Fashion & Beauty

31 Agustus 2021

11 Cara Menghilangkan Cat Rambut di Kulit, Salah Satunya dengan Minyak Zaitun!

Moms juga bisa menggunakan sabun cuci piring dan soda kue
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjadi korban cipratan cat rambut adalah harga yang harus dibayar ketika memilih untuk mewarnai rambut sendiri ketimbang pergi ke salon. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimanakah cara menghilangkan cat rambut di kulit?

Biasanya cipratan cat rambut akan mengenai beberapa area di tubuh, termasuk wajah dan tangan. Belum lagi, mereka juga akan kerap mengenai kulit kepala, dan menetes dari kepala hingga leher. 

Jika tidak segera menemukan cara menghilangkan cat rambut di kulit, maka ini akan meninggalkan jejak noda yang mengganggu. Selain meninggalkan noda yang menganggu pada kulit, cat rambut dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit jika mengenai kulit kepala dan kulit wajah. 

Jika tidak menghilangkan cat rambut di kulit, biasanya biasanya hak ini meninggalkan gejala berupa kemerahan, terbakar, juga gatal. Terlebih jika Moms memiliki kulit sensitif, seperti dilansir dari Instyle.

Meskipun reaksi berbahaya yang serius jarang terjadi, namun pastikan Moms tetap menggunakan sarung tangan saat akan memutihkan rambut dan mewarnai rambut sendiri. Menurut ahli kesehatan sekaligus asisten profesor di University of Illinois Chicago, Jessica Shepherd, MD, sejumlah kecil bahan kimia pada cat rambut bisa menembus, walau tidak terlalu beracun.

Untuk menghindari cipratan cat rambut pada kulit, ada baiknya Moms melakukan pencegahan daripada mengobati. Salah satunya dengan mengoleskan atau Aquaphor ke kulit di sekitar garis rambut dan telinga yang mencegah bahan kimia bersentuhan langsung dengan kulit.

Hal ini juga dilakukan untuk menghindari alergi dan iritasi kulit. Namun ketika cat rambut mengenai kulit, jangan panik Moms. Terlebih jika Moms memiliki kulit berminyak.

Karena dasar sebum yang licin membuat pewarna rambut sulit menempel pada kulit. Moms juga bisa menghilangkan noda cat rambut dari kulit dengan beberapa cara berikut seperti dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Bolehkah Rambut Balita Dicat?

Cara Menghilangkan Cat Rambut di Kulit Wajah

Cara menghilangkan cat rambut dari kulit wajah.jpeg

Foto: amp.heart.co.uk

Cara menghilangkan cat rambut di kulit bisa dilakukan beberapa hal. Namun yang perlu Moms ingat, kulit wajah bisa lebih sensitif daripada kulit lain. Jadi sebaiknya hindari pembersih yang keras atau sangat abrasif di area ini.

1. Sabun dan Air

cara menghilangkan cat rambut

Foto: uchealth.org

Cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah bisa dilakukan dengan menggunakan sabun dan air hangat. Jika cat rambut belum mengering di wajah, Moms bisa menyeka untuk menghilangkan cat rambut di kulit dengan cukup mudah. Jika tidak, Moms mungkin perlu mencoba salah satu metode tambahan di bawah ini.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pembersih alami yang dapat membantu menghilangkan noda dari kulit. Mungkin ini bisa jadi pilihan yang sangat baik sebagai cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah. Tertutama untuk orang-orang dengan kulit sensitif.

Untuk menggunakannya, tuangkan sedikit minyak zaitun pada bola kapas, atau gunakan jari Moms dan gosokkan dengan lembut ke area kulit yang bernoda. Biarkan hingga 8 jam.

Jika akan tidur dengannya, Moms mungkin perlu menutupinya dengan perban atau plastik agar tidak menodai apa pun. Untuk menghilangkannya, bilas dengan air hangat.

3. Alkohol Gosok

cara menghilangkan cat rambut

Foto: tijaratuna.com

Alkohol gosok bisa menjadi cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah. Namun, trik ini tidak disarankan jika Moms memiliki kulit yang sangat sensitif atau kering.

Cara menggunakannya, tuangkan sedikit alkohol ke bola kapas atau kapas. Oleskan dengan lembut pada bagian kulit yang bernoda. Setelah pewarna hilang, pastikan untuk membilas area tersebut dengan air hangat dan sabun.

4. Pasta Gigi

Selain membantu menghilangkan noda di gigi, menggunakan pasta gigi juga bisa menjadi cara menghilangkan cat rambut di kulit wajah. Gunakan pasta gigi non-gel, dan oleskan sedikit ke kapas atau jari.

Pijat lembut bagian yang terkena cipratan cat rambut. Biarkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bersihkan dengan kain lap yang dibasahi air hangat.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

Cara Menghilangkan Cat Rambut di Kulit Badan

Beberapa bahan yang disebut di atas bisa efektif sebagai cara menghilangkan cat rambut dari dahi dan garis rambut. Sementara untuk menghilangkan cat rambut di kulit tangan atau area tubuh lainnta, Moms bisa menggunakan cara berikut.

5. Penghapus Cat Kuku

cara menghilangkan cat rambut

Foto: parenting.firstcry.com

Penghapus cat kuku tidak aman digunakan pada wajah atau leher, tetapi dapat membantu menghilangkan noda dari tangan. Oleskan sedikit penghapus cat kuku ke kapas atau bola kapas. 

Gosokkan pada noda selama beberapa detik. Noda harus mulai hilang. Cuci tangan dengan air hangat dan sabun setelahnya untuk menghilangkan penghapus cat kuku. Ini bisa menjadi cara menghilangkan cat rambut termudah di kulit lengan dan tangan.

6. Sabun Cuci Piring dan Soda Kue

cara menghilangkan cat rambut

Foto: biohomecares.com

Moms juga bisa mencoba menggunakan sabun cuci piring dan soda kue sebagai salah satu cara menghilangkan cat rambut di kulit tangan. Soda kue bersifat mengelupas, dan sabun cuci piring dapat membantu melarutkan pewarna.

Untuk menggunakannya, campurkan sabun cuci piring yang lembut dan soda kue untuk membentuk pasta. Gosok pasta dengan lembut di atas area bernoda di tangan, lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Ketahui Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Jangan Sampai Salah!

Cara Menghilangkan Cat Rambut di Kulit Kepala

Saat melakukan pewarnaan rambut, area yang pasti menjadi korban cipratan cat rambut adalah kulit kepala. Tidak perlu panik Moms, ini biasa terjadi.

Bahkan penata rambut profesional pun membutuhkan waktu untuk menguasai teknik mewarnai rambut tanpa meninggalkan noda di kulit kepala. Jika cat rambut menodai kulit kepala, ada beberapa hal yang perlu Moms lakukan, seperti dilansir dari Instyle.

7. Tidak Melakukan Apapun

cara menghilangkan cat rambut

Foto: sclhealth.com

Meski terdengar konyol, namun tidak melakukan apapun menjadi cara menghilangkan cat rambut di kulit kepala. Seperti yang sudah disebutkan, kulit kepala bisa menghasilkan minyak alami yang bisa menghilangkan noda cat rambut. Sehingga cat rambut yang menodai kulit kepala biasanya akan hilang dalam sehari setelah Moms mewarnai rambut.

8. Siapkan Peralatan

Selama melakukan pewarnaan rambut di rumah, Moms siapkan lap atau handuk kertas dan semangkuk air bersih. Hapus segera percikan cat rambut dari kulit setelah kontak.

Meski agak merepotkan, ini bisa jadi cara menghilangkan cat rambut di kulit kepala. Bahkan hanya dengan air sederhana, noda cat rambut di kulit bisa cepat hilang.

Baca Juga:Bolehkah Mewarnai Rambut saat Menyusui?

9. Tissu Bayi

cara menghilangkan cat rambut

Foto: recyclenow.com

Jika pewarna tidak bergeming, Moms bisa pergi ke toko untuk membeli tissu bayi yang mengandung

bahan-bahan menghidrasi untuk menghindari kekeringan yang tidak perlu. Tissu bayi adalah pilihan yang bagus untuk menghilangkan cat rambut dari kulit kepala dan kulit wajah.

Terutama jika Moms memiliki kulit sensitif. Meski lembut, tissu bayi ampuh menghilangkan noda dan residu tanpa membuat kulit kering dan mengelupas.

10. Sampo dan Kondisioner

Pastikan untuk menggunakan sampo dan kondisioner pengoreksi warna yang tepat. Dengan begitu, Moms akan menghilangkan pewarna apa pun dari kulit kepala dan tetap mempertahankan warna yang Moms inginkan pada helai rambut, bukan pada kulit. Tentunya ini menjadi cara menghilangkan cat rambut di kulit kepala yang juga efektif.

11. Penghilang Noda

Penghilang noda juga bisa menjadi cara menghilangkan cat rambut dari kulit kepala secara ampuh. Moms bisa mencari produk yang dirancang dan diformulasikan untuk menghilangkan pewarna rambut dari kulit.

Ada cukup banyak prodak terpercaya yang dapat menghilangkan noda pewarna rambut dari kulit seperti Hair Color Stain Remover dari Roux dan Color Stain Remover Pads dari Redken.

Baca Juga: 6 Prediksi Tren Warna Rambut di Tahun 2019

Itulah beberapa cara menghilangkan cat rambut di kulit seperti di kepala, wajah dan tangan. Jangan khawatir karena sebenarnya cara menghilangkan cat rambut cukup mudah dan bahkan bisa Moms biarkan begitu saja jika tidak ingin menghilangkan cat rambut dengan bantuan bahan lain.

  • https://www.instyle.com/hair/hair-color/how-to-remove-hair-dye-off-skin
  • https://www.healthline.com/health/how-to-get-hair-dye-off-skin#from-hands
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait