Rupa-rupa

23 Juni 2021

11+ Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan dengan Bahan Alami, Sudah Tahu?

Siapa sangka saus tomat bisa menghilangkan bau amis di tangan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Cara menghilangkan bau amis di tangan perlu diketahui oleh para Moms yang sering berkutat di dapur, nih! Pasalnya, bau amis di tangan yang kerap menempel terkadang sulit dihilangkan meski sudah menggunakan air dan juga sabun.

Nah, cara menghilangkan bau amis di tangan ternyata bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macam bahan-bahan yang ada di dapur lho! Jangan sampai nggak tahu, berikut cara menghilangkan bau amis di tangan dengan bahan alami!

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami, Yuk Dicoba!

Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan dengan Alami

Seperti yang sudah disebutkan, cara menghilangkan bau amis di tangan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan berbagai bahan yang ada di rumah. Ini dia!

1. Pasta Gigi

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Caara menghilangkan bau amis di tangan yang pertama adalah dengan menggunakan pasta gigi. Menggunakan pasta gigi sebagai bahan untuk menghilangkan bau amis mungkin terdengar aneh. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan lho, Moms!

Dilansir dari My Backyard Life, pasta gigi bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk menghilangkan bau amis.

Hal tersebut dikarenakan pasta gigi yang bisa berguna untuk menghilangkan bakteri ketika menggosok gigi. Nah, cara yang sama pun akan berlaku untuk menghilangkan si bau amis.

Bau amis yang hadir di tangah memang bukan disebabkan oleh bakteri. Namun sama seperti di gigi, bau amis juga bisa hadir dari minyak yang berada di kulit ikan. Jadi, tidak ada salahnya dicoba bukan, Moms?

2. Bubuk Kopi

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Menggunakan bubuk kopi bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau amis di tangan nih, Moms. Tentu saja caranya bukan dengan melumurkan kopi yang sudah diberi air ke tangan yang amis ya.

Karena selain tidak akan berfungsi secara semestinya, Moms malah akan kehilangan stok kopi yang bisa diseruput sore hari ini.

Memanfaatkan kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap memang dikarenakan kemampuan aroma kopi yang sangat kuat dan sifatnya yang bisa menetralisir bau lain.

Nah, Moms hanya perlu mengoleskan bubuk kopi yang dicampurkan sedikit air agar dia bisa menempel secara merata di area tangan yang berbau amis. Biarkan sebentar dan kemudian bilas dengan menggunakan air bersih serta sabun.

Atau jika Moms senang minum kopi tubruk, Moms juga bisa memanfaatkan ampas sisa kopi tubruk tersebut sebagai salaah satu cara menghilangkan bau amis di tangan, lho!

3. Stainless Steel

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Menggunakan stainless steel untuk menghilangkan bau dari bawang putih di tangan mungkin sudah banyak yang tahu. Namun bisakan stainless steel dijadikan cara menghilangkan bau amis di tangan karena ikan atau daging? Jawabannya pun, iya, Moms!

Dilansir dari Skilled Outdoors, Moms hanya perlu menggosokan tangan ke wastafel berbahan stainless steel dan kemudian membilasnya seperti biasa.

4. Saus Tomat

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau di negara Barat, saus tomat biasa digunakan untuk menghilangkan bau hewan sigung? Orang-orang di negara Barat tak segan untuk mandi atau melumurkan diri dengan saus tomat demi menghilangkan bau sigung yang menempel di tubuh.

Nah, saus tomat juga ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bau amis di tangan secara alami nih, Moms!

Yang perlu dilakukan hanyalah melumuri tangan yang amis dengan saus tomat dan kemudian menggosokannya. Tunggulah hingga beberapa menit dan kemudian cuci tangan dengan menggunakan sabun dan juga air hangat.

5. Baking Soda

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Baking soda memang terkenal sebagai salah satu bahan untuk membuat kue. Namun bahan ini pun bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan bau amis di tangan lho, Moms!

Bukan hanya di tangan, baking soda pun biasa digunakan untuk membersihkan bau atau kerak yang menempel di pisau, alat makan dan juga alat masak alinnya.

Cara penggunaanya pun sangat mudah, Moms. Moms hanya perlu mengoleskan baking soda di tangan dan menjadikannya pasta untuk menghilangkan bau amis.

Cara menjadikan pasta adalah dengan mencampurkan baking soda dengan air secukupnya. Lalu Moms aplikasikan ke tangan yang berbau amis. Cobalah dengan menggosok tangan secara perlahan.

Jangan diamkan baking soda terlalu lama ya, Moms! Jika sudah Moms bisa mencuci tangan dengan air bersih dan memakai sabun.

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Batuk pada Anak yang Alami, Salah Satunya dengan Jus Lemon!

6. Lemon

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Selain untuk dikonsumsi tubuh demi memenuhi kebutuhan vitamin C, ternyata lemon juga berguna sebagai sala satu cara menghilangkan bau amis di tangan lho, Moms!

Lemon dan jeruk nipis sendiri memiliki kandungan asam sitrat yang bisa dengan efektif menghilangkan bau amis di tangan ataupun alat dapur lainnya.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Moms hanya perlu menyiapkan air perasan dari lemon atau jeruk nipis untuk kemudian dioleskan di tangan atau alat dapur yang berbau amis.

Nah, usai mengoleskan air lemon di tangan, Moms bisa langsung membasuhnya di air mengalir. Sementara penggunaan air lemon untuk alat dapur, Moms perlu menunggu setidaknya selama 10 menit.

7. Daun Kemangi

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Pernahkah Moms melihat ada orang yang meletakan daun kemangi di air kobokan ketika makan pecel lele? Nah, hal tersebut dikarenakan daun kemangi bisa dijadikan salah satu cara untuk menghilangkan bau amis di tangan nih, Moms!

Banyak orang yang memilih untuk tidak memakan daun kemangi dan meletakannya di air kobokan ketika makan di punggir jalan dengan alasan tersebut. Aroma daun kemangi yang menyengat bisa membuat tangan kita terbebas dari bau amis karena ikan atau daging.

Moms hanya perlu menggosokan kemangi di tangan dengan merata saja. Jika sudah, bilaslah dengan menggunakan sabun serta air bersih.

Moms juga bisa menggabungkan daun kemangi dengan air lemon jika dirasa bau amis di tangan sangatlah membandel dan sulit untuk dihilangkan.

Baca Juga: Jangan Buang Ampas Kopi atau Teh. Ternyata Ini 5 Manfaatnya

8. Kantung Teh

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Nah, selain kopi, Moms juga bisa memanfaatkan kantung teh sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bau amis di tangan nih, Moms!

Hanya tinggal merendam kantung teh hitam dengan air secukupnya, lalu Moms perlu mengoleskan kantung teh yang sudah direndan ke tangan.

Diamkan sebentar kantung teh tersebut untuk selanjutnya dibilas dengan air bersih.

Kantung teh juga bisa menghilangkan bau amis pada alat makan jika Moms merendam alat makan tersebut di air yang sudah direndam kantung teh, lho!

Baca Juga: Mengenal Garam Epsom atau Garam Inggris Beserta Manfaatnya

9. Garam

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka Moms kalau garam juga bisa dijadikan salah satu alat atau salah satu cara menghilangkan bau amis di tangan?

Moms hanya perlu menaburkan garam dengan jumlah yang cukup ke tangan yang basah. Jika sudah, cobalah menggosokan tangan tersebut.

Pastikan garam yang ditaburkan merata di tangan ketika digosok ya, Moms!

10. Jahe

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Nah, cara menghilangkan bau amis di tangan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jahe. Moms hanya perlu melumurkan jahe di tangan untuk menghilangkan bau tak sedapnya, Moms!

11. Air Cuka

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa air cuka juga bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan bau amis dengan alami? Meski tidak terlalu efektif, cuka bisa membantu menurunkan 50 persen bau amis dari ikan.

Jika dengan air cuka saja tidak berhasil, Moms bisa menambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis agar lebih optimal.

12. Hand Sanitizer

cara menghilangkan bau amis di tangan

Foto: Orami Photo Stock

Meski tak bisa dibilang alami, namun hand sanitizer juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara menghilangkan bau amis di tangan.

Karena memiliki alkohol dan komponen lainnya, hand sanitizer bisa membunuh bakteri serta membuat bau amis yang tak sedap pun hilang.

Nah itu dia Moms beberapa cara menghilangkan bau amis di tangan. Yuk dicoba!

  • https://mybackyardlife.com/how-to-get-rid-of-fishy-smell-on-hands/
  • https://www.skilledoutdoors.com/ways-for-getting-fish-smell-off-your-hands/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait