Fashion & Beauty

11 Juli 2021

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Cara apa yang tepat ya Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Intan Aprilia

Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah.

Selain jerawat, ada juga masalah lainnya yang terlihat lebih sepele, padahal juga perlu perhatian khusus, yaitu bruntusan. Bruntusan kerap kali muncul di daerah dahi, dagu atau pipi.

Meskipun ukurannya kecil, tapi bruntusan bisa mengganggu penampilan kita dan menurunkan rasa percaya diri kita lho, Moms.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah, mulai dari yang cara yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah, hingga cara yang memerlukan perawatan khusus. Yuk Moms kita intip.

1. Menggunakan Masker Berbahan Alami

menghilangkan bruntusan di wajah

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum Moms mempertimbangkan cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan cara datang ke klinik kecantikan, coba terlebih dahulu menggunakan bahan di dapur.

Moms pasti akan menemukan bahan yang bisa dijadikan sebagai masker wajah.

Mulai dari masker putih telur, hingga perasan air lemon semuanya bisa membantu menghilangkan bruntusan.

Cara membuat masker wajah untuk menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan mencampurkan 1 putih telur, 1 sendok teh jus lemon, dan 1 sendok teh madu untuk dioleskan sebagai masker wajah.

Oleskan pada wajah yang telah dicuci bersih, lalu bilas setelah mengering. Praktis, bukan?

Bahan-bahan alami ini bisa Moms gunakan karena membantu mengencangkan pori-pori sehingga memungkinkan potensi penumpukan yang lebih sedikit, yang bisa menyebabkan bruntusan.

Lemon juga dapat membantu menyerap minyak dengan kualitas asamnya. Namun, Moms perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena lemon bisa bereaksi terlalu keras pada kulit dan menyebabkan iritasi.

Baca Juga: 4 Masker Wajah dari Bahan Alami untuk Kulit Kering

2. Kompres dengan Air Dingin

menghilangkan bruntusan di wajah

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan bruntusan di wajah selanjutnya yang tak kalah praktis adalah dengan mengompres wajah menggunakan handuk dingin yang telah diisi es batu di dalamnya atau direndam air es.

Gunakanlah baki es khusus berbentuk kubus jika Moms ingin menggunakannya pada wajah. Pastikan Moms selalu mencuci wajah sebelum memakai es batu.

Siapkan waslap atau tisu bersih untuk menyeka kelebihan cairan yang mungkin menetes dari wajah. Gunakan kain atau penghalang lain antara es dan kulit untuk melindungi tangan dan wajah.

Moms dapat menggunakan es batu yang dibalut handuk untuk memijat lembut wajah dengan gerakan melingkar selama satu atau dua menit.

Hindari memegang es di kulit terlalu lama. Paparan suhu beku yang terlalu lama dapat menyebabkan rasa kaku yang tidak nyaman.

Es batu akan memperlambat peradangan dan meminimalkan pori-pori kulit untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan.

Selain meredakan bruntusan, wajah pun akan terasa lebih segar.

Menggunakan es batu pada wajah juga dipercaya dapat:

  • Menghilangkan bengkak, terutama di sekitar mata.
  • Mengurangi minyak berlebih.
  • Meredakan jerawat.
  • Meredakan sengatan matahari.
  • Mengurangi pembengkakan dan peradangan, termasuk ruam dan gigitan serangga.
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput.
  • Meningkatkan cahaya sehat kulit atau yang populer dengan istilah glowing.

Sering-seringlah mengganti es batu dan handuk jika ingin menggunakan cara ini dengan rutin. Mengganti pembungkus es batu bertujuan untuk menghindari penyebaran bakteri dari satu bagian wajah ke bagian lainnya.

3. Mengoleskan Cuka Apel

menghilangkan bruntusan di wajah

Foto: Orami Photo Stock

Banyak beauty blogger yang merasakan beragam manfaat dari cuka apel. Konon, cuka apel juga bisa menghilangkan bruntusan di wajah lho.

Berkat zat asam asetat yang terkandung di dalamya, masalah peradangan hingga bruntusan dapat teratasi.

"Cuka sari apel secara alami memiliki pH asam dan dapat membantu menyeimbangkan pH lapisan kulit luar," kata Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis Rumah Sakit Gunung Sinai, seperti dikutip dari laman Byrdie.

Cuka apel juga mengandung asam malat, yang mirip dengan asam alfa hidroksi. Asam malat bekerja dengan baik pada kulit yang rentan jerawat karena mengelupas dengan lembut untuk membuka pori-pori dan menghilangkan bakteri.

Jika Moms ingin menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah, cukup oleskan cuka apel di area yang bruntusan menggunakan kapas. Lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit hingga meresap.

Jangan lupa, pastikan kulit kita tidak tergolong sensitif ya, karena cuka apel tidak dianjurkan digunakan oleh kulit sensitif atau mudah iritasi.

Baca Juga: Wajah Bayi Bruntusan, Bagaimana Cara Aman Merawatnya?

4. Perawatan Laser atau Facial di Klinik Kecantikan

menghilangkan bruntusan di wajah

Foto: Orami Photo Stock

Cara terakhir untuk menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan laser atau facial klinik kecantikan.

Ini merupakan cara yang lebih instan dengan hasil yang cepat. Selain itu, kulit wajah pun pasti akan lebih bersih dari segala kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk.

Pelapisan ulang kulit dengan teknologi laser akan menghilangkan lapisan demi lapisan pada kulit dengan presisi. Sel-sel kulit baru yang terbentuk selama penyembuhan pun akan memberikan permukaan kulit yang lebih kencang dan tampak lebih muda.

Perawatan laser dilakukan oleh ahli bedah plastik atau dokter kulit. Jadi, pastikan Moms memilih dokter atau ahli kecantikan yang memang memiliki sertifikasi kredibel agar perawatan yang dilakukan tetap aman.

Dokter mungkin merawat kerutan di sekitar mata, mulut, atau dahi satu per satu atau merawat seluruh wajah yang bermasalah. Untuk area yang kecil, dokter akan membuat area yang akan dirawat dengan anestesi lokal mati rasa dan mungkin juga akan membius Moms.

Moms juga mungkin memerlukan anestesi umum jika seluruh wajah sedang dirawat dengan laser.

Perawatan kulit menggunakan laser hanya di beberapa bagian wajah membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Sementara perawatan seluruh wajah membutuhkan waktu hingga dua jam.

Setelah prosedur laser, dokter akan membalut area yang dirawat. Setelah 24 jam, Moms perlu membersihkan area yang dirawat empat hingga lima kali sehari dan kemudian mengoleskan salep seperti petroleum jelly untuk mencegah pembentukan koreng.

Mengutip WebMD, pembengkakan setelah laser adalah normal. Dokter mungkin meresepkan steroid untuk mengatasi pembengkakan di sekitar wajah yang telah dilaser. Tidur di atas bantal tambahan di malam hari juga dapat meredakan pembengkakan.

5. Jangan Lupa Gunakan Sunscreen

sunscreen untuk menghilangkan bruntusan

Foto: Orami Photo Stock

Secara umum, sunscreen adalah perawatan kulit wajib bagi semua orang, termasuk untuk mengatasi bruntusan. Sunscreen akan melindungi agar masalah kulit tidak semakin parah.

American Academy of Dermatology menjelaskan ada tiga aspek yang harus diutamakan dalam memilih sunscreen, yakni:

  • Melindungi dari UVA dan UVB, biasanya ada tulisan "broad-spectrum protection" pada kemasannya.
  • Mengandung SPF 30 atau lebih tinggi
  • Water resistance

Sunscreen tidak hanya mencegah kulit terbakar, tapi juga mencegah penuaan kulit dan kanker kulit.

Moms disarankan untuk menggunakan sunscreen setiap hari, baik ketika di dalam atau luar ruangan, saat cuaca panas atau mendung sekali pun.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen kembali kira-kira setiap dua jam, setelah berenang atau berkeringat, sesuai dengan petunjuk pada kemasan sunscreen.

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Moms Tahu Tentang Sunscreen untuk Bayi

Itu dia Moms beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa dicoba. Cara manakah yang akan Moms pilih? Selamat mencoba ya Moms!

  • https://detoxisgood.com/closed-comedones/
  • https://www.webmd.com/beauty/laser-skin-resurfacing#1
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs
  • https://www.healthline.com/health/ice-for-face#why-so-popular
  • https://www.byrdie.com/apple-vinegar-cider-for-skin
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait