Kesehatan

KESEHATAN
7 April 2021

Simak 14 Cara Menghilangkan Kutu Air dan Pencegahannya

Tak usah khawatir, cara ini bisa dicoba di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Intan Aprilia

Kutu air adalah penyakit yang akrab bagi banyak orang. Karenanya Moms harus tahu cara menghilangkan kutu air secara alami.

Kondisi ini biasanya menyerang area tubuh yang kerap terkena air atau lembap, khususnya sela-sela jari kaki dan tangan. Nah, jadi jangan heran kalau Moms merasakan gatal di sela jari kaki dan tangan ketika sering mencuci.

Kutu air memang bukan penyakit serius. Namun, bisa sangat mengganggu karena rasanya gatal dan terkadang perih, disertai kulit terkelupas.

Selain itu, kaki pun terkadang menjadi bau. Bahkan, kutu air bisa menular ke bagian tubuh yang lain seperti tangan hingga wajah.

Baca Juga: Apa Perbedaan Kadas, Kurap, Kudis, dan Panu? Jangan Tertukar ya!

Cara Menghilangkan Kutu Air di Tangan dan Kaki

Kabar baik untuk Moms! Ternyata cara menghilangkan kutu air bisa dilakukan dari rumah lho! Berikut cara menghilangkan kutu air alami yang bisa Moms coba:

1. Hidrogen peroksida

Hydrogen peroxide.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Melansir dari penelitian tahun 2013, hidrogen peroksida merupakan cara menghilangkan kutu air yang efektif karena dapat membunuh jamur serta bakteri di permukaan yang terinfeksi.

Tuangkan hidrogen peroksida langsung ke area yang terkena. Untuk hasil yang maksimal lakukan 2 kali sehari ya, Moms.

2. Tea Tree Oil

tea tree oil - facty.com.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tea tree oil memiliki sifat antijamur dan antibakteri, sehingga bisa digunakan untuk mengobati banyak infeksi jamur (termasuk kurap dan kandidiasis).

Sebuah studi Australasian Journal of Dermatology, tahun 2002 menemukan bahwa mengoleskan tea tree oil setiap hari dapat mengobati gejala kutu air dan jamur

Cara menghilangkan kutu air yaitu oleskan tea tree oil ke area yang terkena kutu air sebanyak 2 kali sehari.

3. Minyak Mimba

duan mimba.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan kutu air bisa menggunakan minyak mimba atau dikenal sebagai neem (Azadirachta indica).

Melansir jurnal Brazilian Society of Microbiology, minyak mimba dan ekstrak daun mimba memiliki manfaat anti jamur luar sehingga cocok untuk cara menghilangkan kutu air.

Moms dapat mengoleskan minyak mimba langsung ke area yang terkena 2 hingga 3 kali sehari dengan memijatnya ke kulit. Ini juga dapat membantu untuk mengobati infeksi kutu air yang berkembang biak.

4. Alkohol

072b030b 1 alkohol (2)

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti hidrogen peroksida, alkohol merupakan salah satu cara menghilangkan kutu air di permukaan kulit.

Moms dapat mengoleskannya langsung ke area yang terkena atau merendam tangan dan kaki di dalam dengan berisi 70 persen alkohol dan 30 persen air selama 30 menit.

Baca Juga: Mengenal Stearyl Alcohol, Jenis Alkohol yang Baik untuk Kulit

5. Bawang Putih

5 Makanan yang Bisa Bikin Berat Badan Turun - 2 Bawang Putih.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu cara menghilangkan kutu air yaitu menggunakan bawang putih. Bawang putih mungkin memiliki aroma yang kuat, tetapi bawang putih dapat menjadi pengobatan yang efektif.

Hancurkan 4 hingga 5 siung bawang putih. Setelah dihancurkan, gosokkan ke area yang terkena. Lakukan ini 2 kali sehari.

6. Garam

Tes Kehamilan dengan Garam, Apakah Bisa Akurat?

Foto: Orami Photo Stock

Garam juga bisa menjadi cara menghilangkan kutu air lho, Moms! Garam memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang cukup tinggi. Caranya, cukup campurkan dua sendok makan garam ke dalam air hangat.

Rendam kaki selama 5 sampai 10 menit. Ulangi kegiatan ini beberapa kali sampai kaki yang terkena kutu air benar-benar sembuh.

7. Bedak Bayi

manfaat-masker-bedak-bayi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan kutu air dengan sederhana yaitu menggunakan bedak bayi.

Bedak bayi berfungsi untuk mengobati kutu air dengan menjaga area yang terkena tetap kering dan bersih. Hal ini membuat jamur sulit berkembang biak dan menyebar dengan cara mengendalikan keringat dan kelembapan.

Untuk menggunakan perawatan ini, oleskan bedak langsung ke area yang terkena.

Baca Juga: 9 Manfaat Masker Bedak Bayi yang Tak Disangka-sangka

8. Sari Cuka Apel

Manfaat Cuka Apel - dosis cuka apel - shutterstock.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sari cuka apel bisa berfungsi untuk menghilangkan kutu air karena dapat mengeringkan sekaligus membantu mengontrol keringat.

Cobalah untuk merendam kaki dalam cairan sari cuka apel beberapa menit, kemudian keringkan kaki seperti biasa.

9. Baking Soda

baking soda.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan kutu air selanjutnya adalah baking soda. Cobalah menaburkan baking soda di kaki atau di kaos kaki, sebelum memakai sepatu. Bahan ini bisa jadi obat kutu air yang alami, Moms.

Pengobatan rumahan ini tidak menghilangkan rasa gatal di kaki, namun akan menyerap kelembaban di bagian dalam sepatu, sehingga jamur kutu air ini tidak menyebar.

10. Plain Yoghurt

Masker alami dari rempah dan yoghurt cocok untuk meredakan iritasi pada kulit kombinasi.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Yoghurt ternyata tidak hanya enak dikonsumsi dan bagus untuk pencernaan lho Moms. Yoghurt juga mengandung bakteri Acidophilus yang mampu menyembuhkan kutu air dengan cepat.

Jadi saat kutu air menyerang, segera oleskan plain yoghurt di area yang terinfeksi, biarkan kering dan bilas kemudian. Pastikan bukan yoghurt yang memiliki varian rasa ya Moms.

11. Minyak Bunga Matahari

minyak bunga matahari.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu cara menghilangkan kutu air dengan menggunakan minyak bunga matahari. Minyak ini dapat melawan kuman salah satunya kutu air. Moms bisa mengoleskan minyak ke area yang terkena kutu air.

12. Licorice

cara aman memutihkan wajah saat hamil-licorice.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Licorice memiliki sifat antimikroba. Selain itu, ekstrak licorice bermanfaat sebagai pengobatan alternatif untuk infeksi jamur.

Cara menghilangan kutu air dengan delapan sendok teh bubuk licorice dicampur dengan satu cangkir air dan direbus.

Setelah campuran mendingin, oleskan ke area yang terkena dan dibiarkan mengering. Diam kan selama 10-15 menit dan cara ini dapat diulangi 2 kali sehari.

13. Minyak Oregano

Oregano oil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Minyak oregano merupakan minyak esensial dan anti jamur yang kuat dibandingkan dengan banyak produk komersial.

Minyak ini efektif dalam mengobati infeksi jamur kulit, termasuk kutu air dan kurap. Cara ini dapat diterapkan tiga kali sehari.

14. Aloe Vera

5 Manfaat Aloe Vera Gel Menurut Dermatologis

Foto: Orami Photo Stock

Aloe vera bermanfaat bermanfaat melawan infeksi bakteri dan jamur. Selain itu, lidah buaya juga memiliki efek pendinginan pada kulit, mengurangi gatal, kemerahan, pembengkakan, dan ketidaknyamanan.

Aloe vera dapat dioleskan langsung ke area tersebut dan dioleskan kembali beberapa kali.

Baca Juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Gigitan Kutu Kasur pada Balita

Cara Mencegah Kutu Air di Tangan dan Kaki

Dampak Berbahaya Jika Malas Cuci Tangan-2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah dibahas di awal, kutu air bisa saja hadir ketika Moms sering kali beraktivitas dan bersentuhan dengan air.

Yup, terlalu sering terkena air, akan menyebabkan seseorang terkena penyakit kutu air. Rasa gatal yang ditimbulkan tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Bahkan rasa gatal ini terkadang dibarengi juga dengan rasa perih, apalagi saat terkena air. Jadi, sangat penting untuk Moms tahu cara mencegah terjangkit kondisi ini.

Setelah mengetahui cara menghilangkan kutu air, penting banget nih Moms untuk mengetahui cara mencegahnya.

1. Cuci Tangan dan Kaki

Ketika Moms selesai melakukan aktivitas di luar rumah, jangan lupa mencuci tangan dan kaki sebelum masuk ke kamar ya! Tidur dengan tangan dan kaki yang kotor bisa menjadi pemicu lain kutu air.

Jadi, pastikan untuk mencuci kaki dengan air mengalir dan juga sabun! Tak lupa untuk mengelap kaki hingga kering dengan menggunakan handuk!

2. Mengganti Kaos Kaki Secara Berkala

Agar terhindar dari kutu air, penggunaan kaos kaki secara berkala bisa menjadi sebuah solusi. Menggunakan kaos kaki berulang kaki bisa menyebabkan jamur penyebab kutu air berkembang biak.

Kutu air bisa disebabkan karena kaos kaki yang sudah dipakai telah tercampur dengan keringat kaki serta suhu sepatu yang lembap. Nah, karenanya, Moms harus mengganti kaos kaki setiap menggunakan sepatu ya!

3. Pastikan Sepatu Kering

Moms perlu ingat bahwa jamur sangat senang tinggal di area yang lembap dan dengan suhu yang hangat. Karena hal tersebut, pastikanlah sepatu Moms sudah kering bagian luar dan dalamnya jika ingin dipakai.

Menggunakan sepatu yang masih basah atau lembap bukan hanya membuat Moms bisa terjangkit kutu air namun hal tersebut bisa menyebabkan bau kaki!

Baca Juga: Mengenal Penyakit Lyme, Ruam Akibat Gigitan Kutu

Nah, itu beberapa bahan yang bisa jadi obat kutu air alami. Tapi, sebelum terkena, sebaiknya kita sudah mulai melakukan tindakan pencegahan ya Moms. Semoga membantu ya, Moms!

  • https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-athletes-foot#complications
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/319563#why-do-people-get-athletes-foot
  • https://www.medicinenet.com/how_do_you_get_rid_of_athletes_foot_fast/article.htm
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3716994/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12121393/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3768785/

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait