Fashion & Beauty

11 Desember 2021

8 Cara Menghilangkan Daki di Leher dengan Bahan Alami

Bahan-bahan yang bisa digunakan sangat murah dan mudah didapat, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Kulit leher merupakan bagian tubuh yang seringkali terlupakan untuk dirawat sehingga biasanya menjadi lebih gelap dibandingkan kulit lainnya. Untuk itu, Moms perlu mengetahui cara menghilangkan daki di leher.

Umumnya, leher yang gelap disebabkan oleh faktor kebersihan yang buruk.

Beberapa faktor lain juga bisa memicu kulit leher menjadi lebih gelap, yakni paparan sinar matahari dalam waktu lama, bahan kimia dalam kosmetik atau produk perawatan kulit, obesitas, diabetes, serta gangguan autoimun.

Infeksi jamur, seperti eksim juga bisa menyebabkan kulit leher menggelap. Selain itu, kondisi hormonal yang dikenal sebagai Acanthosis Nigricans dapat menyebabkan penggelapan kulit di sekitar leher dan bagian tubuh lainnya.

Untuk kondisi ini, diagnosis dari dokter diperlukan.

Baca Juga: Ini 5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka

Cara Menghilangkan Daki di Leher

Jika kulit leher yang gelap diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan kebersihan yang kurang terjaga, maka Moms bisa menggunakan cara menghilangkan daki di leher dengan bahan-bahan alami berikut ini.

1. Cuka Apel

cuka apel untuk menghilangkan daki di leher

Foto: Shutterstock

Cara menghilangkan daki di leher yang pertama ialah menggunakan cuka apel. Cuka apel merupakan bahan yang efektif dalam menyeimbangkan tingkat pH kulit dan menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit glowing secara alami.

Jika tertarik mencobanya, Moms hanya perlu mengambil 2 sendok makan cuka sari apel dan 4 sendok makan air, lalu aduk rata.

Oleskan larutan cuka apel tersebut pada kulit leher dengan bola kapas dan biarkan selama 10 menit. Setelah selesai, bilas dengan air.

Namun, pastikan untuk menggunakan pelembap setelahnya karena cuka apel cenderung membuat kulit kering.

Baca Juga: Cara Memutihkan Lutut dengan Bahan Alami

2. Minyak Almond

minyak almond untuk menghilangkan daki di leher

Foto: Healthline

Cara menghilangkan daki di leher selanjutnya, yakni dengan minyak almond. Minyak almond kaya akan vitamin E yang dapat menghaluskan dan meremajakan kulit leher.

Minyak almond juga merupakan zat pemutih ringan dengan sifat sclerosant yang membantu meningkatkan warna kulit sehingga warna kulit leher yang gelap dapat lebih cerah.

Moms bisa memanfaatkan minyak almond dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak almond dengan 1-2 tetes minyak pohon teh (tea tree).

Setelah mencuci leher dengan sabun, gunakan campuran minyak ini untuk memijat bagian leher secara lembut.

Dengan menambahkan minyak pohon teh, hal ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan menyembuhkan bekas luka atau noda yang mungkin ada di bagian leher.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

3. Oatmeal

oatmeal untuk menghilangkan daki di leher

Foto: Orami Photo Stock

Moms juga bisa menggunakan oatmeal sebagai cara menghilangkan daki di leher karena oat bisa menjadi eksfoliator yang baik dalam mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain bisa membersihkan kulit, oatmeal juga mampu melembapkan kulit secara bersamaan. Oatmeal membantu Moms dalam menghilangkan kekeringan yang mungkin bertanggungjawab atas penggelapan kulit di bagian leher.

Untuk membuat lulur oatmeal, Moms membutuhkan 1/4 cangkir oatmeal, lalu campurkan dengan 1 sendok makan jus tomat, serta air mawar atau minyak zaitun hingga berubah menjadi pasta kental.

Oleskan campuran ini secara merata pada leher dan biarkan selama sekitar 20 menit.

Setelah itu, basahi ujung jari dan mulailah menggosok kulit leher dengan lembut. Apabila sudah selesai, basuh kulit leher dengan air dingin dan keringkan.

Baca Juga: 9 Bahan Alami untuk Mengatasi Vagina Kering, Ampuh!

4. Minyak Zaitun dan Lemon

minyak zaitun untuk menghilangkan daki di leher

Foto: Orami Photo Stock

Bahan-bahan alami lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran di bagian leher yang menggelap, yaitu cara menghilangkan daki di leher dengan minyak zaitun dan lemon.

Cara menghilangkan daki di leher dengan minyak zaitun dapat menghidrasi kulit leher serta membuatnya lembut. Sementara lemon memiliki sifat pemutihan alami yang dapat mencerahkan kulit dan juga mengecilkan pori-pori.

Untuk memanfaatkan dua bahan tersebut sebagai cara menghilangkan daki di leher, Moms hanya perlu mencampur minyak zaitun dan jus lemon dengan takaran yang sama.

Lalu, oleskan serum ini pada leher sebelum tidur. Keesokan paginya, Moms bisa membilasnya dengan air dingin menggunakan handuk.

Serum dari bahan alami minyak zaitun dan lemon bisa Moms gunakan setiap hari. Namun jika ada tanda-tanda alergi di kulit, sebaiknya hentikan pemakaian, ya.

Baca Juga: 11 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan Mencerahkan Kulit!

5. Yogurt

yogurt untuk menghilangkan daki di leher

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan daki di leher yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan yogurt.

Moms cukup mencampurkan 1-2 sendok makan yogurt dengan 1 sendok teh jus lemon hingga menjadi pasta. Lalu, oleskan pasta yogurt dan lemon pada kulit leher selama 20 menit, dan bilas dengan air.

Produk olahan dari susu sapi ini mengandung enzim alami yang bekerja sama dengan asam yang ada dalam jus lemon untuk mencerahkan kulit gelap di leher.

Yoghurt juga mengandung lemak sehat yang menyehatkan kulit dan membuatnya halus.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Wajah Agar Putih, Bye-bye Kulit Kusam!

6. Kunyit

kunyit untuk menghilangkan daki di leher

Foto: Orami Photo Stock

Jika selama ini Moms hanya memanfaatkan kunyit sebagai masker untuk kulit wajah, Moms juga bisa menggunakannya sebagai cara menghilangkan daki di leher, lho.

Caranya, campurkan 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan 1-2 sendok makan yogurt tawar. Kemudian, oleskan pasta ini pada leher, biarkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

Kunyit akan bekerja untuk mencerahkan warna kulit leher dan juga memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dengan sifat anti-inflamasinya.

Baca Juga: 9 Masker Glowing dari Bahan Alami dan Organik, Coba Sekarang Yuk Moms!

7. Kentang

Kentang untuk untuk menghilangkan daki di leher

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka, ternyata kentang juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit di bagian leher lho, Moms.

Untuk menggunakannya sebagai cara menghilangkan daki di leher, Moms bisa menyiapkan satu buah kentang, lalu parut kentang dan peras dengan baik untuk mengekstrak jusnya.

Oleskan pada leher dan biarkan mengering selama 10-15 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Sifat pemutih alami dari jus kentang bisa mencerahkan kulit di leher. Bercak dan bintik-bintik gelap juga akan segera memudar dengan bahan alami ini.

Baca Juga: 8 Masker untuk Jerawat yang Alami dan Ampuh

8. Lidah Buaya

lidah buaya untuk menghilangkan daki di leher

Foto: Orami Photo Stock

Selanjutnya ada lidah buaya yang mengandung aloesin dan flavonoid sehingga dapat membantu mencerahkan kulit dengan menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi pada kulit.

Sebagai cara menghilangkan daki di leher, lidah buaya juga menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi karena mengandung asam lemak esensial, vitamin, dan mineral.

Dalam memanfaatkannya, Moms hanya membutuhkan beberapa lembar lidah buaya. Potong daunnya dan ambil ekstrak gelnya.

Kemudian, gosok leher selama beberapa menit dengan gel lidah buaya ini dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Nah, itu dia cara menghilangkan daki di leher menggunakan bahan-bahan alami. Jangan lupa untuk selalu memerhatikan kebersihan kulit leher agar tak mudah menggelap ya, Moms.

  • https://food.ndtv.com/beauty/5-home-remedies-for-a-dark-neck-make-your-skin-tone-even-1812774
  • https://www.stylecraze.com/articles/dark-neck-home-remedies/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait