Rupa-rupa

2 Agustus 2021

6 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP yang Ampuh

Yuk kenali tips and tricknya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Mengabadikan momen dengan kamera HP memang menjadi sesuatu yang wajib bagi setiap orang. Namun sata hujan atau berenang, sering kali kamera amengembun dan menyebabkan gambar buram. Nah, maka Moms harus tahu cara menghilangkan embun di kamera HP.

Kamera HP yang berembun pasti membuat hasil jepretan foto menjadi tidak maksimal, terlihat buram dan kusam.

Bahkan, terkadang embun yang ada di kamera HP sulit hilang dengan sendirinya. Apakah Moms pernah mengalami hal demikian?

Yuk Moms cari tahu cara menghilangkan embun di kamera HP untuk terus mengambil gambar cantik nan maksimal!

Baca Juga: Lakukan 3 Trik Ini untuk Memotret Anak dengan Kamera Polaroid

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

rendam handphone di beras.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Terdapat berbagai sebab yang menyebabkan kamera HP berembun. Misalnya,

  • Layar utama berembun
  • HP masuk ke dalam air karena kehujanan
  • Kaca kamera bermasalah
  • Body HP yang gak rapat
  • Pernah tersiram air
  • Kondisi ruangan yang lembab

Melalui beberapa cara dibawah ini, Moms bisa menemukan solusi untuk mengatasinya.

1. Rendam dengan Beras

Cara menghilangkan embun di kamera HP yang pertama, Moms bisa memanfaatkan beras yang ampuh untuk menghilangkan embun di kamera hp. Ini karena beras memiliki sifat yang dapat menyerap.

Memanfaatkan beras untuk membersihkan embun juga mudah dilakukan bahkan lebih mudah dibanding cara lainnya. Berikut cara menghilangkan embun pada kamera HP yang masuk air:

  1. Pertama, siapkan wadah yang berisi beras
  2. Selanjutnya masukkan HP ke dalam wadah beras itu
  3. Tutup wadah yang berisi beras dan HP

Moms bisa menunggu sampai embun yang menutupi lensa kamera menghilang. Cara ini bisa berlangsung lama selama beberapa jam, tergantung tingkat ketebalan embun yang melekat pada kamera HP.

Atau Moms bisa memasukkan HP ke tumpukan beras pada saat ingin tidur. Jadi setelah bangun, Moms bisa langsung menggunakan kamera HPtanpa tertutupi embun lagi.

2. Silica Gel

Cara menghilangkan embun di kamera HP berikutnya adalah dengan memanfaatkan Silica Gel.

Umumnya, Moms bisa menemukan silica gel dalam kotak boks sepatu baru, ya. Hal ini karena fungsi dari silica gel yang bisa untuk menjaga sepatu tetap kering alias agar tidak lembab.

Berdasarkan fungsinya tersebut maka Moms juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan embun di kamera HP.

Caranya, lepas bagian baterai HP (jika HP battery removable) atau letakan saja HP yang kameranya berembun di dalam sebuah wadah. Kemudian, taburkan Silica Gel di sekitar HP termasuk dekat kamera HP.

Terakhir, Moms bisa langsung menutup rapat-rapat wadah tersebut dan biarkan HP bersama silica gel di satu wadah dalam kurun waktu semalam sampai embun kamera HP hilang.

Baca Juga: Apakah Anak Sudah Siap Punya Handphone Sendiri?

3. Jemur dengan Sinar Matahari

Cara menghilangkan embun kamera hp satu ini mungkin akan sedikit berisiko.

Sebab, jika Moms tidak melakukannya dengan benar justru kamera HP akan semakin buram. Lebih buruknya lagi akan merusak kamera HP, lho.

Pertama, Moms harus menempatkan HP dalam sebuah wadah yang bisa menahan paparan sinar matahari secara langsung. Jika HP terkena sinar matahari secara langsung maka akan menyebabkan kerusakan kamera HP.

Kemudian, letakan wadah berisi HP Moms di tempat yang terpapar sinar matahari. Jemur HP yang ada di dalam wadah atau kantung sampai embun di kamera HP menguap.

4. Sorotan Lampu

Menggunakan lampu ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan embun di kamera HP yang patut dicoba.

Selain tidak butuh bantuan bahan-bahan atau alat tertentu, cara menghilangkan embun di kamera HP dengan lampu juga cukup efektif dilakukan.

Langkah pertama bisa dengan mematikan HP terlebih dahulu. Kemudian, letakan HP di atas alas yang datar.

Selanjutnya arahkan lensa kamera HP ke atas atau letakan lensa kamera HP di bagian atas dengan tengkurapkan HP. Jika sudah, sorot lampu tersebut ke arah kamera HP hingga embun pada kamera hilang.

Baca Juga: Stop Bawa Handphone ke Toilet! Ini Bahayanya untuk Kesehatan Kita

5. Hair Dryer

Ternyata menggunakan alat pengering rambut ini juga jadi salah satu cara menghilangkan embun di kamera HP yang cukup efektif dan banyak dilakukan.

Caranya juga cukup mudah, pertama-tama nyalakan hair dryer dan arahkan hair dryer ke kamera HP yang berembun. Tapi jangan lupa untuk matikan HP terlebih dahulu.

Namun, pastikan suhu dari hair dryer tidak kelewat panas. Ditakutkan suhu dari hair dryer tersebut justru memengaruhi kaca dari kamera HP tersebut.

6. Kipas Laptop

Tidak ada hair dryer? Jangan khawatir, Moms. Cara menghilangkan embun di kamera HP ini juga bisa dilakukan. Konsepnya hampir sama dengan penggunaan hair dryer.

Pasalnya, beberapa kipas laptop memiliki suhu yang cukup hangat layaknya hair dryer dan bisa menghilangkan embun tersebut.

Caranya dengan meletakkan kamera HP yang berembun tersebut tepat di depan dari kipas laptop tersebut. Diamkan beberapa saat sembari dicek sudah hilang atau belum embun tersebut.

Sayangnya, kelemahan dari cara menghilangkan embun di kamera HP ini adalah risiko kipas laptop yang bisa menghembuskan debu serta kotoran dari mesin laptop.

Baca Juga: Orang Tua Sibuk Selfie, Anak Jatuh dari Eskalator. Ini 3 Bahaya Sibuk Main Handphone Saat Bersama Anak

Itu dia Moms cara menghilangkan embun di kamera HP yang bisa Moms coba ketika kamera hp buram setelah terkena air. Semoga dapat membantu, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait