Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
9 Januari 2021

5+ Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dan Tips Memilih Kosmetik yang Tepat, Catat!

Kerutan di dahi bisa hilang dengan mengubah gaya hidup lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kerutan yang berulang di wajah termasuk di dahi, tentunya akan membuat sebagian wanita menjadi gelisah. Bagaimanapun, kerutan di dahi adalah salah satu tanda penuaan yang harus diperhatikan.

Akan tetapi, kerutan di dahi tidak hanya disebabkan oleh penuaan dan hilangnya elastisitas kulit. Paparan sinar matahari dan genetika juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Pakar dari Good Housekeeping Institute Beauty and Nutrition Lab, ditambah dokter kulit ternama dan penata rias veteran berbagi rahasia mereka tentang cara menghilangkan kerutan di dahi, termasuk beberapa perawatan terbaik penunjang. Pertama, apa sebenarnya penyebab kerutan di dahi?

Deanne Mraz Robinson, MD, Asisten Profesor Klinis Dermatologi di Rumah Sakit New Haven, Yale, mengatakan kerutan dahi horizontal disebabkan oleh gerakan berulang dari otot dahi dan dapat terbentuk sejak usia 20-an dan 30-an. Hal ini tergantung pada anatomi dan seberapa banyak seseorang menggunakan otot.

"Tidak hanya itu, kerusakan akibat sinar matahari akan memperburuk kerutan ini karena radiasi UV menghancurkan kolagen atau bahan penyusun kulit," katanya seperti dikutip dari Good Houskeeping.

Dokter Spesialis Dermatology asal New York Joshua Zeichner mengatakan bahwa kerutan di dahi dapat dihilangkan dengan beberapa cara. Menurutnya, dalam beberapa kasus memperaktekan cara-cara menghilangkan kerutan di dahi akan berfungsi untuk membalikkan kemulusan dahi seseorang sepenuhnya.

"Jika garis-garis sangat terukir di kulit, Anda mungkin tidak dapat menghilangkannya sepenuhnya. Namun, meskipun garis di wajah Anda lebih dalam, suntikan seperti Botox masih bisa membuat perbedaan besar," katanya.

Namun, jangan terburu-buru untuk melakukan segala tindakan medis untuk menghilangkan kerutan di dahi Moms. Banyak cara dan Moms mungkin bisa mengurangi munculnya kerutan di dahi dengan beberapa perubahan gaya hidup dan produk kosmetik.

Baca Juga: 4 Minyak Esensial untuk Mengatasi Kerutan pada Wajah

Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gaya hidup seseorang berdampak besar pada kesehatan kulit dan proses penuaan. Oleh karena itu, coba lakukan cara menghilangkan kerutan di dahi dan mencegahnya yuk Moms!

1. Teruslah Berburu Sinar Matahari

Keracunan Matahari, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang pertama adalah dengan berburu sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet matahari dalam jangka panjang berkontribusi pada penuaan dini dan bisa membantu menghilangkan kerutan di dahi.

Menurut penelitian, penggunaan tabir surya SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari dapat emperlambat penuaan kulit dan mengurangi risiko bintik hitam dan kerutan di wajah termasuk di dahi.

2. Kelola Stres

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah kelola stres. Kerutan di dahi jelas sangat menambah beban pikiran, akhirnya semakin sulit untuk menghilangkan semua stres yang ada.

Akan tetapi, penting untuk tetap mengendalikan stres tersebut agar kerutan di dahi tidak terus bertambah dan diharapkan justru berkurang.

Untuk membantu mengelola stres, cobalah melakukan meditasi, yoga, pernapasan diafragma, memanfaatkan aromaterapi, makan makanan yang sehat, cukup tidur, konsultasi dengan terapis dan berolahraga setiap hari.

Baca Juga: Keriput Bukan Hanya Tanda Penuaan, Bisa Juga Gejala Awal Penyakit Jantung

3. Tetap Terhidrasi

MInum air putih yang cukup

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah tetap terhidrasi. Kulit kering membuat kerutan di dahi tampak lebih menonjol. Sementara itu, kulit yang terhidrasi dengan baik membantu mengurangi tampilan kerutan di dahi.

Namun, penting untuk melembapkan dari dalam ke luar. Untuk tetap terhidrasi dengan baik, minumlah setidaknya delapan gelas cairan setiap hari.

Saat berolahraga atau menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, seseorang perlu minum lebih banyak. Agar tidak bosan, Moms dapat mengubah rasa air yang diminum untuk keluarga dengan menambahkan lemon atau menggunakan infuser buah.

4. Makan dengan Gizi Seimbang

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah makan dengan gizi seimbang. Ketika berbicara tentang kerutan di dahi, pepatah yang mengatakan 'kamu adalah apa yang kamu makan' adalah benar. Menurut penelitian tahun 2007, pola makan memainkan peran penting dalam perihal penuaan kulit.

Peneliti menemukan bahwa asupan tinggi vitamin C dan asam linolenat (asam lemak omega-3) mengurangi risiko kulit kering pada wanita paruh baya di Amerika. Vitamin C juga dikaitkan dengan penurunan risiko tampak "keriput". Diet tinggi lemak dan karbohidrat meningkatkan risiko keriput dan atrofi kulit.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Makanan Ini Bisa Mempercepat Penuaan di Kulit

5. Berhenti Merokok

Merokok Dapat Menurunkan Kualitas Sperma? 3

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah berhenti merokok. Ini berlaku bagi Moms atau para wanita paruh baya yang merokok.

Jika peningkatan risiko kanker paru-paru, emfisema dan penyakit jantung tidak cukup untuk membuat Moms berhenti merokok, mungkin pemikiran tentang penuaan dini dan kerutan di dahi bisa menjadi pendorong lainnya.

Merokok adalah penyebab utama penuaan dini dan kerutan. Menurut penelitian tahun 2008, bahan kimia dalam asap tembakau mengurangi produksi kolagen dan merusak elastisitas kulit yang menyebabkan penuaan dini dan kerutan.

6. Masker Alami

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah gunakan masker alami. Banyak rumor di Internet yang menyebutkan bahwa seseorang bisa mengurangi dan menghilangkan kerutan di dahinya hanya dengan melakukan pijatan di area wajah tersebut dan tentu saja menggunakN masker berbahan alami.

Terlepas benar atau tidak, tetapi melakukannya tentu bukan hal yang buruk. Jadi, coba 3 masker alami berikut ini untuk mengurangi kerutan di dahi Moms:

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Masker Minyak Kelapa

cara-membuat-minyak-kelapa.jpg

Minyak kelapa melembabkan kulit dan dapat mengurangi munculnya kerutan di dahi. Bahan ini mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan aktivitas radikal bebas pada jaringan kulit.

Tidak hanya itu, minyak kelapa juga dapat membantu menghilangkan atau memudarkan garis dahi pada waktunya.

Bahan:

  • 1 sendok teh minyak kelapa murni

Caranya:

  • Ambil sedikit minyak kelapa murni di telapak tangan
  • Pijat di dahi dan wajah selama beberapa menit atau sampai minyak terserap oleh kulit
  • Biarkan semalaman

Jangan lupa untuk melakukan ini setiap malam sebelum tidur. Namun, Moms juga harus perhatikan untuk menghindari obat ini jika masker alami ini justru membuat kulit wajah Moms lebih berminyak atau rentan berjerawat karena minyak kelapa dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

Masker Minyak Jarak

Asam Ricinoleic yang ditemukan dalam minyak jarak adalah agen pengkondisi kulit dan minyak jarak juga mengandung antioksidan.

Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan radikal bebas pada kulit dan menjaga kulit dahi tetap sehat dan bebas dari garis kerutan.

Bahan:

  • 1 sendok teh minyak jarak

Caranya:

  • Gunakan ujung jari untuk mengambil minyak jarak
  • Oleskan minyak jarak dengan gerakan menepuk-nepuknya secara lembut di dahi
  • Biarkan semalaman

Masker alami ini juga bisa digunakan pada siang hari dan lakukan rutinitas ini sekali sehari.

Masker Buah Jeruk

xx manfaat buah jeruk

Buah jeruk dan lemon kaya akan vitamin C dan E yang penting untuk kesehatan kulit.  Flavonoid dalam buah jeruk dapat memperkuat kapiler dan meningkatkan kolagen dan elastin di kulit.

Ini dapat membantu memberikan penampilan awet muda dan mengurangi kerutan di dahi.

Bahan:

  • 1 sendok teh jus lemon
  • 2-3 sendok teh air
  • Bola kapas

Caranya:

  • Campur satu sendok teh jus lemon dengan dua hingga tiga sendok teh air
  • Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan oleskan ke dahi lalu biarkan mengering
  • Setelah itu, cuci muka dengan air

Sebagai alternatif, Moms dapat menggiling kulit buah jeruk atau lemon dan mencampurnya dengan air mawar. Campuran ini lalu dioleskan di wajah sebagai masker biasa dan setekah itu, bilas dengan air.

Gunakan masker alami berbahan jeruk ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Pemilihan Produk Kosmetik untuk Menghilangkan Kerutan di Dahi

Selain mengubah pola hidup, pilihan beberapa kosmetik juga bisa dipertimbangkan untuk meminimalkan garis kerutan di dahi. Banyak merek kosmetik yang mengklaim memiliki ramuan mujarab untuk menghilangkan kerutan dan sayangnya  banyak yang tidak berguna.

Baca Juga: 5 Cara Alami Hilangkan Keriput di Bawah Mata

Namun, beberapa produk kecantikan sebenarnya dapat membantu sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi, yaitu:

1. Produk dengan Retinol

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan produk kecantikan dengan retinol. Retinol adalah bentuk yang lebih ringan dari produk sintetis vitamin A atau retinoid yang biasa diresepkan dokter dan dikenal sebagai tretinoin.

Retinol hampir selalu menjadi jawaban untuk hampir semua masalah kulit seperti jerawat, garis halus, bintik-bintik coklat, kering, kusam, lingkaran hitam, serta pori-pori yang membesar.

Serum atau krim retinol terbaik dapat membantu mengatasi masalah di wajah termasuk memperbaiki kerutan di dahi yang mengganggu penampilan.

Namun, Retinol bukanlah produk yang tahan dengan baik di bawah sinar matahari. Untuk hasil terbaik, gunakan produk yang mengandung retinol di malam hari.

2. Produk Eksfoliasi dengan Asam Glikolat

Produk eksfoliasi.jpeg

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan prodi eksofiliasi dengan asam glokomat. Asam glikolat adalah asam alfa hidroksi yang digunakan untuk mengelupas kulit agar kulit tampak lebih sehat dan tampak lebih muda.

Bahan ini juga ada di beberapa exfoliant yang bisa dibiarkan dan dijual bebas.

Namun, asam glikolat dapat menyebabkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Jadi pastikan untuk memakai tabir surya setelah menggunakan produk asam glikolat.

Baca Juga:5 Langkah Skincare untuk Kulit Sensitif, Perawatan Jadi Optimal!

3. Face Primer

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan face primer. Sama seperti cat dasar atau undercoat yang digunakan untuk mempersiapkan permukaan untuk cat, face primer digunakan untuk mempersiapkan makeup atau sebagai alas bedak.

Face primer tidak akan menghilangkan kerutan di dahi, tetapi ini adalah cara yang murah untuk membuatnya kurang terlihat.

Face primer tersedia dalam bentuk bubuk, gel atau krim. Produk ini mampu 'menghaluskan' kulit yang keriput dan membantu menjadi alas bedak sehingga make up dapat bertahan sepanjang hari.

4. Botox

Botox wajah.jpeg

Cara menghilangkan kerutan di dahi yang selanjutnya adalah dengan botox. Jika jarum tidak membuat Moms takut, mungkin mempertimbangkan suntikan Botox untuk melawan kerutan di dahi bisa menjadi pilihan. Botox adalah obat yang terbuat dari toksin botulinum.

Saat disuntikkan ke otot tertentu, otot tersebut akan lumpuh sementara sehingga tidak dapat berkontraksi. Dengan kata lain, saat Moms mengerutkan kening, dahi Moms tidak akan berkerut secara alami.

Namun, suntikan botoks tidak untuk semua orang. Pelayanan ini tidak murah dan dapat menyebabkan efek samping yang tidak biasa seperti nyeri, bengkak atau memar di tempat suntikan, sakit kepala, gejala seperti flu, dan mata kering.

Pertarungan yang sedang berlangsung melawan penuaan sepertinya tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Meski begitu, belum banyak penelitian ilmiah tentang produk yang dapat meminimalkan kerutan di dahi. Sebagian besar bukti didasarkan pada akun individu, sehingga mungkin tidak dapat diandalkan.

Baca Juga: Murah dan Mudah, Ini 7 Cara Atasi Kerutan Secara Alami

Pastinya akan sulit atau butuh waktu cukup lama untuk menghilangkan kerutan di dahi seluruhnya. Akan tetapi, beberapa langkah di atas dapat Moms coba sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi yang cukup efektif.

Artikel Terkait