Home & Living

15 Mei 2021

Ini 12 Cara Mengusir Tokek, Dijamin Manjur!

Mudah untuk dicoba lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Adeline Wahyu

Daftar isi artikel

Kehadiran tokek di rumah kadang dirasa mengganggu kenyamanan karena suaranya yang kencang. Belum lagi kemunculannya yang seringkali mengagetkan karena ukurannya lebih besar dibanding cicak. Lantas bagaimana cara mengusir tokek?

Cara Mengusir Tokek

Menurut Jurnal Biologi Indonesia, tokek rumah merupakan pemakan berbagai macam jenis serangga dan kadal-kadal kecil.

Walau memiliki manfaat sebagai predator serangga di rumah, namun kehadiran tokek cukuplah membuat jengkel.

Seperti saudaranya, cicak rumah, kelakuan mereka yang sering buang kotoran sembarangan membuat rumah jadi kotor.

Kalau seperti ini, hal yang perlu Moms dan Dads lakukan adalah mengusirnya jauh dari rumah. Untuk itu, kali ini Orami akan memberikan beberapa cara mengusir tokek yang mudah dan ampuh. Simak penjelasannya sampai habis ya!

Baca Juga: Simak Cara Mengusir Cicak di Rumah yang Efektif Moms Coba!

1. Usir dengan Cangkang Telur

Tokek takut cangkang telur

Foto: Greeners.co

Mungkin Moms dan Dads akan merasa heran, kok bisa ya cangkang telur digunakan untuk mengusir tokek?

Selain tidak membutuhkan biaya yang besar, cangkang telur merupakan cara mengusir tokek secara alami.

Rupanya, cangkang telur ini bisa mempengaruhi psikologis mereka. Seperti dikutip dari laman Home Guru, bahwa saat tokek melihat cangkang telur, mereka mengira itu adalah tempat pemangsa lainnya.

Letakkan pecahan kedua cangkang telur di jalur yang mereka sering lewati. Tapi, jangan cuci cangkang telur tersebut ya agar mereka bisa cepat menemukannya.

Supaya tidak mengeluarkan bau busuk, gantilah cangkang telur setidaknya 4 minggu sekali.

2. Gunakan Bawang Merah dan Bawang Putih

Cara mengusir tokek selanjutnya yang cukup efektif adalah dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih. Sebab, kedua bumbu dapur ini memiliki aroma menyengat, sehingga membuat para tokek tidak menyukainya.

Cara memanfaatkannya pun sangat simpel. Untuk bawang merah, irislah menjadi dua bagian dan kemudian letakkan di jalur-jalur yang sering dilalui tokek. Begitupun dengan bawang putih. Aroma dari kedua bawang ini dijamin membuat tokek jauh-jauh dari rumah.

3. Menurunkan Suhu Ruangan

Buat ruangan jadi sejuk untuk mengusir tokek

Foto: Freepik.com

Sama seperti cicak, tokek si hewan reptil ini juga tahan dengan udara panas. Namun di sisi lain, hewan yang satu ini rupanya tidak mampu beradaptasi dengan suhu dingin.

Untuk itulah, Moms dan Dads bisa menurunkan suhu ruangan setidaknya hingga 22 derajat celcius sebagai cara mengusir tokek.

Mau yang lebih hemat? Sering-seringlah membuka pintu atau jendela rumah agar sirkulasi udara di dalam ruangan jadi lebih sejuk.

Baca Juga: Ketahui Cara Mengusir Nyamuk yang Ampuh!

4. Menyemprotkan Air Garam

Ternyata cipratan air garam bisa juga digunakan sebagai cara mengusir tokek.

Air yang dicampur dengan garam ini bisa bereaksi cepat terhadap kulit tokek. Moms dan Dads bisa semprotkan air garam ini ke persembunyian tokek.

Namun, pastikan dulu ya sebelum menyemprotkannya, kocok terlebih dahulu larutan agar garam dan airnya bercampur lagi.

5. Gunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk tidak disukai tokek

Foto: Freepik.com

Jeruk yang memiliki aroma segar dan khas seringkali kita gunakan sebagai wewangian alami atau aroma terapi di rumah. Namun, ternyata kulit jeruk juga bisa diletakkan begitu saja sebagai cara mengusir tokek.

Aroma dari jeruk ini tidak disukai oleh tokek dan membuatnya ingin segera pergi. Untuk itu, Moms dan Dads bisa meletakkan kulit jeruk di jalur yang biasa dilewati oleh tokek.

6. Taburkan Bubuk Kapur Barus

Kapur barus atau kamper yang sering digunakan sebagai pengharum pakaian ataupun kamar mandi, juga rupanya bisa menjadi cara mengusir tokek.

Bagi manusia, aroma kapur barus tidak terlalu menusuk hidung. Namun, bagi tokek aroma ini sangat menyengat dan mengganggu mereka.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Cukup tumbuk kapur barus dan taburkan bubuk kapur di dinding atau jalur yang sering dilalui tokek. Dijamin deh, tokek akan segera pergi dari rumah.

Baca Juga: Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah yang Bisa Dicoba

7. Oleskan Ampas Kopi

Kopi dan tembakau menjadi racun tokek

Foto: Freepik.com

Dibalik manfaat ampas kopi yang sangat bagus untuk kulit manusia, rupanya ampas ini juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tokek. Bahkan bukan hanya mengusirnya, tokek pun bisa keracunan.

Namun, ada tambahan bahan yang Moms dan Dads perlu campurkan yaitu tembakau. Masukkan ampas kopi dan tembakau ke dalam wadah. Lalu, aduk dan buatlah jadi bola-bola kecil.

Setelah itu tusuk dengan tusuk gigi atau lidi dan letakkan di area yang kerap dilewati tokek. Tokek yang memakan bola-bola tersebut akan keracunan dan akhirnya mati.

8. Menggunakan Getah Buah Nangka

Cara mengusir toker dengan membuat perangkap alami? Moms dan Dads bisa gunakan getah buah nangka.

Ambil getah buah nangka dan oleskan ke bambu atau ujung kayu. Setelah tokek terlihat maka dekatkan ujung kayu yang sudah dioleskan getah ke badan tokek.

Nah, jika tokek menempel, biasanya akan sulit lepas dan bergerak. Jika sudah tertangkap, maka pindahkan tokek yang jauh dari area rumah.

9. Usir Tokek dengan Bulu Burung Merak

Bulu merak ditakuti tokek

Foto: Freepik.com

Mungkin Moms dan Dads bertanya-tanya, kok bisa ya bulu burung merak dijadikan alat untuk mengusir tokek? Motif dan warna dari bulu burung merak yang cantik ini ternyata bisa memberi efek psikologis bagi tokek.

Para tokek ini, nantinya akan mengira jika bulu merak tersebut adalah hewan lain, atau bahkan predatornya.

Ini adalah salah satu cara mengusir tokek yang patut Moms dan Dads coba. Jika takut tercium aroma busuk saat menggunakan cangkang telur, Moms dan Dads bisa menggunakan cara bulu burung merak ini.

Baca Juga: Tanpa Racun, Begini 6 Cara Mengusir Tikus di Rumah

10. Taburkan Bubuk Lada

Bubuk lada memang dapat membuat aroma dan rasa masakan jadi lebih sedap. Tapi, bagaimana rasanya saat Moms tidak sengaja menghirup lada? Seketika pasti langsung bersin-bersin dan pernapasan terasa panas.

Rupanya, tokek pun juga akan merasakan hal yang sama. Belum lagi, tubuhnya juga akan terasa perih saat terkena lada.

Untuk itu, Moms dan Dads bisa menggunakan bubuk lada sebagai cara mengusir tokek yang ampuh.

Isilah penuh mangkuk dengan lada, kemudian letakkan mangkuk itu di tempat yang sering dilalui tokek. Juga, seperti dikutip dari laman Pest Killed, Moms dan Dads bisa menggunakan cairan lada yang dicampurkan dengan saus pedas.

11. Memelihara Kucing

Kucing dapat memburu tokek

Foto: Orami Photo Stocks

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang bisa Moms dan Dads pertimbangkan untuk mengusir hama di rumah.

Hewan yang satu ini memiliki penglihatan juga pendengaran yang tajam sehingga dapat digunakan sebagai cara mengusir tokek, bahkan membunuhnya dalam sekejap.

Setelah itu, Moms dan Dads harus mempersiapkan diri untuk membuang bangkai si tokek karena biasanya berbau busuk dengan cepat.

12. Bakar Daun Kering

Membakar daun kering dan membuat asap ternyata bisa dijadikan sebagai cara mengusir tokek yang perlu dicoba.

Asap dari hasil pembakaran daun kering ini bisa mengganggu mereka dan akhirnya pergi dari rumah. Namun, cara yang satu ini perlu kehati-hatian yang ekstra karena cukup ekstrim.

Selain itu, pastikan juga bahwa jumlah daun yang dibakar tidak berlebihan agar asapnya tidak terlalu mengganggu pernapasan dan tetangga sekitar.

Untuk perlengkapan yang dibutuhkan adalah kaleng bekas, daun kering, dan korek api. Lalu, caranya adalah kumpulkan daun kering dan masukkan ke dalam kaleng. Setelah itu bakarlah dengan korek api lalu arahkan asapnya ke sarang tokek.

13. Tambahkan Penerangan di Sudut Ruangan

Terangi area yang sering dikunjungi tokek

Foto: Freepik.com

Karena tokek memiliki tingkat sensitivitas cahaya yang cukup tinggi, mereka jadi tidak menyukai tempat-tempat yang terang. Untuk itulah, mereka seringkali muncul atau bersarang di sudut-sudut ruangan yang kecil dan minim akan cahaya.

Cara mengusir tokek secara alami yang bisa Moms dan Dads lakukan adalah dengan mengganti lampu di rumah supaya lebih terang.

Nah, coba lakukan di malam hari dan rutin, rumah akan terbebas dari kedatangan para tokek.

Selain mempraktekkan beberapa cara di atas, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan rumah agar tokek tidak kembali lagi.

Baca Juga: 4 Cara Mengusir Kecoak dengan Bahan Alami yang Mudah

Jadi, cara mengusir tokek mana yang Moms dan Dads ingin segera coba di rumah?

Semoga informasi ini bisa membantu Moms dan Dads berhasil mengusir tokek di rumah, ya!

  • https://e-journal.biologi.lipi.go.id/index.php/jurnal_biologi_indonesia/article/download/3808/3136
  • https://pestkilled.com/how-to-get-rid-of-geckos/
  • https://homeguru.homepro.co.th/en/how-to-chase-away-geckos-lizards-and-cockroaches/
  • https://www.fauna.id/cara-mengusir-tokek/
  • https://www.iproperty.com.my/lifestyle/ways-to-remove-lizards-from-your-home-permanently/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait