Fashion & Beauty

2 September 2021

7 Cara Menghilangkan Urat di Wajah dengan Bahan Alami, Cari Tahu Juga Penyebabnya

Bisa dengan bahan-bahan alami, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Kondisi hadirnya pembuluh darah yang serupa dengan urat di wajah dikenal dengan istilah spider veins. Sebenarnya, apa penyebab kondisi ini dan bagaimana cara menghilangkan urat di wajah?

Melansir Healthline, kondisi ini terjadi akibat pembuluh darah yang rusak di bawah permukaan kulit. Alhasil, timbul garis merah kecil yang menyebar menjadi bentuk berbentuk jaring.

Meskipun tidak berbahaya, pembuluh darah yang pecah dan memunculkan urat di wajah bisa menjadi gangguan jika membuat Moms kehilangan rasa percaya diri.

Nah, berikut ini adalah informasi lengkap beserta cara menghilangkan urat di wajah yang wajib Moms ketahui. Disimak, yuk!

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Apa Penyebab Urat di Wajah?

cara menghilangkan urat di wajah

Foto: shutterstock.com

Sebelum tahu cara menghilangkan urat di wajah, Moms juga harus tahu apa saja penyebabnya.

Ini dapat Moms gunakan untuk menghindari faktor pemicunya dan menentukan treatment yang tepat.

1. Keturunan

Moms akan lebih rentan memiliki urat di wajah jika orangtua atau saudara kandung memiliki kondisi yang sama.

2. Sering Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari yang berlebih dapat memperbesar pembuluh darah. Lapisan kulit pun jadi terkelupas dan menipis sehingga membuat pembuluh darah terlihat jelas di bawah permukaan kulit.

3. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca yang mendadak bisa meningkatkan ukuran pembuluh darah jadi lebih lebar. Inilah yang menyebabkan muncul urat-urat halus pada wajah.

Baca Juga: Garis Halus Mulai Muncul di Wajah? Hilangkan dengan 5 Cara Ini!

4. Iritasi Bahan Kimia atau Kosmetik

Bahan kimia pada kosmetik bisa merusak kulit sehingga kulit jadi tipis dan pembuluh darah jadi lebih terlihat.

Kemungkinan urat yang muncul di pipi tersebut merupakan telangiektasia. Telangiektasia merupakan suatu kondisi pelebaran pembuluh darah karena serat elastis dinding pembuluh darah melemah.

Melansir Cochrane Library Journal, kondisi ini seringkali merupakan efek samping dari pemakaian kortikosteroid jangka panjang (misalnya di dalam krim wajah).

Namun selain itu, telangiektasia juga bisa muncul pada beberapa kondisi lain seperti rosacea, konsumsi alkohol berlebih, paparan sinar matahari, pengaruh usia tua, kehamilan, skleroderma, dermatomiositis, lupus, gangguan hati, dan hereditary hemorrhagic

5. Rosacea

Kondisi kulit ini umumnya menyebabkan kulit kemerahan. Salah satu jenis rosacea, yaitu erythematotelangiectatic rosacea, dapat menyebabkan pembuluh darah pecah sehingga terlihat seperti pembuluh darah laba-laba atau urat-urat halus.

6. Kecanduan Minum Alkohol

Minuman ini dapat membuat kulit memerah karena pembuluh darah membesar. Jika sudah kecanduan, kondisi ini bisa menyebabkan spider veins.

7. Cedera

Luka bekas pukulan atau tertimpa suatu benda yang keras bisa memunculkan memar. Saat itu pula, pembuluh darah bisa pecah dan jadi lebih terlihat di permukaan kulit.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah, Dari Cara Alami Hingga Medis

Bagaimana Cara Penanganannya?

cara menghilangkan urat di wajah

Foto: Orami Photo Stock

Dokter biasanya dapat mendiagnosis pembuluh darah yang pecah di wajah dengan pemeriksaan visual.

Ada berbagai pilihan perawatan yang tersedia, tetapi tidak semua perawatan bekerja untuk semua orang, jadi seseorang dengan urat halus di wajah mungkin perlu mencoba beberapa perawatan, hingga menemukan yang sesuai.

1. Retinoid

Krim retinoid digunakan untuk banyak kondisi kulit, dan dokter mungkin merekomendasikan retinoid untuk beberapa orang dengan spider veins.

Retinoid dapat membantu mengurangi visibilitas pembuluh darah dan meningkatkan kesehatan kulit. Namun, mereka juga dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan gatal dan kemerahan di mana diterapkan.

2. Skleroterapi

Skeloterapi menggunakan suntikan agen sclerosing sebagai cara menghilangkan urat di wajah dalam waktu singkat, umumnya beberapa minggu.

Bahan yang disuntikkan membantu menutup pembuluh darah, yang menyebabkan darah yang terlihat tepat di bawah kulit menghilang.

Beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit menggunakan metode ini, tetapi efek samping ini akan hilang dalam beberapa hari.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Garis Halus di Wajah

3. Terapi Laser

Cara menghilangkan urat di wajah berikutnya adalah dengan terapi laser menggunakan sinar laser yang intens untuk menghancurkan pembuluh darah yang bermasalah.

Namun, terapi laser juga dapat merusak kulit, yang dapat membuatnya sensitif selama pemulihan.

Prosesnya juga bisa mahal, dan sering kali diperlukan beberapa sesi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Vena dapat kembali, dan prosedurnya mungkin perlu diulang.

4. Intense Pull Light (IPL)

Terapi Intense Pull Light (IPL) menggunakan lampu khusus yang menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam tanpa merusak lapisan atas.

Perawatan ini dapat berarti lebih sedikit waktu pemulihan dan lebih sedikit kerusakan pada kulit.

Terapi IPL bekerja dengan cara yang mirip dengan terapi laser untuk pembuluh darah yang rusak, meskipun beberapa sesi mungkin diperlukan untuk mencapai hasil.

Baca Juga: 10 Tips Perawatan Wajah Remaja, Ketahui Manfaatnya!

Cara Menghilangkan Urat di Wajah dengan Bahan Alami

Tidak hanya dengan terapi dan perawatan dokter, ternyata Moms bisa menerapkan cara menghilangkan urat di wajah dengan bahan alami, lho!

Namun perlu dicatat, metode ini bisa Moms gunakan jika urat di wajah timbul karena faktor eksternal dan bukan internal atau keturunan, ya.

1. Menghindari Penggunaan Air Panas

Menggunakan air panas yang berlebihan dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan muncul urat-urat halus diwajah.

Maka, sangat penting untuk menghindari penggunaan air panas saat mencuci muka.

Menggunakan air dingin atau hangat untuk membasuh tubuh dan wajah dapat membantu menghindari kerusakan pada pembuluh darah dan menjadi cara menghilangkan urat di wajah yang efektif.

2. Kompres Dingin

Kompres dingin sederhana, seperti kompres es atau sekantong kacang polong beku, dapat dioleskan ke wajah setelah terpapar sinar matahari atau panas sebagai cara menghilangkan urat di wajah.

Suhunya yang dingin dapat membantu mengurangi munculnya pembuluh darah pecah di wajah.

3. Minyak Arnica

Minyak arnica atau produk yang mengandung arnica dapat menjadi cara menghilangkan urat di wajah.

Minyak ini mungkin bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang, jadi penting untuk mengujinya di area kecil kulit terlebih dahulu dan melaporkan efek sampingnya ke dokter kulit.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat bertindak seperti zat di wajah, dan menarik kulit kencang untuk mengurangi kemerahan. Bagi sebagian orang, produk alami ini bisa jadi cara menghilangkan urat di wajah.

Cara pakainya mudah. Moms hanya perlu celupkan kapas ke dalam cuka dan mengoleskannya ke area wajah.

5. Witch Hazel

Witch hazel adalah zat alami yang dapat membantu mengurangi munculnya spider veins. Witch hazel mengandung tanin, yang memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu pori-pori terlihat lebih kecil.

Witch hazel tersedia untuk dibeli dari banyak toko makanan kesehatan, apotek, atau online.

6. Lidah Buaya

Gel dari tanaman lidah buaya dapat membantu mengobati kemerahan pada kulit dan sebagai cara menghilangkan urat di wajah.

Penelitian telah menemukan bahwa lidah buaya dapat mengurangi kemerahan seperti krim obat (hidrokortison) tetapi juga mengeringkan sel-sel kulit.

7. Rempah

Penelitian telah menemukan bahwa banyak herbal mungkin memiliki efek anti-inflamasi pada kulit.

Meskipun ramuan ini belum diuji secara langsung pada pembuluh darah laba-laba, mereka dapat membantu mendukung pengobatan dalam beberapa kasus.

Herbal yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan urat di wajah, meliputi:

  • Sage
  • calendula
  • haver
  • yarrow
  • akar marshmallow
  • kamomil

Baca Juga: Ini 3 Cara Mudah Dapatkan Kulit Wajah Kencang Tanpa Operasi

Itu dia Moms cara menghilangkan urat di wajah baik dengan bantuan medis atau bahan alami. Semoga bermanfaat, ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6483333/
  • https://www.healthline.com/health/broken-blood-vessels-on-face
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/321387#home-remedies
  • https://health.clevelandclinic.org/what-causes-spider-veins-on-your-cheeks-and-how-are-they-treated/
  • https://www.epiphanydermatology.com/blog/how-to-get-rid-of-spider-veins/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait