Bayi

BAYI
17 Agustus 2020

8 Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah

Atasi flu pada bayi dengan bahan alami seperti bawang merah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Amelia Puteri

Khawatir saat Si Kecil tiba-tiba terserang flu bahkan disertai batuk? Nah, ternyata bawang merah, bumbu masak yang Moms gunakan setiap hari di dapur bisa membantu mengobati Si Kecil dari flu dan batuknya, lho.

Apa sih sebenarnya kandungan bawang merah sehingga bisa mengobati flu dan batuk? Seperti apa cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah?

Lalu, bagaimana cara menyimpan bawang merah yang harus Moms lakukan agar bawang merah tidak cepat busuk sehingga selalu ada stok bawang merah di rumah? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya.

Apa Itu Flu?

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah apa itu flu.jpg

Foto: freepik.com

Moms pasti khawatir ya kalau bayi terserang flu dan tak kunjung sembuh. Bayi akan sulit tidur dan sulit makan tentu tidak bisa dibiarkan karena akan mudah terserang penyakit lainnya.

Influenza atau yang biasa dikenal dengan flu adalah penyakit yang paling umum diderita oleh masyarakat Indonesia. Menurut Viroj Wiwanitkit, M.D dalam Kulak Burun Bogaz Ihtis Derg (Thailand, 2009) menyatakan infeksi virus influenza adalah infeksi saluran pernapasan yang terkenal. Flu bisa menyerang siapa saja dari mulai dewasa hingga anak-anak bahkan bayi.

Kemudian menurut Wahyuni Indawati dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran UI menyatakan, secara global influenza merupakan salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada anak serta menimbulkan beban ekonomi yang cukup besar.

Grijalva, Carlos dkk dalam Jurnal Estimating Influenza Hospitalizations among Children menambahkan bahwa influenza merupakan penyebab utama infeksi pernapasan akut dan rawat inap pada anak-anak. Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi.

Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul. Banyak yang mengatakan bahwa flu sama dengan batuk-pilek. Nyatanya, flu berbeda dan memiliki gejala yang lebih parah.

Gejala flu menyerang secara mendadak, sedangkan gejala batuk pilek biasa cenderung ringan dan muncul secara bertahap. Jika dibiarkan maka flu cukup berbahaya untuk anak-anak dan bayi lho, Moms.

Untuk itu, yuk ketahui cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah berikut ini.

Baca Juga: Catat! Ini Pentingnya Vaksin Influenza untuk Anak

Sekilas Info Seputar Bawang Merah

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah sekilas info bawang merah.jpg

Foto: freepik.com

Tanaman Allium cepa atau yang biasa dikenal bawang merah adalah tanaman yang berasal dari Asia Barat yaitu Palestina dan masuk ke Indonesia melalui India. Bawang merah merupakan tanaman berumbi lapis dengan tinggi 60 cm hingga 120 cm, umbi lapis berkembang baik, berbentuk bulat telur, bentuk dan besarnya sangat bervariasi dengan tebal 4 cm hingga 15 cm.

Mengutip dari World Vision, ada beberapa obat flu alami yang bisa digunakan, misalnya teh hangat, madu, sup panas, merendam kaki, dan bawang merah. Menempatkan bawang merah di dalam ruangan juga dipercaya akan menghilangkan virus, racun, dan bahan kimia.

Menurut National Onion Association, bawang merah juga bermanfaat untuk melindungi rumah dari wabah pes dengan cara menempatkan bawang merah mentah di sekitar rumah.

Tak hanya mampu mengobati flu, bawang merah juga digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti sakit tenggorokan, penyakit kulit, keropos tulang, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Kandungan senyawa sulfur dalam bawang merah juga mampu mengatasi gangguan dalam saluran pernapasan yang mampu melegakan dan mencairkan dahak seseorang yang terserang flu dan disertai dengan batuk.

Konsumsi bawang merah dalam jumlah sedang diyakini dapat mengatasi jenis kanker usus bagian bawah, ovarium, dan laring.

Baca Juga: Fakta Dibalik 3 Mitos Penyakit Jantung yang Sering Dipercaya

6 Kandungan dalam Bawang Merah

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah kandungan dalam bawang merah.jpg

Foto: freepik.com

Sebelum mengetahui seperti apa cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah, ada baiknya ketahui dulu kandungan yang terdapat di dalamnya ya, Moms.

World Vision menyatakan bawang merah bisa digunakan sebagai salah satu obat flu. Rupanya dalam 100 gram bawang merah mentah terdapat berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Memangnya, apa saja kandungan dalam bawang merah?

1. Vitamin

Vitamin dengan kandungan tertinggi dalam bawang merah adalah vitamin C dan vitamin B6. Vitamin C berguna untuk untuk membuat kolagen. Kolagen merupakan protein yang membantu penyembuhan luka dan berfungsi untuk mendukung kesehatan serta kekebalan tubuh.

2. Mineral

Jenis mineral yang terkandung dalam bawang merah adalah Chromium. Sementara jenis mineral lainnya yang berjumlah sedang di dalam bawang merah adalah kalium.

Kalium adalah mineral yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Selain itu, ada juga zat besi yang dapat meningkatkan sirkulasi peredaran oksigen di dalam darah.

3. Protein

Protein yang terkandung dalam bawang merah sangat rendah yaitu per porsi bawang dengan berat 148 gram hanya memiliki kandungan protein 1 gram protein saja.

4. Zat Gizi Makro

Bawang merah mengandung karbohidrat dan air. Bawang merah tidak mengandung lemak sama sekali.

5. Kalori

Bawang merah memiliki kandungan kalori yang rendah. Dalam 28 gram bawang merah merah hanya mengandung 11 kalori.

6. Antioksidan

Salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam bawang merah adalah polifenol. Polifenol ini dipercaya dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh dan dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Salah satu dampak penumpukan radikal bebas adalah kanker. Nah, polifenol ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, Moms.

Antioksidan lain yang terkandung dalam bawang merah adalah quercetin yang dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi dan mengurangi reaksi alergi dengan menghentikan tubuh dari produksi histamin.

Histamin sendiri adalah zat yang membuat bersin, menangis, dan gatal jika mengalami reaksi alergi.

Baca Juga: Mulai Konsumsi Antioksidan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat 'New Normal'

8 Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah

Nah, setelah mengetahui sekilas info seputar bawang merah dan kandungan di dalamnya, berikut cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang bisa Moms terapkan di rumah. Semoga cara-cara di bawah ini bisa membantu meredakan flu Si Kecil ya, Moms.

1. Meletakkan Bawang Merah di Ruangan

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah bawang merah di ruangan.jpg

Foto: freepik.com

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang pertama ialah kupas dan iris bawang merah menjadi beberapa bagian dan letakkan di daerah bayi tidur. Bawang merah akan menyerap virus dan bakteri di sekitar ruangan termasuk dalam tubuh bayi.

2. Meletakkan Bawang Merah di Telapak Kaki

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah ini berasal dari Tiongkok dengan meletakkan bawang merah yang telah dikupas di telapak kaki bisa dibantu dengan kaos kaki atau sepatu.

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang satu ini cukup ampuh lho, Moms. Bau menyengat yang terdapat di bawang merah akan meresap ke dalam tubuh dan membunuh bakteri dan virus serta membersihkan darah di dalam tubuh.

3. Menggosok Badan Bayi dengan Bawang Merah Mentah

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah menggosok badan bayi.jpg

Foto: freepik.com

Cara berikutnya untuk mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yaitu cukup dengan memotong bawang merah menjadi dua bagian lalu gosok bagian dalam bawang merah di sekitar perut dan punggung bayi.

4. Campur dengan Minyak Kayu Putih atau Minyak Telon

Moms bisa mengupas bawang merah lalu menumbuknya. Campurkan tumbukan bawang putih ini dengan kayu putih atau minyak telon sebagai cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah.

Hasil campuran bisa langsung dibalurkan pada punggung, kaki, dan tangan bayi. Boleh juga mengoleskannya di area perut dan dada bayi. Beberapa Moms juga percaya bahwa mengoleskannya di ubun-ubun bayi akan membantu menyembuhkan flu.

5. Mencampur Bawang Merah dengan VCO

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah campur dengan vco.jpg

Foto: freepik.com

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah selanjutnya ialah dengan mengupas bawang merah dan parut, kemudian campurkan dengan minyak VCO (Virgin Coconut Oil). Moms bisa memasukkannya ke dalam botol agar dapat bertahan lebih lama.

6. Mengonsumsi Bawang Merah dengan Dibakar

Si Kecil masih menyusu ASI? Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang satu ini juga dipercaya bisa menyembuhkan flu, lho.

Moms bisa membakar bawang merah yang sudah dikupas, kemudian konsumsi sendiri. Kandungan bawang merah yang sudah dibakar ini dipercaya bisa disalurkan pada bayi lewat air susu Moms.

7. Dicampurkan ke Adonan Makanan

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah campurkan dalam makanan.jpg

Foto: freepik.com

Jika Si Kecil sudah memasuki usia MPASI, Moms bisa juga mencampurkan bawang merah dalam makanannya. Cara ini cukup efektif karena bawang merah bisa langsung dikonsumsi Si Kecil.

Namun, bayi biasanya sangat rentan terhadap bau menyengat bawang merah. Untuk menetralisir baunya, Moms bisa mencampurkannya ke makanan Si Kecil seperti omelette atau sup.

8. Membuat Air Bawang Merah

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah ini terdengar cukup aneh, namun di beberapa negara termasuk Indonesia banyak yang menerapkan cara ini untuk menyembuhkan flu disertai batuk.

Pembuatan ramuan ini sangat mudah yaitu dengan menyiapkan potongan kecil bawang merah kemudian merendamnya ke air selama kurang lebih 6 sampai dengan 8 jam.

Ramuan ini siap diminum dengan dosis 2 kali sehari dengan ukuran 2 sendok makan setiap minum. Agar rasanya tidak terlalu tajam, Moms bisa menambahkan sedikit ASI atau susu formula. Apabila Si Kecil sudah berusia lebih dari satu tahun, penambahan madu pun bisa jadi alternatif.

Baca Juga: Perlukah Bayi Diolesi Minyak Telon? Ternyata Banyak Manfaatnya Lho

Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Awet

Nah, setelah mengetahui beberapa cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah, Moms pasti jadi lebih sigap untuk menyediakan stok bawang merah di rumah, ya.

Namun, bawang merah nyatanya sulit disimpan dan tetap awet karena bawang merah adalah jenis bumbu-bumbuan yang cepat busuk jika penyimpanannya tidak tepat.

Tidak perlu khawatir, berikut ini adalah langkah-langkah penyimpanan bawang merah agar lebih tahan lama sehingga Moms bisa selalu memiliki stok bawang merah di rumah:

1. Memisahkan Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah memisahkan wadah.jpg

Foto: freepik.com

Moms harus memisahkan wadah antara bawang merah dan bawang putih karena jika disatukan dalam satu wadah maka kedua bawang ini akan cepat busuk akibat dari gas yang dikeluarkan.

Masing-masing bawang mengeluarkan gas yang berbeda dan gas-gas ini dapat memengaruhi bawang lainnya sehingga bawang jadi cepat busuk.

2. Simpan Bawang Merah Utuh

Cara ini cukup mudah dilakukan karena Moms hanya perlu meletakkan bawang merah di area terbuka dan bukan di tempat tertutup seperti toples.

Moms bisa meletakkannya di wadah berventilasi/jaring-jaring. Namun, Moms juga harus menghindarkan bawang merah dari area yang lembap atau cahaya matahari langsung.

3. Jemur Sesekali

Cara Mengobati Flu pada Bayi dengan Bawang Merah masukkan ke kulkas.jpg

Foto: freepik.com

Meski tidak boleh membuat bawang merah terkena cahaya matahari langsung secara terus menerus, namun Moms boleh kok menjemurnya sesekali. Hal ini dilakukan untuk mencegah lembapnya bawang merah karena lembap akan mempercepat proses pembusukan.

4. Masukkan Bawang Merah Kupasan ke Kulkas

Jika Moms ingin memasukkan bawang merah ke kulkas, maka yang harus diperhatikan adalah memastikan bawang merah yang akan dimasukan tadi sudah dikupas dan diletakkan dalam ke wadah tertutup.

5. Memasukan Bawang Merah Cincang ke Freezer

bawang merah

Foto: Orami Photo Stock

Moms bisa menyimpan bawang merah cincang ke freezer. Penyimpanannya dengan wadah tertutup dan ini akan memperpanjang ketahanan bawang merah hingga 2 sampai dengan 3 bulan.

Itulah beberapa cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah. Jadi, jangan panik lagi ketika Si Kecil tiba-tiba terserang flu, ya. Terapkan juga cara-cara di atas agar bawang merah tetap awet dan stok selalu ada.

Namun, jika pengobatan dengan bawang merah ini tidak berpengaruh apa-apa dalam waktu tiga hari, jangan ragu untuk segera membawa Si Kecil ke dokter ya, Moms. Semoga berhasil dan Si Kecil cepat sehat kembali!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait