Resep

26 Mei 2021

7+ Manfaat dan Cara Mengolah Daun Mint, Ada yang Sudah Coba?

Mint dikenal dengan aroma dan cita rasanya yang khas
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak cara mengolah daun mint yang biasa ditemui, mulai dari sebagai garnish yang mempercantik hidangan hingga sebagai bahan utama dengan cita rasanya yang khas.

Mengutip Healthline, mint adalah nama untuk berbagai macam spesies tumbuhan, termasuk peppermint dan spearmint, yang termasuk dalam genus Mentha.

Tanaman ini sangat dikenal karena sensasi dingin yang mereka berikan. Mereka bisa ditambahkan ke makanan baik dalam bentuk segar maupun kering.

Mint juga merupakan bahan yang populer di beberapa makanan dan minuman, mulai dari teh dan minuman beralkohol, hingga saus, salad, dan makanan penutup.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa manfaat kesehatan mint berasal ketika mengoleskannya ke kulit, menghirup aromanya, atau mengonsumsinya sebagai kapsul. Maka dari itu, sering kali kita menemukan obat oles dengan aroma mint yang kuat atau obat hisap dengan rasa mint, ya Moms.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Mint untuk Kulit dan Kesehatan, Jangan Dilewatkan Ya!

Manfaat Kesehatan dari Daun Mint

mint-tea-and-leaves-1296x728.jpg

Foto: healthline.com

Ini dia Moms manfaat kesehatan jika kita mengonsumsi daun mint dari makanan atau obat-obatan.

1. Sumber Nutrisi

Meskipun biasanya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar, mint ternyata mengandung cukup banyak nutrisi.

Faktanya, untuk setiap 1/3 cangkir atau setengah ons (14 gram) spearmint mengandung:

  • Kalori: 6
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin A: 12% dari RDI
  • Besi: 9% dari RDI
  • Magnesium: 8% dari RDI
  • Folat: 4% dari RDI

Karena rasanya yang menyengat, mint sering ditambahkan ke resep dalam jumlah kecil, sehingga mengonsumsi 1/3 cangkir pun mungkin sulit dipenuhi.

Namun, ada kemungkinan Moms bisa mendekati jumlah ini melalui beberapa resep salad yang menyertakan mint sebagai salah satu bahan utamanya.

Mint juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik, vitamin yang larut dalam lemak yang sangat penting untuk kesehatan mata dan penglihatan malam hari. Ada pula kandungan antioksidan yang kuat, terutama jika dibandingkan dengan bumbu dan rempah-rempah lainnya.

Baca Juga: Nutrisi Penting untuk Ibu Menyusui

2. Meredakan Gangguan Pencernaan

1577171691_mint_big_1.jpg

Foto: netmeds.com

Mint juga efektif untuk meredakan masalah pencernaan lainnya seperti sakit perut dan gangguan pencernaan, lho, Moms. Biasanya, gangguan pencernaan dapat terjadi ketika makanan berada di perut terlalu lama sebelum masuk ke saluran pencernaan lainnya.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan akan melewati perut lebih cepat ketika seseorang mengonsumsi minyak peppermint saat makan, yang dapat meredakan gejala dari jenis gangguan pencernaan ini.

3. Meredakan Sakit Saat Menyusui

ud.jpg

Foto: japantimes.com

Jika daun katuk bermanfaat untuk memperlancar ASI, Moms bisa mencoba daun mint yang dapat meredakan sakit ketika menyusui. Cara mengolah daun mint juga mudah, Moms hanya perlu mengoleskan daun mint yang sudah dihaluskan ke area yang terasa nyeri. Bisa juga dengan mencampurkannya bersama essential oil atau air.

Satu penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan air peppermint setelah menyusui lebih efektif daripada mengoleskan ASI dalam mencegah puting dan retakan areola, yang mengakibatkan nyeri pada puting berkurang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

Cara Mengolah Daun Mint untuk Diet

Salah satu manfaat daun mint lainnya adalah untuk membantu diet nih, Moms. Ini dia beberapa cara mengonsumsi dan mengolah daun mint yang bisa membantu menurunkan berat badan.

4. Resep Jus Mint

IMG_2165-1.jpg

Foto: spiceupthecurry.com

Salah satu resep jus mint yang terkenal adalah pudina sherbet dari India. Berbahan utama daun mint, minuman ini juga menggunakan beberapa rempah khas India. Dijamin segar dan kaya akan manfaat!

Bahan

  • 1 ikat daun mint
  • 1/2 sdm madu atau gula
  • 1/2 sdm lada hitam bubuk
  • 1 sdt garam hitam/garam himalaya
  • 1 sdt jinten bakar bubuk
  • 1 1/2 sdm air perasan lemon
  • 3 gelas air dingin atau es batu

Cara Membuat

  1. Sisihkan daun mint dari batangnya dan cuci bersih.
  2. Campurkan semua bahan dalam blender dengan hanya ½ gelas air. Lalu blender hingga halus.
  3. Tambahkan sisa air dan aduk lagi atau sampai semua tercampur.
  4. Jika mau, Moms bisa menyaring jus menggunakan saringan. Tapi bila ingin merasakan rempah-rempahnya, tidak perlu disaring.
  5. Jika air tidak dingin, dinginkan dahulu di lemari es atau sajikan dengan es batu.

5. Teh Citrus Mint

Untitled.png

Foto: cookpad.com/Kiki Rizqi Andini

Menikmati secangkir teh mint dengan perasan jeruk nipis ternyata tidak hanya membuat tubuh lebih rileks, tetapi juga ternyata bermanfaat untuk diet, lho! Yuk kita simak resepnya.

Bahan

  • 250 ml air
  • 10 lembar daun mint
  • 2 sdm madu
  • 1 potong lemon

Cara Membuat

  1. Didihkan air, lalu rebus daun mint (usahakan jangan terlalu lama).
  2. Siapkan gelas, lalu tuang air ke dalam gelas (boleh disaring). Namun, membiarkan mint di gelas akan menambah aroma.
  3. Beri madu dan perasan lemon. Aduk rata dan sajikan.

Baca Juga: Cara Membuat Teh Mawar dan Manfaatnya untuk Tubuh

Cara Mengolah Daun Mint untuk Kecantikan

Selain dikonsumsi, Moms juga bisa mendapatkan manfaat daun mint dengan cara mengaplikasikannya ke kulit, lho. Daun mint sangat baik untuk wajah, ditambah sensasi dinginnya, akan membuat kulit lebih fresh.

Berikut ini cara mengolah daun mint untuk kecantikan ala Stylecraze, yuk Moms disimak!

6. Masker Daun Mint

cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Daun mint memiliki kandungan anti-inflamasi yang bisa mencegah iritasi pada wajah. Dengan menggunakan masker daun mint, Moms juga bisa mendapatkan efek melembabkan yang membuat wajah semakin kenyal.

Cara mengolah daun mint sebagai masker ternyata mudah, lho, Moms. Hanya dengan mengambil beberapa helai daun mint, lalu haluskan dengan cara ditumbuk dengan wadah yang bersih, masker daun mint siap diaplikasikan ke wajah.

Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin agar merasakan sensasi dingin yang menyegarkan pada wajah.

7. Masker Mint, Timun, dan Madu

7ec48e2018b5aae9153cfcc18f3dbf29.jpg

Foto: pinterest.com

Madu memiliki sifat pemutihan ringan yang dapat mencerahkan warna dan memudarkan noda. Kandungannya juga dapat mencegah pigmentasi kulit, membersihkan wajah dan memperbaiki warna kulit. Sementara timun, dapat menghidrasi kulit dan memiliki khasiat menenangkan yang meredakan peradangan.

Cara mengolah daun mint menjadi masker bersama madu dan timun ternyata mudah. Moms hanya perlu menghaluskan 1/2 potong timun, 10-12 lembar daun minnt, dan 1/2 sdm madu. Lalu aplikasikan ke wajah selama 20 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.

8. Masker Daun Mint dan Pisang

a0332c5b4b38b7c301c589219154f5e3.jpg

Foto: pinterest.com

Pisang kaya akan vitamin A, B, C, dan E. Pisang juga mengandung kalium, lektat, asam amino, dan seng. Kombinasi nutrisi ini membantu melembabkan kulit, menutrisi, melawan kerusakan oksidatif, mencegah jerawat, memudarkan bekas jerawat, meningkatkan produksi kolagen, melawan kerusakan akibat sinar UV, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Dalam kombinasi dengan mint, pisang meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya tampak bercahaya.

Cara mengolah daun mint menjadi masker dengan pisang adalah, dengan menghaluskan keduanya dengan blender. Jika sudah halus dan teksturnya setengah cair, aplikasikan ke wajah 15-30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Kulit Jadi Terawat, Begini Cara Membuat Masker Bengkoang Sendiri di Rumah

Nah, itu tadi Moms seputar manfaat daun mint dan bagaimana cara mengolahnya sehingga Moms bisa merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kulit.

  • https://www.spiceupthecurry.com/mint-juice-recipe-phudina-sherbet/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/275944#risks
  • https://www.healthline.com/nutrition/mint-benefits#TOC_TITLE_HDR_6
  • https://cookpad.com/id/resep/14341390-citrus-mint-tea?ref=search&search_term=teh%20mint
  • https://www.stylecraze.com/articles/10-skin-benefits-of-mint/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait