Kesehatan

3 Mei 2021

10 Cara Merawat Mata dan Nutrisi yang Disarankan

Cara merawat mata cukup mudah lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Mata merupakan salah satu dari panca indera yang memiliki peranan penting dalam kehidupan. Namun, Moms terkadang lupa untuk merawatnya.

Masalah mata dapat dengan mudah dicegah asalkan Moms tahu cara merawat mata yang baik setiap harinya.

Sama seperti organ tubuh lainnya, cara merawat mata juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga mengkonsumsi berbagai jenis nutrisi penting.

Agar terhindar dari kerusakan, sebaiknya Moms mencoba cara merawat mata berikut ini.

Baca juga: Jangan Sepelekan Mata Belekan Pada Balita

Cara Merawat Mata agar Tetap Sehat

Cara merawat mata terbilang cukup mudah. Moms hanya perlu menghindari beberapa hal berikut agar indera penglihatan tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari kerusakan.

Berikut cara merawat mata agar terhindar dari kerusakaan dan penyakit mata lainnya.

1. Jangan Menggosok Mata

Jangan mengucek mata

Foto : Orami Photo Stock

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling mudah terkena kotoran, debu dan bakteri.

Saat Moms menggosok mata dengan tangan, kemungkinan hal tersebut akan berpindah dengan mudah.

Jauhi menyentuh atau menggosok mata dengan tangan, agar terhindar dari infeksi atau iritasi. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan sebaiknya Moms mulai mengalihkan dengan kegiatan lain.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

cara merawat mata dengan konsumsi makanan bergizi

Foto : Orami Photo Stock

Kesehatan mata yang baik dimulai dengan makanan yang Moms konsumsi setiap hari. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, dan vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Pastikan Moms untuk selalu konsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang setiap hari sebagai salah satu cara merawat mata yang baik dan benar.

3. Lindungi Mata dari Sinar UV

Lindungi mata dari sinar UV

Foto : Orami Photo Stock

Paparan sinar matahari dan sinar UV meningkatkan risiko penyakit degenerasi makula terkait usia dan dapat menyebabkan kornea terbakar sinar matahari atau fotokeratitis.

Jadi selain untuk penampilan, menggunakan kacmata hitam juga baik untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari.

Hanya saja, Moms harus memilih kacamata dapat menghalangi 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB agar mata benar-benar terjaga.

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan topi atau pelindung lain saat keluar untuk sebagai salah satu cara merawat mata agar tetap sehat.

4. Jaga Mata Agar Tetap Terhidrasi

Jaga mata agar selalu terhidrasi

Foto : Orami Photo Stock

Asupan cairan yang cukup penting untuk kesehatan tubuh, termasuk mata. Mata yang cukup terhidrasi dan tidak kering akan terhindar dari iritasi.

5. Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan cara merawat mata

Foto : Orami Photo Stock

Perokok memiliki risiko terkena katarak, kerusakan pada saraf optik, dan degenerasi makula yang sangat tinggi.

Cara merawat mata agar terhindar dari kerusakaan tersebut adalah menghentikan kebiasaan merokok.

Semakin besar keinginan Moms untuk berhenti, akan semakin mudah kebiasaan ini hilang. Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter saat ingin berhenti merokok.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang

6. Jaga Jarak Saat Menggunakan Komputer

Jaga jarak saat berada di depan komputer

Foto : Orami Photo Stock

Menjaga jarak pandang saat menggunakan komputer juga merupakan salah satu cara merawat mata agar terhindar dari kerusakan.

Monitor komputer harus diposisikan sekitar satu lengan dari mata dan 20 derajat di bawah ketinggian mata. Cara ini membuat mata Moms tidak tegang.

Selain itu, pastikan pencahayaan di dalam ruangan juga tersebar dengan merata. Cahaya yang terfokus dan terlalu terang dapat menyebabkan silau, dan ini dapat membuat mata terlalu stres.

7. Gunakan Makeup yang Tepat

gunakan makeup yang tepat

Foto : Orami Photo Stock

Memilih produk makeup yang tepat merupakan salah satu cara merawat mata agar terhindar dari kerusakan.

Hindari penggunaan eye shadow, maskara, dan eyeliner yang menyebabkan reaksi alergi pada mata.

Jangan lupa gunakan untuk menggunakan make-up remover sebelum tidur untuk menghindari penumpukan bakteri dari sisa make-up yang tertinggal di area mata.

Selain itu, bersihkan kuas riasan secara rutin, terutama yang digunakan untuk riasan mata.

8. Tidur yang Cukup

Cara merawat mata dengan tidur cukup

Foto : Orami Photo Stock

Tidur cukup adalah cara merawat mata yang paling mudah untuk dilakukan. Karena Moms hanya perlu menutup mata dan membiarkannya beristirahat dari rutinitas harian.

Cara ini juga dapat membuat mata terlihat segar sepanjang hari. Pastikan tidur cukup, yaitu 6 sampai 8 jam per hari ya Moms.

9. Gunakan Pelindung Mata Saat Beraktifitas

Gunakan pelindung saat beraktifitas

Foto : Orami Photo Stock

Apa pun yang dilakukan, pastikan mata selalu terlindungi. Jika pergi berenang, kenakan kacamata pelindung agar mata tidak terkena klorin.

Sementara itu, jika sedang berkebun atau menghadiri proyek DIY di rumah, kenakan kacamata pengamanan untuk melindungi mata dari partikel debu, bakteri, dan cedera.

10. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga mata dari debu yang ada di lingkungan

Foto : Orami Photo Stock

Paparan kotoran dan debu bisa mengiritasi mata. Jadi pastikan tempat-tempat yang sering dikunjungi terawat dan bersih.

Gantilah seprai dan handuk secara teratur dan jaga agar tempat kerja bebas dari debu. Hal ini merupakan salah satu cara merawat mata dengan mudah.

Baca juga: Tidak Perlu Obat Tetes, Jernihkan Mata dengan 6 Cara Alami Ini

Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

vitamin A baik untuk mata

Foto : Orami Photo Stock

Selain menerapkan pola hidup sehat, cara merawat mata dapat dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai jenis nutrisi.

Nutrisi ini membantu menjaga fungsi mata, melindungi mata dari cahaya berbahaya, dan mengurangi perkembangan penyakit degeneratif terkait usia.

Berikut nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

1. Vitamin A

Kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab kebutaan paling umum di dunia. Vitamin ini penting untuk menjaga sel-sel penginderaan cahaya mata atau disebut sebagai fotoreseptor.

Community Eye Health Journal menjelaskan kekurngan asupan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, mata kering, atau bahkan kondisi yang lebih serius, bergantung pada tingkat keparahan kekurangan yang Moms alami.

Moms bisa menemukan vitamin A dalam makanan hewani, seperti hati, kuning telur dan produk susu.

Selain itu, Moms juga bisa mendapatkan asupan vitamin A alami dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan atau dikenal provitamin A keotenoid. Moms dapat menemukannya di dalam kangkung, bayam dan wortel.

2. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 rantai panjang EPA dan DHA penting untuk kesehatan mata.

DHA ditemukan dalam jumlah tinggi di retina yang dapat membantu menjaga fungsi mata.

Kandungan ini juga penting untuk perkembangan otak dan mata selama masa bayi. Kekurangan DHA dapat mengganggu penglihatan, terutama pada anak-anak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit mata kering.

Satu studi pada orang dengan mata kering mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen EPA dan DHA setiap hari selama tiga bulan secara signifikan mengurangi gejala mata kering dengan meningkatkan pembentukan cairan air mata. Seperti yang dipublikasikan dalam Cornea.

Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mencegah penyakit mata lainnya. Penelitan menyebutkan, orang dewasa yang mengidap diabetes disarankan untuk mengkonsumsi 500 mg omega-3 agar terhindar dari risiko retinopati diabetes atau gangguan penglihatan pada penderita diabetes.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Sakit Mata pada Anak yang Wajib Diwaspadai

3. Vitamin C

Mata juga membutuhkan antioksidan dalam jumlah tinggi, bahkan lebih banyak daripada banyak organ lain.

Vitamin C antioksidan tampaknya sangat penting, meskipun studi terkontrol tentang perannya dalam kesehatan mata masih kurang.

Konsentrasi vitamin C lebih tinggi pada aqueous humor mata dibandingkan pada cairan tubuh lainnya. Aqueous humor adalah cairan yang mengisi bagian terluar mata Anda.

Kadar vitamin C dalam aqueous humor berbanding lurus dengan asupan makanannya. Dengan kata lain, Moms dapat meningkatkan konsentrasinya dengan mengonsumsi suplemen atau mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C.

Studi observasi menunjukkan bahwa penderita katarak cenderung memiliki status antioksidan yang rendah. Penelitian menunjukan, orang yang konsumsi suplemen vitamin C cenderung lebih kecil terkena katarak.

Vitamin C dalam jumlah tinggi ditemukan di banyak buah dan sayuran, termasuk paprika, buah jeruk, jambu biji, kangkung, dan brokoli.

4. Vitamin E

Vitamin E adalah sekelompok antioksidan yang larut dalam lemak yang melindungi asam lemak dari oksidasi berbahaya.

Karena retina memiliki konsentrasi asam lemak yang tinggi, asupan vitamin E yang cukup penting untuk kesehatan mata yang optimal.

Meskipun kekurangan vitamin E yang parah dapat menyebabkan degenerasi retina dan kebutaan, tetapi belum ada penelitian yang jelas terkait dengan konsumsi makanan kaya vitamin E dapat mengobati kebutaan.

Satu analisis menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 7 mg vitamin E setiap hari dapat mengurangi risiko katarak terkait usia sebesar 6%. Namun, studi tersebut tidak menunjukan bahwa konsumsi makanan mengandung vitamin E dapat menyembuhkan katarak.

Hanya saja, jika Moms ingin terhindar dari risiko katarak dan kebutaan bisa mendapatkan asupan vitamin D dari almond, biji bunga matahari, dan minyak nabati seperti minyak biji rami.

Baca juga: Hati-hati dengan Sakit Mata Selama Masa Kehamilan

Demikian penjelasan tentang cara merawat mata. Semoga bermanfaat ya Moms!

  • https://www.arizonaretinalspecialists.com/blog/12-ways-to-take-care-of-your-eyes-everyday/
  • https://www.webmd.com/eye-health/good-eyesight
  • https://www.healthline.com/nutrition/8-nutrients-for-eyes#TOC_TITLE_HDR_10
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait