Keluarga

KELUARGA
23 Juni 2020

5 Cara Meningkatkan Gairah dalam Pernikahan, Yuk Coba!

Agar hubungan pernikahan tidak terasa hambar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat pertama kali menjalin hubungan dengan Dads, rasa cintanya mungkin menggebu-gebu dan hasrat ingin bersama selamanya sangat kuat. Lalu, datanglah pernikahan dan Moms mengharapkan cerita yang happily ever after.

Namun, permasalahannya, pernikahan tidak selalu mengandung cerita indah. Pernikahan pun punya duka dan masalah yang harus diselesaikan bersama.

"Banyak orang berpikir bahwa pernikahan adalah tentang menikahi orang yang tepat. Jadi, ketika ada masalah, mereka secara otomatis berpikir 'Oh tidak, saya menikahi orang yang salah'," kata Alisa Bowman, penulis Project: Happily Ever After.

“Namun, meskipun Anda menikah dengan seseorang yang pada dasarnya cocok dengan Anda, pernikahan sebenarnya lebih sedikit berhubungan dengan menikahi orang yang tepat dan lebih kepada hal tepat apa yang harus dilakukan dengan orang yang Anda nikahi," jelas Bowman.

Dengan kata lain, hubungan adalah pekerjaan konstan yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Hubungan Pernikahan Penuh Ekspektasi Tidak Realistis, Apa Moms Mengalaminya?

Cara Meningkatkan Gairah dalam Pernikahan

Jika Moms tidak berusaha memupuk cinta pada hubungan pernikahan, bukan tidak mungkin pernikahan jadi terasa hambar. Agar hubungan jadi makin hangat, penting untuk Moms memupuk cinta dan meningkatkan gairah dalam pernikahan.

Seperti apa cara menambah gairah dalam pernikahan? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Rawat Diri Sendiri

5 Cara untuk Menyalakan Kembali Semangat dalam Pernikahan 1.jpg

Pernikahan adalah tentang memberi, tetapi sebelumnya, pastikan dulu Moms pun punya waktu untuk diri sendiri. “Untuk memiliki pernikahan yang baik, Anda harus jadi diri Anda yang paling baik,” ujar Bowman.

Pelajari bagaimana memprioritaskan dan membatasi kegiatan yang membuat Moms tetap sehat, seperti istirahat, relaksasi, olahraga, dan waktu bersama teman-teman. Dengan kata lain, menurut Bowman, menjadwalkan me time itu bukanlah hal yang egois, melainkan keharusan supaya bisa memperkuat hubungan.

“Anda akan memiliki versi diri yang lebih baik yang bisa dibawa ke dalam hubungan bersama,” ungkapnya.

2. Renungkan Apa yang Moms Sukai dan Hargai dari Dads

5 Cara untuk Menyalakan Kembali Semangat dalam Pernikahan 2.jpg

Cara menambah gairah pernikahan ialah dengan mencari tahu apa yang Moms sukai dan hargai dari diri Dads. Misalnya, yang membuat Moms jatuh cinta dulu pada Dads ialah ia suka berpetualang, maka sekarang lakukan kembali aktivitas tersebut.

Jika Dads adalah orang yang senang berdiskusi, maka carilah hal-hal baru yang bisa didiskusikan bersama.

Pasangan akan menghargai usaha Moms karena mau mencoba melakukan sesuatu yang Dads sukai, sehingga pada akhirnya Dads pun akan berusaha pula untuk melakukan bersama hal yang Moms sukai.

Baca Juga: Istirahat Cukup Lebih Penting ketimbang Hubungan Seks dalam Pernikahan?

3. Jaga Komunikasi Tetap Baik

5 Cara untuk Menyalakan Kembali Semangat dalam Pernikahan 3.jpg

Untuk menjadi pasangan yang solid, Moms harus terus berbicara dan berdiskusi tentang satu sama lain. Banyak pasangan berhenti melakukan hal ini karena mereka sangat sibuk dalam pekerjaannya masing-masing. Lalu, konektivitas yang dulu ada pun menghilang.

Pasangan pun jadi seperti orang asing yang hidup di bawah atap yang sama, sampai akhirnya gairah dalam pernikahan pun memudar.

Untuk itu, jaga komunikasi dengan Dads agar tetap baik. Pastikan Moms tetap terhubung secara emosional satu sama lain. Lakukan hal-hal kecil dengan pasangan seperti mengerjakan pekerjaan rumah, membantu anak-anak membuat PR, berkebun, atau hal-hal lainnya.

Beri tahu juga tentang apa yang Moms sukai dan tidak sukai dalam hubungan. Minta Dads pun melakukan hal yang sama. Dengan begitu, Moms dan Dads bisa saling memenuhi keinginan masing-masing pihak dan mau bertoleransi.

4. Prioritaskan Seks

5 Cara untuk Menyalakan Kembali Semangat dalam Pernikahan 4.jpg

Untuk menambah gairah pernikahan, memprioritaskan seks adalah salah satu caranya. Atur mood Moms dan Dads sebelum melakukan hubungan seks, misalnya dengan menonton TV bersama, mendengarkan musik, atau mengobrol ringan.

Bahkan apabila Moms bukanlah orang yang senang dengan hal-hal yang berkaitan dengan sentuhan kulit, tetapi meningkatkan sentuhan fisik dengan Dads bisa menyesuaikan emosi bersama dan mempertahankan ikatan yang dalam dan bermakna, lho.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menemukan bahwa pentingnya kesadaran akan kualitas hubungan seks untuk meningkatkan kepuasan pada pasangan dalam hubungan pernikahan.

5. Variasikan Jenis Seks

5 Cara untuk Menyalakan Kembali Semangat dalam Pernikahan 5.jpg

Cara menambah gairah pernikahan lainnya ialah dengan memvariasikan jenis-jenis hubungan seks antara Moms dan Dads. Mungkin selama ini Moms sudah bosan dengan rutinitas dan posisi yang itu-itu saja?

Kini saatnya Moms mencari tahu posisi seks yang baru, lembut, penuh kasih, intim, dan sedikit erotis.

Ubah rutinitas yang selama ini berjalan, coba hal-hal baru dan seru sehingga Dads pun merasa tertantang dengan variasi hubungan seks yang baru ini.

Baca Juga: Ini Dia 5 Rahasia Tak Terduga Agar Pernikahan Bahagia

Itulah 5 cara meningkatkan gairah pernikahan yang bisa Moms lakukan bersama Dads. Selalu ingat, hubungan adalah usaha dari kedua belah pihak.

Jadi, apabila Moms mau hubungan pernikahan kembali bergairah, maka Dads pun harus diajak turut serta untuk berusaha. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait