Home & Living

25 Agustus 2021

10 Cara Mengusir Kucing tanpa Menyakiti, Wajib Dicoba!

Kucing tidak suka suara berisik!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Bagi sebagian orang, kucing adalah hewan lucu dan menggemaskan. Namun, sebagian orang lainnya menganggap kucing mengganggu. Jika Moms salah satunya, ada cara mengusir kucing tanpa menyakitinya.

Moms, tidak semua orang berani dan suka kucing. Beberapa orang merasa risih dengan keberadaan kucing, terganggu atau bahkan takut.

Berbagai cara mengusir kucing pun sering dilakukan oleh orang yang tidak menyukainya. Sayangnya, beberapa cara mengusir kucing tersebut tanpa sadar menyakitinya.

Tak jarang orang melakukan cara mengusir kucing dengan melemparnya menggunakan batu atau menendang agar kucing pergi menjauh.

Padahal, ada banyak cara mengusir kucing agar pergi tanpa menyakitinya, sehingga kucing tersebut tidak akan mengalami kesakitan dan trauma.

Lantas, apa saja cara mengucir kucing tanpa menyakitinya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Yuk, Kenali Sifat Wanita Berdasarkan Bulan Lahir dan Hari Lahir

Cara Mengusir Kucing

Ada beberapa alasan seseorang tidak menyukai kucing, seperti mencuri makanan, membuang kotoran di halaman rumah, geli, dan alergi bulu kucing.

Alasan tersebut sangat wajar, kok. Hanya saja, Moms harus tahu cara mengusir kucing yang baik dan benar tanpa menyakitinya. Berikut ini caranya:

1. Sapu Lidi

Cara mengusir kucing yang pertama adalah gunakan sapu lidi.

Telinga kucing sangat peka terhadap bunyi, sangat mungkin bunyi berisik dari sapu lidi mengganggu pendengaran kucing, sehingga kesannya sapu merupakan benda yang menakutkkan baginya

Namun ingat, gunakan sapu lidi hanya untuk menakut-nakutinya saja bukan memukulnya.

2. Bersihkan Tempat yang Menjadi Jejak Kucing

kucing

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu karakter kucing adalah sangat hafal dengan tempat yang pernah dijadikan sebagai tempat membuang kotorannya, sehingga ia akan kembali ke tempat tersebut.

Kucing telah menandakan area kekuasannya di sana. Jika rumah Moms menjadi tempat area tersebut, cukup bersihkan dengan pembersih lantai hingga kucing tak bisa menemukan jejaknya lagi.

Saat melakukan pembersihan, pastikan tempat benar-benar bersih, jika diperlukan bisa menyemprotkan minyak esensial agar aroma kotoran tidak tercium oleh kucing.

Cara mengusir kucing ini bisa juga dilakukan pada teras rumah yang sering dilalui kucing.

Baca Juga: 10 Ide Dekorasi 17 Agustus Unik, Bisa Menggunakan Bahan yang Sederhana!

3. Menebar Aroma yang tidak Disukai Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang tidak menyukai aroma-aroma tertentu. Uniknya, aroma ini justru yang disukai manusia karena wangi.

Berikut aroma yang tida disukai kucing, yaitu:

  • Lemon. Kucing tidak menyukai aroma yang tajam, seperti lemon karena dianggap wanginya terasa menusuk pada hidung.
  • Menthol. Sama halnya dengan lemon, menthol juga tidak disukai oleh kucing. Menthol di sini seperti minyak angin, balsem, minyak kayu putih, dan bau lain yang mengandung menthol.
  • Cabai. Bukan hanya manusia saja yang menghindari aroma cabai yang begitu kuat, kucing juga sangat tidak suka. Apalagi jika efek itu dapat memengaruhi mata sampai pedih.
  • Rosemary dan thyme. Jenis ini menjadi salah satu tanaman herbal yang tidak disukai kucing. Walaupun tidak menyebabkan reaksi apa pun, kucing pasti akan menjauh ketika di sekitarnya ada bau-bau dari tanaman herbal itu.
  • Lavender. Ini juga termasuk aroma yang beracun untuk kucing. Ketika mengirupnya, kucing berisiko mengalami mual, mengeluarkan air liur berlebihan, depresi, dan timbul gejala dermatitis.

4. Kapur Barus

kapur-barus.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengusir kucing selanjutnya adalah kapur barus.

Moms bisa menggerus kapur barus hingga menjadi butiran kecil, lalu tempatkan di lokasi-lokasi yang biasa kucing tepati. Hanya saja, Moms harus berhati-hati jika terjilat kucing akan keracunan.

Baca Juga: 7 Gambar Vagina untuk Mengenal Bentuk Organ Reproduksi Wanita, Sudah Tahu?

5. Menanam Tumbuhan yang Tidak Disukai Kucing

Kucing membenci beberapa tumbuhan tertentu karena memiliki aroma yang menyengat. Jika Moms menanam tumbuhan ini, dapat membuat kucing menjauh.

Berikut tumbuhan yang tidak disukai kucing:

  • Pennyroyal. Tumbuhan ini memiliki aroma spearmint yang sangat kuat sehingga kucing akan menghindar.
  • Serai. Kebanyakan orang menikmati aroma serai yang segar, tapi aroma ini justru dibenci oleh nyamuk, serangga, dan kucing.
  • Helichrysum italicum. Tumbuhan ini memiliki aroma pedas yang kuat dan tekstur kasar yang akan mengganggu kucing dan hewan lain saat melewatinya.

Moms tidak perlu tempat atau lahan khusus untuk menanam tumbuhan tersebut, satukan saja dengan tumbuhan lainnya. Cara ini bukan hanya ampuh mengusir kucing, tetapi juga hewan lain, seperti anjing.

6. Beri Suara yang Menakuti Kucing

kucing.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengusir kucing selanjutnya adalah dengan suara sponten atau keras. Hal ini karena telinga kucing sangat sensitif terhadap suara dan akan menghindar ketika ada suara yang mengganggu.

Moms bisa memasang lonceng di langit-langit teras, di pagar, atau benda-benda yang bisa merangsang bunyi di tempat kucing biasa muncul.

Sirene ultrasonik, penyiram yang diaktifkan gerakan, dan lampu yang diaktifkan-gerak juga dapat bermanfaat.

Baca Juga: Yuk Rayakan World Chocolate Day, Simak 11 Manfaat Cokelat untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Ini!

7. Semprot Kucing dengan Air

Cara mengusir kucing selanjutnya adalah menggunakan air.

Air merupakan salah satu sumber ketakutan kucing. Itu sebabnya Moms bisa menyiram mereka dengan air saat dirasa sudah mengganggu kenyamanan.

Agar tidak menyakitinya, Moms bisa gunakan penyemprot sehingga air yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

8. Sediakan Botol Plastik Berisi Air

botol plastik

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengusir kucing yang satu ini terbilang unik dan banyak dilakukan masyarakat Jepang.

Banyak orang berpendapat, hal yang membuat kucing takut dengan benda ini adalah air yang terkandung di dalamnya. Di sisi lain, botol air yang terpapar sinar matahari pun kerap membiaskan cahaya yang menakutkan bagi kucing.

Itulah mengapa kucing tidak akan berani mengorek sampah, buang kotoran, atau mencuri makanan di rumah bila menemukan benda ini.

Baca Juga: 9 Jenis Imunisasi yang Disarankan untuk Bayi 0-9 Bulan dan Jadwal Pemberiannya

9. Obat Pengusir Kucing

Saat ini, sudah banyak obat pengusir kucing yang dijual. Obat ini umumnya berupa bubuk dan mengandung aroma urin binatang pemangsa atau aroma yang ditakuti kucing.

Cara penggunannya cukup mudah, Moms bisa taburkan di sekitar area tempat kucing berdiam. Saat mencium obat tersebut, kucing akan pergi.

Namun, pilihlah obat pengusir kucing dengan bahan alami untuk mencegah kucing keracunan jika dijilat.

10. Jauhi Sumber Makanan

kucing

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengusir kucing yang terakhir adalah jauhi sumber makanan. Moms, kucing yang diberi makan akan kembali lagi untuk meminta kembali.

Hal ini karena kucing tidak perlu bersusah payah berburu dan tidak perlu bertarung dengan kucing lain. Jika Moms suka memberi makan kucing, tetapi mereka sudah menganggu kenyamanan sebaiknya beri di tempat yang jauh dari halaman rumah.

Baca Juga: 6 Ide Dekorasi Aqiqah Mewah di Rumah ala Anak Artis, Bisa Dijadikan Inspirasi!

  • https://www.catsupandmustard.com/get-rid-of-stray-cats/
  • https://www.dailypaws.com/cats-kittens/health-care/feline-parasites/how-to-get-rid-of-fleas-on-cats
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait