Kesehatan Umum

18 Agustus 2021

10 Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Mudah Dilakukan Sehari-hari

Yuk, langsung lakukan cara meningkatkan imun tubuh sekarang!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Agar tidak mudah terserang virus dan bakteri yang membuat tubuh sakit, kita memerlukan cara meningkatkan imun tubuh.

Sistem imunitas tubuh adalah sekelompok sel-sel dalam tubuh, protein, dan organ khusus yang bekerja sama dalam melawan segala macam hal yang bisa membahayakan tubuh, contohnya saja virus dan bakteri atau zat-zat asing lainnya.

Dengan begitu, tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh hal-hal yang menyerang tubuh.

Baca Juga: Cegah Infeksi Virus, Begini Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh yang Mudah Dilakukan

Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Imunitas tubuh ini bisa ditingkatkan dengan beragam macam cara. Beberapa di antaranya sangat mudah dilakukan sehingga Moms bisa melakukannya setiap hari.

Dilansir dari healthline.com, ada beberapa cara meningkatkan imun tubuh seperti yang ada di bawah ini!

1. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Tidur yang Cukup

Foto: dana.org

Tidur dan beristirahat yang cukup menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang mudah dilakukan.

Saat tidur, tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga membentuk sistem imun secara alami sehingga kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan baik.

Menurut sebuah jurnal penelitian yang berjudul Behaviorally Assessed Sleep and Susceptibility to the Common Cold, orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam akan lebih mudah terkena flu dibanding orang dewasa yang tidur lebih dari enam jam sehari.

Orang dewasa memang normalnya memiliki jam tidur antara 7-8 jam per harinya. Sedangkam untuk anak-anak biasanya 10-12 jam per hari.

Jika Moms mengalami masalah susah tidur, cobalah untuk melakukan meditasi, kurangi penggunaan gadget, hingga minum green tea atau peppermint tea supaya tubuh bisa rileks.

Baca Juga: Inilah 6 Manfaat Jus Mentimun Bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Berat Badan!

2. Olahraga yang Teratur

Olahraga sangat diperlukan sebagai cara meningkatkan imun tubuh. Olahraga yang dilakukan tak harus berat, Moms cukup melakukan olahraga ringan hingga sedang, tapi dilakukan setiap hari selama 30 menit sampai 1 jam lamanya.

Hal ini diperkuat dalam jurnal Exercise and the Regulation of Immune Functions yang mengemukakan kalau olahraga sedang bisa meningkat imun sistem dalam tubuh asalkan dilakukan secara rutin.

Ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan banyak hormon yang bisa membantu tubuh meredakan stres dan memperkuat otot dalam tubuh. Olahraga sedang ini seperti bersepeda, jogging, berenang, hingga lompat tali.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Minum Banyak Air Putih

Foto: foodandnutrition.org

Minum air putih yang cukup juga dapat menjadi cara meningkatkan imun tubuh. Tubuh yang terhidrasi dengan baik ternyata bisa membuat kita tidak mudah sakit.

Sebenarnya hidrasi tidak sepenuhnya bisa melindungi Moms dari bakteri dan virus, tetapi bisa menjaga metabolisme tubuh tetap baik.

Dari jurnal penelitian Water, Hydration and Health dijelaskan kalau saat kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, maka akan ada banyak efek yang dirasakan, mulai dari sakit kepala, mudah lelah, tidak fokus, hingga terjadinya masalah pada ginjal dan hati.

Komplikasi permasalahan ini bisa berdampak buruk pada sistem imunitas tubuh pastinya. Jadi meski tidak bisa sepenuhnya melindungi dari serangan virus dan bakteri, tapi dengan terhidrasi secara baik, maka kesehatan tubuh bisa tetap terjaga. Dengan begitu sistem imun secara tidak langsung akan naik.

Bisa diibaratkan hidrasi ini adalah mata rantai yang diperlukan dalam cara meningkatkan imunitas tubuh.

Setiap harinya, Moms dianjurkan untuk minum 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih. Bisa berupa air putih dingin maupun hangat.

Baca Juga: Begini Cara Sistem Imun Kita Melawan dalam Bakteri dan Virus di Tubuh, Luar Biasa!

4. Jaga Pola Makan yang Teratur

Menjaga Pola Makan

Foto: www.eatthis.com

Pola makan juga harus tetap dijaga jika ingin imunitas tubuh meningkat. Makanlah tiga kali sehari dengan menyantap makanan yang kaya akan gizi.

Hindari konsumsi junk food atau makanan cepat saji karena mengandung banyak karbohidrat, lemak, dan gula sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Sebaliknya, makanlah buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin. Selain itu, menyantap makanan yang mengandung lemak baik juga perlu Moms lakukan.

Beberapa makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan salmon sangat bagus sebagai cara meningkatkan imun tubuh karena ada kandungan omega 3 yang tinggi. Selain itu, dada ayam fillet juga bagus dikonsumsi.

5. Konsumsi Makanan Fermentasi

Mengonsumsi makanan fermentasi ternyata juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Makanan fermentasi sangat kaya akan bakteri baik yang dikenal dengan nama probiotik.

Bakteri baik ini mampu melawan bakteri jahat yang menyerang tubuh sehingga imunitas tubuh bisa lebih ditingkatkan. Bakteri jahat yang menyerang tubuh bisa melemahkan imun sehingga kita bisa mudah sakit.

Menurut jurnal penelitian The Role of Gut Microbiota in Immune Homeostasis and Autoimmunity, bakteri baik yang ada dalam makanan fermentasi bisa bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk sistem pencernaan saja, tetapi juga dapat meningkatkan sistem imun.

Makanan fermentasi yang bisa Moms konsumsi adalah yoghurt, keju, kefir, natto, kimchi, hingga tempe yang bisa dengan mudah didapat dan harganya juga murah meriah.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan yang Berfungsi sebagai Imun Booster, Ternyata Sehat dan Enak!

6. Konsumsi Suplemen

Suplemen untuk Menjaga Imun Tubuh

Foto: aesgp.eu

Selain mengonsumsi makanan fermentasi dan makan secara teratur, Moms juga harus bisa mengonsumsi suplemen sebagai cara meningkatkan imun tubuh dan memenuhi kebutuhan vitamin harian tubuh.

Orang-orang yang memiliki imun rendah sangat membutuhkan suplemen tubuh supaya daya tahan tubuhnya kuat. Suplemen yang dibutuhkan biasanya adalah vitamin C dengan dosis maksimum 1000 mg per hari, vitamin D, zinc, dan elderberry.

Minum suplemen setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh. Tapi tentu saja, konsumsi vitamin juga harus dibarengi dengan makan secara teratur dan mengonsumsi buah dan sayur.

7. Hindari Stres

Menjaga kadar stres dalam tubuh sangatlah perlu sebagai cara meningkatkan imun tubuh. Ketika kita merasa stres dan banyak pikiran, hal tersebut ternyata bisa melemahkan daya tahan tubuh secara tidak langsung.

Hal ini telah dijelaskan dalam jurnal Effects of Stress on Immune Function: The Good, The Bad, and The Beautiful kalau seseorang yang memiliki kadar stres tinggi, maka imunitas tubuhnya akan tidak seimbang sehingga mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, Moms tidak boleh terlalu stres jika ingin menerapkan cara meningkatkan imun tubuh. Salah satu cara untuk meredakan stres adalah dengan melakukan meditasi, berlibur, melakukan hobi, mengobrol dengan teman, hingga makan makanan yang bisa meredakan stres.

8. Rutin Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di Pagi Hari

Foto: hellosehat.com

Kita selalu disarankan untuk rutin berjemur setiap hari di pagi hari sebagai cara meningkatkan imun tubuh.

Berjemur di pagi hari ternyata bisa membuat tubuh mendapat asupan vitamin D alami terbaik yang berasal dari sinar matahari.

Untuk mendapatkan asupan vitamin D yang maksimal dari sinar matahari, waktu yang bagus adalah mulai pukul 08.00 sampai 10.00 pagi dengan durasi waktu berjemur sekitar 10-15 menit lamanya.

Jika tidak bisa setiap hari berjemur, Moms bisa melakukannya 2-3 kali seminggu.

Baca Juga: 9+ Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Meningkatkan Imun Tubuh lho!

9. Hindari Merokok

Cara meningkatkan imun tubuh lainnya adalah dengan mengindari merokok. Hal ini disebabkan karena saat merokok, ada banyak zat-zat dan senyawa yang dilepaskan dan hal itu tidak bagus untuk tubuh.

Zat senyawa tersebut seperti karbonmonoksida, nikotin, hingga nitrogen oksidan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru serta organ tubuh lainnya. Ini sudah dibuktikan melalui jurnal penelitian yang berjudul Impacts of Cigarette Smoking on Immune Responsiveness.

Selain menghindari rokok, Moms juga harus menghindari minuman beralkohol. Minuman alkohol ternyata bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga akan menghambat masa pemulihan jika kita sakit.

Baca Juga: Ini Rekomendasi IDAI Terkait Imunisasi Anak Rutin di Masa Pandemi, Wajib Tahu!

10. Selalu Menjaga Kebersihan

Mencuci Tangan

Foto: post.healthline.com

Cara meningkatkan imun tubuh yang terakhir adalah dengan selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan tubuh hingga kebersihan lingkungan sekitar.

Rutinlah membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas di luar rumah, setelah dari toilet, dan sebelum makan.

Dengan rutin membersihkan tangan, maka kuman dan bakteri yang menempel di tangan bisa hilang sehingga tidak ikut masuk ke dalam tubuh ketika Moms mengonsumsi makanan tertentu.

Selain rutin mencuci tangan, Moms juga harus sering-sering bersih-bersih rumah karena lingkungan rumah yang kotor dan berantakan akan rentan menjadi sarang kuman dan bakteri yang menempel.

Di pagi hari, cobalah untuk membuka pintu dan jendela supaya sirlukasi udara bisa berjalan baik. Sambil membuka pintu dan jendela, Moms bisa sambil bebenah rumah.

Berbagai macam cara meningkatkan imun tubuh di atas bisa mulai Moms lakukan dari sekarang. Selain melakukan sepuluh cara meningkatkan imun tubuh di atas, Moms juga harus selalu menjaga kondisi badan ya!

  • https://www.houstonmethodist.org/blog/articles/2020/mar/5-ways-to-boost-your-immune-system/
  • https://www.healthline.com/nutrition/how-to-boost-immune-health
  • https://www.everydayhealth.com/columns/white-seeber-grogan-the-remedy-chicks/ten-simple-natural-ways-to-boost-immune-system/
  • https://www.bmihealthcare.co.uk/health-matters/health-and-wellbeing/boost-your-immune-system
  • https://www.riversidemedicalclinic.com/10-ways-to-boost-your-immune-system/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait