Pernikahan & Seks

PERNIKAHAN & SEKS
4 Oktober 2020

11+ Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Suami Istri, Yuk Coba!

Berusaha saling mendengar satu sama lain adalah kuncinya. Sudahkah dilakukan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mungkin Moms sering bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri. Hubungan adalah satu kata yang memegang bentuk kepentingan tertinggi dalam kehidupan manusia. Hubungan suami-istri adalah salah satu ikatan paling berharga dan kuat dalam masyarakat manusia, tetapi juga salah satu hubungan yang paling rumit.

Pernikahan adalah hubungan formal di mana dua orang bersumpah untuk berada di sisi satu sama lain seumur hidup. Mungkin saja mereka saling mengenal lama atau sama sekali tidak mengenal satu sama lain sebelumnya. Namun, mereka harus saling percaya dan membiarkan perasaan mereka mengendalikan ketika itu akan dibawa ke jalur pernikahan.

Pada satu sisi harus ada rasa hormat antara suami dan istri. Namun di sisi lain, cinta perlu berkembang seiring waktu. Mereka harus memahami satu sama lain dan dekat, tetapi sekali lagi perlu tetap memberikan ruang pada pasangannya masing-masing agar keduanya tidak merasa tercekik dalam hubungan.

Mengingat semua masalah yang disebutkan di atas, Moms pasti dapat menyimpulkan bahwa hubungan suami-istri adalah salah satu hubungan yang paling rumit di dunia. Seseorang perlu berhati-hati dan sadar karena ketika ada satu kesalahan besar, maka hubungan bisa putus dan akan melukai keduanya.

Di zaman modern seperti saat ini dan dengan begitu banyak tekanan di tempat kerja, pasangan sering menghadapi kesulitan dalam membuat pernikahan mereka berhasil. Ketika segala sesuatunya berantakan, perceraian terjadi.

Dalam beberapa tahun terakhir, perceraian telah menjadi istilah yang biasa bagi masyarakat umum. Secara tidak langsung, hal ini membuat generasi penerus takut untuk terikat dalam hubungan komitmen yang disebut pernikahan.

Sekarang ketika dua orang saling mencintai dan ingin tetap bersama mereka lebih nyaman dengan hanya tinggal satu sama lain tanpa ikatan suami-istri dan tanpa masuk ke dalam hubungan formal pernikahan. Padahal, pernikahan dapat berhasil jika kedua belah pihak melakukan upaya yang jujur.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Hubungan Percintaan

Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Suami Istri

Cinta adalah kemitraan jangka panjang yang tidak lahir melainkan tumbuh dari makan yang kaya akan penerimaan, komitmen, ritual, dan empati. Berikut ini adalah cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang bisa dipelajari bersama. Yuk simak!

1. Dengan seks, Bidik Kuantitas daripada Kualitas

Cara berhubungan intim yang tidak mengakibatkan kehamilan

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang pertama adalah lakukan seks lebih sering. Jika suami istri mulai sibuk dengan pekerjaan masing-masing, maka mereka bisa kehilangan koneksi secara fisik.

Ahli seksologi klinis dan terapis pernikahan, sekaligus penulis The Married Sex Solution, Kat Van Kirk, DHS, menyarankan untuk menghilangkan harapan memiliki sesi bercinta dengan teknis yang panjang. Pasangan harus mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih mudah dan sering dilakukan.

"Baik itu melakukan di kamar mandi atau bercumbu seperti remaja sebelum tidur. 10 menit fokus dapat membangun momen yang lebih intim daripada yang dialami banyak pasangan selama bertahun-tahun," katanya dikutip dari Womandays.com.

Baca Juga: Susah Orgasme Saat Berhubungan Seks, Normalkah?

2. Tulis Semua Cerita tentang Perkelahian Rumah Tangga Itu

Begini Cara Mengatasi Depresi Tanpa Obat 04 menulis freepik com.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah menuliskan semua cerita perkelahiran rumah tangga. Menulis dalam buku harian untuk direnungkan ya Moms, bukan di medsos. Dalam sebuah penelitian dari Northwestern University di Evanston, Illinois, Amerika Serikat, pasangan yang menulis selama tujuh menit dalam tiga kali setahun tentang konflik perkawinannya berdasarkan perspektif orang ketiga, melaporkan kepuasan hubungan yang lebih besar daripada mereka yang tidak berusaha mencurahkannya.

Para peneliti percaya itu, karena kelompok penulis dapat mengumpulkan wawasan baru tentang ketidaksepakatan atau lebih memahami pasangan mereka setelah mereka merenungkannya sendiri.

Jadi, ketika lain kali Moms berdebat dengan suami, coba tuliskan detailnya dari sudut pandang netral. Moms mungkin memperhatikan sesuatu yang Moms lewatkan di saat situasi sedang panas.

3. Berusaha Saling Mendengarkan

posesif terhadap pasangan 6.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah berusaha saling mendengar. Dalam banyak kasus, dikatakan bahwa mulailah dengan saling mendengarkan. Tidak hanya saat bercanda, penting bagi Moms untuk mendengarkan pasangan dengan pikiran terbuka.

Moms tahu bahwa pasangan yang mendengarkan satu sama lain, akan lebih bahagia dalam hubungan suami istrinya. Jika pasangan Moms mengatakan bahwa ada masalah maka daripada mengabaikan masalah tersebut, lebih baik duduk dan berdiskusi sehingga Moms bisa bersama-sama mencari solusinya.

Selalu tangani kebutuhan pasangan Moms dan berusahalah untuk memenuhinya. Terkadang untuk melakukannya, Moms mungkin perlu berkompromi agar keduanya bisa mengakhiri segala permasalahan dengan tersenyum.

4. Habiskan Waktu Berkualitas dengan Satu Sama Lain

tips-menghadapi-pasangan-penyayang-hewan.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah habiskan waktu berkualitas. Ini adalah salah satu metode terbaik untuk membuat pernikahan Moms berhasil. Apa satu hal yang umum di antara daftar keinginan suami dan istri?

Menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan di mana keduanya bisa mengenal satu sama lain dengan baik dan menciptakan lebih banyak kenangan. Satu hal yang menjadi keharusan adalah Moms harus menutup diri dari dunia luar saat Moms menghabiskan waktu bersama pasangan.

Kim Blackham, Terapis Bersertifikat Masalah Pernikahan dan Keluarga asal Amerika Serikat, mengatakan jika Moms mencoba memutuskan bagaimana ketika Moms dan pasangan harus menangani rapor buruk putra atau putri Moms, pergilah untuk jalan-jalan. Udara segar tidak hanya akan menjernihkan pikiran Mom.

"Tindakan berjalan ke arah yang sama dapat membantu Anda berdua merasa seolah-olah Anda berada di tim yang sama dan menginginkan hasil yang sama. Menuju ke satu tempat bersama atau secara fisik, akan membuat Anda lebih mungkin merasa sinkron secara mental. Ini seperti Anda berdiri bersama alih-alih saling berhadapan," jelas Blackham.

Baca Juga: Ayah, Stop Main Gadget! Begini Cara Bangun Quality Time dengan Istri dan Si Kecil

5. Peluk selama 2 Menit dan Cium selama 30 Detik Setiap Hari

manfaat-luar-biasa-berpelukan-dengan-suami.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah dengan pelukan dan ciuman. Blackham juga menjelaskan bahwa seringkali, ciuman dan pelukan dilakukan dengan mekanisme dan cepat. Padahal ciuman dan pelukan yang tergesa-gesa tidak menawarkan manfaat perasaan senang layaknya keintiman fisik yang lebih lama.

"Pelukan dan ciuman sangat penting karena oksitosin atau zat kimia akan dilepaskan oleh tubuh kita saat saling menyentuh satu sama lain. Ini secara emosional akan menghubungkan kembali suami dan istri. Tidak perlu mengatur waktu, tetapi lakukan pelukan dan ciuman lebih lama dari biasanya dan Anda akan merasakan koneksi yang baru," ujarnya.

Baca Juga: Ternyata Ini 8 Manfaat Pelukan dengan Suami Setiap Hari

6. Duduk Bersebelahan di Meja Restoran

Diet Prakonsepsi, Ini 6 Makanan Terbaik Bagi Penderita PCOS.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah duduk bersebelahan saat makan. Ketika makan di luar atau restoran, Moms mungkin cenderung untuk duduk di seberang pasangan Moms. Ini adalah sikap yang agresif layaknya calon pemberi kerja duduk dengan calon karyawannya selama wawancara.

Ketika nanti Moms keluar rumah dan pergi makan bersama suami, coba ambil atau letakkan kursi dan duduk berdampingan bersama pasangan. Alih-alih bermain footsie di bawah meja, pasangan Moms bisa menyelipkan lengan di jari Moms atau bahkan menyentuh lutut Moms ketika duduk berdampingan.

"Sementara itu, Anda juga bisa berbisik di telinganya. Ini posisi yang lebih bersahabat dan jauh lebih intim," tambah Blackham.

7. Catat Perbuatan Manis Pasangan Moms

diary girl hand 261735

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah buat catatan perbuatan manis pasangan. Mungkin dia mengisi tangki bensin mobil Moms tanpa Moms minta. Atau dia membawakan Moms bunga tanpa alasan yang jelas. Sekali sehari selama seminggu, diam-diam tuliskan sesuatu yang pasangan Moms lakukan dan itu menyentuh perasaan Moms.

"Sering kali, terutama dalam hubungan jangka panjang, hal-hal kecil yang dilakukan pasangan kita terkadang kita abaikan begitu saja. Ini yang pada akhirnya membuat suami merasa kesal," kata Pakar Hubungan dan Psikoterapis berlisensi, Christina Steinorth-Powell.

Membuat daftar sifat baik pasangan, akan membantu Moms merasa bersyukur atas berkat pernikahan setiap hari. Moms juga bisa membagikan atau memperlihatkan daftar itu kepada pasangan, saat menghabiskan akhir pekan bersama. Percayalah bahwa ini dapat membuatnya merasa lebih dihargai.

8. Jadwalkan Malam Kencan yang Romantis

Yuk Rayakan Valentine Bersama Suami di 5 Tempat Dinner Romantis di Jakarta Ini!

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah jadwalkan kencan romantis. Menurut sebuah studi dari Universitas Rochester di Rochester, New York, menonton film bersama tentang 'relationship' dan kemudian mendiskusikannya, sama efektifnya dalam mengurangi tingkat perceraian seperti halnya belajar tentang manajemen konflik dan kasih sayang.

Namun hati-hati, bisa jadi karena film-film semacam itu, maka akan timbul berbagai alasan untuk membicarakan masalah-masalah rumah tangga tersebut. Dari pada menonton, kencan sembari liburan bersama bisa menjadi pilihan yang bijak agar tidak hanya mempererat hubungan intim, tetapi juga bisa menjernihkan pikiran bersama.

9. Singkirkan Gadget atau Ponsel

posesif terhadap pasangan 2.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah singkirkan gadget atau ponsel. Nasihat ini tampaknya cukup intuitif ketika Moms mencoba memperkuat hubungan dengan seseorang. Akan tetapi, ini harus terus dilakukan agar terbiasa.

Psikoterapis berlisensi dan relationship expert, penulis dan juga dosen asal New York, Rachel A. Sussman, mengatakan bahwa masalah datang ketika seseorang sibuk dengan handphone-nya karena hal ini membuat Moms dan pasangan justru menjadi jauh.

Selain handphone membuat Moms keluar dari momen itu, barang ini bisa dianggap membuat Moms tidak menghormati pasangan secara serius, terlepas dari apakah Moms memang bermaksud demikian atau tidak.

"Ini menciptakan ilusi bahwa Anda tidak tertarik pada saya, Anda tidak tertarik dengan apa yang terjadi saat ini. Milikilah waktu bebas dari handphone walau hanya dalam sehari atau buat ruang khusus di rumah Anda, di mana elektronik tidak diperbolehkan digunakan dalam ruangan tersebut," ungkapnya.

Baca Juga: Perlukah Memantau Smartphone Pasangan?

10. Ajukan Pertanyaan Provokatif Satu Sama Lain Setiap Hari

Balik Bertanya kepada Si Kecil, balita banyak tanya.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah ajukan pertanyaan provokatif. Tidak peduli apa pertanyaannya, tetapi menanyakan pasangan Moms pertanyaan yang menarik setiap hari adalah cara yang bagus untuk terus belajar lebih banyak tentang pasangan Moms. Ini juga baik karena Moms dapat lebih memahami bagaimana pikiran mereka bekerja.

"Ini memaksa Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda. Memikirkan sesuatu, membicarakan dan menjelaskannya pada diri Anda sendiri. Jika pasangan Anda setuju dengan Anda dan Anda memiliki percakapan yang menarik, itu justru menciptakan keintiman," ujar Sussman.

Menurut Sussman, tidak ada topik yang harus dihindari dan Moms dapat mengemukakan apa saja mulai dari politik hingga acara terbaru yang bisa Moms bicarakan bersama. Yang penting adalah mendengarkan dan terlibat dengan pasangan Moms.

11. Sesuaikan Ekspektasi

apakah-moms-pasangan-yang-toxic--ketahui-ciri-cirinya-di-sini.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah sesuaikan ekspektasi. Terimalah diri Moms dan pasangan Moms apa adanya sekarang. Wajar jika ingin 'fase bulan madu' berlangsung selamanya, tetapi kenyataannya tidak bisa selalu begitu.

Seiring waktu, Moms dan pasangan akan berubah, dan hubungan itu sendiri akan berubah seiring hidup Moms yang menjadi lebih rumit. Misalnya, setelah Moms memulai sebuah keluarga, Moms mungkin menemukan kenyataa bahwa Moms telah kehilangan sebagian dari spontanitas yang pernah atau biasa dinikmati.

Tidak hanya itu, kebutuhan emosional Moms juga telah bergeser karena pekerjaan menghabiskan lebih banyak energi Moms saat ini. Jika Moms menerima bahwa hubungan suami istri adalah hubungan yang tumbuh, maka Moms tidak akan kecewa ketika fase bulan madu berakhir dan kehidupan sebagai pasangan dimulai misalnya dengan suami bekerja dan Moms yang berkewajiban mengurus rumah serta anak.

12. Mengatakan "Aku Mencintaimu"

ide-virtual-date-untuk-pasangan-jarak-jauh.jpg

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang selanjutnya adalah katakan aku mencintaimu. Selain bersikap baik dan penuh perhatian, selalu menyenangkan untuk mengingatkan dan meyakinkan pasangan tentang cinta yang Moms punya. Pepatah 'cinta yang tidak diungkapkan adalah cinta yang tidak diterima', memang terdengar benar. Jika Moms ingin pasangan Moms mengetahui kasih sayang yang Moms miliki, ucapkan dan tunjukkan.

Nah Moms, itulah cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang bisa dilakukan. Yuk coba Moms biar Dads makin lengket.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait