Fashion & Beauty

5 Oktober 2021

6 Cara Mengetahui Warna Kulit Asli Kita, Sudah Pernah Coba?

Warna nadi bisa jadi patokan, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Karinta Ariani
Disunting oleh Karla Farhana

Pernahkah Moms memperhatikan kalau kulit di beberapa bagian tubuh bisa lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya? Namun, tak perlu khawatir karena jika tahu cara mengetahui warna kulit asli kita.

Moms bisa menilai termasuk ke dalam kategori kulit terang atau gelap.

Ini tentunya berguna bila Moms ingin membeli make up, seperti alas bedak (foundation), bedak, perias mata (eye shadow), dan lainnya.

Terlebih jika Moms merasa warna kulit sudah makin menggelap, rasanya tidak tahu seharusnya warna asli kulit Moms seperti apa.

Setiap orang punya warna kulit asli yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, yuk ketahui warna kulit asli kita dalam ulasan ini, ya!

Baca Juga: 4 Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit dan Manfaatnya

Seberapa Penting Tahu Warna Kulit Asli Kita?

cara mengetahui warna kulit asli kita

Foto: Orami Photo Stock

Setiap orang pada dasarnya punya warna kulit asli yang berbeda-beda.

Perbedaan warna kulit ini tidak hanya dialami setiap orang, tetapi bagian tubuh juga bisa punya warna kulit yang tidak sama.

Ya, jika tidak yakin, coba Moms perhatikan warna kulit tangan dari siku sampai ke punggung tangan, kemudian dari siku naik sampai ke lengan. Apakah warnanya sama?

Biasanya, warna lengan tangan cenderung lebih terang daripada warna dari siku sampai ke punggung tangan.

Sekarang perhatikan lagi warna bagian tubuh yang sehari-hari tertutupi pakaian, seperti dada dan punggung.

Apakah warna dada dan punggung Moms lebih terang daripada warna kulit wajah?

Nah, dengan melihat sekilas seperti ini sebenarnya Moms sudah menerapkan cara mengetahui warna kulit asli kita yang sebenarnya.

Meski kerap diabaikan, ternyata mengerti cara mengetahui warna kulit asli kita itu cukup penting. Kenapa, ya?

Begini, dengan tahu warna kulit asli yang sebenarnya, Moms tidak hanya bisa melindungi diri dari efek berbahaya akibat paparan sinar matahari.

Di sisi lain, Moms bisa mencocokkan warna pakaian bahkan warna rambut, dengan warna kulit asli Moms. Tak hanya itu, jika ingin melakukan perawatan, Moms juga bisa menerima perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit tertentu.

Melansir dari Skin Cancer Foundation, menentukan jenis dan warna kulit dapat membantu memprediksi risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahri dan kanker kulit.

Baca Juga: Kulit Sensitif? Gunakan 5 Rekomendasi Sunscreen Tanpa Alkohol Ini!

Cara Mengetahui Warna Kulit Asli Kita

cara mengetahui warna kulit asli kita

Foto: Orami Photo Stock

Warna kulit setiap orang bisa berbeda tergantung dari jumlah melanin yang ada di dalam kulit.

Melanin adalah pigmen di lapisan terluar kulit (epidermis) yang dapat menjadi penentu warna asli kulit.

Orang dengan kulit gelap umumnya memiliki jumlah melanin yang lebih banyak daripada warna kulit terang. Melanin berfungsi sebagai pertahanan tubuh dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Efek sinar UV bisa berakibat buruk, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Ketika paparan sinar UV menembus masuk ke dalam kulit, melanosit yang ada di dalam kulit akan memproduksi sejumlah melanin agar bisa menyerap sinar matahari.

Melanin yang dihasilkan ini berwarna cokelat, terutama untuk orang dengan kulit gelap.

Sementara orang yang berkulit terang atau cenderung putih, warna kulit biasanya memerah saat berada di bawah terik matahari.

Ini karena melanosit di dalam kulitnya lebih sedikit sehingga menghasilkan melanin yang sedikit pula. Itulah mengapa ada berbagai cara menentukan warna kulit asli kita.

Perlu dipahami juga bahwa terlepas dari berapa banyak waktu yang Moms, Dads, maupun Si Kecil habiskan di bawah terik matahari, warna kulit sebenarnya akan tetap sama dengan genetik yang dimiliki.

Untuk mengenal cara mengetahui warna kulit asli kita, berikut yang bisa Moms lakukan.

1. Lihat Warna Nadi

Pasti Moms pernah melihat warna nadi pada tubuh, khususnya tangan, bukan? Warna nadi yang mudah terlihat ini bisa jadi salah satu cara mengetahui warna kulit asli kita.

Jika warna urat nadi yang Moms miliki biru atau ungu, artinya Moms punya warna kulit yang dingin atau terang.

Sementara jika warna urat nadi Moms hijau atau biru kehijauan, artinya Moms punya warna kulit yang hangat, seperti agak cokelat.

Namun, bila Moms tidak yakin apakah urat nadi berwarna biru atau hijau, kulit Moms mungkin termasuk netral seperti sawo matang.

2. Amati Wajah saat Berada di Bawah Cahaya Matahari

Moms, coba ambil cermin dan berdiri di bawah sinar matahari atau di dekat jendela dengan cahaya yang terang.

Selanjutnya, amati garis rahang Moms, apakah terlihat perbedaan warna di perbatasan garis rahang dan wajah?

Jika ya, warna di bagian garis rahang ke arah leher sebenarnya warna asli kulit Moms. Sementara warna kulit wajah, biasanya sudah menggelap karena paparan sinar matahari.

Inilah mengapa saat memilih warna concealer, foundation, dan bedak, disarankan untuk mengusapnya dari bagian wajah dekat rahang sampai ke leher.

Tujuannya agar Moms bisa menilai apakah warna foundation dan bedak sudah sesuai dengan warna asli kulit Moms.

3. Coba Pakai Perhiasan

Saat berbelanja perhiasan, perhatikan apakah kulit Moms lebih cocok pakai perhisan berwarna kuning seperti emas (gold), atau berwarna silver seperti emas putih dan perak.

Bila kulit Moms tampak lebih bagus saat menggunakan perhiasan berwarna silver, artinya kulit Moms masuk ke warna dingin atau terang.

Akan tetapi, bila kulit Moms lebih cocok menggunakan warna kekungingan, Moms berarti memiliki warna kulit gelap atau sawo matang.

Namun biasanya, warna kulit terang bisa cocok menggunakan perhiasan berwarna silver maupun kekuningan.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Wajah Agar Putih, Bye-bye Kulit Kusam!

4. Kenali Reaksi Kulit saat Terpapar Matahari

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, paparan sinar matahari ternyata bisa jadi cara mengetahui warna kulit asli kita.

Jika kulit Moms, Dads, atau Si Kecil mudah terbakar atau memerah saat terpapar terik sinar matahari, artinya termasuk punya warna kulit dingin atau terang.

Sebaliknya, warna kulit gelap dan sawo matang, biasanya warna kulit terlihat agak kecokelatan saat berjemur di bawah sinar matahari.

5. Kenakan Pakaian Berwarna Putih

Cara mengetahui warna kulit asli kita lainnya yang bisa dicoba yakni dengan pakai baju putih atau menggunakan kain berwarna putih.

Agar lebih akurat, Moms bisa mencari tempat yang terang dan ada sinar matahari, kemudian gunakan baju putih atau dekatkan kain putih ke wajah.

Warna kulit yang terang biasanya ditandai dengan warna kulit yang tampak kemerahan saat pakai baju putih atau bersanding dengan kain putih di bawah cahaya matahari.

Sementara jika wajah Moms atau warna kulit bagian tubuh lainnya terlihat agak kuning, tandanya kulit Moms termasuk warna yang hangat, seperti sawo matang.

Terakhir, jika warna kulit Moms, Dads, maupun Si Kecil tidak menjadi kusam saat mengenakan baju putih, tandanya warna kulit cenderung netral.

6. Bandingkan Warna Foundation di Wajah

Moms, coba perhatikan kembali apakah saat menggunakan make up, seperti foundation, warna yang Moms pilih cenderung putih atau kekuningan?

Jika saat pakai foundation berwarna putih kulit Moms justru tampak keabuan, kemungkinan warna foundation tersebut kurang cocok karena warna kulit Moms termasuk agak kecokelatan.

Sebaliknya, warna kulit yang dingin atau terang, cocok dengan warna foundation yang terang.

Jadi, bila kulit Moms berwarna sawo matang, sebaiknya pilih foundation dengan warna agak kekuningan atau cokelat, ya!

Bagaimana Moms, sudah tidak bingung lagi menentukan cara mengetahui warna kulit asli kita, 'kan? Selamat mempraktikkannya!

  • https://www.skincancer.org/risk-factors/skin-type/
  • https://www.colorescience.com/blogs/blog/how-to-determine-your-skin-tone-before-buying-face-products
  • https://health.howstuffworks.com/skin-care/beauty/determine-your-skin-tone.htm
  • https://www.byrdie.com/figure-out-undertones
  • https://www.today.com/style/whats-my-skin-tone-i146952
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait