Home & Living

30 Mei 2021

5 Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana, Ternyata Mudah Dilakukan!

Bagaimana cara menghias kamar tidur sederhana? Simak tipsnya berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Cara menghias kamar tidur sederhana sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, lho, Moms!

Terpenting adalah, ketahui tips menata kamar dan menghiasinya dengan perabotan atau pernak-pernik yang tidak ribet dan terlihat rapi.

Mengapa penting untuk menghias kamar tidur? Alasannya jelas, kamar tidur yang nyaman akan mendukung kualitas tidur Moms juga lebih baik.

Selain itu, perhatikan suhu kamar tidur agar selalu dingin agar tidak kegerahan. Suhu kamar yang terlalu panas dapat membuat kesulitan tidur, yang akhirnya waktu tidur menjadi tidak maksimal.

Nah, berikut ini cara menghias kamar tidur sederhana yang bisa Moms coba, ya!

Baca Juga: Kamar Tidur Kecil? Siasati Dengan 5 Cara Berikut Ini

Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana

Cara menghias kamar tidur sederhana artinya mampu membuat perubahan yang signifikan, tanpa mengubah keseluruhan isi kamar. Nah, bagaimana caranya, ya? Berikut ini tipsnya yang bisa dicoba, yaitu:

1. Investasi pada Seprai yang Nyaman dan Estetis

Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana

Foto: freepik.com

Mengapa penting memilih seprai yang nyaman dan estetis? Sebab, tempat tidur adalah primadona dari setiap kamar tidur. Tempat tidur yang nyaman adalah kamar tidur yang nyaman pula, kan, Moms?

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada seprai yang nyaman dan terlihat estetis sehingga enak dipandang. Ini adalah cara menghias kamar tidur sederhana yang bisa Moms lakukan.

Beberapa bahan seprai yang nyaman dan berkualitas, seperti katun Jepang, tencel, dan sutra dapat menjadi pilihan.

Selain seprai, jangan lupakan juga dengan bantal. Kini saatnya memilih bantal yang tidak terlalu besar, melainkan proporsional dengan ukuran tempat tidur masing-masing.

Bantal yang terlalu besar dan jumlahnya terlalu banyak, bisa membuat tempat tidur jadi terlihat penuh. Selain itu, bahan bantal juga perlu dipertimbangkan.

Jika terlalu tebal, membuat kepala pusing dan terlalu tipis yang akan membuat leher Moms sakit dan pegal. Pilih bantal yang tidak terlalu keras, tidak terlalu tipis, dan tetap mampu menyangga kepala dengan baik.

Baca Juga: 6 Jenis Bantal yang Perlu Diketahui Untuk Tidur yang Nyaman

2. Sediakan Wewangian

Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana Wewangian

Foto: freepik.com

Cara menghias kamar tidur sederhana bisa dengan menggunakan aneka wewangian aromaterapi, seperti diffuser, scented candle, atau pewangi ruangan. Pilihlah jenis wewangian yang sesuai dengan keinginan Moms.

Nah, cara menghias kamar tidur dengan wewangian, yaitu letakkan wewangian di atas meja samping tempat tidur.

Ternyata, wewangian tidak hanya dapat mempercantik kamar tidur, melainkan juga membantu Moms untuk tidur lebih nyenyak, lho.

Selain menyediakan wewangian di kamar, mencuci kasur atau seprai dengan detergen yang wangi juga adalah pilihan lain yang sayang jika dilewatkan. Nah, ada beberapa wewangian yang bisa menjadi pilihan Moms, yaitu:

  • Aroma mawar, membantu tubuh lebih rileks dan meredakan tingkat stres. Aroma mawar juga membantu tidur lebih nyenyak dan menenangkan saraf saat sedang tidur.
  • Aroma vanilla, menjadi salah satu aroma yang paling populer dan banyak peminatnya. Aroma ini membawa perasaan positif dan bersifat menenangkan.
  • Aroma kopi, sangat cocok bagi Moms yang ingin bangun tidur lebih semangat setiap harinya. Hal ini karena aroma kopi dipercaya dapat meningkatkan perhatian dan fokus, sehingga Moms akan lebih semangat beraktivitas.

Itulah wewangian yang bisa Moms sediakan di kamar tidur. Jika tertarik, Moms juga dapat menyediakan beberapa wewangian di kamar tidur.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Mendekorasi Kamar Tidur Romantis

3. Sediakan Tanaman di Kamar Tidur

Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana dengan Tanaman

Foto: freepik.com

Tahukah Moms manfaat menyediakan tanaman di kamar tidur? Nah, ini juga bisa menjadi cara menghias kamar tidur sederhana.

Sebab, Moms tidak perlu mendekor ulang kamar secara keseluruhan, namun cukup memberikan sentuhan manis, yaitu tanaman di kamar tidur.

Ada beberapa jenis tanaman yang bisa diletakkan di kamar tidur, yaitu:

  • Gardenia, baik untuk kebersihan udara, bentuknya cantik, dan mampu meningkatkan kualitas tidur.
  • English ivy, mudah tumbuh dan mampu menghilangkan kotoran udara di dalam ruangan.
  • Lavender, memiliki aroma yang menenangkan, serta mampu mengurangi kecemasan dan insomnia.
  • Valerian, terbukti meningkatkan sistem otak yang bertanggung jawab mengendalikan rasa rileks.

Baca Juga: Susah Tidur? Hadirkan 5 Tanaman Ini di Kamar Tidur agar Bisa Tidur Nyenyak

4. Cermin yang Besar

Cara Menghias Kamar Tidur Sederhana dengan Cermin

Foto: freepik.com

Cara menghias kamar tidur sederhana berikutnya, yaitu meletakkan cermin yang besar di kamar tidur.

Ternyata, cara ini juga bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih besar, lho, Moms. Nah, saat ini banyak sekali model-model cermin besar yang estetis, tapi tetap terlihat sederhana.

Moms bisa memilih bingkai cermin yang berwarna cokelat atau putih, agar lebih netral dengan isi perabotan di kamar tidur.

Selain itu, tentunya keberadaan cermin yang besar menjadi daya tarik tersendiri dari kamar tidur Moms.

5. Ruangan Tanpa Banyak Aksesori

Kamar Tanpa Banyak Aksesori

Foto: freepik.com

Cara menghias kamar tidur sederhana bukan berarti harus banyak aksesori di kamar. Nyatanya, semakin banyak pernak-pernik di dalam ruangan, justru akan membuat ruangan terkesan sempit dan sumpek.

Terlebih lagi apabila Moms memiliki kamar tidur dengan ukuran kecil, justru akan membuat ruangan terlihat semakin penuh.

Jadi, hindari memasang begitu banyak bingkai-bingkai foto atau lukisan yang memenuhi dinding kamar.

Jika Moms ingin memasang bingkai foto, cukup pasang satu foto yang menjadi pusat perhatian di kamar tidur.

Pilih juga bingkai foto yang polos dan tidak banyak ornamen, agar kesannya tetap sederhana.

Selain itu, hindari juga menggunakan karpet besar di kamar tidur. Mengapa demikian? Aksesori seperti karpet besar hanya akan memberikan ilusi lantai semakin sempit. Sebaiknya, karpet besar diletakkan hanya di ruang tamu atau ruang keluarga saja.

Tips lainnya, yaitu selalu jaga kerapian kamar tidur. Semakin banyak barang yang berserakan dan tidak teratur, membuat kamar tidur menjadi terasa sumpek. Lakukan penataan kamar yang baik, agar ruangannya terlihat lebih luas dan lega.

Baca Juga: Bingung Pilih Warna untuk Kamar? Ini 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Bagus untuk Kesehatan

Itulah cara menghias kamar tidur sederhana yang bisa Moms coba. Kamar tidur lebih indah, kualitas tidur pun menjadi maksimal. Esok paginya Moms akan bangun lebih segar, bersemangat, dan siap menghadapi aktivitas. Selamat mencoba, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait