Home & Living

13 April 2021

Jangan Boros! Begini 17 Cara Menghemat Air

Jangan lagi boros menggunakan air ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Air menjadi salah satu kebutuhan utama untuk kelangsungan hidup manusia.Oleh karena itu Moms harus tahu cara menghemat air.

Sumber daya alam ini bisa digunakan tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi juga untuk kebutuhan lain seperti mandi, memasak, mencuci, dan yang lainnya.

Meskipun hampir 70 persen bumi terdiri dari air, banyak bagian dunia mengalami kekurangan air bersih. Mengetahui cara menghemat air penting karena menjaga air tetap murni dan bersih sekaligus melindungi lingkungan.

Melakukan cara menghemat air berarti menggunakan persediaan air dengan bijak dan bertanggung jawab. Karena setiap individu bergantung pada air untuk mata pencaharian.

Cara menghemat air melibatkan menahan diri dari pencemaran air. Hal ini membutuhkan penggunaan strategi yang mencakup pengurangan pemborosan, mencegah kerusakan kualitas air, dan meningkatkan pengelolaan air.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Kamar Mandi

Sayangnya, banyak manusia yang menerima begitu saja, tanpa berusaha untuk mengetahui maupun menerapkan cara menghemat air. Padahal, jika dihabiskan dengan boros, persediaan air juga bisa menjadi sedikit.

Melansir Water.org, sekitar 24 juta orang Indonesia kekurangan air bersih dan 38 juta tidak memiliki akses ke fasilitas sanitasi (sarana air bersih, sarana pembuangan air limbah, toilet, tempat cuci tangan, serta tempat pembuangan sampah) yang lebih baik.

Selain itu, melansir Jurnal Air Indonesia, bertambahnya penduduk dan pembangunan mengakibatkan meningkatnya kebutuhan air di Indonesia.

Penurunan sumber daya air di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu pencemaran, penggundulan hutan, aktivitas pertanian yang berat, dan perubahan fungsi daerah tangkapan air.

Nah, Moms penting untuk menjaga persediaan air bersih dengan melakukan cara menghemat air yang bisa Moms lakukan dengan mudah berikut ini.

Cara Menghemat Air

Di beberapa negara Afrika yang mengalami kekeringan, air merupakan komoditas yang sangat berharga. Tanpa air, kesehatan manusia bisa terganggu, bahkan menyebabkan berbagai masalah serius.

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan cara menghemat air agar ketersediaannya tetap terjaga. Adapun cara menghemat air yang bisa diterapkan, di antaranya:

1. Pikirkan Tagihan Air

Apakah tagihan air, di rumah Moms setiap bulannya terbilang besar? Jika iya, Moms harus mulai memikirkan untuk menghemat air.

Tagihan air yang besar menunjukkan pemakaian air yang besar pula. Moms harus mulai menerapkan cara menghemat air. Hal ini bukan hanya menjaga persediaan air, namun dapat membantu menghemat biaya yang dikeluarkan.

2. Matikan Keran Air Saat Tidak Digunakan

Cek tagihan pdam lewat ATM

Foto: Orami Foto Stock

Lupa mematikan keran air setelah merupakan kebiasaan yang harus dihilangkan. Berbagai kebiasaan tersebut membuat Moms membuang banyak air dengan tidak sadar.

Jadi, biasakan untuk mematikan keran jika tidak menggunakannya dan nyalakan hanya saat dibutuhkan. Jadikan kebiasaan ini sebagai cara menghemat air yang wajib dilakukan.

3. Masak Air Secukupnya

Ketika ingin menyeduh teh, kopi, atau memasak mie instan, Moms mungkin kerap menggunakan air terlalu banyak tanpa memikirkan jumlah yang dibutuhkan. Alhasil, air yang tersisa pun dibuang begitu saja.

Hal ini jelas merupakan bentuk pemborosan air. Cobalah untuk mengisi panci atau ketel air dengan secukupnya saja. Selain menjadi cara menghemat air, ini juga bisa membuat Moms menghemat listrik atau gas .

Baca Juga: Sebelum Jalan-jalan, Berikut Kebutuhan Bayi yang Diperlukan untuk Bepergian

4. Cuci Buah dan Sayur dalam Wadah

Selain Untuk Kebersihan, Ini Alasan Penting Moms Mencuci Buah dan Sayur.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Meski harus menghemat air, namun penting untuk tetap mencuci buah dan sayur yang akan dikonsumsi.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kontaminasi kuman dan kemungkinan penyakit bawaan makanan.

Namun, membersihkannya dengan air mengalir seringkali membuat jumlah air yang digunakan terlalu banyak karena tak terasa.

Cuci buah dan sayur dalam wadah berisi air. Cara menghemat air ini dapat membantu Moms menghemat air lebih banyak.

5. Menggunakan Cairan Pencuci Piring Secukupnya

Menggunakan cairan pencuci piring secara berlebihan dapat menghasilkan banyak busa sabun. Hal ini tentu membuat semakin banyak air yang diperlukan untuk membilasnya.

Sebaiknya, hentikanlah kebiasaan tersebut. Gunakan cairan pencuci piring secukupnya saja sesuai yang diperlukan sebagai cara menghemat air lain yang mudah dilakukan.

6. Memperbaiki Kebocoran

Cek tagihan pdam

Foto: Orami Foto Stock

Jika di rumah Moms terdapat pipa yang bocor atau keran yang rusak sehingga membuat air menetes, maka hal ini tidak boleh diabaikan.

Segera perbaiki, karena bisa membuat air jadi terbuang sia-sia. Bila Moms belum bisa memperbaikinya maka tampunglah air yang bocor tersebut untuk digunakan bagi keperluan lain.

Baca Juga: 5 Trik Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Satu Gaji

7. Hindari Mandi Lama-lama

Apakah Moms senang mandi berlama-lama sambil memainkan air? Jika iya, maka mulai menghindari kebiasaan tersebut. Berhenti mandi lama-lama menjadi cara menghemat air lain yang mudah dilakukan.

Selain itu, mengganti bak mandi dengan shower yang beraliran rendah juga dapat mengurangi penggunaan air yang digunakan untuk mandi.

Selain boros, melansir Cleveland Clinic, mandi berlebihan tidak baik untuk kesehatan kulit. Hal ini karena air dapat mengikis lapisan pelindung kulit dan minyak alami yang mencegah iritasi masuk sehingga terhidrasi.

Selain itu, pancuran air panas dapat memperburuk situasi dengan menguapkan lebih banyak kelembapan dari kulit.

Menurut American Academy of Dermatology, Dr. Estemalik, menjelaskan bahwa penghalang kulit akan menimbulkan iritasi yang menumpuk selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

Kondisi ini meningkatkan risiko kesehatan kulit, seperti kulit menjadi kering, pecah-pecah, ruam, infeksi kulit, alergi, iritasi, dan patogen potensial, termasuk virus dan bakteri seperti staphylococcus.

8. Menampung Air Hujan

7 Doa ketika Hujan dan Amalannya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

Foto: Orami Foto Stock

Menampung air hujan juga dapat menjadi salah satu cara menghemat air. Air hujan yang ditampung dapat digunakan untuk menyirami tanaman atau mencuci kendaraan.

Namun, pastikan air yang ditampung tersebut langsung digunakan atau tutup dengan rapat agar tidak menjadi tempat nyamuk bertelur hingga bisa menyebarkan penyakit. Menghemat air memiliki banyak keuntungan.

Bukan hanya menjaga persediaan air tetap terjaga, Moms juga dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, hal ini juga menjadi salah satu upaya dalam penyelamatan lingkungan yang bisa dilakukan.

9. Atur Waktu Berkebun

Cara menghemat air selanjutnya, yaitu siram tanaman di luar ruangan pada pagi hari.

Hindari menyirami pada siang hari karena panas sinar matahari akan cepat menyerap.

Selain itu, sirami tanah agar air langsung ke akar dan langsung ke tanaman yang akan disiram.

Baca Juga: Yuk Coba Berkebun di Rumah, Ini 9 Tanaman yang Perawatannya Paling Mudah

10. Beri Tahu Si Kecil Agar Tidak Bermain Air

007891900_1543344087-saat-hujan-anak-ingin-bermain-hujan-hujanan-boleh-enggak-mom.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Moms, Si Kecil pasti senang sekali jika bermain air di selang atau di keran langsung.

Sayangnya, cara tersebut sangat menyia-nyiakan air yang seharusnya digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat

Nah, untuk menerapkan cara menghemat air pada Si kecil, Moms harus alihkan perhatian Si Kecil, seperti ajak bermain.

11. Jangan Menggunakan Toilet sebagai Asbak

Setiap kali menyiap puntung rokok. Moms akan membuang-buang air. Selain itu, sebagai cara menghemat air membuang puntung rokok ke toilet akan membuat tersumbat. Sebaiknya, buang puntung rokok langsung ke tempat sampah.

12. Gunakan Mesin Cuci Pakaian Saat Muatan Penuh

pengobatan scabies mencuci baju mesin cuci.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Cara menghemat air ini sangat penting dilakukan karena mencuci pakaian merupakan kebiasaan rumah tangga yang tidak bisa dihindari.

Ada baiknya Moms mencuci pakaian saat mesin cuci terisi penuh dengan pakaian.

Jika Moms mencuci pakaian yang sedikit akan menyia-nyiakan air maupun listrik. Sebab, hal tersebut akan menggunakan tambahan 20 liter air untuk pembilasan.

13. Matikan Air Saat Sikat Gigi

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebagian orang adalah membiarkan air terus mengalir ketika sedang sikat gigi.

Cara tersebut sangat membuang-buang air bersih. Untuk menerapkan cara menghemat air, Moms sebaiknya matikan air ketika sedang sikat gigi dan mengkumur-kumur dengan segelas air.

14. Matikan Air Saat Mencuci Piring

sepatu putih sabun cuci piring

Foto: Orami Foto Stock

Saat mencuci piring kerap kali membiarkan air terus mengalir. Cara menghemat air yang bisa Moms terapkan adalah gunakan air mengalir saat membilas cucian piring dan matikan ketika sedang mencuci piring.

15. Jangan Jalankan Selang Saat Mencuci Mobil

Bersihkan mobil menggunakan ember yang berisi air sabun. Gunakan selang hanya untuk membilas.

Praktek cara menghemat air ini bisa menghemat listrik juga. Gunakan nosel semprot saat membilas untuk penggunaan air yang lebih efisien.

16. Gunakan Sapu untuk Membersihkan Kotoran di Teras

4 Tips Membersihkan Rumah Ini Efektif Menjaga Rumah dari Virus Covid-19.jpg

Foto: Orami Foto Stock

Menyemprot daun atau noda dari jalan setapak dengan air adalah salah satu cara membuang air.

Namun, menyikat dengan sapu untuk menghilangkan kotoran terlebih dahulu merupakan salah satu cara menghemat air, karena akan mengurangi penggunaan air dan menghemat waktu Moms.

Baca Juga: Cara Menanam Kunyit di Rumah untuk Dijadikan Obat Tradisional

17. Tekankan Perawatan yang Benar

Seperti kebanyakan mesin industri, kompresor bekerja lebih efisien bila dirawat dengan benar.

Perawatan kompresor yang tepat memangkas biaya energi sekitar satu persen dan membantu mencegah kerusakan yang mengakibatkan waktu henti dan hilangnya produksi.

Lindungi reputasi dan keuntungan Moms dengan perawatan yang tepat sehingga Moms dapat menerapkan cara menghemat air.

Nah itu dia Moms cara menghemat air yang bisa Moms lakukan. Selain dapat menerapkan cara menghemat air, Moms juga tentu dapat mengurangi penggunaan listrik agar lebih hemat. Jadi, terapkan cara menghemat air di atas mulai dari sekarang!

  • https://learn.eartheasy.com/guides/45-ways-to-conserve-water-in-the-home-and-yard/
  • https://water.org/our-impact/where-we-work/indonesia/
  • https://health.clevelandclinic.org/how-to-choose-the-best-moisturizer-for-your-dry-skin/
  • http://ejurnal.bppt.go.id/index.php/JAI/article/view/2331/1943
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait