, lilin menangkap kotoran dan bakteri dari pintu masuk saluran telinga Anda dan meluncur keluar dengan sendirinya,” terang dr. Johnson.

Cara Mengeluarkan Kapas dari Telinga

Ilustrasi membersihkan telinga dari cotton buds

Foto: Orami Photo Stock

Ujung atau sepotong kapas dari cotton buds dapat tersangkut di saluran telinga jika digunakan untuk mencoba membersihkan saluran telinga atau mengeluarkan benda lain. Berikut ini cara mengeluarkan kapas dari telinga:

1. Menggunakan Air

Cara mengeluarkan kapas dari telinga dengan air juga bisa membantu. Namun, pilihlah air hangat. Pertama gunakanlah alat pembersih telinga yang berbentuk seperti suntikan dan terbuat dari karet guna meneteskan air hangat di lubang telinga yang tersumbat kapas dari cotton bud.

Lalu, hindari terlalu banyak meneteskan cairan saat memilih cara mengeluarkan kapas dari telinga dengan air ataupun memasukkan alat pembersih telinga terlalu dalam sehingga mendorong kembali kapas masuk lebih dalam.

Namun, perlu diingat cara mengeluarkan kapas dari telinga dengan air ini boleh dilakukan asalkan diketahui tidak ada tanda-tanda iritasi atau robeknya gendang telinga karena jika iya maka Moms atau Dads harus segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga:Cara Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi

2. Memiringkan Kepala

Salah satu cara efektif mengeluarkan benda asing dari telinga termasuk kapas pembersih adalah dengan memanfaatkan gravitasi. Dilansir dari US National Library of Medicine, coba miringkan kepala Moms atau Dads ke sisi telinga yang tersumbat sebagai cara mengeluarkan kapas dari telinga secara alami hingga mengarah ke lantai selama beberapa saat.

Perlu diingat untuk menghindari memukul kepala dengan keras dari sisi telinga yang berlawanan untuk membuat benda yang menyangkut keluar. Sebaiknya, goyang-goyangkan kepala secara perlahan sebagai cara mengeluarkan kapas dari telinga secara alami.

Baca Juga: Panduan Cara Membersihkan Telinga Bayi

3. Memasukkan Cairan Pelunak Kotoran

Cara mengeluarkan kapas dari telinga secara alami lainnya yaitu jika kapas tidak kunjung keluar maka teteskan sedikit cairan pelunak kotoran telinga atau minyak, seperti baby oil dan minyak zaitun.

Cara ini diterapkan dengan harapan bisa mengeluarkan kapas dari telinga untuk melicinkan permukaan cotton bud sehingga membantu melonggarkan sumbatan.

Ada baiknya sebelum melakukan cara ini dengan memiringkan kepala dan menggoyangkannya. Sehingga, cotton bud yang tersangkut di telinga lebih mudah dikeluarkan dengan cara terdorong itu.

Namun, ingatlah pastikan Moms atau Dads tidak berlebihan saat meneteskan cairan pelunak atau minyak zaitun karena bisa memperparah sumbatan di dalam telinga.

Baca Juga: Kotoran Telinga Pada Bayi, Perlukah Dibersihkan?

4. Gunakan Alat Pencabut

Saat Moms atau Dads menyadari kapas dari pembersih tertahan di dalam telinga, maka pastikan untuk tidak panic dan banyak bergerak sehingga membaut kapas tidak masuk lebih dalam. Lalu, perhatikan kondisi dari kapas di telinga, apakah benar-benar masuk ke dalam telinga atau menyangkut sebagian.

Perhatikan jika kapas pembersih tak sepenuhnya masuk dan ujungnya masih mencuat di telinga luar, maka Moms atau Dads bisa secara perlahan mencabutnya dengan pinset. Namun, jangan sembarangan mencoba cara mengeluarkan cotton bud dengan pinset, kayu, jari, kayu tipis, atau benda lainnya jika cotton bud tidak terlihat dari lubang telinga luar. Pada kondisi ini, memasukkan benda lain ke dalam telinga justru dapat mendorong cotton bud semakin masuk ke dalam telinga sehingga justru sulit untuk dikeluarkan.

Menurut Mayo Clinic, perlu diketahui beberapa orang bisa melakukan cara mengeluarkan kapas dari telinga di rumah. Namun, saluran telinga dan gendang telinga sangatlah halus, sehingga amannya Moms dan Dads untuk mengunjungi dokter untuk menghilangkan kotoran telinga.

Moms dan Dads juga harus menemui dokter jika mereka mengalami pendarahan atau drainase dari telinga atau mengalami rasa sakit yang signifikan, karena masalah lain mungkin menyebabkan gejalanya.

  • https://www.healthyhearing.com/report/47773-Swab-hearing-loss
  • https://www.practo.com/consult/cotton-left-in-ear-actually-today-i-clean-my-ear-but-unfortunately-some-cotton-left-in-my-ear-how-can-i-remove-the/q
  • https://onedeepzero.github.io/
  • https://www.webmd.com/first-aid/foreign-body-ear-treatment
  • https://www.cedars-sinai.org/blog/is-it-really-dangerous-to-clean-my-ears-with-cotton-swabs.html
  • https://hearingaidreno.com/foolproof-techniques-for-removing-water-from-your-ears/
  • https://www.cigna.com/individuals-families/health-wellness/hw/medical-topics/objects-in-the-ear-obear#:~:text=To%20remove%20an%20object%20from,object%20with%20blunt%2Dended%20tweezers.
  • https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056709
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/319421
  • https://www.healthline.com/health/how-to-clean-your-ears#_noHeaderPrefixedContent
  • https://healthtalk.unchealthcare.org/put-the-cotton-swab-down-clean-your-ears-safely/
  • https://www.noisyplanet.nidcd.nih.gov/have-you-heard/cotton-swabs-ears
  • https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056709
  • https://www.cigna.com/individuals-families/health-wellness/hw/medical-topics/objects-in-the-ear-obear
  • https://www.emedicinehealth.com/foreign_body_ear/article_em.htm
  • https://www.healthyhearing.com/report/47773-Swab-hearing-loss
  • https://www.minnpost.com/second-opinion/2019/03/cautionary-tale-cotton-swab-stuck-in-ear-leads-to-skull-infection/
  • https://medlineplus.gov/ency/article/000052.htm
  • https://www.drugs.com/health-guide/wax-blockage-of-the-ear-canal.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait