Kesehatan

KESEHATAN
22 Maret 2021

Jangan Dilakukan Sembarangan, Ini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga!

Meskipun jarang terjadi, tetapi bukan berarti Moms tidak perlu tahu caranya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Bagi banyak orang, memikirkan tentang semut yang merayap di telinga tentu saja sangat menakutkan. Moms mungkin juga ingin mencari tahu cara mengeluarkan semut dari telinga. 

Meskipun tidak terlalu umum, semut dapat masuk ke telinga dan bahkan menetap di sana selama beberapa waktu lalu dan menyebabkan gatal. Akhirnya, mengeluarkan semut dari telinga ini menjadi tugas yang sulit.

Ada beberapa cara mengeluarkan semut dari telinga yang berbeda. Biasanya, semut ini merangkak saat seseorang tidur di malam hari atau terbang saat siang hari atau masuk ke telinga saat bermain serta tidur di outdoor.

Jika semut masuk ke telinga, dia mungkin langsung mati. Namun, ada juga kemungkinan semut itu akan tetap hidup dan terus bergerak sehingga memang harus dipikirkan bagaimana cara mengeluarkan semut dari telinga ini.

Dalam banyak kasus, semut di telinga tidak akan menyebabkan masalah berarti. Akan tetapi, terkadang masalah di telinga dapat menyebabkan komplikasi.

Terlepas dari bahayanya, kebanyakan orang ingin mengeluarkan semut dari telinga mereka secepat mungkin. Jadi, bagaimana mengatasi atau cara mengeluarkan semut dari telinga yang benar?

Baca Juga: 5 Cara Untuk Menghilangkan Bekas Gigitan Serangga yang Menghitam di Kulit Balita

Cara Mengetahuinya Ada Semut dalam Telinga

Cara Mengeluarkan Semut Dari Telinga.jpeg

Foto: Pestbugs.org

Sebelum mengetahui seperti apa cara mengeluarkan semut dari telinga, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu apakah benar-benar ada semut dalam telinga.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin tidak memerhatikan semut memasuki telinga dan mungkin hanya mengalami gejala di kemudian hari. Gejala semut masuk ke telinga yang paling umum adalah rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Dikutip dari Medical News Today, telinga luar dan sisi luar gendang telinga memiliki beberapa saraf kranial yang menyampaikan informasi ke otak.

Benda asing, seperti serangga atau semut yang masuk tentu saja dapat mengiritasi saraf tersebut.

Seseorang harus mengetahui apakah benar ada semut yang masuk di telinganya atau tidak, agar bisa menentukan langkah atau cara mengeluarkan semut dari telinga tersebut.

Semut dan serangga yang masuk ke telinga tersebut mungkin masih hidup serta mungkin merangkak dan berdengung. Kondisi ini dapat menimbulkan sensasi aneh jika proses mengeluarkan semut dari telinga tidak dilakukan.

Kondisi yang dirasakan telinga sangat bergantung pada jenis semut atau serangga yang masuk. Semut juga dapat menggigit atau menyengat berulang kali saat masih terperangkap di telinga dan tentunya ini bisa sangat menyakitkan.

Meskipun orang dewasa dapat dengan mudah mengenali semut yang masuk ke telinga dengan dengungan dan gerakannya, tetapi sebaliknya bagi anak kecil.

Jika Moms melihat anak kecil menggosok atau menggaruk salah satu telinganya, ini mungkin tanda adanya serangga di dalam liang telinga.

Gejala lain saat semut masuk ke telinga atau proses mengeluarkan semut dari telinga belum dilakukan, yaitu: 

Baca Juga: Gangguan Pendengaran dan Efeknya untuk Kesehatan Otak, Begini Penjelasannya

Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

Mengeluarkan semut dari telinga.png

Foto: signia-hearing.ca

Setelah mengetahui adanya semut dalam telinga, penting untuk tetap tenang saat mencoba melakukan cara mengeluarkan semut dari telinga, baik itu dari telinga orang lain atau telinga Moms sendiri.

Perlu Moms ingat bahwa meskipun ada serangga yang mengganggu di telinga, menjadi cemas hanya akan membuat situasi menjadi lebih sulit.

Untuk cara mengeluarkan semut dari telinga, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Miringkan Kepala

Pertama, cara mengeluarkan semut dari telinga adalah dengan memiringkan kepala ke sisi yang terkena dan goyangkan kepala dengan lembut untuk mengusir semut.

Jangan memukul telinga karena ini dapat menyebabkan masalah lainnya yang akan membuat lebih parah.

2. Perhatikan Kondisi Semut di Dalam Telinga

Selain itu, cara mengeluarkan semut dari telinga adalah dengan memerhatikan kondisi semut tersebut di dalam telinga. Jika semut masih hidup, coba tuangkan sedikit minyak sayur ke telinga untuk membuatnya mati lemas.

Jika semut sudah mati, coba bilas keluar dari telinga menggunakan air hangat.

3. Hindari Penggunaan Alat

Dalam melakukan langkah ini, hindari menempelkan pinset, cotton bud, atau benda lain ke dalam telinga dalam proses cara mengeluarkan semut dari telinga.

Hal ini dapat mendorong semut pergi lebih jauh ke gendang telinga dan berpotensi menyebabkan cedera dan gangguan pendengaran.

Sebaiknya, cara mengeluarkan semut dari telinga bisa dengan menggunakan alat suntik telinga bola karet dan air hangat untuk mengairi benda keluar dari saluran.

Ini boleh dilakukan asalkan tidak ada tabung telinga yang terpasang dan tidak ada dugaan gendang telinga berlubang.

4. Jika Memiliki Kondisi Tertentu pada Telinga

Jika semut atau kuman penyakit berada di telinga anak dengan riwayat masalah telinga, termasuk infeksi yang sering terjadi, tabung timpanostomi, atau gendang telinga berlubang, maka cara mengeluarkan semut dari telinga anak yang terbaik adalah menemui dokter sesegera mungkin.

Hal ini lebih baik daripada mencoba cara menghilangkan semut dari telinga secara mandiri atau melakukannya di rumah tanpa keahlian.

Untuk siapapun, jangan lakukan cara mengeluarkan semut dari telinga secara mandiri bila tidak memiliki keahlian atau ragu.

Sebuah penelitian dalam Ear, Nose & Throat Journal menyebutkan bahwa berbagai komplikasi lebih mungkin terjadi ketika orang yang tidak terlatih mencoba mengeluarkan sesuatu dari telinga mereka, termasuk mencoba cara mengeluarkan semut dari telinga.

Komplikasi yang mungkin terjadi misalnya luka dan memar pada saluran telinga luar serta gendang telinga pecah.

Baca: Jangan Anggap Sepele Sakit Telinga pada Anak, Ini Cara Mengatasinya

Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga yang Aman atau Bantuan Dokter

Cara Mengeluarkan Semut Dari Telinga.jpeg

Foto: healthbeat.spectrumhealth.org

Jika tidak memungkinkan untuk melakukan cara mengeluarkan semut dari telinga di rumah, penting untuk menemui dokter sesegera mungkin untuk mencegah komplikasi.

Semut yang tertinggal di telinga dapat terus menyengat atau menggaruk, sehingga dapat menyebabkan peradangan atau robeknya gendang telinga atau infeksi yang berisiko.

Seorang dokter dapat menghilangkan semut dan serangga lainnya dari telinga dengan aman. Biasanya, ini dilakukan oleh dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau seseorang yang bekerja di ruang gawat darurat

Mereka akan mengeluarkan semut dari telinga sesuai dengan cara yang profesional.

  1. Dokter THT akan menggunakan sesuatu yang disebut otoskop untuk mengintip ke dalam telinga dan menentukan apakah itu memang semut atau benda asing.
  2. Jika semut atau serangga masih hidup, mereka biasanya akan membunuhnya menggunakan mineral atau minyak zaitun sebelum mengeluarkannya dari telinga dengan air steril. Jika sulit untuk dibilas, dokter mungkin mencoba meraihnya dengan penjepit kecil.
  3. Dokter juga mungkin menggunakan penjepit atau penjepit yang dimodifikasi untuk mengambil semut dan mengeluarkannya dari telinga. Sebagai alternatif, mereka dapat menggunakan alat hisap lembut atau menyiram saluran telinga dengan air hangat dan kateter. Anak-anak mungkin perlu dibius selama proses ini.
  4. Seseorang jarang membutuhkan apapun selain anestesi lokal untuk membuatnya tetap diam dan tenang sementara dokter menghilangkan binatang tersebut.
  5. Dalam jurnal International Archives of Otorhinolaryngology yang mengamati secara khusus orang-orang dengan benda asing di telinga, hanya 13,6 % yang membutuhkan anestesi umum untuk prosedur pengangkatan.
  6. Dalam 86,4 % kasus, dokter mengeluarkan benda asing menggunakan tang, alat penghisap, probe, kait halus, atau alat suntik telinga, dengan atau tanpa anestesi lokal.

Nyeri dan gejala lain biasanya mereda dengan cepat setelah pengangkatan hewan. Jika ada sengatan atau goresan yang menyebabkan peradangan, perlu waktu beberapa hari untuk meredakan pembengkakan.

Dalam beberapa kasus, pengobatan antibiotik mungkin diperlukan untuk mencegah infeksi.

Baca Juga: Waspada Telinga Bengkak dan Sakit Bisa Jadi Karena Hal Ini!

Komplikasi dan Pencegahannya

telinga merah1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Komplikasi paling umum dari semut yang masuk ke telinga adalah pecahnya selaput timpani atau gendang telinga.

Jika serangga menggigit atau menggaruk gendang telinga, kemungkinan trauma pada telinga ini memengaruhi gendang telinga.

Jika ini terjadi, orang yang telinganya dimasuki semut akan merasakan sakit dan biasanya melihat keluarnya cairan darah dari gendang telinga.

Tidak hanya itu, seseorang juga mungkin tidak bisa mendengar karena semut di telinga tersebut.

Sayangnya, hal ini dapat terjadi meskipun dokter dapat mengeluarkan semut dari telinga beberapa saat setelah masuk ke telinga.

Perlu Moms ketahui  bahwa jika semut tidak disingkirkan sepenuhnya, kemungkinan infeksi telinga juga bisa terjadi.

Meskipun tidak ada cara yang sangat mudah untuk mencegah semut memasuki telinga, seseorang dapat menjaga rumah atau kamar tidur dan area tidur lainnya tetap bersih untuk menghindari semut masuk ke area tersebut.

Jangan lupa juga saat berkemah, gunakan pengusir serangga atau semut dan menutup tenda sepenuhnya. Ini dapat membantu mencegah serangga atau semut memasuki telinga.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai cara mengeluarkan semut dari telinga. Sebaiknya, tetap konsultasikan ke dokter THT untuk dilakukan pengeluaran semut pada telinga yang tepat, ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait