Rupa-rupa

RUPA-RUPA
15 Januari 2021

8 Cara Mengusir Tawon, Menggunakan Minyak Peppermint!

Moms yuk cari tahu cara mengusir tawon di rumah dan di halaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pasti khawatir saat melihat ada sarang tawon. Serangga satu ini memang tidak mengganggu, tetapi mereka akan sangat agresif saat berada di dekat manusia.

Sengatan tawon juga dapat berbahaya bagi Moms, karena mengandung racun dan tidak sedikit orang memiliki alergi terhadap sengatan tawon. Sehingga Moms akan mencari berbagai cara mengusir tawon di rumah dan dari pohon.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Tawon untuk Tubuh, Moms Perlu Tahu

Manfaat Tawon untuk Tanaman

Menurut National Geography beberapa petani ada yang memanfaat tawon untu melindungi tanaman mereka. Walaupun masih dalam perdebatan, banyak orang percaya bahwa tawon memiliki fungsi yang sama dengan lebah untuk penyerbukan.

Terlepas dari manfaatnya hadirnya tawon biasanya hadir saat cuaca panas menjadi kekhawatiran sendiri bagi Moms. Apalahi kalau mereka sampai membentuk sarang di sekitaran rumah.

Kehadiran sarang tawon di rumah akan sangat menganggu, karena suaranya yang berisik dan sengatannya yang mengandung racun. Agar Moms tidak khawatir lagi, berikut cara mengusir tawon yang bisa dicoba!

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Sengatan Lebah

Cara Mengusir Tawon di Pohon

Jangan pernah memukul tawon atau sarangnya yang ada rumah. Karena saat Moms memukul tawon atau sarangnya akan mengundang yang lain untuk keluar. Hal itu akan menjadi ancaman sendiri bagi Moms dan keluarga. Lalu, bagaimana cara mengusir tawon di pohon yang benar? Simak artikelnya berikut ini.

1. Membuat Sarang Palsu dan Pasang Perangkap

XX Cara Mengusir Tawon

foto: freepik.com

Jika sarang tawon belum terbentuk, Moms bisa mencoba memasang sarang buatan. Namun, jika sudah terdapat sarang asli, Moms perlu untuk mengevaluasi besarannya.

Jika ukurannya terbilang kecil, Moms hanya perlu memasukannya ke dalam kaos atau baju bekas kemudian robohkan. Pastikan Moms menghancurkan ketika cuaca sedang dingin. Karena tawon kurang menyukai cuaca dingin.

Namun, jika ukurannya lebih besar Moms bisa menyiapkan perangkap tawon dari jarak dan ikuti petunjuk tersebut.

Untuk membuat sarang palsu, Moms bisa melakukannya di rumah. Caranya potong jadi dua botol ukuran dua liter kemudian isi dengan umpan seperti, jus buah, makanan kucing kaleng atau daging mentah. Kemudian rekatkan kembali ujung-ujungnya, setelah itu gantung di dekat sarang tawon untuk mengecoh mereka masuk ke dalam sarangnya.

2. Tutup Tempat Sampah

XX Cara Mengusir Tawon

foto: freepik.com

Menurut jurnal University of New Hampshire Cooperative Extension masalah tawon akan lebih buruk di pekarangan rumah. Karena di tempat tersebut banyak terdapat berbagai jenis sampah, baik yang bisa di daur ulang dan tidak bisa di daur ulang.

Oleh karena itu, Moms harus pastikan menutup tempat sampah yang ada di luar rumah. Karena semakin banyak sampah di rumah akan semakin banyak tawon yang datang.

3. Menyemprot dengan Air Sabun

XX Cara Mengusir Tawon

foto: freepik.com

Berdaraskan goodhousekeeping.com tawon akan hilang dengan campuran air dan sabun. Moms hanya perlu mencampurkan dua sendok makan makan sabun dengan air kedalam botol semprotan. Sabun dipercaya dapat menyumbat pori-pori pernapasan tawon. Hal ini dapat dengan cepat membunuh tawon yang ada di pohon.

Sayangnya metode ini hanya berlaku untuk sarang tawon yang berukuran kecil ya Moms. Semakin rajin Moms menyemprotkan air sabun ke sarang tersebut, maka akan semakin cepat tawon hilang dari pekarangan Moms.

4. Menggunakan Pengasapan

XX Cara Mengusir Tawon

foto: freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau serangga sangat membenci asap. Tak heran, kalau metode pengasapan sangat cocok untuk mengusir serangga, termasuk tawon.

Untuk mendapatkan asap yang ampuh mengusir tawon, Moms tumpukan daun-daun kering dengan potongan ranting di dekat sarang tawon. Kemudian bakar tumpukan tersebut dan biarkan asapnya membumbung ke udara.

Diamkan proses pembakaran tersebut selama dua jam. Asap yang masuk ke dalam sarang akan membuat tawon kesulitan bernapas dan akhirnya pergi. Setelah dipastikan semua tawon pergi, Moms pukul sarang dari pohon hingga jatuh dan bakar sampai hangus.

Baca Juga: Cuci Tangan dengan Hand Sanitizer atau Air dan Sabun? Ini Plus Minusnya!

Cara Mengusir Tawon dari Rumah

Selain di pohon, sarang tawon juga bisa tumbuh di dalam rumah lho Moms. Biasanya serangga ini akan membuat sarang di bagian yang tidak terjangkau dengan Moms, seperti di langit-langit rumah.

Supaya Moms tidak khawatir dengan sarang tawon yang ada di dalam rumah, Moms bisa mencoba cara mengusir tawon dari rumah beriikut ini. Dijamin ampuh dan Moms tidak akan khawatir lagi.

5. Campuran Minyak Cengkeh-Geranium-Serai

XX Cara Mengusir Tawon

foto: freepik.com

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pest Management Science menemukan bahwa campuran minyak esensial cengkeh, geranium dan serai dapat dapat mengusir tawon dari rumah. Moms dapat mencoba mengoleskan campuran minyak ini dengan air dan sabun cuci piring dalam botol semprot ke daerah-daerah dimana tawon mual membangun sarang. Misalnya di bawah atap, di beranda atau setiap celah.

Jika area tersebut sudah ditutupi dengan minyak esensial, secara otomatis tawon tidak akan kembali membangun sarang di lokasi tersebut. Menurut Clemson University Cooperative Extension Service tawon hanya akan membangun sarang di tempat yang sudah pernah mereka tempati.

6. Menggunakan Minyak Peppermint

XX Cara Mengusir Tawon

foto: freepik.com

Minyak peppermint memiliki aroma yang dapat memberikan efek rileks kepada Moms, tetapi aroma minyak peppermint justru tidak disukai oleh tawon. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengoleskan minyak peppermint merupakan salah satu cara menghilangkan tawon dari rumah yang ampuh.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Moms hanya perlu menyempot di lokasi tawon bersarang. Saat ini juga sudah banyak semprotan tawon yang mengandung minyak peppermint.

7. Menggunakan Bahan di Dapur

XX Cara Mengusir Tawon

foto: freepik.com

Ada beberapa bahan di dapur yang bisa mengusir tawon dari rumah. Mulai dari cuka, merica, bawang putih dan campuran lemin dan baking soda.

Cara mengusir tawon dari rumah yang pertaman adalah menggunakan cuka. Caranya juga terbilang cukup mudah, Moms hanya perlu menyemprotkan larutan cuka ke sarangnya.

Selain cuka, bahan lain yang bisa Moms gunakan untuk mengusir tawon dari rumah adalah bawang putih. Aroma bawang putih yang menyengat dipercaya sebagai insektisida alami yang ampung mengusir serangga, temasuk tawon. Tapi, Moms harus tahan ya kalau aroma bawang putih akan menyebar ke seluruh rumah.

Moms juga bisa menggunakan semprotan merica untuk mengusir tawon dari rumah. Caranya, Moms hanya perlu mencampur 6 sendok makan merica, 3 sendok makan dengan air. Didihkan selama 15 menit kemudian pindahkan ke botol semprot. Selanjutnya Moms hanya perlu menyemprotkan larutan ini ke sarang tawon.

Terakhir, Moms dapat mencoba campuran jeruk nipis dan baking soda. Aroma asam yang dikeluarkan dari campuran ini dijamin akan membuat tawon menjauh dari rumah Moms. Caranya, Moms hanya perlu menyeprotkan campuran ini ke sekitar sarang tawon.

8. Menggunakan Kapur Barus

XX Cara Mengusir Tawon

foto: freepik.com

Moms juga bisa menggunakan kapur barus. Moms hanya perlu memasukan beberapa butir kapur barus ke dalam kaos kaki kemudian gantungkan di dekat sarang tawon. Aroma kapur barus dipercaya dapat membuat tawon menjauh.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengobati Sengatan Lebah

Moms demikian penjelasan mengenai cara mengusir tawon dari rumah dan di pohon. Bisa dicoba di rumah nanti ya Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait