Pernikahan & Seks

2 Januari 2021

10 Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher dan Bagian Tubuh Lainnya

Terkadang, tanpa disadari bisa meninggalkan bekas ciuman di leher yang dikenal sebagai 'cupang'
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat bercinta atau berciuman dengan Dads, terkadang tanpa disadari terkadang meninggalkan bekas berwarna merah atau keunguan yang dikenal dengan sebutan 'cupang'.

Lalu, seperti apa cara menghilangkan bekas ciuman di leher atau bagian tubuh lainnya?

Meskipun banyak orang mengenal hal ini dengan sebutan cupang atau "gigitan cinta", tapi sebenarnya ini adalah memar.

Melansir dari MayoClinic, cupang terjadi karena hisapan dari mulut pasangan yang menyebabkan kerusakan pada kapiler atau pembuluh darah kecil yang terletak di bawah kulit.

Kerusakan tersebut menyebabkan pembuluh darah kapiler bocor.

Berbeda dengan luka sayatan yang menyebabkan pendarahan keluar dari kulit, pendarahan pada cupang tidak bocor namun terperangkap di bawah kulit, sehingga menyebabkan memar.

Sama halnya dengan luka memar, cupang bisa bertahan selama 1-2 minggu dan akan berubah warna saat terjadi penyerapan darah dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Cepat

Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher yang Baru

Meskipun penelitian menyebut bahwa cupang akan memudar dan hilang dalam 1-2 minggu, tapi hal ini tergantung seberapa banyak kerusakan yang terjadi di bawah permukaan kulit.

Meski begitu, ada cara sederhana untuk menghilangkan cupang di leher dengan cepat terlebih jika bekas cupang tersebut masih terbilang baru.

1. Kompres dengan Sendok Dingin

xx Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher

Foto: Orami Photo Stocks

Hari pertama setelah memar akibat cupang, sebaiknya langsung mengkompres cupang dengan es atau sendok dingin sebagai cara menghilangkan bekas ciuman di leher.

Hal ini akan membantu memperlambat aliran darah dari kapiler yang rusak dan mampu mengecilkan ukuran cupang.

Letakkan sendok di freezer atau lemari es selama 30 menit.

Lalu, aplikasikan ke bagian sendok dingin tersebut ke bagian cupang. Biarkan selama 10 menit lalu ulangi beberapa kali selama 48 jam pertama atau sampai memar terlihat samar.

Apabila Moms memiliki air es di kulkas, bisa juga melakukan hal serupa dengan cara membasahi handuk atau kain dengan air es lalu kompres di bagian leher yang terdapat bekas cupang.

2. Lidah Buaya

Penelitian berjudul Anti-inflammatory effects of aloe vera gel in human colorectal mucosa in vitro menjelaskan bahwa daging lidah buaya dapat digunakan untuk mengurangi memar, peradangan, pembengkakan kulit, dan nyeri.

Oleskan secara tipis-tipis daging lidah buaya ke kulit sebagai cara menghilangkan bekas ciuman di leher sebanyak dua kali sehari.

Apabila cara ini menyebabkan iritasi kulit dan kulit berubah menjadi sensitif, maka hentikan penggunaannya ya, Moms.

Baca Juga: Kaya Vitamin, Ini 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Ibu Hamil

3. Minyak Peppermint

xx Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher

Foto: Orami Photo Stocks

Minyak esensial ini terbuat dari mentol yang dapat membantu merangsang aliran darah saat dioleskan sekaligus mempercepat penyembuhan memar. Tapi minyak peppermint juga bisa mengiritasi kulit.

Moms perlu mencampurkan minyak peppermint ini dengan minyak lainnya dengan rasio 1 atau 2 tetes minyak peppermint dengan 15 tetes minyak lain, seperti minyak jojoba atau almond.

Setelah tercampur, oleskan minyak ke area cupang dan pijat ringan sebagai cara menghilangkan bekas ciuman di leher.

Jangan terlalu keras menekan bagian yang memar ya, Moms karena dapat memperburuk kondisi memar atau cupang.

4. Nanas

Nanas kaya dengan sejenis enzim yang disebut bromelain. Buah ini juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas ciuman di leher.

Penelitian berjudul Potential role of bromelain in clinical and therapeutic applications, dijelaskan bahwa bromelain berguna untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri, dan bila dioleskan pada kulit, dapat membantu meringankan peradangan dan pembengkakan.

Caranya pun mudah, Moms hanya perlu mengupas nanas lalu menempelkannya ke bagian yang bekas cupang. Moms bisa melakukan perawatan ini sebanyak 4-5 kali sehari, namun perhatikan apabila kulit mengalami iritasi.

Sebab, nanas adalah salah satu jenis buah-buahan asam dan kulit halus di leher dapat teriritasi apabila tidak diperhatikan penggunaannya.

Baca Juga: Reaksi Setelah Makan Nanas Muda Bagi Ibu Hamil, Berbahayakah?

5. Kulit Pisang

xx Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher

Foto: Orami Photo Stocks

Tak hanya buahnya yang bermanfaat, ternyata kulit pisang juga memiliki banyak khasiat, salah satunya sebagai cara menghilangkan bekas ciuman di leher.

Kulit pisang mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan antioksidan, dan dapat memberikan efek menenangkan dan menenangkan pada kulit.

Moms bisa mengoleskan kulit pisang langsung ke kulit bekas cupang, lalu biarkan selama 30 menit atau hingga kulit pisang berubah warna menjadi kecoklatan. Moms dapat melakukannya sebanyak 3 kali sehari.

Baca Juga: 7 Makna Ciuman Leher dari Pasangan & Bagaimana Melakukannya

Cara Menghilangkan Bekas Cupang

Bekas cupang tak hanya terjadi di leher, namun juga di beberapa bagian tubuh lainnya seperti payudara, perut, punggung, maupun lengan. Berikut ini cara menghilangkan bekas cupang yang baik dan benar.

6. Kompres Air Hangat

xx Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher

Foto: Orami Photo Stocks

Setelah dua hari menggunakan kompres dingin untuk menghambat pendarahan di bawah permukaan kulit, cara berikutnya ialah Moms bisa menggunakan kompres hangat untuk meningkatkan sirkulasi di area yang memar karena cupang.

Ini bisa menjadi cara menghilangkan bekas ciuman di leher dan bagian tubuh lain dengan cepat.

Lakukan cara ini di hari ketiga, lalu kompres dengan air hangat atau handuk hangat selama 10 menit dan ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari.

7. Pijat Ringan di Area yang Terkena Cupang

Selanjutnya, pijat-pijat ringan di area yang bekas cupang untuk meredakan nyeri dan merangsang aliran darah. Ini juga merupakan cara menghilangkan bekas ciuman di leher dan bagian tubuh lain yang efektif.

Memijat atau menggosok area bekas cupang dengan lembut selama beberapa menit setiap harinya dapat menghilangkan bekas cupang dengan cepat.

Sentuhan ringan adalah kuncinya, menerapkan terlalu banyak tekanan sebenarnya bisa memperburuk memar.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

8. Oleskan Vitamin K Topikal

xx Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher

Foto: Orami Photo Stocks

Vitamin K topikal telah terbukti dapat menghilangkan memar lebih cepat dan mempercepat penyembuhan kulit. Termasuk sebagai cara menghilangkan bekas ciuman di leher.

Dalam penelitian berjudul The effects of topical vitamin K on bruising after laser treatment vitamin memainkan peran kunci dalam proses pembekuan darah tubuh.

Oleskan krim vitamin K dalam jumlah yang ke bagian kulit yang memar. Selain itu, Moms juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin K atau makanan kaya vitamin K untuk mempercepat pemulihan.

Cobalah sayuran hijau atau nasi merah.

9. Vitamin C Topikal

Vitamin C sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan halus. Selain itu, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang hebat dan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen kulit.

Faktanya, vitamin C bahkan dapat memperkuat jaringan kulit di sekitar pembuluh darah sehingga mempercepat cara menghilangkan bekas ciuman di leher atau bagian tubuh lain.

Caranya, oleskan krim vitamin C ke area yang terkena cupang setiap hari. Selain itu, makan lebih banyak jeruk dan makanan nabati juga bermanfaat untuk mempercepat pemulihan.

Baca Juga: Hati-Hati, Jangan Sembarang Suntik Vitamin C!

10. Cocoa Butter atau Mentega Kakao

xx Cara Menghilangkan Bekas Ciuman di Leher

Foto: Orami Photo Stocks

Cocoa butter, lemak yang berasal dari biji kakao, adalah makanan pokok dalam banyak perawatan kulit. Ini juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas ciuman di leher dan bagian tubuh lain.

Dalam penelitian berjudul Topical management of striae distensae (stretch marks): prevention and therapy of striae rubrae and albae cocoa butter telah terbukti menghaluskan bekas luka, stretch mark, kerutan, dan bekas kulit lainnya.

Hal ini karena cocoa butter kaya akan asam lemak dan fitokimia yang dipercaya dapat membantu menutrisi kulit, meningkatkan elastisitas, dan memperlambat penuaan.

Caranya, Moms oleskan lotion cocoa butter ke area yang bekas cupang selama 1-2 hari untuk membantu proses penyembuhan.

Itulah tips dan cara menghilangkan bekas ciuman di leher dan bagian tubuh lain, kira-kira cara mana dulu yang ingin Moms coba?

Apabila Moms ingin menutupi bekas cupang dengan cepat tanpa merasa terganggu, bisa mengenakan pakaian dengan kerah tinggi atau turtle neck. Moms juga bisa memakai syal untuk menutupi bekas cupang.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait