Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Persiapan Melahirkan | Dec 23, 2017

Cara Menghindari Operasi Caesar

Bagikan


 

Semakin banyak wanita di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia mengalami kelahiran lewat operasi caesar. Sebuah studi baru-baru ini dari Yale University of Medicine menunjukkan dua alasan utama dari kenaikan kelahiran melalui operasi caesar ini: operasi caesar lebih banyak terjadi pada ibu yang baru pertama kali melahirkan dan rendahnya tingkat VBAC (kelahiran normal setelah operasi caesar).

Untuk bayi pertama Moms, apa yang dapat Moms lakukan untuk menghindari operasi Caesar yang tidak perlu? Berikut adalah caranya.

Baca juga: Ini Alasan Melahirkan Normal Lebih Diutamakan

1. Pilihlah Dokter atau Bidan dengan Bijak

Moms bisa memilih antara dokter kandungan, dokter keluarga, dan bidan dengan tingkat operasi caesar rendah dan memiliki banyak pengalaman dalam kelahiran normal. Jika dokter atau bidan tidak mendukung kemauan Moms, tidak ada kata terlambat untuk beralih, bahkan jika tinggal beberapa minggu atau bahkan berhari-hari sebelum tanggal persalinan Moms.

2. Minta Bantuan Doula

Sederhananya, doula membantu kelahiran lebih lancar dengan memberikan dukungan fisik, emosional dan informasi, dan ada penelitian yang membuktikannya.

Menurut DONA International, doula adalah seorang profesional yang terlatih dalam proses persalinan dan memberikan dukungan terus-menerus kepada ibu hamil sebelum, selama, dan setelah kelahiran.

3. Mengikuti Kelas Persalinan Alami

Kelas persalinan alami biasanya lebih panjang dan mendalam, dengan lebih banyak interaksi dan sedikit ceramah. Instruktur yang baik dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri terhadap tubuh dan membantu Moms meyakini proses kelahiran normal.

4. Hindari Induksi Kecuali Ada Masalah Medis yang Serius

Sebagai ibu yang hamil pertama kali, beberapa penelitian menunjukkan bahwa induksi persalinan mengarah pada risiko operasi caesar. Menurut penjelasan Dr. Michael Klein dari Universitas British Columbia, sebaiknya hindari induksi kecuali karena alasan medis tentu.

Jika demikian halnya, mintalah instruktur persalinan alami dan doula untuk membantu menjalani persalinan normal dan alami, bahkan dengan keadaan yang tidak terduga.

5. Jika Melahirkan di Rumah Sakit, Persiapkan Diri di Rumah Untuk Persalinan Normal

Dokter atau bidan akan mengajarkan cara menjalani persalinan aktif. Jika Moms mengikuti rekomendasi rumah sakit agar “masuk saat kontraksi berdurasi lima menit, paling tidak satu menit, paling tidak satu jam,” kebanyakan wanita yang melahirkan bayi pertama mereka akan menjalani persalinan lebih awal.

Jadi, semakin lama Moms berada di rumah sakit sebelum bayi lahir, semakin tinggi risiko intervensi termasuk operasi caesar. Karena itu, penting sekali untuk mempersiapkan diri di rumah hingga Moms siap menghadapi persalinan normal secara aktif.

6. Hindari Epidural, Setidaknya pada Awal Persalinan

Bukti terbaik tampaknya menunjukkan bahwa prosedur epidural, terutama lebih dini, meningkatkan tingkat caesar pada ibu yang hamil pertama kali. Epidural membuat lebih sulit bagi seorang bayi dalam posisi yang tidak tepat untuk pindah ke posisi yang lebih baik, yang membatasi kemampuan Moms untuk bergerak dan memerlukan banyak intervensi lain. Doula dan kelas persalinan independen dapat memberi cara alami yang cukup sehingga Moms bahkan tidak memerlukan obat itu.

7. Tambahkan Pengetahuan tentang Persalinan

Dapatkan buku-buku atau DVD terbaik tentang persalinan, dan pelajarilah secara mendalam sebagai salah satu cara menghindari operasi caesar. Cara lain untuk menghindari operasi caesar adalah berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan Moms. Galilah pengetahuan sebanyak-banyaknya untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan alami.

Baca juga: Tips Agar Cepat Melahirkan: Lakukan 5 Aktivitas Ini

8.      Mintalah Dukungan Pasangan

Moms butuh dukungan pasangan karena sangat sulit melakukan persalinan sendiri. Bahkan dengan dukungan doula terbaik, pasangan Moms masih merupakan bagian integral dari persalinan Moms. Pastikan pasangan Moms juga ikut menghadiri kelas persalinan independen dengan Moms.

Bagaimana cara menghindari operasi caesar menurut Moms? Silakan bagikan pengalaman Moms ya.

<ROS>

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.