Bayi

BAYI
13 September 2020

Intip 3 Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi Ini, Moms

Ternyata, ada beberapa cara strilisasi botol susu bayi. Moms suka yang mana?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Karena bayi belum memiliki sistem kekebalan yang sempurna, banyak orang tua yang terobsesi membersihkan barang-barang Si Kecil.

Selain pakaian dan mainan, botol susu bayi juga tidak luput mendapatkan perawatan ekstra. Sebenarnya, seberapa botol susu bayi harus disterilisasi?

Sebenarnya, Moms harus membersihkan botol susu bayi segera setelah menyusui untuk mencegah penumpukan kuman dan bakteri.

Setelah mencuci tangan, gosok bagian-bagian botol dengan air sabun yang hangat dengan sikat botol, lalu biarkan mengering. Moms juga membutuhkan beberapa botol yang telah disterilkan sebagai persediaan.

“Sterilisasi tidak diperlukan setelah setiap kali digunakan. Namun, Anda harus mensterilkan bagian-bagian botol sebelum menggunakannya untuk pertama kali,” kata Erika Landau, M.D., seorang dokter anak di New York City dan rekan penulis The Essential Guide to Baby's First Year.

Cara Mensterilkan Botol Bayi

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sanitasi adalah hal penting jika bayi memiliki sistem kekebalan yang lemah, lahir prematur, atau berusia kurang dari 3 bulan.

Mengingat pentingnya kebersihan untuk bayi, ada beberapa cara sterilisasi botol susu bayi yang bisa digunakan di bawah ini.

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Memegang Botolnya Sendiri?

1. Cara Sterilisasi Botol Susu Bayi dengan Air Mendidih

Intip 3 Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi Ini Moms -1.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

“Praktik ini agak ketinggalan zaman sekarang karena mayoritas rumah di negara maju menggunakan air kota yang sudah diolah. Namun, ada beberapa kasus di mana Anda mungkin ingin mensterilkan botol," kata Caitlin Hoff, seorang penyelidik kesehatan dan keselamatan untuk ConsumerSafety.org.

Ini adalah cara teraman dan termudah untuk mensterilkan botol susu bayi. Caranya;

  • Bongkar bagian botol susu dan letakkan di panci besar,
  • Isi panci dengan air yang cukup hingga semua bagian botol tertutupi. Pastikan tidak ada gelembung udara di dalam botol,
  • Nyalakan kompor lalu lalu didihkan selama lima menit,
  • Setelah itu, tunggu air dingin dan keluarkan bagian botol dengan hati-hati,
  • Tempatkan barang-barang di atas tikar pengeringan yang bersih atau handuk. Biarkan mengering sebelum digunakan lagi.

Baca Juga: Review Jujur Botol Susu Pigeon Peristaltic Plus oleh Moms Orami

2. Cara Sterilisasi Botol Susu Bayi dengan Sterilizer

Intip 3 Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi Ini Moms -2

Foto: Orami Photo Stock

CDC sangat merekomendasikan pentingnya sterilisasi botol susu bayi jika bayi lahir prematur atau memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Jika Moms membeli Sterilizer, ikuti instruksi dari pabriknya untuk penggunaan yang tepat. Perhatikan bahwa sterilizer harus bersih sebelum digunakan untuk sterilisasi botol susu bayi. Moms juga harus memeriksa bahwa semua bagian botol, terutama dot aman saat dimasukan ke dalamnya.

Sterilizer memiliki dua jenis. Ada yang memanfaatkan kekuatan uap dan juga elektrik. Keduanya memiliki wadah untuk pembersihan yang lebih menyeluruh. Benda ini sangat praktis dan tersedia secara luas.

Baca Juga: Review Botol Susu Philips Avent Classic+ oleh Moms Orami

3. Cara Sterilisasi Botol Susu Bayi dengan Pemutih

Intip 3 Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi Ini Moms -3.jpg

Foto: Munchkin.com

Food and Drug Administration (FDA) melarang penggunaan bisphenol A, atau BPA, dalam botol bayi pada tahun 2012 karena kekhawatiran akan dampak bahan kimia pada perkembangan bayi.

Menggunakan pemutih tidak akan mempengaruhi botol bayi. Ini akan menjadi cara terakhir sterilisasi botol susu bayi saat Moms tidak mempunyai sterilizer atau tidak memiliki akses ke kompor, Moms dapat beralih ke pemutih, menurut CDC. Inilah yang harus dilakukan:

  • Campurkan 2 sendok teh pemutih tanpa aroma dalam 16 gelas air,
  • Celupkan seluruh bagian botol bayi sepenuhnya, pastikan semua masuk ke lubang dot dan tidak ada gelembung udara,
  • Biarkan selama dua menit,
  • Setelah itu, lap seluruh bagian botol susu dengan baik agar larutan pemutih hilang. Jangan membilasnya karena akan mengundang kuman menempel. Sisa pemutih akan hancur saat seluruh bagian botol susu mengering.

Biasanya, Moms menggunakan cara sterilisasi botol susu bayi yang mana?

Baca Juga: Review Jujur 10 Botol Susu Favorit Si Kecil, Bagus Mana?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait