Home & Living

2 Juni 2021

Cara Menghilangkan Kutu Anjing di Rumah, Dijamin Ampuh!

Moms juga bisa menggunakan beberapa bahan alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Kutu pada anjing atau hewan peliharaan lainnya adalah parasit yang mengganggu dan berbahaya untuk kesehatan sehingga harus dihilangkan. Lalu bagaimana cara menghilangkan kutu anjing?

Memiliki hewan peliharaan dapat bermanfaat bagi kesehatan. Hewan peliharaan dapat membuat kita lebih sering berolahraga, keluar rumah dan bersosialisasi.

Menurut hasil penelitian yang dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan kesehatan, menurunkan stres, dan membawa kebahagiaan bagi pemiliknya.

Beberapa manfaat kesehatan karena memiliki hewan peliharaan di antaranya adalah menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan kadar trigliserida atau lemak darah.

Salah satu hewan yang favorit untuk dijadikan hewan peliharaan adalah anjing. Tentunya Moms dan Dads harus memiliki komitmen ketika ingin memelihara anjing di rumah.

Selain memperhatikan makanannya, Moms dan Dads juga perlu memperhatikan kesehatannya, dan salah satu pengganggu terbesar anjing adalah kutu yang hidup sebagai parasit pada tubuh anjing.

Kutu bisa sangat mengganggu bagi anjing di rumah. Dalam penelitian The Korean Journal of Parasitology, dikatakan bahwa tingkat penularan tertinggi sebanyak 24,7% yang diamati pada bulan Agustus dan tingkat serangan kutu terendah adalah 1,7% pada bulan Januari di negara yang memiliki empat musim.

Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian lainnya yang mengamati bahwa penularan pinjal puncak terjadi selama musim panas tahunan

Jenis kutu anjing memang lebih memilih inang hewan, tetapi beberapa jenis lainnya juga dapat menular pada manusia.

Mereka dapat menularkan kuman penyebab penyakit dengan memakan inang atau melalui kontaminasi tinja saat kotoran yang terinfeksi kutu mengenai luka terbuka.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Hamster Agar Tidak Mati dan Bau

Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Membasmi kutu anjing

Foto: Unsplash.com

Gigitan kutu lebih dari sekadar gangguan gatal bagi beberapa anjing. Bekas gigitannya dapat menyebabkan dermatitis akibat alergi kutu dan rasa tidak nyaman dengan menggaruk bagian tubuhnya yang terasa gatal secara berlebihan.

Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan kerontokan pada bulu atau masalah kulit lainnya.

Parasit kecil penghisap darah ini mengiritasi kulit anjing. Banyak anjing alergi terhadap gigitan kutu, yang dapat menyebabkan garukan yang intens, mengakibatkan kulit merah dan bersisik, koreng, hot spot, dan bulu rontok.

Kutu juga dapat menyebabkan cacing pita masuk ke tubuh anjing dan anemia.

Jika Moms dan Dads menyadari peliharaan kesayang terkena kutu, berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kutu anjing yang tepat.

1. Pahami Siklus Hidup Kutu

Cara menghilangkan kutu anjing yang pertama adalah dengan memahami siklus hidup kutu. Kutu melewati empat tahap siklus hidup, yaitu:

  • Telur
  • Larva
  • Kepompong
  • Dewasa

Kutu dewasa hidup dari hewan seperti anjing atau kucing, dimana mereka menghisap dan mencerna darah lalu bertelur. Satu kutu betina bisa bertelur hingga 2.000 telur.

Telur-telur ini menetas dalam 1-10 hari dan dapat menyebar ke seluruh rumah dan halaman setiap kali anjing menggaruk, menggoyangkan tubuhnya, ataupun berbaring.

Mereka kemudian menetas menjadi larva yang tidak kelihatan oleh mata telanjang, lalu dapat berpindah ke inangnya dan memakan darah dan kotoran kutu (darah yang dicerna dari kutu dewasa).

Selama tahap pupa mereka membentuk kepompong, di mana mereka menunggu selama beberapa hari atau hingga satu tahun, sampai inang bertubuh hangat muncul.

Kemudian mereka menetas, menjadi dewasa, dan menempati inang hewan mereka, seperti anjing Moms dan Dads di rumah.

Tahapan ini penting untuk diketahui, karena untuk membasmi kutu perlu mencakup berbagai bagian siklus hidup kutu. Berbeda siklusnya, berbeda pula penanganannya, jadi pastikan Moms dan Dads membaca label produk penghilang kutu dan ikuti petunjuk sebelum digunakan.

2. Memandikan Anjing

Cara menghilangkan kutu anjing selanjutnya adalah dengan memandikan anjing di rumah. Mandikan anjing menggunakan air hangat dan sampo khusus menghilangkan kutu.

Mungkin beberapa anjing memiliki alergi terhadap kandungan yang terdapat pada sampo khusus anti kutu. Jika ini terjadi, Moms dan Dads tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu atau menggunakan alternatif lain.

3. Sisir Bulu Anjing dengan Sisir Khusus

Untuk cara menghilangkan kutu anjing Moms dan Dads di rumah, pastikan Moms dan Dads rajin menyisir bulu anjing dengan menggunakan sisir khusus, yang biasa disebut dengan sisir kutu.

Sisir kutu memiliki gigi-gigi rapat dan halus untuk menjebak dan menangkap kutu. Sisir kutu juga membantu mengurangi kotoran kutu dan telur kutu.

Pastikan Moms dan Dads menyisir pada bagian leher dan ekor anjing, karena biasanya di bagian inilah kutu mencari makan dengan menghisap darah anjing.

Baca Juga: Sebelum Memelihara, Ketahui 18 Cara Merawat Kelinci dengan Baik

4. Obat Kutu

Cara menghilangkan kutu anjing lainnya adalah dengan memberikan obat kutu pada anjing.

Mengutip dari U.S Food & Drugs Administration, produk obat kutu sangatlah beragam, dari pil yang diberikan melalui mulut, sampo, bedak, hingga obat tetes kutu yang diteteskan di antara tulang belikat dan punggung.

Namun, Moms dan Dads harus berhati-hati dalam menggunakan produk pembasmi kutu, pastikan untuk membaca label dan petunjuk penggunaan dengan cermat sebelum memberikannya kepada anjing di rumah.

Pastikan juga produk yang digunakan terdaftar resmi, biasanya telah diuji oleh FDA atau Environmental Protection Agency (EPA), atau rekomendasi langsung dari dokter hewan.

5. Bersihkan Lingkungan Tinggal Anjing

Cara menghilangkan kutu anjing yang terbaik adalah dengan memutus siklus hidup kutu. Pencegahan dilakukan dengan membunuh kutu atau telur-telurnya yang berada di sekitar rumah dengan cara membersihkan rumah secara berkala.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Moms dan Dads perhatikan untuk membasmi kutu di rumah secara optimal:

  • Cuci semua tempat tidur anjing dan mainan anjing yang lembut dengan air sabun hangat. Ulangi sesering mungkin.
  • Bersihkan tempat tidur Moms dan Dads, dengan mencuci selimut atau bantal apa pun yang disukai anjing untuk tidur.
  • Sedot kotoran yang ada di rumah, termasuk karpet, lantai dan furnitur menggunakan alat penyedot debu.
  • Kurangi frekuensi anjing keluar rumah untuk sementara, hindari rerumputan tinggi.
  • Selama musim kutu, jangan biarkan anjing berinteraksi dengan anjing asing dan pastikan teman bermainnya bebas dari kutu.

Baca Juga: Kesetiaan Jadi Alasan, Ini 5 Artis yang Memelihara Anjing dan Menyayanginya

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami

Basmi kutu anjing dengan alami

Foto: Freepik.com

Selain cara-cara di atas, ada beberapa cara menghilangkan kutu anjing yang dapat dilakukan secara alami. Cara berikut ini dinilai lebih aman dilakukan terutama jika anjing Moms dan Dads memiliki alergi terhadap bahan kimia.

Beberapa pilihan cara menghilangkan kutu anjing secara alami adalah sebagai berikut:

6. Minyak Atsiri (Essential Oil)

Salah satu cara menghilangkan kutu anjing secara alami adalah dengan menggunakan minyak esensial.

Beberapa minyak esensial bisa menjadi obat kutu yang sangat baik untuk anjing. Citronella, eucalyptus, peppermint, tea tree, dan rosemary secara alami akan mengusir kutu.

Beberapa sampo anti kutu biasanya mengandung salah satu minyak-minyak tersebut.

Jika anjing Moms dan Dads tidak keberatan dengan botol spray, encerkan beberapa tetes minyak esensial pilihan ke dalam 300-400 ml air, kemudian semprotkan langsung ke bulu anjing kesayangan. Hindari menyemprot area wajahnya.

Penting untuk diketahui bahwa sejumlah minyak esensial, seperti minyak tea tree, bisa sangat beracun bagi hewan peliharaan kecuali jika diencerkan dengan tepat (0,1% -1%).

Jangan gunakan larutan minyak esensial buatan sendiri untuk hewan peliharaan sampai Moms dan Dads memastikan keamanannya.

Saat ini telah beredar beberapa pilihan produk spray anti kutu alami yang telah diracik agar aman digunakan oleh anjing peliharaan. Moms dan Dads dapat menemukan produk-produk ini di pet shop atau toko online.

Baca Juga: Tips Memelihara Ikan Hias di Rumah, Si Kecil Harus Tahu!

7. Cuka Apel dan Garam

Cara menghilangkan kutu anjing secara alami lainnya adalah dengan menggunakan campuran cuka apel dan garam.

Cuka apel merupakan cara untuk mengobati kutu pada anjing secara alami dengan menyeimbangkan tingkat pH anjing, menciptakan lingkungan yang optimal untuk kesehatan anjing.

Cara menggunakan cuka apel dan garam untuk dijadikan obat penghilang kutu secara alami adalah dengan cairkan enam cangkir cuka apel dengan empat cangkir air, tambahkan sedikit garam laut, lalu semprotkan langsung ke bulu anjing. Pastikan untuk menghindari mata anjing.

8. Rosemary

Rosemary dapat digunakan untuk mengobati infestasi kutu ringan pada hewan peliharaan.

Cara menghilangkan kutu anjing secara alami dengan menggunakan daun rosemary yaitu rendam daun rosemary segar dalam air mendidih, lalu saring campurannya dan cairkan dengan air hangat.

Saat air mencapai suhu yang hangat dan nyaman, siram tubuh anjing Moms dan Dads dengan air tadi secara perlahan, dan biarkan mengering secara alami.

9. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah terkenal akan manfaatnya untuk manusia. Ternyata, minyak kelapa juga memberikan banyak manfaat untuk anjing peliharaan.

Minyak kelapa dapat membantu dalam berbagai cara menghilangkan kutu anjing.

Mengoleskan satu sendok teh minyak kelapa langsung ke bulu anjing tidak hanya akan mengusir kutu, tetapi juga membuat bulunya berkilau dan mengurangi bau badan.

Mengutip dari American Kennel Club, minyak kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-jamur, antibakteri, dan dapat membantu melawan virus.

Sampo yang dibuat dengan minyak organik seperti minyak kelapa dapat memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi alergen. Minyak kelapa juga dapat membuat bulu anjing mengkilap dan licin.

Baca Juga: Bibir Anak Zaskia Mecca Bengkak Akibat Alergi Kucing, Bagaimana Cara Menanganinya?

Inilah beberapa cara menghilangkan kutu anjing di rumah. Semoga anjing kesayangan Moms dan Dads segera bebas dari parasit menyebalkan ini, ya!

  • https://pets.webmd.com/remove-fleas-from-pet#1
  • https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/safe-use-flea-and-tick-products-pets
  • https://www.akc.org/expert-advice/health/how-to-get-rid-of-fleas/
  • https://jetpetresort.com/blog/dog-care/30-ways-to-naturally-prevent-and-get-rid-of-fleas-on-dogs/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2892570/
  • https://www.akc.org/expert-advice/health/is-coconut-oil-good-for-dogs/
  • https://www.cdc.gov/healthypets/health-benefits/index.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait