Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
2 Desember 2020

Khusus Pria: 10 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dan Tampil Lebih Menawan

Banyak pria memiliki kulit berminyak, tetapi itu tidak berarti kita tidak bisa menghilangkannya. Pelajari mengapa pria memiliki kulit berminyak dan bagaimana cara menghilangkannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Wajah pria yang tampak berkilau setelah melakukan olahraga di tempat gym adalah biasa. Akan tetapi, ketika wajah Anda terus berkilau dan berminyak sepanjang hari, ini tentu mengecewakan.

Ya, siapa pun bisa memiliki kulit berminyak dan pria diketahui memiliki produksi sebum lebih tinggi dan ukuran pori lebih besar daripada wanita. Pertama, karena pria memang lebih rentan terhadap kulit berminyak daripada wanita.

Dalam laporan berjudul 'Oily Skin: A Review of Treatment Options,' Dawnielle C. Endly, DO, and Richard A. Miller, DO, disebutkan bahwa pria secara umum memiliki produksi sebum yang lebih tinggi karena dikaitkan dengan tingkat testosteron yang juga lebih tinggi.

Sama seperti wanita, di bawah kulit pria juga terdapat kelenjar yang disebut kelenjar sebaceous.  Kelenjar ini bertanggung jawab untuk melindungi kulit dengan pelumas alami (minyak) yang disebut sebum.

Meskipun semuanya baik dan normal, pria juga memiliki hormon yang disebut dihidrotestosteron (DHT) di dalam tubuh. Hormon ini adalah salah satu bahan dasar yang membuat seseorang menjadi pria. Namun, tingkat DHT yang lebih tinggi dalam tubuh menyebabkan produksi sebum berlebih dan membuat kulit terlihat lebih berminyak.

Baca Juga: 10 Langkah Perawatan Wajah Untuk Si Kulit Berminyak

Bukan hanya terkait dengan hormonal, produksi minyak di wajah pria juga berfluktuasi berdasarkan cuaca. Inilah kenapa masalah wajah berminyak pada pria terkadang lebih komplek dibandingkan masalah wajah berminyak pada wanita.

“Sebum juga bervariasi menurut lingkungan seseorang dan juga waktu atau cuaca. Beberapa penelitian telah menjelaskan adanya peningkatan produksi sebum selama musim semi, musim panas dan di iklim yang lebih lembab," ujar penelitian tersebut seperti dikutip dari Blog Siobeauty.

Produksi minyak pada wajah pria juga bergantung pada genetika dan kebiasaan perawatan kulit. Anda mungkin tidak bisa berbuat apa-apa ketika itu berkaitan dengan gen Anda. Akan tetapi, rutinitas perawatan kulit adalah sesuatu yang dapat dikendalikan untuk menghilangkan atau minimal meminimalisir minyak di wajah pria seperti Anda.

Namun, tidak semuanya tentang kulit berminyak pada pria adalah hal yang buruk. Perlu Anda ketahui bahwa kulit yang lebih berminyak cenderung menua jauh lebih baik daripada kulit kering. Jadi ketika semua orang terlihat keriput dan lelah, kulit Anda akan lebih kencang dan lebih berenergi.

Akan tetapi tetap saja, karena Anda laki-laki, bukan berarti kulit berminyak Anda tidak ada harapan lagi. Anda mungkin rentan mengalami kulit berminyak yang tampak berkilau, tetapi ada banyak cara untuk mengatasinya.

10 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dan Tampil Lebih Menawan

Untuk mengurangi minyak di wajah pria, salah satu upayanya adalah membangun rutinitas dengan produk seperti toner, pelembab bebas minyak, dan masker. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara untuk mengurangi minyak di wajah pria:

1. Jaga Kulit Tetap Bersih

2305151430.jpg

Menjaga kebersihan kulit Anda adalah salah satu bagian terpenting dari rutinitas perawatan kulit apa pun. Hal ini tidak boleh dikecualikan, termasuk ketika para pria berusaha mengendalikan produksi minyak di wajahnya.

Namun, pembersihan harus dilakukan dengan benar untuk memastikan hal tersebut tidak merusak atau mengiritasi kulit dan justru memperparah masalah kulit wajah. Meskipun tampaknya perlu berinvestasi dalam pencuci wajah yang mahal, tenang saja karena itu tidak diperlukan.

Faktanya, jika saat ini Anda sedang menggunakan pembersih wajah, ada kemungkinan bahan tersebut justru mengiritasi kulit wajah.

Banyak pembersih wajah mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kekeringan, peningkatan produksi minyak, dan banyak lagi. Oleh karena itu, saat memilih pembersih wajah, pilihlah bahan organik dan alami.

Pembersih wajah yang mengandung bahan antibakteri alami seperti minyak pohon teh dan minyak peppermint sangat bagus untuk digunakan. Akan tetapi, pastikan untuk mengujinya di bagian kecil kulit sebelum digunakan di seluruh wajah Anda.

2. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Kulit Wajah

Alih-alih berusaha maksimal dalam cara menghilangkan minyak di wajah, terlalu sering membersihkan dan menggosok kulit justru bisa membuat wajah Anda menjadi lebih kering. Jika wajah menjadi lebih kering, maka hal tersebut justru akan membuat lebih banyak sebum dan juga minyak kembali muncul.

Ada beberapa pedoman yang perlu diikuti untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dan bebas dari iritasi, yaitu:

  1. Bersihkan pagi dan malam hari. Jika memang terasa perlu mencuci muka pada siang hari, bilas wajah dengan cepat. Jangan terlalu sering membasuh wajah, lakukan maksimal 3 kali sehari.
  2. Jangan mencuci muka dengan air panas dan sebaliknya, bilas wajah dengan air dingin karena hal ini dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mencegah penyumbatan.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

3. Eksfoliasi 1-2 Kali per Minggu

Face scrub for men.jpeg

Eksfoliasi atau pengelupasan pengangkatan kulit mati harus dilakukan tidak lebih dari dua kali seminggu, agar kulit tidak teriritasi akibat pengelupasan berlebihan. Lulur atau masker wajah untuk eksfoliasi berfungsi untuk mengelupas kulit mati dan mengangkat penumpukan minyak berlebih.

Akan tetapi, masker wajah untuk eksfoliasi ini bisa terlalu keras dan juga perlu berhati-hatilah agar lulur tidak tertinggal di dalam jenggot.

Para pria dapat mencoba beberapa resep masker alami berikut untuk pengelupasan kulit yang lembut:

4. Menggunakan Pelembap Wajah

Banyak pria enggan menggunakan pelembap wajah seperti halnya yang biasa dilakukan wanita. Terlebih ketika para pria merasa bahwa menjaga kelembapan kulit tidak perlu karena kulit sudah berminyak.

Kenyataannya adala hanya karena Anda memiliki kulit berminyak tidak berarti kulit Anda terhidrasi.  Jika Anda ingin menggunakan pelembap wajah, maka Anda harus memastikan pelembap tersebut ringan dan bebas minyak. Waktu terbaik untuk melembapkan kulit wajah Anda adalah setelah pencucian dan pengelupasan kulit.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Pelembab yang Baik Berdasarkan 4 Jenis Kulit Wajah

5. Gunakan Cream Aftershave yang Tepat

Mens cream aftershave

Beberapa produk cream aftershave mungkin terlalu berminyak untuk kulit Anda. Jadi, pastikan untuk tidak menggunakan cream aftershave yang berkontribusi pada masalah minyak di wajah Anda. Periksa bahan-bahannya untuk memastikan terhindar dari penambahan lapisan minyak yang tidak perlu ke kulit Anda.

6. Tetap Terhidrasi

Memastikan Anda minum cukup air adalah salah satu bagian terpenting dalam usaha mengurangi minyak di wajah dan menjaga kesehatan kulit secara umum. Jika Anda minum cukup air, kulit Anda akan tetap terhidrasi.

Orang yang tidak minum cukup air biasanya mengalami kulit kering. Meskipun demikian, jika Anda adalah seseorang yang tidak terhidrasi dengan baik, itu bisa menjadi salah satu penyebab produksi minyak di wajah yang berlebih. Terkadang kulit dapat memproduksi minyak secara berlebihan untuk membantu melindungi kulit yang tidak terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: Waspadai 4 Pertanda Dehidrasi

7. Jangan Tusuk atau Pecahkan Jerawat di Wajah

memecahkan jerawat.jpeg

Memecahkan atau menggaruk jerawat di wajah adaah hal yang dilarang. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bekas jerawat dan menyebarkan bakteri ke bagian lain dari wajah Anda, menciptakan noda baru, menyebarkan jerawat, dan berpotensi menambah jaringan parut.

Jika ini adalah kebiasaan Anda, maka Anda harus berhenti secepatnya. Anda pasti akan melihat perbaikan pada kulit, setelah menghentikan kebiasaan ini.

8. Simpan Lembar Blotting atau Kertas Minyak Wajah di Tangan

Meskipun mengikuti semua tip dan trik yang ada, minyak di wajah terkadang masih muncul karena Da sedikit kelebihan atau sisa. Di sinilah lembar blotting bisa sangat berguna. Jika Anda belum terbiasa dengan blotting sheets, itu adalah potongan kertas tipis yang dibuat untuk menyerap kelebihan cairan di wajah termasuk minyak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker untuk Kulit Berminyak

9. Makan Makanan Sehat Untuk Kulit

Makanan sehat untuk kulit wajah pria.png

Banyak pepatah bilang, apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh akan banyak berkaitan dengan apa yang terjadi di luar tubuh. Makanan yang Anda makan dapat berpengaruh besar pada jumlah minyak di kulit atau jerawat yang muncul di wajah Anda.

Diet kulit yang sehat berarti lebih sedikit gula dan lemak tidak sehat, serta lebih banyak sayuran, lemak, dan protein sehat, seperti ikan, minyak zaitun, dan avokad. Susu adalah makanan pemicu masalah kulit lainnya yang mungkin ingin Anda hindari.

10. Cuci Sarung Bantal Anda

Jika Anda adalah pria yang serius ingin mengurangi minyak di wajah Anda, maka inilah salah satu cara yang tidak Anda duga. Rajinlah mencuci sarung bantal yang biasa digunakan saat tidur.

Saat Anda berbaring untuk tidur nyenyak, minyak dari wajah Anda berakhir di bantal. Tidur minggu demi minggu di sarung bantal yang sama, berarti Anda juga tidur di atas lapisan minyak dan bakteri.

Belilah beberapa sarung bantal ekstra dan coba ganti sarung bantal Anda sekali dalam seminggu. Ingat, cuci bersih sebelum digunakan kembali karena disanalah bakteri dan minyak dari wajah Anda banyak menempel.

Jangan biarkan kulit berminyak membuat Anda menjadi pria yang merasa tidak percaya diri dengan penampilan Anda sendiri. Beberapa tips dan trik di atas merupakan sesuatu yang mudah diikuti dan tidak membutuhkan banyak usaha.

Baca Juga: Kulit Berminyak Bikin Awet Muda, Mitos atau Fakta?

Lakukan perlahan atau lakukan 1-3 perubahan baru per minggu dalam rutinitas kulit Anda dalam cara menghilangkan minyak di wajah. Dengan proses ini, Anda kemungkinan akan melihat peningkatan dalam bulan pertama dan dapat tampil dengan kulit wajah yang lebih sehat serta tentunya membuat lebih nyaman beraktifitas.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait