Kesehatan

1 Juli 2021

8 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Selain Minum Kopi, Coba Yuk!

Bagaimana cara menghilangkan ngantuk di pagi hari lainnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms mungkin pernah merasa letih dan mengantuk di pagi hari, padalah sudah cukup tidur. Banyak orang percaya cara menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah meminum secangkir kopi.

Padahal, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan gelisah, cemas dan buang air kecil berlebihan. Lalu bagaimana cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang baik?

Baca juga: Para Istri, Jangan Lakukan 4 Hal Ini di Tempat Tidur!

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur

Tips meningkatkan kualitas tidur

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu masalah yang membuat kantuk di pagi hari adalah kualitas tidur yang tidak baik. Semakin buruk kualitas tidur membuat Moms semakin sulit untuk bangun di pagi hari. Padahal, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatan lho Moms.

Nah, biar bisa bangun segar di pagi hari, berikut tips meningkatkan kualitas tidur yang perlu Moms coba di rumah.

1. Mematikan Layar Satu Jam Sebelum Tidur

Satu jam sebelum tidur, sebaiknya Moms mulai mematikan semua layar yang ada di kamar, termasuk layar ponsel. Hal ini dipercaya dapat membantu tidur lebih berkualitas.

2. Tidur dengan Posisi yang Sama Setiap Malam

Moms juga bisa meningkatkan kualitas tidur dengan memiliki posisi yang tepat. Jika Moms lebih suka tidur memiringkan badan, bisa memiliki cara tersebut agar lebih nyaman ketika memejamkan mata.

3. Menciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Cara lain yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan menciptakan lingkungan yang nyaman. Moms bisa mulai dengan mengubah dekorasi kamar sehingga menjadi lebih nyama. Moms juga dapat memasang diffuser agar udara kamar semakin bersih dan baik untuk pernapasan.

Baca juga: 6 Kebiasaan di Malam Hari, yang Bisa Bikin Pagi Jadi Lebih Produktif

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Ada banyak cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang bisa Moms lakukan selain minum kopi. Metode berikut ini dianggap lebih menyenangkan dan juga baik untuk kesehatan. Bagaimana caranya? Simak artikelnya yuk Moms.

1. Coba 90-minute Sleep Cycle

Menjaga kualitas tidur.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu cara menghilangkan ngantuk yang dianggap sehat adalah penerapan siklus tidur 90 menit dengan menyetel dua alarm.

Satu alarm untuk 90 menit sebelum Moms benar-benar ingin bangun. Pasang alarm satu lagi di waktu sudah siap untuk bangun.

Jurnal healthy sleep harvard menjelaskan teori tidur 90 menit di antara penundaan akan menjadi siklus tidur yang sangat baik dan memungkinkan Moms untuk bangun setelah REM (rapid eye movement).

2. Minum Segelas Air Saat Bangun Tidur

Minum segelas air putih

Foto: Orami Photo Stock

Kelelahan merupakan gejala klasik dehidrasi, bahkan kasus ringan pun dapat memicu perasaan kantuk, perubahan kemampuan kognitif, dan gangguan mood. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition. Biarkan segelas air menyegarkan seluruh tubuh Moms sebelum memulai kegiatan.

Jika Moms merasa masih tidak bisa menghilangkan kelesuan di pagi hari, cobalah menambah asupan air dan minuman nonkafein lainnya sepanjang hari.

3. Lakukan Peregangan Saat Bangun Pagi

Lakukan peregangan di pagi hari

Foto: Orami Photo Stock

Melakukan peregangan merupakan salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari. Gerakan-gerakan peregangan yang dilakukan setelah bangun bangun pagi dapat mengaktifkan kembali otot-otot yang kaku saat tidur di malam hari. Peregangan di pagi hari dapat melepaskan endorfin yang merangsang energi.

Selain itu, Moms juga bisa meluangkan waktu sekitar 25 menit untuk melakukan yoga di pagi hari. Kegiatan ini terbukti meningkatkan energi dan fungsi otak.

Baca juga: 15+ Manfaat Bangun Pagi, Yuk Biasakan Moms!

4. Mandi Air Dingin

Mandi air dingin merupakan cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Foto: Orami Photo Stock

Mandi air dingin merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk di pagi hari. Metode ini dapat membantu perubahan suhu pada tubuh, sehingga akan terasa lebih segar sepanjang hari.

Jika Moms memiliki alergi terhadap air dingin, coba dimulai dengan mencuci muka. Cara ini dapat membuat mata lebih terbuka di pagi hari dan perlahan membantu energi lebih terisi.

5. Jangan Lupa Sarapan

Jangan lupa sarapan

Foto: Orami Photo Stock

Sarapan dapat mengatasi kelelahan dan dapat membuat Moms bersemangat sepanjang hari. Pilih jenis makanan yang sehat untuk memulai kegiatan di pagi hari seperti protein tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah rendah gula.

Memberikan asupan kalori untuk tubuh merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk di pagi hari. Pastikan Moms konsumsi makanan setelah berolahraga bukan sebelum ya.

6.Hindari Gula Hingga Makan Siang

Hindari makanan tinggi gula

Foto: Orami Photo Stock

Semua sarapan tidak dibuat sama, jadi pertimbangkan pilihan makanan untuk sarapan. Makanan manis seperti minuman kopi manis, kue kering, dan sereal sarapan dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah secara drastis sehingga Moms akan lebih mudah lelah.

Perhatikan label nutrisi untuk mengetahui berapa banyak gula yang terkandung dalam sarapan yang Moms konsumsi. Pilih makanan utuh untuk sarapan seperti apel, wortel, dan jeruk agar mudah diakses.

Baca juga: Minum Kopi Instan Setiap Hari, Apa Bahayanya?

7. Kurangi Kopi

Kurangi minum kopi sebagai cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah dengan mengurangi asupan kopi. Ya, bukan menghilangkan tapi mengurangi jumahnya. Karena kopi memang memiliki manfaat untuk kesehatan, tetapi jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan rasa lelah di kemudian hari.

Moms yang sudah biasa konsumsi kopi sebagai sarapan, dapat mengurangi dengang mengganti ukuran gelasnya. Jika terbiasa dengan mug, mulai sekarang ganti dengan cangkir ya Moms.

8. Lakukan Kardio di Pagi Hari

Latihan kardio

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa penelitian telah menghubungkan latihan cardio seperti aerobik dengan menurunkan rasa lelah, khususnya di pagi hari. Moms juga dapat melakukan latihan kardio lain, seperti bersepeda atau jalan kaki juga bisa menjadi cara menghilangkan ngantuk di pagi hari.

Jika Moms sibuk di pagi hari, cobalah gerakan seperti putaran high-knees dan jumping jacks. Bahkan latihan memutar tubuh selama 30 detik juga bisa menjadi latihan cardio yang sangat baik lho Moms.

Baca juga: 9 Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan di Rumah

Demikian penjelasan tentang cara menghilangkan ngantuk di pagi hari. Semoga bermanfaat ya Moms.

  • https://www.healthline.com/health/morning-fatigue-remedies#13.-Ultimately,-practice-good-sleep-(and-waking)-hygiene
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait