3-5 tahun

3-5 TAHUN
22 Oktober 2020

8 Cara Menjaga Nutrisi Anak Selama Pandemi

Nutrisi yang baik mencegah timbulnya penyakit, termasuk COVID-19.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pandemi membuat banyak keluarga harus beradaptasi, termasuk dalam urusan sehari-hari seperti pemenuhan nutrisi anak.

Kesibukan Moms bekerja di rumah, misalnya, membuat Moms harus lebih tricky menyediakan makanan rumahan setiap hari.

Namun, untuk delivery makanan pun harus lebih hati-hati. Bisa jadi kurang higienis, ekonomis, dan sehat.

Padahal, nutrisi yang tepat untuk anak bisa membantu pertumbuhan mereka. Energi jadi lebih stabil, anak lebih mudah menerima pelajaran, mood membaik, berat badan sehat. menjaga kesehatan mental.

Yang paling penting, nutrisi yang baik mencegah timbulnya penyakit, termasuk COVID-19.

Baca Juga: 8 Makanan untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak setelah Disapih, Sudah Tahu?

Cara Menjaga Nutrisi Anak Selama Pandemi

Yuk, Moms, simak cara menjaga nutrisi anak selama pandemi dengan cara berikut ini.

1. Sarapan Tinggi Protein

Nutrisi Anak Selama Pandemi - Sarapan Sehat

Foto: Orami Photo Stock

Makan sarapan yang seimbang dengan protein adalah cara terbaik bagi anak Moms untuk memulai hari mereka.

Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, protein dapat membantu kita tetap kenyang lebih lama. Bahkan bisa membantu anak menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah alternatif sarapan yang bisa Moms coba:

  • Sandwich roti gandum dengan telur atau selai kacang
  • Greek yogurt dengan buah
  • Omelet dengan bayam dan sosis

2. Makan Bersama dengan Disiplin

Makan bersama penting untuk membangun kebiasaan makan yang sehat. Selain nutrisi anak lebih bisa dikontrol. Ini berbagai manfaat makan bersama:

Berikan kenyamanan anak-anak Moms. Mengetahui bahwa mereka makan malam atau makanan lain dengan keluarga secara teratur membantu mereka merasa aman.

Bicaralah dengan anak-anak Moms. Bangun koneksi yang lebih kuat di antara anggota keluarga Moms.

Pantau kebiasaan makan mereka. Gunakan waktu ini untuk memperhatikan apa dan bagaimana mereka makan. Lihat apakah ada yang bisa Moms lakukan untuk mendorong kebiasaan yang lebih baik.

Libatkan anak-anak. Mereka juga dapat membantu menyiapkan makanan dan mengambil alih kepemilikan atas apa yang mereka makan.

Baca Juga: Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah

3. Membatasi Gula

Membatasi Gula - Menjaga Nutrisi Anak Sepanjang Pandemi

Foto: Orami Photo Stocks

Gula ada secara alami di banyak makanan. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu. Banyak makanan memiliki tambahan gula. Sayangnya, gula tambahan ini hanya menambah kalori kosong ke dalam makanan Moms dan keluarga.

Jangan melarang anak makan permen. Jadikan saja jenis makanan ini sebagai suguhan istimewa alih-alih menjadi bagian rutin dari makanan mereka. Mengatakan anak Moms tidak bisa lagi makan donat atau kue dapat membuat ia mengidam.

Dikutip dari American Academy of Pediatrics, menghilangkan soda dan jus juga cara mudah untuk mengurangi gula. 1 kaleng soda biasa saja mengandung 40 gram (10 sendok teh) gula tambahan.

Ajarkan juga anak untuk lebih banyak makan buah. Buah memiliki banyak gula alami. Makan lebih banyak untuk memuaskan hasrat gula Moms. Buat makanan penutup yang berpusat di sekitar buah. Cobalah smoothie buah alih-alih milkshake.

4. Cerdaslah Mengonsumsi Lemak

Lemak sehat adalah bagian penting dari makanan anak. Lemak sehat juga bermanfaat bagi otak kita, meningkatkan daya ingat dan meningkatkan suasana hati.

Lemak sehat adalah lemak tak jenuh. Ini bisa berupa:

Tak jenuh tunggal - minyak zaitun, avokad, kacang-kacangan (almond atau pecan), dan biji-bijian (labu atau wijen).

Tak jenuh ganda - biji rami, kenari, atau asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan seperti salmon atau sarden.

Baca Juga: Berikan 3 Makanan Ini Sebagai Sumber Lemak Sehat Bagi Bayi

5. Buatlah Buah dan Sayuran Lebih Menarik

Membuat Buah dan Sayur Lebih Menarik - Menjaga Nutrisi Anak Sepanjang Pandemi

Foto: Orami Photo Stocks

Langkah pertama untuk membuat buah dan sayuran menarik adalah dengan menyingkirkan camilan manis dan asin yang tidak sehat.

Anak Moms mungkin menginginkan camilan asin, seperti keripik kentang. Tetapi jika tidak ada di rumah, dia akan lebih menyukai wortel dengan hummus.

Setelah itu, coba beberapa ide berikut

  • Siapkan buah segar. Hanya mangkuk dengan apel dan pisang di atas meja dapur berfungsi sebagai pengingat.
  • Biarkan anak-anak memilih. Saat Moms berbelanja, biarkan anak Moms memilih sayuran apa yang lebih ingin mereka makan.
  • Sembunyikan sayuran di makanan lain. Moms bisa menyuwir atau memarut sayuran seperti zucchini atau wortel menjadi semur, saus spageti, atau perkedel daging cincang. Moms juga bisa memanggangnya dengan muffin atau roti.
  • Gunakan imajinasi Moms. Agar Si Kecil mencoba lebih banyak buah dan sayuran, buatlah momen makan lebih menyenangkan. Moms bisa menggunakan brokoli untuk pepohonan, kembang kol untuk awan, dan seiris labu kuning untuk matahari.

6. Jadilah Panutan Anak

Anak-anak makan dengan cara Moms makan. Ikuti sendiri kiat-kiat makan bernutrisi ini, dan anak Moms pun akan cenderung makan dengan cara itu juga. Mulailah sejak dini.

Preferensi makanan berkembang sejak awal kehidupan. Ekspos buah hati dengan berbagai jenis makanan sejak dini agar kebiasaan ini berlangsung hingga dewasa.

Baca Juga: Mengenal Diet Plant-Based, Pola Makan Nabati yang Baik untuk Kesehatan

7. Hindari Makan Sambil Menonton TV

Hindari Makan Sambil Menonton TV - Menjaga Nutrisi Anak Sepanjang Pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Ngemil sambil menonton TV menyebabkan makan sembarangan, dan anak Moms akan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang seharusnya.

Tetapkan porsi camilan. Ajari anak Moms untuk meminta jatah cemilan. Minta dia duduk di meja untuk makan camilan, bukan di depan TV.

Letakkan camilan seperti pretzel atau popcorn di atas piring atau mangkuk, jangan biarkan anak Moms makan langsung dari kantong.

8. Mengonsumsi Asupan Nutrisi Sehat dan Bergizi

Foto: doc/orami

SGM Eksplor 1+ Complinutri merupakan susu yang tepat untuk memenuhi nutrisi buah hati Moms selama pandemi. Susu ini mengandung nutrisi lengkap, lho, Moms. Ia mengandung minyak ikan, omega 3, omega 6, dan zat besi untuk mendukung daya pikir Si Kecil.

Untuk mendukung pertumbuhan & perkembangan Si Kecil, SGM Eksplor 1+ Complinutri juga dilengkapi kandungan protein yang tinggi, serta kalsium dan vitamin D untuk mendukung pembentukan & mempertahankan kepadatan tulang & gigi Si Kecil.

Vitamin C dan Zinc ada pada susu ini untuk mendukung daya tahan tubuh Si Kecil, serta serat pangan inulin untuk mempertahankan kesehatan saluran cerna Si Kecil. Tak lupa, ada 11 vitamin dan 8 mineral lainnya untuk dukung tumbuh kembang optimal buah hati Moms.

Yuk, Moms. Penuhi nutrisi anak dan dukung stimulasinya untuk memastikan nutrisi hariannya terpenuhi dengan SGM Eksplor 1+ Complinutri.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait