Kesehatan

KESEHATAN
28 Agustus 2020

5 Cara Menurunkan Kreatinin Agar Ginjal Tetap Sehat

Kreatinin adalah limbah yang keluar bersama urine sekaligus bertugas memonitor fungsi ginjal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Sabrina
Disunting oleh Intan Aprilia

Kreatinin adalah limbah kimia yang dihasilkan dari metabolisme otot. Kreatinin juga menjadi indikator bahwa fungsi ginjal bekerja dengan baik atau tidak.

Karena, zat ini mengalir melalui pembuluh darah lalu disaring oleh ginjal yang akan mengeluarkannya bersama urine.

Jika seseorang memiliki masalah ginjal, kreatinin dapat menumpuk di dalam darah.

Kondisi ini juga bisa terjadi karena asupan protein yang tinggi, olahraga yang intens dan penggunaan obat atau suplemen tertentu.

Dokter sering menggunakan tes kreatinin untuk menentukan seberapa baik ginjal berfungsi. Kadar kreatinin dalam darah atau urine yang tinggi dapat menjadi tanda bahwa ginjal tidak menyaring darah secara efektif.

Umumnya, kadar kreatinin yang tinggi tidak mengancam jiwa, tetapi bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit ginjal kronis.

Baca Juga: Ini Dia Makanan yang Baik untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Anak

Jika seseorang memiliki kadar kreatinin tinggi karena gangguan ginjal, dokter akan merekomendasikan perawatan medis.

Selain itu, perubahan pola makan dan gaya hidup juga bisa membantu mengatasi kondisi tersebut.

Penyebab Kadar Kreatinin Tinggi

Langkah untuk menurunkan kreatinin dalam tubuh - penyebabnya kadar kreatinin tinggi.jpg

Foto: shutterstock.com

Seseorang disarankan melakukan tes darah rutin untuk mengukur kadar kreatinin.

Adapun faktor-faktor yang bisa meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh meliputi:

  • Obat-obatan tertentu, termasuk beberapa antibiotik dan obat antiinflamasi nonsteroid atau NSAID
  • Suplemen kreatinin
  • Faktor makanan, seperti asupan protein yang tinggi
  • Latihan fisik berat
  • Gangguan fungsi ginjal
  • Aliran darah rendah
  • Dehidrasi
  • Syok, infeksi dan penyakit serius seperti kanker yang bisa menyebabkan peningkatan kadar kreatinin karena kerusakan ginjal

Jika tes darah menunjukkan kadar kreatinin tinggi dalam tubuh, bisa jadi tanda bahwa ginjal tidak bekerja dengan benar.

Baca Juga: 14 Kesalahan Sepele yang Membuat Fungsi Ginjal Bermasalah

Cara Menurunkan Kadar Kreatinin

Langkah untuk menurunkan kreatinin dalam tubuh - cara menurunkan kadar kreatinin.jpg

Foto: shutterstock.com

Moms bisa konsultasi dengan dokter untuk membantu menurunkan kadar kreatinin. Tetapi dilansir dari Healthline, beberapa cara di bawah ini juga bisa membantu menurunkannya secara alami.

1. Kurangi Olahraga Berat

Olahraga memang memberikan banyak manfaat, tetapi melakukannya secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh, seperti studi yang disebutkan di The Permanente Journal.

Karena metabolisme otot menghasilkan kreatinin, sehingga menggerakan atau latihan otot secara berlebihan melalui aktivitas fisik berat dapat meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh.

Jika Moms dan Dads penggemar olahraga, bicarakan dengan dokter tentang berapa banyak dan jenis olahraga apa yang harus dilakukan. Alih-alih olahraga angkat beban, cobalah untuk yoga.

2. Jangan Mengonsumsi Suplemen yang Mengandung Kreatinin

Dilansir dari Mayo Clinic, kreatinin adalah senyawa alami yang diproduksi oleh hati, lalu diangkut ke otot untuk digunakan sebagai sumber energi. Kreatinin yang tidak digunakan sebagai energi diubah menjadi limbah.

Kreatinin yang diproduksi alami oleh tubuh juga tersedia dalam bentuk suplemen oral.

Sejumlah atlet biasanya menggunakan suplemen kreatinin untuk membantu meningkatkan kinerja atletik.

Karena itu, seseorang yang ingin mengurangi kadar kreatinin tidak boleh mengonsumsi suplemen kreatinin.

Terlebih, penelitian mengenai keamanan suplemen kreatinin masih terbatas.

Baca Juga: Gaya Hidup Harus Dijaga, Inilah Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal

3. Kurangi Asupan Protein

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi protein dalam jumlah besar bisa meningkatkan kadar kreatinin, meskipun hanya sementara. Contohnya daging merah yang dimasak secara khusus bisa memengaruhi kreatinin.

Ternyata panas dari masakan bisa menyebabkan daging menghasilkan kreatinin lebih banyak.

Orang dengan diet tinggi daging merah atau sumber protein lain, termasuk produk susu, mungkin memiliki kadar kreatinin lebih tinggi daripada orang yang makan tidak mengonsumsi protein.

Jika kadar kreatinin Moms tinggi akibat makan daging merah, beralihlah untuk mengonsumsi hidangan berbasis sayuran demi mengontrol kadar kreatinin.

4. Makan Lebih Banyak Serat

Penelitian dari European Journal of Clinical Nutrition lebih lanjut diperlukan untuk menentukan efek serat makanan terhadap kadar kreatinin.

Tetapi, satu penelitian menunjukkan penurunan kadar kreatinin yang signifikan pada orang dengan penyakit ginjal kronis dan tinggi asupan seratnya.

Adapun serat yang bisa ditemukan di banyak makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan polong-polongan

5. Minum Banyak Air Sesuai Hasil Konsultasi Dokter

Dehidrasi dapat meningkatkan kadar kreatinin dalam tubuh. Jadi, asupan cairan berlebih juga bisa menjadi masalah bagi beberapa orang yang memiliki penyakit ginjal.

Bicaralah dengan dokter Moms tentang berapa banyak air dan cairan lain yang harus diminum setiap hari dan waktu terbaik untuk meminumnya.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Rajin Minum Air!

Nah, itu dia yang bisa Moms lakukan dalam menurunkan kreatinin agar ginjal tetap berfungsi dengan baik. Selalu jaga pola makan dan hidup dengan sehat, ya!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar kesehatan, Moms bisa bergabung dengan komunitas dan mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait