Home & Living

26 Agustus 2021

Simak, 9 Cara Mengupas Nanas yang Benar dan Tidak Gatal!

Ini rahasia mengupas nanas yang benar dan tidak gatal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Cara mengupas nanas terbilang cukup sulit karena kulitnya yang keras. Tak heran, banyak Moms yang memilih untuk membeli nanas siap makan dan sudah tidak ada kulitnya.

Nah, Moms mulai sekarang coba cara mengupas nanas yang benar dan tidak gatal dalam artikel berikut ini.

Baca juga: 5 Resep Selai Nanas untuk Teman Makan Roti dan Isian Nastar

Cara Mengupas Nanas agar Tidak Gatal

cara mengupas nanas

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu masalah saat makan nanas adalah rasa gatal di lidah. Hal ini juga menjadi salah satu alasan Moms memilih untuk membeli nanas siap makan dibandingkan mengupas sendiri di rumah.

Namun, hal itu tidak akan menjadi masalah lagi jika Moms mengikuti cara mengupas nanas agar tidak gatal berikut ini.

1. Potong Mahkota Nanas

Pertama Moms harus memotong bagian mahkota yang runcing di bagian atas. Kemudian potong bagian bawahnya, sehingga nanas bisa berdiri sempurna di atas talenan.

2. Kupas Kulit Hingga Menyisakan Mata Nanas

Kupas bagian kulit hingga menyisakan bintik cokelat atau dikenal dengan bagian mata. Pastikan Moms tidak terlalu tebal saat memotongnya.

3. Beri Garam

Lumuri garam ke seluruh bagian nanas yang matanya belum dibersihkan hingga merata. Diamkan selama lima menit setelah itu cuci bersih di bawah air mengalir.

*Pemberian garam akan menekan getah nanas yang bisa membuat tangan gatal selama memotongnya. Selain itu, garam juga bisa mencegah lidah gatal saat konsumsi nanas secara langsung.

Baca juga: Benarkah Makan Nanas Menyebabkan Keguguran? Ini Penjelasannya

4. Hilangkan Mata Nanas Mengikuti Pola

Potong perlahan bagian mata nanas mengikuti pola secara bertahap. Cara mengupas nanas ini bisa meminimalisasi daging buang agar tidak banyak terbuang.

Moms juga bisa membuangnya menggunakan pisau khusus yang berbentuk lancip ya.

5. Buang Bagian Tengah Nanas

Setelah semua mata sudah terbuang, Moms bisa membelahnya menjadi empat bagian. Setelah itu buang bagian tengah yang cenderung memiliki rasa hambar dan tidak semanis bagian luar.

Baca juga: Manfaat Buah Nanas Bagi Anak-Anak

Cara Mengupas Nanas yang Benar

cara mengupas nanas yang benar

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin selama ini belum tahu, kalau cara mengupas nanas tidak sesulit kelihatannya asalkan dilakukan dengan benar. Ikutin langkah-langkahnya berikut ini yuk Moms.

6. Potong Bagian Atas dan Bawah Nanas

Potong mahkota nanas sekitar ½ inci bagian atas dan bawah nanas. Jika Moms suka, mahkota nanas bisa dijadikan hiasan atau ditanam kembali di halaman.

7. Letakan Nanas Secara Vertikal di Atas Talenan

Letakan nanas secara vertikal, pastikan bagian bawah dan atasnya sesuai ya Moms. Pastikan bagian mata yang ada disisinya terlihat jelas saat akan dipotong ya Moms.

8. Potong Bagian Sisi Nanas

Potong sisi nanas, pastikan bagian matanya hilang. Iris kebagian bawah buah sedikit dengan memutar pisau di bagian atas dan bawah mengikuti bentuk melengkung nanas.

Moms juga bisa mengupas bagian kulitnya dan menyisakan bagian mata. Kemudian iris memutar bagian mata nanas hingga hilang.

Pada tahap ini, pastikan Moms membuang semua bagian mata nanas ya. Karena jika masih tersisa, akan membuat lidah gatal saat mengkonsumsinya.

9. Buang Bagian Tengah Nanas

Setelah nanas sudah benar-benar terkupas, periksa buahnya apakah ada kulit atau mata yang mungkin lewatkan. Hilangkan bagian mata yang tersisa dengan pisau pengupas.

Jika ingin mengiris nanas dengan bentuk bulat, keluarkan bagian tengah nanas dengan alat pengupas nanas. Iris sesuai selera.

Baca juga: Konsumsi Nanas Tingkatkan Peluang Hamil? Ini Kata Ahli

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

manfaat buah nanas

Foto: Orami Photo Stock

Selain memiliki rasa yang enak, nanas juga memiliki manfaat untuk kesehatan lho Moms. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini yuk.

1. Kaya Nutrisi dan Sumber Antioksidan

Nanas mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C dan mangan. Buah yang satu ini merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Mengutip jurnal Molecules kaya akan antioksidan kandungan flavonoid dan asam fenolik yang merupakan jenis senyawa antioksidan penting untuk tubuh.

Seperti yang diketahui, konsumsi makanan kaya akan antioksidan dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan jenis kanker tertentu.

2. Melancarkan Pencernaan

Biotechnology Research International menjelaskan nanas mengandung bromealin, yaitu enzim yang baik untuk pencernaan.

Enzim ini berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil

Sebuah penelitian menunjukkan, pasien insufisiensi pankreas mengalami pencernaan yang lebih baik setelah mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain, dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain.

3. Membantu Menurunkan Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Perkembangan umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas mengandung senyawa yang dapat mengurangi risiko kanker. Karena kaya akan antioksidan yang bermanafat untuk menekan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Selain itu, kandungan bromealin yang ada di dalam nanas juga disebut sebagai enzim yang dapat menekan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Baca juga: Sering jadi Perdebatan, Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menekan Peradangan

Nanas merupakan salah satu bahan alami yang dijadikan sebagai obat tradisional sejak berabad-abad lalu.

Buah satu ini mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan enzim seperti bromelain yang dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan.

Sebuah penelitian menjelaskan, anak-anak yang makan nanas memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Selain itu, konsumsi nanas bisa meningkatkan sel darah putih (granulosit) hingga empat kali lipat. Seperti yang diketahui, sel ini dapat melawan penyakit dalam tubuh.

5. Meringankan Gejala Arthritis

Arthritis mempengaruhi lebih dari 54 juta orang dewasa di Amerika Serikat. Ada banyak jenis radang sendi, tetapi kebanyakan dari mereka melibatkan peradangan pada persendian.

Karena nanas mengandung bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi, biasanya dianggap dapat meredakan nyeri bagi mereka yang menderita radang sendi.

Faktanya, penelitian sejak tahun 1960-an menunjukkan bahwa bromelain digunakan untuk meredakan gejala rheumatoid arthritis, sejenis radang sendi yang melibatkan peradangan sendi.

Baca juga: Reaksi Setelah Makan Nanas Muda Bagi Ibu Hamil, Berbahayakah?

Demikian penjelasan mengenai cara mengupas nanas yang benar dan tidak menyebabkan gatal. Semoga artikelnya bermanfaat ya Moms.

  • https://www.thespruceeats.com/how-to-cut-a-pineapple-1665045
  • https://www.simplyrecipes.com/recipes/how_to_cut_a_pineapple/
  • https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pineapple#TOC_TITLE_HDR_7
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait