Kesehatan

KESEHATAN
28 November 2020

15+ Cara Sederhana Mengurangi Minyak di Wajah Moms, Apa Aja Ya?

Berbagai cara mengurangi minyak di wajah sering dicoba karena hal ini cukup menganggu terutama bagi wanita yang senang menggunakan make up
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernahkah Moms merasa terganggu dengan kulit wajah Moms yang tampak berminyak? Kulit berminyak adalah hasil produksi sebum berlebih dari kelenjar sebaceous. Kelenjar ini biasanya terletak di bawah permukaan kulit.

Sebum sendiri adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak. Tidak semua sebum buruk karena sebum juga dapat membantu melindungi dan melembabkan kulit Moms serta menjaga rambut agar tetap sehat dan berkilau.

Akan tetapi, terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak sehingga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat di wajah. Tidak hanya itu, sebum berlebih juga menyebabkan kulit wajah menjadi tampak tebal, kasar dan berkomedo.

Moms yang memiliki kulit berminyak jug pasti sering merasa kesulitan menemukan riasan yang sesuai dengan kulit. Biasanya riasan dapat bercampur dengan sebum, sehingga memberikan konsistensi yang berbeda pada wajah wanita yang berminyak.

Namun, memang gejala kulit berminyak dan tingkat keparahannya akan bervariasi pada setiap orang, tergantung pada faktor pemicunya. Mulai dari genetika, perubahan hormon atau bahkan stres, dapat meningkatkan produksi sebum.

Bagi beberapa Moms, kulit berminyak pasti menjadi salah satu hal yang cukup sulit untuk ditangani. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara yang cukup alami dan mudah dicoba untuk mengurangi minyak di wajah.

Baca Juga: 5 Mitos Soal Kulit Wajah dan Tips Merawat Kulit Agar Selalu Sehat

18 Cara Mengurangi Minyak di Wajah

Berikut ini adalah 18 cara mengurangi minyak di wajah Moms, sehingga dapat membuat wajah Moms lebih sehat dan berkilau:

1. Rajin Mencuci Wajah

mencuci wajah.jpeg

Mencuci wajah secara teratur bisa mengurangi jumlah minyak di kulit wajah Moms. Moms hanya perlu mencuci wajah dengan sabun lembut dan air hangat atau hindari sabun dengan pewangi, pelembap tambahan atau bahan kimia keras yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit serta membuatnya merespons dengan menghasilkan lebih banyak sebum.

Hindari menggunakan waslap yang kasar, karena gesekan yang ditambahkan dapat merangsang kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Jika hal ini tidak efektif, beberapa produk perawatan kulit wajah yang mengandung asam seperti asam salisilat, asam glikolat, asam beta-hidroksi, dan benzoil peroksida dapat membantu mengurangi minyak di wajah Moms.

Asam ini dapat menyebabkan iritasi pada beberapa jenis kulit. Oleh karena itu, saat memulai produk baru, gunakan pada area kecil kulit terlebih dahulu untuk melihat bagaimana tubuh bereaksi.

Memilih pembersih wajah yang tepat mungkin berhasil bagi sebagian orang. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa pembersih wajah ringan yang dibuat dengan sodium laureth carboxylate dan alkyl carboxylates efektif untuk mengatasi jerawat di wajah, meskipun dapat meningkatkan produksi sebum di beberapa area wajah.

Bagi banyak orang yang hanya memiliki kulit berminyak dan tidak berjerawat vulgaris, sabun gliserin bebas pewangi dan air panas sudah dapat membantu mengurangi minyak di wajah.

2. Melakukan Rutinitas Perawatan Kulit yang Tepat

Keseimbangan adalah kunci dari perawatan kulit berminyak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebum yang berlebih dapat menjebak kotoran atau kulit mati di pori-pori Moms dan menyebabkan jerawat jika tidak rajin mencuci muka secara teratur.

Begitu pula ketika Moms mencuci muka secara berlebihan (terlalu kasar), maka kulit Moms akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi wajah kering tersebut. Jadi, ada baiknya untuk membuat rutinitas mencuci wajah yang baik dan benar.

Basuh wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan pastikan menggunakan pelembab. Buang sabun atau produk keras yang membuat kulit Moms terasa kering dan Moms juga dapat bereksperimen dengan toner dan oil.

Satu lagi aturan yang perlu Moms ingat, jangan tidur dengan riasan! Wajah penuh riasan semalaman rupanya dapat membuat pori-pori Moms tersumbat.  Meskipun Moms benar-benar merasa sangat mengantuk, luangkan waktu lima menit untuk mencuci muka sebelum tidur.

3. Gunakan Kain Pembersih

cara menjaga kesehatan dari virus Corona-ganti handuk bersih.jpg

Meskipun yang terbaik adalah tidak mencuci muka lebih dari dua kali sehari, terkadang Moms memiliki  dorongan untuk benar-benar membersihkan kulit wajah Moms yang terasa berminyak.

Jika udara sangat panas dan terasa berkeringat, gunakan kain pembersih untuk mengurangi minyak berlebih di wajah Moms. Kain ini juga bagus untuk perawatan kulit pasca olahraga.

Keringat dan minyak berlebih dari olahraga dapat menyumbat pori-pori di wajah, jadi lap cepat dengan kain pembersih akan menjaga pori-pori di wajah Moms tetap bersih dan membantu menghindari munculnya jerawat. Beberapa pilihan kain pembersih dari merk tertentu dipasaran, memiliki kualitas yang baik dan lembut sehingga tepat untuk dijadikan pilihan dalam upaya mengurangi minyak di wajah.

4. Perangi Minyak dengan Minyak

Merawat kulit berminyak dengan lebih banyak minyak mungkin terdengar sangat aneh. Akan tetapi, minyak yang tepat sebenarnya dapat membuat perbedaan besar.

Ketika minyak alami di kulit seimbang, Moms akan menghasilkan lebih sedikit sebum dan memiliki lebih sedikit hari dengan minyak berlebih di wajah cantik Moms. Untuk menjaga keseimbangan kulit, sebaiknya gunakan minyak non- noncomedogenic (tidak akan menyumbat pori-pori) seperti minyak argan, minyak biji raspberry hitam atau minyak rosehip.

5. Face Konjac Sponge

konjac-sponge.jpg

Kulit berminyak akan menarik kotoran dan kulit mati, jadi penting untuk menjaga kebersihan pori-pori agar tidak berjerawat. Face konjac spongedibuat dengan serat dari akar sayuran seperti ubi dan sangat cocok untuk pengelupasan kulit yang lembut.

Spons membantu membersihkan pori-pori tanpa merusak kulit dan menjadi kompos sepenuhnya setelah Moms menggunakannya. Namun, pastikan Moms tidak menggunakan spons setiap hari.

Pengelupasan berlebihan dapat menyebabkan kekeringan yang menyebabkan produksi sebum dan seluruh siklus sifat berminyak dimulai lagi.  Eksfoliasi sekitar dua kali seminggu akan menjaga pori-pori tetap bersih dan produksi sebum tetap terkendali, sehingga mengurangi minyak di wajah Moms.

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Kulit Berminyak Agar Bebas Kilap

6. Blotting Paper atau Kertas Minyak

Saat Moms mulai merasa kulit di wajah terasa sangat licin, gunakan kertas pembersih atau kertas minyak untuk wajah dalam mengurangi minyak berlebih tersebut. Seperti ketika kita berusaha membersihkan minyak di meja, gunakan dalam jumlah sedang agar minyak berlebih di wajah ini bisa berkurang.

Namun, jika Moms membersihkannya dengan 20 helai kertas sepanjang hari, itu mungkin berlebihan dan menghapusnya terlalu banyak. Menggunakan kertas minyak di wajah, dapat dilakukan dalam sesekali sebagai upaya sederhana untuk menghilangkan kilau berlebih dan menjaga riasan Moms tetap utuh.

7. Manfaatkan Tanah Liat

Salah satu studi menunjukan bahwa masker tanah liat dan jojoba oil sangat membantu dalam mengurangi jerawat. Carilah masker wajah yang bahan utamanya terbuat dari tanah liat alami atau Moms dapat buat ramuan masker sendiri di rumah, di mana  bubuk kosmetik tersebut biasanya tersedia online dan Moms dapat mencampurnya dengan bahan favorit Moms sendiri untuk solusi DIY.

8. Arang

ARANG-.jpg

Arang aktif bersifat alami dan mampu mengeluarkan kotoran yang menempel di pori-pori. Meskipun memiliki daya pembersih yang kuat, arang tetap lembut untuk digunakan pada kulit.

Untuk hasil terbaik, jangan gunakan produk arang setiap hari. Alih-alih mengurangi minyak di wajah, hal tersebut justru membuat kulit Moms sedikit kering dan mengganggu keseimbangan minyak.  Sebagai gantinya, gunakan beberapa kali seminggu untuk menghilangkan sebum atau minyak berlebih di wajah.

9. Madu

Jerawat tidak hanya disebabkan oleh minyak yang terlalu banyak, tetapi juga bisa disebabkan oleh bakteri pada kulit. Untuk menghilangkan bakteri dan minyak berlebih, cobalah memanfaatkan madu di lemari es Moms.

Madu secara alami bersifat antibakteri dan membantu mengunci kelembapan alami kulit. Dan sekali lagi, madu adalah bahan perawatan alami yang mungkin ada di dapur Moms sekarang.

Cukup oleskan madu di wajah Moms (mentah atau organik) dan diamkan selama beberapa menit, sebelum dibersihkan dengan lembut menggunakan air hangat.

10. Oatmeal

masker rambut alami untuk menghilangkan ketombe-oatmeal.jpg

Saat Moms membuat sarapan, sisihkan sedikit oatmeal untuk wajah Moms. Ya, oatmeal bisa menjadi pilihan untuk mengurangi minyak di wajah Moms.

Oatmeal adalah anti inflamasi alami, sehingga dapat membantu menenangkan kulit. Biji-bijian tersebut menyerap minyak dan mengelupas dengan lembut, tanpa bahaya yang biasa membuat kulit menjadi kering.

Ikuti petunjuk untuk membuat semangkuk oatmeal biasa (tanpa topping, tentu saja) dan biarkan oat mendingin, lalu oleskan di wajah dan nikmati masker tersebut selama sekitar 20 menit. Cuci bersih dengan air hangat dan oleskan pelembab untuk menyegel kebaikan oat di wajah Moms tersebut.

Baca Juga: 4 Buah yang Cocok Sebagai Masker untuk Kulit Berminyak

11. Lidah Buaya

Tidak hanya untuk kulit yang terbakar sinar matahari, lidah buaya merupakan bahan yang sangat menenangkan untuk semua jenis kulit. Lidah buaya membantu mengobati jerawat dan umumnya membantu penyembuhan kulit.

Jadi, jika wajah Moms teriritasi akibat siklus berminyak - terlalu kering - kembali ke berminyak, lidah buaya bisa membantu menenangkan kondisi tersebut. Sebelum tidur, oleskan masker lidah buaya ke kulit Moms dan biarkan semalaman.

Di pagi hari, bersihkan masker lidah buaya seperti biasa Moms membersihkan muka. Efek pendinginan dari masker lidah buaya bagus untuk rutinitas malam hari dan merupakan pilihan perawatan alami yang terjangkau.

12. Tomat

manfaat-buah-tomat.jpg

Tomat mengandung vitamin B, antioksidan, dan enzim yang bagus untuk kulit. Meskipun mungkin terlihat sedikit aneh untuk mengiris tomat dan mengoleskannya ke wajah, tetapi ini mungkin ide yang bagus untuk orang-orang dengan kulit berminyak.

Enzim dalam tomat dengan lembut mengangkat sel kulit mati, sementara vitamin dan antioksidannya membantu mengurangi peradangan dan tanda-tanda penuaan.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa tidak banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengaplikasikan tomat secara topikal baik untuk kulit Moms. Perlu diingat juga bahwa tomat mengandung asam dan harus digunakan secara hati-hati untuk menghindari iritasi.

13. Witch Hazel

Setelah Moms mencuci muka, Moms mungkin ingin menggunakan toner untuk memaksimalkan proses pembersihan wajah berminyak yang Moms miliki.  Banyak toner terbuat dari alkohol yang sangat mengeringkan dan tidak bagus untuk kulit berminyak.

Sebagai gantinya, Moms bisa menggunakan witch hazel alami. Tanin dalam witch hazel menyebabkan efek astringen, yang berarti mengurangi sifat berminyak dan membantu mengecilkan pori-pori.

Karena witch hazel bebas alkohol, umumnya aman digunakan dan tidak mengiritasi kulit. Perlu Moms tahu juga, bahwa witch hazel adalah salah satu toner paling terjangkau di pasaran, misalnya salah satu toner bebas alkohol dari Thayers.

14. Buttermilk

buttermilk2.jpg

Asam laktat digunakan dalam semua jenis perawatan kulit karena membantu memperbaiki tekstur kulit seseorang. Untungnya, Moms bisa mendapatkan asam laktat dalam dosis besar dari bahan dalam kue red velvet yang mungkin ada di dapur Moms, yaitu buttermilk.

Buttermilk secara alami mengandung asam laktat tinggi. Tingkat keasaman yang tinggi membuat susu terasa pahit, tetapi juga dapat menghaluskan kulit.  Jangan ragu untuk melapisi kulit Moms dengan buttermilk yang dicampur dengan gandum untuk diolah menjadi masker wajah DIY 2-in-1.

Baca Juga: 5 Manfaat Tepung Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh

15. Putih Telur

Orang-orang sudah lama menaruh putih telur di wajah mereka. Zat berprotein tinggi ini tampaknya bagus untuk mengencangkan kulit, meski tidak ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa membran telur, yang dioleskan secara topikal akan sangat mengurangi kerutan dan kemungkinan membalikkan kerusakan akibat radikal bebas. Sayangnya, membran telur dan putih telur tidak sama - membran hanyalah lapisan kecil antara cangkang dan telur.

16. Lemon

ISPA Pada Ibu Hamil - Minum Air Lemon.jpg

Mencegah bakteri penyebab jerawat adalah cara yang bagus untuk menghindari munculnya jerawat.  Jus lemon penuh dengan antibiotik alami, sehingga dapat membantu menjaga kebersihan kulit Moms.

Sekali lagi, ini bisa berpotensi mengering, jadi sebaiknya gunakan hanya sekali atau dua kali seminggu atau selama jerawat merebak.

17. Kacang Almond

Kacang almond tidak hanya berfungsi untuk mengelupas kulit, tetapi juga membantu menyedot minyak berlebih dan kotoran di wajah Moms. Inilah solusi lain mengurangi produksi minyak di wajah Moms.

Untuk menggunakan scrub wajah almond, giling halus almond mentah untuk hasil sebanyak 3 sendok teh. Tambahkan 2 sendok makan madu mentah dan oleskan ke wajah Moms dengan lembut serta dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Moms juga bisa membuat masker wajah almond dengan menggiling almond menjadi pasta sebelum menambahkannya dengan madu. Biarkan masker selama 10–15 menit di wajah dan bilas dengan air hangat serta keringkan. Tetapi ingat, jangan gunakan jika Moms memiliki alergi kacang.

18. Jojoba Oil

Jojoba oil.jpg

Meski gagasan mengoleskan minyak ke kulit berminyak tampak kontraproduktif, minyak jojoba adalah obat tradisional untuk mengatasi kulit berminyak, jerawat dan masalah kulit lainnya. Ada anggapan bahwa jojoba meniru sebum pada kulit untuk "mengelabui" kelenjar sebaceous agar memproduksi lebih sedikit sebum dan membantu menjaga keseimbangan kadar minyak.

Namun, masih belum ada penelitian ilmiah untuk mendukung teori ini. Meskipun, studi tahun 2012 menemukan bahwa mengoleskan masker yang terbuat dari tanah liat dan minyak jojoba dua hingga tiga kali seminggu, dapat membantu menyembuhkan lesi kulit dan jerawat ringan.

Sedikit minyak jojoba sudah cukup, karena menggunakan terlalu banyak dapat memperburuk kondisi kulit berminyak di wajah Moms. Cobalah memijat beberapa tetes jojoba oil pada kulit bersih beberapa hari seminggu untuk melihat bagaimana reaksinya. Jika Moms menyukai hasilnya, maka Moms boleh merapkannya setiap hari.

Banyak orang mengklaim pengobatan rumahan untuk meminimalisir kulit di wajah cukup bekerja sesuai yang diharapkan. Sayangnya, sebagian besar solusi tidak diteliti dengan baik. Keberhasilan pengobatan rumahan bergantung pada banyak hal seperti situasi spesifik kulit wajah Moms dan kualitas produk yang Moms gunakan.

Baca Juga: Dari Setrika Wajah Hingga Sulam Alis, Ketahui Efek Jangka Panjang Pada Berbagai Perawatan Kecantikan Modern

Jika kulit Moms menjadi sensitif terhadap produk apa pun, hentikan penggunaan. Cara terbaik untuk meminimalisir minyak di wajah Moms adalah mengobrol dengan dokter kulit. Mereka dapat membantu Moms menemukan pola rutinitas yang sesuai untuk kebutuhan khusus kulit Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait