Kesehatan

15 November 2020

Suka Makan Pete? Ini Cara Menghilangkan Bau Pete dalam Sekejap!

Segera lakukan hal ini agar mulut dan air kencing tidak bau usai makan pete!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Pete salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Meskipun ia menyebabkan bau mulut yang cukup mengganggu, bahkan hingga ke urin, namun tetap saja banyak yang mengonsumsinya.

Untungnya, ada banyak cara menghilangkan bau pete dari mulut atau pada air kencing yang bisa dilakukan dengan mudah. Alhasil, Moms tak perlu khawatir jadi bau mulut setelahnya yang bisa bikin orang lain terganggu.

Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan bau pete yang ampuh? Simak cara-caranya berikut ini!

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Pete Setiap Hari? Ini Faktanya!

Cara Menghilangkan Bau Pete dari Mulut

cara menghilangkan bau pete

Foto: Orami Photo Stock

Buat Moms yang ingin khawatir bau mulut setelah makan pete, simak cara menghilangkan bau pete berikut ini, yang dikutip dari Mayo Clinic:

1. Gosok Gigi Usai Makan Pete

Cara menghilangkan bau pete dari mulut yang pertama adalah dengan menyikat gigi langsung setelah makan pete. Moms bisa siapkan sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Namun secara umum jika Moms ingin terhindar dari bau mulut, Moms harus sikat gigi setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan. Pasta gigi dengan khasiat antibakteri bisa Moms pilih karena jenis ini umumnya telah terbukti dapat mengurangi bau mulut.

2. Bersihkan dengan Benang Gigi (Flossing)

Tak hanya sikat gigi, Moms juga perlu membersihkan gigi dengan benang gigi, paling tidak sekali sehari. Flossing yang tepat akan mampu menghilangkan partikel makanan seperti misalnya pete dan plak dari sela-sela gigi.

Dengan begini, mulut akan lebih bersih dan bau mulut jadi lebih terkendali.

3. Sikat Lidah

Cara menghilangkan bau pete dari mulut yang lainnya adalah dengan menyikat area lidah. Lidah juga bisa mengandung bakteri dan sisa-sisa pete yang baru saja dimakan, jadi menyikat dengan hati-hati dapat mengurangi bau.

Lakukan cara membersihkan lidah saat menyikat gigi supaya bakteri dan kotoran sisa makan petai yang menempel bisa hilang. Moms bisa membersihkan lidah dengan pembersih khusus atau sikat gigi dengan pembersih lidah setelah makan petai.

4. Pastikan Minum Air Cukup

Mulut kering akan membuat bau pete di mulut semakin buruk. Jadi, supaya mulut tetap lembap, hindari rokok tembakau dan minumlah banyak air.

Namun, pastikan ini bukan minuman ringan, atau alkohol, yang malah bisa bikin mulut lebih kering. Moms juga bisa mengunyah permen karet atau isap permen (sebaiknya tanpa gula) untuk merangsang produksi air liur dan sebagai cara menghilangkan bau pete.

5. Gunakan Obat Kumur

Berkumur menggunakan obat kumur juga bisa Moms segera lakukan usai makan pete sebagai cara menghilangkan bau pete dari mulut.

Moms bisa melakukannya setelah menggosok gigi Moms bisa memilih obat kumur antiseptik, kemudian gunakan cairan ini untuk berkumur selama beberapa menit supaya semua area gigi bersih dan partikel kecil sisa makan pete bisa terangkat dan terbuang dari dalam mulut.

Baca Juga: Jengkol VS Petai, Apa Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh?

6. Minum Kopi

Setelah makan petai atau jengkol, biasanya bau tidak akan segera muncul. Umumnya, dibutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit kemudian untuk cara menghilangkan bau pete.

Jika Moms punya kopi di rumah, maka segera seduh, karena aroma bau tersebut bisa segera hilang. Namun Moms harus menggunakan kopi hitam yang diseduh dengan setengah cangkir air.

Seduh, minum beberapa teguk, dan terakhir Moms bisa berkumur dengan air kopi untuk menghilangkan bau tersebut.

7. Minum Susu

Jika Moms punya susu, maka minum susu usai makan pete bisa menjadi cara menghilangkan bau pete.

Ini karena susu bersifat menetralkan makanan pada aroma di mulut. Moms perlu ingat juga bahwa pada dasarnya makanan yang berbau masih akan tersimpan di dalam usus, meski Moms sudah menggosok gigi ribuan kali.

Di dalam susu terdapat senyawa yang akan melawan bakteri sehingga akan menghilangkan bau mulut usai makan pete. Senyawa tersebut adalah allyl sulfida metil atau AMS.

8. Konsumsi Apel dan Pir

Cara menghilangkan bau pete dalam sekejap yang lainnya adalah dengan konsumsi apel dan pir. Ini karena mereka adalah buah-buahan yang banyak mengandung air.

Jenis buah-buahan ini akan membantu menambah produksi air liur sehingga menyeimbangkan kembali kondisi alami mulut. Jadi, saat membeli pete, Moms juga perlu beli apel dan pir untuk menyeimbangkan bau mulut.

9. Makan Seledri, Wortel, dan Mentimun

Tiga sayuran ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan bau pete yang mengganggu. Sama seperti apel dan pir, sayuran ini akan bekerja dengan cara mendorong produksi air liur untuk membantu membilas bakteri penyebab bau mulut.

Maka dari itu, Moms bisa makan mentimun sebagai lalapan untuk penutup dan untuk menetralisir bau pete.

10. Makan Kacang-Kacangan

Layaknya sayur dan buah, kacang-kacangan, seperti almond, juga mengandung banyak serat. Faktanya, serat juga baik sebagai sikat gigi alami yang mampu menjadi cara menghilangkan bau mulut untuk sementara waktu.

11. Seduh Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin, yakni suatu jenis antioksidan yang dapat melawan bakteri penyebab bau mulut. Jadi, usai mengonsumsi pete, tak ada salahnya Moms segera minum teh hijau sebagai cara menghilangkan bau pete dalam sekejap.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut pada Anak

Cara Menghilangkan Bau Pete pada Air Kencing

Cara Menghilangkan Bau Pete pada Air Kencing

Foto: menshealth.com

Urin berbau tak sedap saat makan terjadi karena pada biji petai, terdapat beberapa macam zat yang menyebabkan bau tak sedap seperti hexathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane, dan tetrathiepane.

Tak hanya itu saja, petai juga mengandung konsentrat asam amino yang tinggi dan menghasilkan gas metana (penghasil kentut) di dalam tubuh.

Zat-zat yang mengandung senyawa sulfur memang tidak berbahaya, namun efeknya akan menimbulkan bau gas dan urin berbau. Jika Moms takut pipis menjadi sangat bau, maka ada cara menghilangkan bau pete pada air kencing berikut ini.

12. Banyak Minum Air Putih

Mengutip Shield Healthcare, cara menghilangkan bau pete pada urine yang pertama adalah dengan banyak minum air putih. Pasalnya, dehidrasi dapat menyebabkan urin semakin pekat dan berbau tajam.

Cobalah untuk fokus pada minum enam hingga delapan gelas air. Intinya, urin harus diencerkan dan baunya kemudian akan perlahan
berkurang.

13. Minum Obat Penghilang Bau

Produk penghilang bau khusus untuk bagian dalam tubuh juga bisa membantu menetralkan bau urin. Misalnya adalah tablet vitamin C juga dapat menghilangkan bau urin.

Namun, cara menghilangkan bau pete ini bisa berinteraksi secara negatif dengan obat atau perawatan lain, jadi tanyakan kepada dokter sebelum mengonsumsinya.

Jangan mengganti jus jeruk dan/atau buah-buahan untuk tablet vitamin C, karena buah jeruk secara alami bersifat asam, dan hanya dapat menyebabkan lebih banyak bau.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau pete dari mulut dan pada air kencing. Namun, jika Moms tidak menyukai bau setelah makan pete, sebaiknya dari awal tidak makan pete, atau makan saja dalam jumlah yang sedikit.

Hal yang paling penting adalah memastikan agar mulut selalu bersih sehingga sisa makanan tidak menyebabkan bakteri yang bisa menjadi penyebab bau semakin parah.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait