Fashion & Beauty

23 April 2021

15 Cara Menghilangkan Komedo secara Alami dan Cepat, Bisa Pakai Kopi Lho!

Komedo bandel hilang dengan cepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Adakah cara menghilangkan komedo secara alami yang membandel tanpa harus menggunakan berbagai produk? Tenang Moms, bahan-bahan alami ini berikut ini bisa membantu menghilangkan komedo secara alami dan cepat. Tak hanya itu, bahan-bahannya pun mudah ditemukan, lho!

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Memiliki komedo di hidung ataupun bagian wajah lainnya membuat kita kurang percaya diri. Komedo hitam dan putih ini membuat tekstur kulit terasa kasar dan terlihat kusam.

Selain menggunakan produk kecantikan, nyatanya ada cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat yang bisa dicoba di rumah.

1. Pepaya

pepaya

Foto: Orami Photo Stocks

Tak hanya bagus untuk pencernaan, pepaya juga ampuh dalam cara menghilangkan komedo alami yang membandel, Moms.

Studi dalam National Center for Biotechnology Information, enzim papain dan chymopapain dalam pepaya dapat mengurangi peradangan dan mengangkat sel kulit mati pada kulit.

Retinol dan kandungan vitamin A pada pepaya, dapat membantu mengobati dan mencegah lesi peradangan pada jerawat.

Caranya mudah, Moms hanya perlu menghaluskan buah pepaya dan mencampurnya dengan madu. Pakai sebagai masker di seluruh wajah. Sel kulit mati plus komedo yang ada di wajah akan hilang secara alami.

2 .Tomat

tomat

Foto: Orami Photo Stocks

Cara menghilangkan komedo secara alami berikutnya adalah dengan tomat. Tomat memang menjadi salah satu bahan alami yang paling sering dipakai dalam pembuatan skincare.

Mengoleskan tomat di wajah setiap hari dapat menghilangkan komedo hitam dan putih pada kulit. Selain itu, ia juga baik dalam meratakan warna kulit di wajah.

Buah yang cukup murah harganya ini juga bisa menghilangkan komedo dengan cepat. Daripada repot-repot beli skincare mahal, lebih baik membuat masker dari tomat di rumah.

Baca Juga: 16 Manfaat Masker Alpukat dan Variasinya, untuk Kulit Sehat Bersinar

3. Susu + Pala

susu dan pala

Foto: Orami Photo Stocks

Pala, rempah-rempah asli dari Indonesia juga bisa menjadi solusi untuk cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat yang susah hilang.

Pala dapat membantu membersihkan pori-pori dan komedo secara bertahap. Pala memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang membunuh bakteri yang tersumbat di pori-pori mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Tahukah Moms, ramuan ini akan lebih ampuh kalau dicampur sama susu yang berfungsi memecah sel-sel kulit mati.

4. Oat + Madu

oat dan madu

Foto: Orami Photo Stocks

Perpaduan dua bahan alami ini memang ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Selain bisa melembabkan, oat dan madu bisa cara menghilangkan komedo secara alami yang muncul di bawah pipi atau pipi.

Untuk menghilangkan komedo dengan dua bahan alami ini, Moms bisa membuat masker dengan menggunakan 2 sendok oat yang ditambah dengan 1 sendok teh madu.

5. Putih Telur

putih telur

Foto: Orami Photo Stocks

Tentu Moms sudah sering mendengar keampuhan bahan alami yang satu ini dalam cara menumpas komedo. Memang si putih telur ini ajaib, selain bisa cara menghilangkan komedo secara alami, putih telur sekaligus mengencangkan pori-pori kulit.

Cara mencampurkan ramuan telur ini cukup mudah. Pertama, kocok satu putih telur dan oleskan kewajah. Kemudian lapisi tisu di wajah dan oleskan putih telur lagi. Biarkan masker mengering selama sekitar 20 menit, lalu lepaskan saja.

Selain dalam cara menghilangkan komedo secara alami, ini uga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: Ketahui 10+ Manfaat Masker Charcoal untuk Kesehatan Kulit Wajah

6. Kopi

kopi

Foto: Orami Photo Stocks

Kopi bubuk dan air hangat juga bisa senjata Moms dalam cara menghilangkan komedo secara alami, loh. Buat campuran kopi ini menjadi pasta setelah itu langsung saja gosok di bagian wajah yang memiliki komedo.

Lakukan secara rutin minimal dua kali dalam seminggu untuk dapatkan hasil yang optimal.

7. Pasta Gigi

pasta gigi

Foto: Orami Photo Stocks

Aneh mendengar pasta gigi bisa digunakan cara menghilangkan komedo secara alami? Jangan merasa aneh ya, kandungan mentol di pasta gigi ini dipercaya bisa mengangkat kotoran di wajah termasuk komedo.

Oleskan pasta gigi di hidung secara merata dan diamkan 3 menit lalu bersihkan dengan sponge atau handuk plus air hangat.

8. Lobak

lobak

Foto: Orami Photo Stocks

Lobak ternyata juga bisa menghilangkan komedo putih yang biasanya ada di bawah bibir. Parut lobak sampai halus lalu aplikasikan sebagai masker. Setelah didiamkan 5 menit, bilas dengan air hangat sampai bersih.

9. Perasan Air Lemon

lemon bisa cara menghilangkan komedo secara alami.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yakni dengan lemon. Jus lemon dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan karena merupakan bahan alami, juga akan menghilangkan komedo.

Sebelum tidur, gunakan kapas untuk mengoleskan jus lemon segar untuk membersihkan kulit, coba fokuskan pada area komedo.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

Moms bisa meninggalkannya semalaman dan membilasnya di pagi hari dengan air hangat. Ulangi rutinitas ini setiap malam selama seminggu.

Perlu diperhatikan saat menggunakan jus lemon, karena dapat mengeringkan kulit wajah kita. Jika Moms memiliki kulit kering, tambahkan minyak zaitun ke jus lemon dan gunakan pelembap setelah Moms membilasnya.

10. Tea Tree Oil

1.tea tree essential oil dan cara menghilangkan komedo secara alami.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tea tree oil dikenal sebagai antiinflamasi dan antimikroba. Ini bisa digunakan dalam cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya. Banyak pembersih wajah, pencuci, dan toner yang mengandung ekstrak pohon teh ini karena manfaatnya yang baik.

Ekstrak minyak pohon teh murni juga dapat dibeli di sebagian besar toko obat atau online, dan dapat diterapkan langsung ke kulit yang dipenuhi komedo menggunakan jari bersih atau kapas.

11. Gula Pasir

gula pasir dalam cara menghilangkan komedo secara alami.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Membuat scrub dengan gula pasir dapat menjadi cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat yang tepat.

Tekstur gula yang berbutir dapat memberikan efek scrub yang mampu mengangkat sel kulit mati. Glukosa yang terkandung dalam gula juga bermanfaat melembutkan kulit.

Penggunaan gula sebagai scrub ini dapat dibuat dengan cara melarutkannya dengan tetes air atau diganti dengan minyak zaitun atau madu.

Pemakaiannya cukup diaplikasikan pada area hidung, diamkan selama 10 menit, dan bilas.

12. Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel - Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami - shutterstock.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tidak hanya mampu menuntaskan jerawat dan masalah kulit lainnya, menghilangkan komedo juga dapat teratasi oleh cuka apel.

Cuka apel dengan sifat antiseptiknya dapat membersihkan pori-pori dari kotoran dan bakteri. Gunakan cuka apel seperti memakai toner di wajah, tapi cukup lakukan 3 kali dalam seminggu ya.

13. Baking Soda

baking soda dan cara menghilangkan komedo secara alami.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Siapa bilang baking soda hanya dibutuhkan ketika membuat kudapan saja? Bahan dapur ini ternyata mampu cara menghilangkan komedo secara alami yang menyumbat pori-pori.

Baking soda dapat dicampur dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan dioleskan ke area wajah yang berkomedo, gosok secara halus, dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Ini Dia 8 Cara Makan Buah Plum, Moms Harus Coba!

14. Kunyit

bolehkah-minum-kunyit-tiap-hari.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

"Kunyit dapat digunakan untuk membantu cara menghilangkan komedo secara alami karena sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi, ”kata Dr. Alexander Dane, Dermatologists & Dermatologic Surgeons, di Morristown, New Jersey

Untuk menggunakan ini, ambil satu sdm kunyit dan campur dengan air atau minyak kelapa hingga membentuk pasta, oleskan pasta tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas.

15. Madu + Kayu Manis

XX Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Foto: Orami Photo Stocks

Selain campuran madu dan oat, kayu manis juga bisa digunakan dalam cara menghilangkan komedo secara alami dan cepat, lho! Madu memiliki sifat antioksidan, anti jamur dan anti bakteri sedangkan kayu manis membantu sirkulasi darah dan mengencangkan pori-pori, sekaligus menutrisi kulit.

Menggunakan campuran ini pada kulittidak hanya akan membantu menghilangkan komedo tetapi juga akan membuat kulit bercahaya yang sehat.

Campur sebagian madu dan kayu manis dalam mangkuk, lalu haluskan menjadi pasta. Oleskan campuran ini pada area yang terkena dan tepuk-tepuk selembar kapas di atasnya. Biarkan campuran tersebut menempel pada bagian komedo hitam selama 5 menit dan bilas.

Baca Juga: 12 Manfaat Terung untuk Kesehatan Orang Dewasa dan Anak-anak

Sudah siap menghilangkan komedo hitam dan putih yang membandel? Praktikkan cara menghilangkan komedo secara alami ini di rumah ya, Moms!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28040601/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait