Kesehatan Umum

26 Juli 2021

5 Cara Menghilangkan Kulit Belang, Mulai dari Alami Hingga Laser

Berikut ini beberapa cara menghilangkan kulit belang yang bisa dicoba.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Ada berbagai cara menghilangkan kulit belang di tangan dan kaki yang dapat Moms coba. Namun, sebelumnya pahami dulu mengapa kulit bisa menjadi belang.

Dilansir dari American Society for Dermatology Surgery, penyebab paling umum kulit belang, yaitu paparan sinar matahari.

Sinar UV matahari yang mengenai kulit Moms memicu produksi melanin ekstra sebagai cara untuk mempertahankan kulit dari kerusakan.

Ketika paparan sinar matahari terjadi terlalu sering atau berlebihan dapat membuat bintik-bintik gelap pada kulit atau kulit menjadi belang.

Adapun penyebab lainnya bisa karena peradangan pada kulit, mengalami luka atau iritasi pada kulit, atau mengalami beberapa kondisi medis tertentu, seperti eksim, penyakit Addison, atau sehabis menjalani kemoterapi.

Nah, beberapa cara menghilangkan kulit belang di tangan dan kaki akan diungkapkan dalam ulasan berikut ini, ya, Moms.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Dokter Kulit yang Tepat

Begini Cara Menghilangkan Kulit Belang di Tangan dan Kaki

Baik di tangan atau kaki, cara menghilangkan kulit belang bisa dilakukan secara beragam. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, menerapkan kebiasaan yang baru untuk menjaga kesehatan kulit, atau melakukan perawatan kulit tertentu.

Kuncinya adalah temukan cara menghilangkan kulit belang yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga menghaluskan kulit.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan kulit belang di tangan dan kaki yang dapat Moms coba, yaitu:

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Menjaga Kelembapan Kulit

Foto: Orami Photo Stock

Menjaga kelembapan kulit ternyata menjadi cara menghilangkan kulit belang yang paling efektif. Ketika kulit terjaga kelembapannya, secara tidak langsung akan mempercepat pergantian sel-sel kulit mati.

Untuk itu, cobalah Moms rutin menggunakan pelembap badan yang akan berguna untuk menghidrasi kulit, setiap selesai mandi di pagi dan sore hari. Nah, Moms dapat memilih kandungan yang tepat untuk produk pelembap yang dipilih, ya.

“Pilih pelembap yang mengandung glycerin atau hyaluronic acid. Kandungan retinol juga baik untuk meningkatkan pergantian sel,” ungkap Dr. Doris Day, asisten profesor klinis dermatologi di NYU Medical School di New York City dan penulis Beyond Beautiful: Using the Power of Your Mind and Aesthetic Breakthroughs to Look Natural Young and Radiant.

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, beberapa kandungan skincare yang mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan kulit belang, yaitu azelaic acid, glycolic acid, kojic acid, dan vitamin C.

Moms juga dapat melakukan eksfoliasi kulit dengan scrub untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dengan lebih cepat.

Selain mempercepat pergantian sel, pelembap yang baik untuk badan juga dapat memulihkan lapisan lipid (lemak) kulit, yang akhirnya membantu melindungi kulit dari efek perburukan paparan sinar matahari.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Body Scrub Untuk Kecantikan Kulit

2. Selalu Gunakan Sunscreen

Selalu Gunakan Sunscreen.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan kulit belang berikutnya, yaitu dengan selalu menggunakan sunscreen setiap hari. Sunscreen tidak hanya digunakan untuk wajah saja, melainkan juga untuk badan, ya, Moms.

Pilihlah kandungan SPF 30 atau lebih untuk melindungi kulit secara lebih mendalam. Pilih juga sunscreen yang dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB, atau disebut juga broad spectrum.

Dilansir dari laman Everyday Health, beberpa kandungan sunscreen yang disarankan, yaitu titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone.

Selain mampu meratakan warna kulit dan menghilangkan kulit belang, ada beberapa manfaat sunscreen untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sunscreen mampu mencegah terjadinya sunburn, risiko mengalami kanker kulit, dan merawat kulit tetap awet muda.

“Perlindungan kulit dari sinar UV dengan sunscreen mampu menjaga kulit kencang dan awet muda. Paparan sinar matahari mampu mencegah kerutan dan bintik-bintik cokelat,” ungkap Dr. David Lortscher, dokter kulit dari New Mexico.

Jadi, jangan lupa lagi untuk memakai sunscreen, ya, Moms!

Baca Juga: Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah? Ini Penjelasannya

3. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Jika Moms ingin cara menghilangkan kulit belang yang praktis dan bisa dilakukan di rumah kapan saja, tidak ada salahnya mencoba gunakan bahan-bahan alami.

Adapun beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk menghilangkan kulit belang, yaitu:

Kunyit dan Madu

Kunyit dan Madu

Foto: Orami Photo Stock

Kunyit mengandung vitamin C dan E yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit.

Sementara itu, madu sudah dikenal akan kemampuannya melembapkan dan kandungan antioksidannya yang bisa mengatasi masalah kulit, salah satunya adalah masalah kulit belang.

Cara membuatnya mudah saja, Moms. Cukup haluskan 1-2 buah kunyit yang kemudian dicampur dengan 1-2 tetes madu murni. Balurkan saja ke area badan yang diinginkan secara rutin selama 2-3 kali seminggu sebagai lulur.

Olive Oil dan Beras

Olive Oil dan Beras

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan kulit belang dengan memanfaatkan olive oil dan beras juga wajib dicoba, lho, Moms. Bahan-bahan ini mudah ditemukan dan praktis untuk digunakan. Tambahkan juga madu untuk melembapkan kulit secara lebih merata.

Campurkan madu atau minyak zaitun tadi ke 1 gelas beras yang sudah ditumbuk, kemudian aduk sampai merata. Setelah itu, balurkan ke kulit sebelum mandi selama 2-3 kali seminggu, diamkan sejenak sampai kering lalu bilas.

Jeruk Nipis dan Kentang

Jeruk Nipis dan Kentang

Foto: Orami Photo Stock

Perpaduan jeruk nipis dan kentang nyatanya juga bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan kulit belang.

Jika Moms ingin memiliki kulit lebih cerah dan halus, campurkan ‘bubur kentang’ dari 2-3 buah kentang ini dengan tetesan satu buah jeruk nipis. Kemudian, aduk sampai merata.

Balurkan pada kulit atau beberapa area badan yang belang saja. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Mencerahkan Kulit Kaki, Gampang Banget!

4. Perawatan Laser

Perawatan Laser

Foto: Orami Photo Stock

Pilihan cara menghilangkan kulit belang lainnya yang bisa dicoba, yaitu dengan perawatan laser. Namun, cara ini harus dilakukan karena anjuran dan pengawasan dari dokter kulit, ya, Moms.

Adapun perawatan laser yang dapat digunakan untuk menghilangkan kulit belang, yaitu IPL (Intense Pulsed Light). Perawatan laser ini cocok untuk menghilangkan kerusakan akibat paparan sinar matahari pada wajah, tangan, atau bagian tubuh lainnya.

Perawatan untuk mengatasi hiperpigmentasi ini juga akan bekerja sebagai perawatan kulit kerusakan akibat sinar matahari yang efektif, menjaga kulit tetap awet muda, menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit, dan mengurangi noda hitam di wajah.

Baca Juga: 3 Efek Samping Laser Rejuvenation dan Cara Mengatasinya

5. Perubahan Gaya Hidup

Perubahan Gaya Hidup

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms sudah rutin memakai pelembap badan, sunscreen, dan menggunakan bahan-bahan alami untuk atasi kulit belang, langkah apa yang selanjutnya dilakukan?

Selain perawatan dari luar, Moms perlu mempertimbangkan perawatan kulit dari dalam, yaitu dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

Cara pertama yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan, yaitu rutin minum air putih. Minum air putih bertujuan untuk menjaga hidrasi tubuh dengan baik dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Jika seseorang mengalami dehidrasi, ada lebih sedikit air yang ditransfer ke kulit dari sirkulasi darah.

Nah, cara lainnya yang bisa Moms lakukan, yaitu menjaga asupan makanan dengan nutrisi seimbang dan perbanyak sumber vitamin C di dalam tubuh. Dengan begitu, kulit bisa terlihat lebih sehat dari dalam.

Tak kalah penting juga, terapkan pola tidur yang cukup dan rutin berolahraga. Kebiasaan baik ini ternyata juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit, lho, Moms!

Itulah beberapa cara menghilangkan kulit belang yang bisa dilakukan. Tertarik untuk mencobanya?

  • https://www.asds.net/skin-experts/skin-conditions/age-spots
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/fade-dark-spots
  • https://www.everydayhealth.com/beauty-pictures/tricks-to-treat-hyperpigmentation.aspx
  • https://www.everydayhealth.com/healthy-skin/can-you-hydrate-your-way-to-healthy-skin/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait