Fashion & Beauty

2 Juli 2021

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Bekas luka kehitaman di tubuh atau wajah, semua bisa dipudarkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Karla Farhana

Bekas luka pada kulit yang menimbulkan bintik-bintik kehitaman memang mengganggu, terlebih untuk penampilan kita. Jadi, Moms perlu tahu cara menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Biasanya bekas luka kehitaman ini muncul pada bekas gigitan nyamuk, koreng, atau jerawat di wajah. Bekas luka ini biasanya sulit untuk dihilangkan.

"Bekas luka kemungkinan menjadi keluhan yang paling umum yang saya terima, terlebih untuk kalangan anak muda," kata Hooman Khorasani, ahli bedah kosmetik sekaligus kepala divisi bedah kulit dan kosmetik di Gunung Sinai, yang dikutip dari the Strategist.

Lalu, adakah cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam?

Menurut American Academy of Dermatology, warna, tekstur, dan keparahan bekas luka kita tergantung pada beberapa faktor seperti genetika, warna kulit, dan lokasi serta kedalaman luka.

Orang-orang dengan warna kulit yang cenderung mengembangkan bekas luka gelap, juga dikenal sebagai hiperpigmentasi.

Titik-titik akibat hiperpigmentasi ini dapat memudar seiring berjalannya waktu, namun memerlukan waktu yang tidak sebentar.
Baca Juga: 7 Jenis Essential Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang menghitam? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gunakan Krim

bekas luka kehitaman

Foto: Orami Photo Stock

Krim untuk menghilangkan bekas luka kehitaman yang baik adalah krim yang mengandung silikon untuk menghaluskan dan mencerahkan warna gelap pada kulit.

Menurut Jeanette Graf, ahli kulit di Majalah Allure, bahkan krim dengan kandungan ini dapat melunakkan jaringan parut dan membantu mengurangi keparahan penampilan parut pada kulit kita.

Aplikasikan krim ke kulit bersih sebanyak dua kali sehari sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Moms bisa juga memilih krim dengan kandungan retinol atau asam alfa hidroksi yang dapat mempercepat pengelupasan kulit dan meningkatkan pertumbuhan kulit baru.

Ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka yang menghitam yang patut dicoba.

2. Gunakan Sunscreen

bekas luka kehitaman

Foto: Orami Photo Stock

Jika bekas luka kehitaman Moms terletak di beberapa bagian tubuh, coba gunakan sunscreen sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam.

American Academy of Dermatology menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya pada tubuh kita setiap hari untuk melindungi tubuh dari sinar matahari yang bisa membuat luka semakin hitam.

Gunakan tabir surya yang menawarkan SPF 30 atau lebih tinggi, perlindungan spektrum luas, dan seng oksida atau titanium dioksida.

Jika Moms memiliki kulit berminyak, cari sunscreen dengan klaim “tidak akan menyumbat pori-pori” atau “non-komedogenik” pada kemasan. Hal ini akan membantu mencegah jerawat, yang dapat menyebabkan lebih banyak bekas luka kehitaman.

Jangan lupa untuk menutupi bekas luka kehitaman dengan pakaian juga, terlebih saat berada di luar ruangan. Kemudian aplikasikan lagi sunscreen beberapa jam setelahnya.

Baca Juga: Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah? Ini Penjelasannya

3. Chemical Peeling (Pengelupasan Kulit)

baliresortdayspa.com

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam secara cepat adalah dengan menggunakan chemical peeling.

Setidaknya lakukan selama dua kali seminggu di malam hari setelah kita membersihkan tubuh.

Dokter kulit Jeanine Downie mengatakan bahwa produk yang mengandung bahan dasar asam glikolatakan meratakan tekstur dan warna kulit kita.

American Academy of Dermatology juga menambahkan bahwa pengelupasan kimia dapat membuat bekas luka memudar lebih cepat dan membuatnya terlihat lebih halus dan lebih merata.

Oleskan lapisan tipis kulit di atas bekas luka kita, dan biarkan mengering sebelum dibilas dengan air hangat dan handuk. Tepuk kering, dan oleskan kembali krim bekas luka silikon.

4. Gunakan Lemon

bekas luka kehitaman

Foto: Orami Photo Stock

Lemon adalah agen pemutihan yang alami.

Itulah sebabnya lemon bekerja untuk mencerahkan dan membuat kulit kita tampak lebih bersinar, termasuk berguna untuk menghilangkan bekas luka kehitaman.

Tetapi, hati-hati Moms karena ada beberapa dampak negatif dari penggunaan lemon sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam.

Dokter kulit John Diaz, mengatakan bahwa jus lemon mengandung asam sitrat dan bahan kimia yang dikenal sebagai psoralen. Keduanya dikenal mampu menimbulkan iritasi pada kulit.

Senyawa ini dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya, menyebabkan luka bekas dan lecet superfisial ketika kulit terkena sinar matahari.

"Untuk mencegah iritasi, buatlah campuran lemon dan air, lalu oleskan ke wajah sebelum tidur," ujar Dr. John Diaz.

Untuk perawatan DIY ini, campurkan lemon dan air dengan jumlah yang sama. Celupkan kapas ke dalam air lemon dan oleskan hanya pada area pigmentasi. Biarkan mengering, dan biarkan selama 10 menit sebelum membilas wajah dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Menghitam di Wajah

Bekas luka bakar yang menghitam di wajah mungkin akan sangat mengganggu bagi beberapa orang, terutama jika berhubungan dengan masalah penampilan.

Adakah cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam?

Adanya bekas luka bakar di wajah, yang mana merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh semua orang yang berbicara dengan kita, tentu akan menurunkan rasa percaya diri Moms.

Untuk itu, kita perlu cara terbaik untuk mengatasinya.

Apa yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam di wajah? Yuk simak beberapa tips di bawah ini.

5. Basuh Luka Bakar dengan Air Dingin

cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam

Foto: Orami Photo Stock

Mengalirkan air dingin pada luka bakar yang ringan hingga sedang selama 20 menit dapat membantu kita mendinginkan kulit, meredakan luka bakar, dan mencegah cedera lebih lanjut.

Oleskan salep hanya setelah Moms selesai dengan langkah ini. Untuk hasil yang lebih baik, siapkan kompres dingin dengan kain basah bersih dan letakkan di atas area luka bakar di wajah.

Cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam ini mungkin akan membantu rasa sakit dan bengkak. Tekan ke area yang terkena dalam interval 10 hingga 15 menit.

Jangan pernah menggunakan air es pada luka bakar Moms. Es atau air es dapat membatasi aliran darah ke kulit, dan dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada jaringan.

Meski terdengar sederhana, obat ini memiliki dua efek yang menguntungkan.

Cara ini akan mengurangi atau menghentikan rasa sakit dan juga mencegah luka bakar memburuk dan merusak lapisan kulit yang lebih dalam.

Baca Juga: 7 Jenis Essential Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

6. Gunakan Lidah Buaya

cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam

Foto: Orami Photo Stock

Tambahan lain dari daftar panjang manfaat lidah buaya. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam.

Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi lidah buaya menjadikannya penyembuh yang sangat baik.

Lidah buaya juga meningkatkan sirkulasi di sekitar luka bakar, yang selanjutnya membatasi pertumbuhan bakteri di area tersebut, sehingga mencegah kemungkinan melawan infeksi.

Untuk hasil terbaik, aplikasikan selapis gel lidah buaya murni yang diambil dari daun tanaman lidah buaya ke area yang terkena.

Jika Moms menggunakan produk lidah buaya yang dibeli di toko, pastikan produk itu mengandung lidah buaya dalam konsentrasi tinggi.

7. Coba Oleskan Minyak Kelapa

cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai salah satu pengobatan tradisional untuk luka bakar, minyak kelapa mengandung vitamin E. Vitamin ini tidak hanya mengobati luka bakar tetapi juga menyembuhkan kulit.

Sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam, Moms bisa mencampurkan setengah sendok teh jus lemon ke satu sendok teh minyak kelapa dan pijat di bagian tersebut.

Sifat asam yang ada dalam jus lemon akan membantu meringankan tanda tersebut. Minyak kelapa juga mengandung banyak khasiat antijamur yang selanjutnya dapat mencegah infeksi pada luka bakar.

Baca Juga: Ternyata Mudah, Begini Cara Membuat Minyak Kelapa Murni di Rumah!

8. Cuka Apel

cara menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam

Foto: Orami Photo Stock

Sifat penyembuhan asam asetat dalam cuka apel dapat membantu meredakan nyeri, gatal, dan peradangan yang menyertai cuka.

Bahan satu ini juga menarik panas dari luka bakar, sehingga menghilangkan rasa sakit secara alami.

Ambil kapas, celupkan ke dalam satu sendok teh cuka apel dan oleskan pada area yang terbakar di wajah dengan lembut untuk efek yang diinginkan.

Sifat astringen cuka juga akan mencegah Moms dari infeksi.

Bukan hanya itu saja Moms, jika rutin digunakan, cuka apel juga bisa membantu menyembuhkan bekas luka bakar yang menghitam dengan membuatnya jadi lebih cerah.

Nah, Moms sudah mengetahui berbagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam. Mulai dari menggunakan krim, sunscreen, bantuan obat kimia, hingga cara alami.

Sudahkah Moms menentukan ingin menggunakan cara yang mana?

  • https://nymag.com/strategist/article/how-to-get-rid-of-dark-spots-on-body.html
  • https://www.aad.org/diseases/a-z/scars-symptoms
  • https://www.allure.com/story/scar-fading-treatment
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/fade-dark-spots
  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-old-scars#remedies
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait